tutorial mengganti password google mail

Tutorial Mengganti Password Google Mail

Kegunaan Google mail saat ini tidak hanya menjadi sarana berkirim pesan atau file, namun lebih dari itu dengan adanya akun Google Mail anda bisa mengakses ke berbagai layanan yang dimiliki oleh Google.

Tak hanya itu, apabila anda pengguna aktif social media maka anda memerlukan akun google mail untuk mendaftarkan diri di akun yang anda inginkan seperti Instagram atau Facebook.

Seorang content creator yang membutuhkan berbagai aplikasi atau website untuk edit konten yang dimiliki pun tentunya menggunakan akun Google Mail untuk mendaftar di berbagai akun yang diinginkan.

Sayangnya. Banyaknya aplikasi atau website yang kita masuki dengan Google Mail tanpa sadar membuat akun yang dimiliki menjadi mudah dimasuki oleh hacker atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Apabila hal ini dibiarkan maka lama kelamaan data pribadi anda bisa digunakan untuk berbagai kejahatan online contohnya pembajakan kartu kredit atau akun social media yang dimiliki.

Karenanya agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya secara rutin untuk mengganti password google mail yang dimiliki agar resiko tersebut berkurang.

Berikut beberapa manfaat dari Google Mail dan mengganti passwordnya secara rutin serta cara mengubah password Google Mail secara mudah dan cepat.

kegunaan google mail

Kegunaan Google Mail

Saat mendaftarkan akun social media atau perangkat elektronik yang dimiliki tentunya kita harus memiliki sebuah akun Google Mail yang telah diverfikasi oleh Google.

Tak hanya itu, dengan memiliki sebuah akun Google Mail tentunya anda bisa mengakses berbagai layanan yang ada di internet secara mudah dan cepat.

Karenanya berikut beberapa kegunaan Google Mail untuk kehidupan sehari-hari.

Akses Ke Semua Layanan Google

Google sebagai salah satu perusahaan internet terbesar di dunia tentunya memiliki berbagai layanan yang mampu untuk memudahkan hidup.

Layanan Google sendiri sebagian besar berguna bagi pekerja kantoran atau pelajar karena anda dapat menyusun berbagai schedule pertemuan atau pekerjaan dengan rekan kerja atau target pekerjaan dalam satu hari.

Tak hanya itu, bagi pelajar yang ingin mendapatkan banyak pengetahuan baru baik dari sekolah atau institusi di luar negeri maka bisa menggunkan layanan Google Meet untuk mendapatkan seminar online  dari tempat yang jauh pun.

Sedang berjalan-jalan namun tak tahu arah tujuan? Tenang saja anda bisa menggunakan layanan Google Maps untuk mengetahui tempat wisata atau kuliner yang dituju sehingga resiko tersesat pun bisa dihindari.

Saat memiliki gadget khususnya yang berbasis Android tentunya anda memerlukan berbagai aplikasi sehingga bisa memanfaatkan berbagai layanan yang ada di handphone anda.

Guna mengunduh semua aplikasi yang diinginkan, anda tentunya memerlukan akun Google untuk mendaftar di Google Play Store.

Setelah anda memiliki akun di Google Play Store tentunya memudahkan bagi anda untuk mengunduh berbagai aplikasi yang digunakan serta memanfaatkan berbagai fitur di aplikasi tersebut.

Banyaknya layanan yang ditawarkan oleh Google tentunya akan sia-sia apabila tidak digunakan sama sekali. Karenanya wajib bagi anda untuk memiliki akun Google Mail agar bisa mengakses semua fitur yang dimiliki.

Sarana Komunikasi yang Cepat dan Mudah

Puluhan tahun yang lalu saat internet belum secepat sekarang, sulit bagi banyak orang untuk berkomunikasi satu sama lain.

Diperlukan waktu berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan untuk mendapatkan informasi dari kerabat atau sahabat dekat.

Belum lagi resiko apabila surat yang dikirim hilang atau alamat yang dituliskan salah, hal ini tentu saja merugikan bagi anda bukan?

Untungnya berkat perkembangan internet yang semakin berkembang kini banyak orang yang bisa berkomunikasi secara mudah melalui platform komunikasi seperti Telegram atau Line.

