Cara Menghapus Akun Gmail Aman dan Mudah

Cara Menghapus Akun Gmail, Aman dan Mudah!

Cara menghapus Akun Gmail perlu diketahui agar data Anda tidak disalahgunakan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda ikuti. Yuk simak!

Ingin tahu bagaimana cara menghapus akun Gmail dari perangkat ataupun secara permanen? Menghapus akun Gmail terkadang perlu dilakukan, terlebih jika akun tersebut sudah tidak Anda gunakan lagi.

Gmail atau Google Mail adalah salah satu produk dari Google yang menyediakan layanan untuk mengirimkan surat ataupun dokumen secara online.

Dengan Gmail, seseorang dapat saling berkirim surat/ pesan elektronik melalui jaringan internet. Gmail diluncurkan pada 1 April 2004 dalam bentuk Beta.

Pada 7 Februari 2007 Gmail diluncurkan secara publik meskipun masih dalam bentuk Beta. Gmail baru keluar dari status beta pada 7 Juli 2009.

Ide pengembangan Gmail muncul oleh Paul Buchheit, insinyur komputer Google. Kode proyek Gmail dengan nama Caribou. Selama pengembangan awal, proyek ini dirahasiakan dari sebagian komputer Google.

Pada awal 2004, sistem email Gmail hanya digunakan oleh karyawan internal perusahaan. Kemudian pada tanggal 1 April 2004, Gmail diluncurkan secara publik dalam bentuk Beta.

Layanan Gmail adalah yang pertama kali memberikan kapasitas penyimpanan 1 GB per pengguna. Gmail menjadi standar penyimpanan gratis terbesar yang pada layanan lain hanya memberikan kapasitas penyimpanan 2-4 MB. 

Dalam perkembangan terbaru saat ini, kapasitas penyimpanan Gmail sebesar 15 GB. Integrasi dengan Google Drive membuat kapasitas penyimpanan untuk setiap pengguna lebih besar.

Batas untuk mengirim pesan pada sebulah lampiran adalah 25 MB, lebih besar ketimbang layanan email lainnya. Jika dibutuhkan untuk mengirim lampiran dengan ukuran yang lebih besar, pengguna dapat menautkannya dengan Google Drive.

Gmail juga menggunakan teknologi pencarian Google yang memudahkan pengguna dalam mencari sesuatu sesuai dengan kata kunci yang tulis.

Menjadi salah satu layanan email terbaik saat ini, Gmail menghadirkan beragam fitur dan manfaat yang sangat membantu para penggunanya.

Tidak hanya berfungsi mengirimkan pesan email, Gmail telah berevolusi membantu pengguna dalam berkomunikasi, mendapatkan notifikasi, mencari informasi, hingga melakukan meeting online. 

Integrasi dengan semua produk Google adalah satu hal manfaat Gmail dimana pengguna tidak perlu mendaftar ulang untuk setiap kali menggunakan produk Google.

Selain memanfaatkannya, Anda juga perlu mengetahui cara menghapus akun Gmail jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Gmail seolah menjadi hal penting untuk dimiliki setiap orang.

Bagaimana tidak, setiap laman atau aplikasi sering kali membutuhkan akun email untuk log in. Namun sekali lagi, ada beberapa situasi yang mengharuskan Anda untuk mengetahui cara menghapus akun Gmail.

Keputusan untuk menutup akun Gmail tersebut ada banyak alasannya. Salah satu alasan yang biasanya muncul yakni, karena pemilik akun tersebut sudah memiliki akun Gmail baru.

Tidak hanya itu saja, situasi ketika Anda ingin memberikan atau menjual HP kepada orang lain, misalnya, mengharuskan Anda untuk menerapkan cara menghapus akun Gmail.

Hal itu diperlukan untuk menjaga privasi Anda yang ada pada data akun tersebut. Tujuannya agar data tersebut tak disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui cara menghapus akun Gmail, tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara menghapus akun Gmail yang aman dan mudah!

cara menghapus akun gmail

Risiko Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Sebelum membahas tentang cara menghapus akun Gmail, Anda harus mengetahui terlebih dahulu risiko atau apa yang akan terjadi ketika akun Gmail Anda sudah dihapus.

Kehilangan Data

Ketika akun Gmail Anda terhapus, Anda akan kehilangan semua data dan konten di akun tersebut, seperti email, file, kalender, dan foto. Sehingga, sebelum menghapus akun, pastikan data-data tersebut telah diamankan.