Tidak hanya itu, anda juga bisa berkomunikasi dan negosiasi dengan klien dari luar negeri dengan cara mengirimkan email sehingga anda tetap bisa memerlukan bisnis meskipun dipisahkan oleh jarak.

Sungguh sebuah inovasi yang tidak hanya memanjakan hidup namun juga memberkan pendapatan baru.

Penggunaan yang Mudah

Bagi pengguna yang baru memiliki akun Google Mail bisa saja beranggapan bahwa platform ini sulit untuk digunakan.

Nyatanya, berbagai layanan yang ada di Google Mail sendiri mudah untuk digunakan bahkan bisa dipelajari dalam waktu satu hari.

Apabila sudah menguasai berbagai fitur yang ada di aplikasi ini tentunya anda bisa menghubungkannya ke berbagai layanan yang dimiliki Google sehingga memudahkan hidup dan pekerjaan anda.

Keamanan Akun Terjamin

Saat mendaftarkan diri anda di akun Google Mail yang dimiliki tentunya anda akan diberikan sebuah kata sandi dan username.

Adanya password Google Mail tersebut berguna sebagai kunci untuk memasuki akun Google Mail yang dimiliki sehingga tidak sembarangan orang yang bisa memasuki akun anda.

Tak hanya itu, apabila ada seseorang yang mencoba untuk masuk ke akun anda secara paksa, maka Google Mail akan memberikan notifikasi pada anda sehingga anda bisa menolak akses masuk tersebut.

Selain itu, apabila akun anda tidak bisa dibuka karena satu dan lain hal maka anda bisa melakukan verfikasi dengan masuk melalui salah satu akun Google Mail yang dimiliki untuk melakukan pemulihan.

Keamanan yang ketat serta proses pemulihan yang mudah tentunya membuat pengguna merasa aman dan nyaman saat menggunakan berbagai layanan di Google Mail.

Notifikasi Secara Real Time

Anda sedang menunggu email penting atau tipe yang jarang membuka akun Google mail kecuali dalam keadaan penting?

Apablla anda termasuk dari salah satu tipe tersebut maka anda tetap bisa mendapatkan pemberitahuan email mausk terbaru dengan mengaktifkan notifikasi di akun Google Mail yang dimiliki.

Dengan adanya notifikasi ini anda tidak perlu membuka akun Google Mail setiap saat karena berbagai email tersebut akan selalu masuk di notifikasi Handphone anda.

Fitur ini tentunya memudahkan anda yang sedang menunggu email masuk atau mendapatkan informasi terbaru meskipun jarang membukan akun Google Mail.

Akan tetapi jika anda tidak menyukai pemberitahuan dari Google Mail yang dirasa mengganggu maka anda bisa menonaktifkannya di pengaturan handphone.

Cara Mudah untuk Promosikan Bisnis

Punya bisnis terbaru dan ingin mempromosikannya kepada konsumen? Gunakan saja Google Mail untuk mempromosikan produk anda.

Saat ini, promosi digital tidak hanya bisa menggunakan social media untuk mengenalkan produk yang dimiliki ke konsumen secara luas.

Namun lebih dari itu, penjual juga bisa menggunakan Google Mail untuk melakukan email marketing agar menyasar leads yang diinginkan.

Carannya pun mudah, pengguna tinggal memberikan berbagai penawaran gratis seperti Voucher belanja atau E-book gratis kepada setiap konsumen.

Apabila pembeli tertarik maka konsumen bisa mendapatkannya dengan cara memasukkan akun email sebagai akses e-book yang diinginkan.

Penjual juga bisa melakukan promosi email marketing dengan cara memasang penawaran tersebut di landing page sehingga bisa diakses dengan mudah oleh konsumen.

Agar promosi email marketing anda bisa sukses dan tidak dianggap spam oleh pembeli maka anda bisa memberikan konten edukasi atau promosi yang unik agar pembeli tidak bosan dan tertarik membeli produk anda.

Promosi melalui email marketing sendiri dianggap mudah dan murah serta bisa menyasar ke konsumen yang tepat.

Akses ke Gadget yang Dimiliki

Saat membeli gadget atau perangkat elektronik terbaru biasanya anda diminta untuk mendaftarkan akun Google Mail yang dimiliki.