Jika kalian adalah pengguna Android, kalian akan kehilangan kontak yang hanya disimpan di akun Google dan tidak disimpan secara terpisah di perangkat.

Beberapa data dan konten lainnya juga akan hilang termasuk data-data yang tersimpan pada Google drive di akun tersebut.

Kehilangan Akses ke Produk Google Lainnya

Selain data dan informasi terhapus, Anda juga akan kehilangan akses ke layanan Google lainnya. Anda tidak bisa menggunakan layanan Google tempat login dengan akun tersebut, seperti Gmail, Drive, Kalender, atau Play.

Namun, sebelum menghapus akun Gmail, mereka akan meminta Anda memberikan alamat email alternatif yang akan digunakan untuk masuk ke Google Account di masa depan.

Anda tidak bisa menggunakan layanan di Google Play Store menggunakan akun tersebut. Selain itu, Anda juga tidak dapat mendownload atau mengupload file ke akun yang dihapus.

Tidak hanya itu, Anda juga tidak dapat menggunakan aplikasi atau ekstensi Chrome untuk akun yang dihapus, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Kehilangan Akses Langganan Konten

Anda juga akan kehilangan akses ke langganan dan konten yang dibeli dengan akun tersebut di YouTube atau Google Play, seperti aplikasi, film, game, musik, dan acara televisi.

2

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghapus Akun Gmail

Sebelum mengetahui cara menghapus akun Gmail, Anda juga harus mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan sebelum menghapus akun tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menghapus akun Gmail.

Pratinjau Akun

Sebelum Anda menghapus akun, pratinjau atau periksa akun tersebut terlebih dahulu. Anda perlu memeriksa data-data penting yang kemungkinan ada pada akun tersebut.

Pelajari cara mengunduh dan mengamankan data yang sudah disimpan di akun tersebut. Hal ini untuk menghindari kehilangan data penting yang mungkin Anda butuhkan nantinya.

Gunakan Email Alternatif

Jika Anda menggunakan akun Gmail tersebut untuk keperluan media sosial atau bahkan akun perbankan, pastikan Anda menyediakan akun pengganti atau alternatif.

Sebelum menghapus akun Gmail, pastikan Anda mengganti atau menambahkan akun Gmail di aplikasi media sosial atau akun perbankan tersebut.

Karena ketika akun Anda sudah dihapus, Anda tidak akan bisa lagi mengakses platform atau akun yang menggunakan akun Gmail tersebut untuk login.

Perbarui Informasi Pemulihan Akun

Sebenarnya, Anda dapat memulihkan akun Gmail yang sudah dihapus. Oleh sebab itu, Pebarui informasi pemulihan akun terlebih dahulu sebelum menghapus akun tersebut.

Langkah ini perlu dilakukan dengan tujuan, jika suatu saat Anda ingin memulihkan akun Google tersebut.

Cara Menghapus Akun Gmail Secara Sementara

Cara menghapus akun Gmail yang pertama bersifat sementara. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menghapus akun Gmail dari perangkat handphone, komputer, maupun tablet Anda.

Jika Anda ingin memberikan atau menjual perangkat tersebut kepada orang lain, Anda bisa menggunakan cara ini untuk menjaga privasi Anda yang ada pada data akun tersebut.

Tujuannya agar data tersebut tak disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus akun Gmail dari perangkat Anda.

Cara Menghapus Akun Gmail di Handphone

Menghapus akun Gmail dari perangkat khususnya handphone cukup mudah. Perlu Anda ingat, cara ini tidak akan benar-benar menghapus akun Anda.

Anda tetap bisa mengakses akun tersebut melalui perangkat lain. Cara ini hanyalah untuk menghapus akses akun Gmail di perangkat handphone. Berikut langkah-langkahnya.

Buka menu Settings atau Pengaturan di handphone Anda yang biasanya ditandai dengan simbol gigi roda di kanan atas. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan opsi menu Akun.

1

Setelah itu, pilih menu akun Google. Anda akan melihat tampilan berisi akun Gmail yang terhubung pada perangkat handphone Anda. Pilih akun Gmail yang ingin Anda hapus aksesnya.

2

Setelah itu, untuk menghapus akses aku, klik opsi Remove Account yang terdapat pada bagian bawah.

perangkat 3

Cara menghapus akun Gmail di atas sebenarnya bisa Anda terapkan juga untuk menghapus akun media sosial yang ada di handphone Anda.

Cara Menghapus Akun Gmail Melalui Aplikasi

Anda juga bisa menghapus akun Gmail melalui aplikasi itu sendiri. Biasanya, ada aplikasi Gmail tersendiri di handphone kalian. Oleh karena itu, ada pula cara menghapus akun Gmail melalui aplikasi tersebut.

Cara ini cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Klik aplikasi Gmail di handphone kalian untuk membukanya. Selanjutnya, klik profil akun Gmail Anda yang terdapat pada pojok kanan atas halaman.

1

Anda akan melihat daftar akun yang terhubung pada perangkat tersebut. Klik opsi Manage account on this device.

2

Jika Anda memiliki lebih dari satu akun, pilihlah salah satu akun Gmail yang ingin Anda hapus aksesnya. Sama seperti cara sebelumnya, pilih opsi Remove Account yang bisa Anda temukan di bilah menu bagian bawah.

3

Nah, akun Gmail Anda sudah berhasil di hapus dari perangkat handphone tersebut.

Cara Menghapus Akun Gmail Melalui Browser

Selain melalui cara di atas, cara menghapus akun Gmail juga bisa Anda lakukan melalui browser di perangkat handphone itu sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tentu saja harus membuka browser Google Chrome. Kemudian ketikkan Gmail di kolom mesin pencarian.

Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman akun Gmail Anda melalui browser. Selanjutnya, klik ikon tiga garis yang terdapat pada bagia kiri halaman.

Klik akun Gmail Anda yang aktif, kemudian Anda akan diarahkan untuk melihat daftar akun Gmail yang ada di perangkat tersebut. Langkah selanjutnya, klik opsi Manage account on this device.

Langkah terakhir, Anda hanya perlu memilih opsi Logout dan nonaktifkan sinkronisasi. Nah, akun Gmail Anda sudah berhasil dihapus dan tidak lagi tersinkronisasi dengan perangkat tersebut.

Cara Menghapus Akun Gmail di iPhone dan iPad

Selain di android, ada juga cara menghapus akun Google di hp dari jenis iPhone maupun iPad. Caranya tidak sulit. Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menghapus akun Google yaitu backup atau unduh terlebih dahulu seluruh data yang ada di akun tersebut.

Selanjutnya, buka aplikasi Gmail yang sudah terpasang di iPhone atau iPad yang Anda gunakan. Pada bagian kanan atas, klik foto profil dari akun Gmail yang akan di hapus.

Lalu klik menu Kelola akun Google Anda. Pilih menu Data & Personalisasi. Di menu Download, hapus, atau buat rencana untuk data anda, klik Hapus layanan atau akun anda.

Kemudian klik Hapus layanan. Selanjutnya di samping menu Gmail Anda bisa klik ikon Hapus. Lanjutkan dengan mengikuti arahan pada layar iPhone atau iPad anda. Mudah bukan?

Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Jika cara sebelumnya hanya bersifat sementara dan menghentikan akses Gmail di beberapa perangkat tertentu, cara yang satu ini akan menghapus Akun Gmail Anda secara permanen.

Artinya, Anda tidak akan lagi bisa mengakses atau menggunakan akun Gmail tersebut melalui perangkat manapun. Cara ini biasanya dilakukan karena seseorang akan memberikan handphone pribadi ke orang lain atau menjualnya.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga privasi berupa data pribadi. Apalagi, akun Gmail memang sudah menjadi aturan untuk didaftarkan saat Anda menggunakan Android.

Selain itu, cara ini bisa digunakan apabila Anda sudah memiliki akun Gmail baru. Berikut ini adalah langkah-langkah menghapus akun Gmail secara permanen yang bisa Anda ikuti.

Buka Akun Gmail

Langkah pertama, yaitu buka akun Gmail dengan menggunakan aplikasi browser. Untuk melakukan cara ini, Anda disarankan untuk menggunakan laptop atau komputer agar mempermudah proses penghapusan akun.

Anda bisa menggunakan browser Google Chrome, karena lebih mudah dan sederhana. Buka akun Gmail dengan cara klik ikon akun yang biasanya ada di kanan atas.

Biasanya ikon akun Gmail berupa lingkaran dengan foto profil atau inisial dari akun tersebut. Selanjutnya Anda bisa klik Kelola akun Google anda.

1

Pilih Menu Data & Privasi

Jika sudah masuk ke dalam akun Gmail, Anda pasti akan melihat menu Data & Privasi. Kemudian klik menu tersebut, dan Anda bisa mengontrol akitivitas yang ada di akun tersebut mulai dari iklan, histori, dan lain sebagainya.

Hapus Layanan atau Akun Anda

Apabila sudah klik Data & Privasi, scroll ke bawah kemudian akan terlihat menu Download, hapus, atau buat rencana untuk data anda. Anda bisa masuk ke menu tersebut, maka anda bisa klik Hapus layanan atau akun anda.

2

Hapus Akun

Langkah menghapus akun Gmail yang terakhir yakni dengan klik hapus akun anda yang ada di menu Hapus Akun Google Anda. Setelah itu, akun Gmail beserta dengan data-data lain seperti email, foto, atau dokumen akan hilang secara permanen.

Manfaat Menggunakan Gmail

Sebelum Anda memutuskan untuk menghapus akun Gmail, tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat apa saja yang akan didapat jika menggunakan Gmail.

Bagi pengguna ponsel pintar, Gmail tidak hanya berfungsi sebagai media berkirim pesan, namun juga integrasi dengan beragam produk Google lainnya. 

Faktor keamanan juga menjadi alasan manfaat Gmail ketika menggunakan ponsel pintar. Simak beberapa fungsi dan manfaat menggunakan Gmail berikut ini.

Mengirim dan Menerima Pesan

Fungsi dasar Gmail adalah sebagai layanan untuk berkirim dan menerima pesan. Dalam mengirimkan pesan, pengguna cukup membuat pesan baru, menuliskan alamat pengirim, subjek, kemudian pesan yang ingin disampaikan.

Pengguna juga dapat melakukan pengeditan pesan seperti memperbesar atau mengecilkan font, menebalkan, memiringkan, serta menambahkan objek menarik yang sekiranya dibutuhkan.

Pengguna dapat memanfaatkan Gmail untuk berkirim pesan dengan teman, keluarga, rekan bisnis, hingga tujuan pemasaran dan sejenisnya. 

Pengguna juga dapat menambahkan lampiran berupa dokumen, gambar, foto, audio, video, dan sejenisnya dengan maksimal 15 MB per file. 

Adapun untuk penyimpanan Gmail secara keseluruhan adalah 15 GB (sesuai dengan batas penyimpanan gratis dari Google Drive).

Identitas Diri

Gmail/ fungsi email secara umum dapat digunakan sebagai identitas diri. Hampir kebanyakan layanan yang di akses melalui internet membutuhkan data pribadi.

Contoh sederhananya ketika ingin mendaftar Facebook, maka pengguna di haruskan untuk memiliki email seperti Gmail untuk dapat melakukannya.

Email tersebut berfungsi sebagai identitas pengguna untuk verifikasi serta jaminan keamanan pada akun Facebook.

Media Pemasaran

Para pebisnis online sampai saat ini masih memanfaatkan email sebagai media pemasaran. Istilah lain dapat disebut sebagai Email Marketing.

Meskipun metode ini sudah tidak begitu populer, namun email marketing masih sangat efektif digunakan.

Banyak para profesional, pebisnis, CEO, pelajar, pengajar, hingga pegiat internet marketing memanfaatkan Gmail untuk komunikasi.

Alasan menggunakan Gmail (ataupun layanan email lainnya) karena terlihat lebih profesional dan lebih personal ketimbang menggunakan media komunikasi lain.

Mengakses Beragam Produk Google

Dengan satu akun Gmail, pengguna bisa akses beragam produk Google. Produk Google tersebut di antaranya seperti Youtube, Google Drive, Google Maps, Blogger, Google Adsense, Google Analysis, dan masih banyak lagi. 

Namun satu hal yang perlu di perhatikan, semua akses yang pengguna lakukan tersimpan di database Google. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan relevansi iklan kepada pengguna.

Melacak Perangkat yang Hilang

Manfaat lain memiliki akun Gmail, pengguna dapat mengakses perangkat Android melalui jarak jauh. 

Bagi pengguna yang merasa kehilangan ponsel, dapat memanfaatkan akun Google yang terhubung ke ponsel untuk mencari letak dari ponsel tersebut berada.

Jika perlu, pengguna juga dapat mengunci (locked) ponsel tersebut agar tidak bisa di akses oleh orang yang menemukan.

Untuk melakukannya, pengguna dapat mengakses perangkat melalui halaman temukan ponsel (Find your phone).

Melalui halaman tersebut, pengguna dapat memantau penggunaan ponsel hingga menghapus semua data dan akun dari ponsel.

Nah, itulah beberapa cara menghapus akun Gmail yang bisa Anda terapkan. Selain itu, juga ada risiko yang perlu kalian ketahui untuk menjadi pertimbangan sebelum memutuskan benar-benar menghapusnya secara permanen.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.