Hal ini dilakukan karena untuk mengakses layanan atau berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store, pengguna harus menggunakan akun Google Mail untuk mendaftarkan diri.

Karenanya, pastikan anda sudah memiliki akun Google Mail yang telah terverifikasi agar bisa mendaftarkan diri di akun Google Play Store dan mengakses berbagai aplikasi yang diberikan.

Daftarkan Diri di Berbagai Social Media

Social media kini menjadi salah satu bagian dari hidup. Tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi dengan teman atau saudara yang jauh namun memiliki social media juga bisa berguna sebagai sarana eksistensi diri.

Banyak orang yang mulai mengekspresikan dirinya dengan mengunggah konten video atau foto yang dimiliki di social media.

Jika serius dan mau mengembangkan diri maka ada kemungkinan besar konten anda bisa disukai oleh banyak orang dan menjadi influencer yang menginspirasai penggemarnya.

Sebelum itu, tentunya anda harus mendaftarkan diri di social media dengan menggunakan akun Google Mail yang dimiliki.

Pastikan juga akun Google Mail yang digunakan untuk social media berbeda dengan akun untuk pekerjaan agar notifikasi penting mengenai pekerjaan tidak tertimbun dengan pemberitahuan akun yang dimiliki.

Melamar Pekerjaan Melalui Akun Google Mail

Beberapa tahun lalu mungkin banyak orang yang mengandalkan map coklat dan surat lamaran yang dicetak untuk melamar pekerjaan.

Tidak hanya boros kertas namun calon pekerja bisa saja kecewa apabila tidak diterima karena biaya yang dikeluarkan tentulah cukuo banyak apalagi jika melamar di banyak tempat.

Untungnya saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan cara mengirimkan surat lamaran melalui email.

Tidak hanya efektif bagi pihak HRD namun juga menguntungkan bagi pelamar pekerjaan sehingga bisa menghemat uang yang dikeluarkan.

Namun banyaknya pelamar yang melamar di pekerjaan yang sama membuat anda harus memikirkan strategi agar surat lamaran anda dilirik oleh pihak perusahaan.

Salah satu caranya adalah dengan mengirim email dengan format yang benar dan sesuai sehingga pihak perusahaan bisa menilai keseriusan anda dalam melamar pekerjaan.

Sebagai Identitas Diri Saat Bekerja

Banyaknya file pekerjaan yang dikirimkan melalui email tentunya harus membuat akun email anda terlihat profesional.

Tentunya anda tidak mungkin menggunakan username Google Mail untuk bekerja karena akan dipandang sebelah mata oleh klien atau karyawan lainnnya.

Karenanya pastikan untuk menggunakan username Google Mail dengan nama asli agar terlihat profesional saat bekerja.

Beberapa perusahaan besar pun biasanya memiliki akun email sendiri yang bisa anda gunakan untuk bekerja sehingga anda tidak perlu membuat akun Google Mail lagi.

Penyimpanan yang Cukup Besar

Saat berjalan-jalan atau menghabiskan waktu dengan orang terdekat biasanya kita merekam banyak foto dan video sebagai dokumentasi yang bisa dilihat sewaktu-waktu.

Sayangnya banyanya video dan foto dengan ukuran memori yang besar justru membuat handphone kita kehilangan ruang penyimpanannya.

Sehingga mau tak mau harus menghapus berbagai macam dokumentasi yang sayangnya susah untuk dilupakan.

Namun, hal ini tidak akaan terjadi apabila anda menggunakan layanan Google Drive yang dikembangkan oleh Google.

Dengan adanya platfrom ini anda bisa menyimpan berbagai macam file bak berupa tulisa, foto, dan video dengan kapasitas besar sehingga anda tidak perlu menghapus berbagai dokumentasi yang dimiliki.

Google Drive sendiri juga bisa disambungkan dengan galeri yang ada di Handphone sehingga anda tidak perlu memindah satu persatu file dari penyimpanan handphone ke Google Drive.

Untuk menggunakan Google Drive, pengguna hanya perlu mendaftar melalui akun Google mail yang dipilih kemudian menyimpan berbagai file yang diinginkan.

kekurangan Google Mail

Kekurangan Google Mail

Meskipun memiliki banyak kegunaan yang berguna untuk memudahkan hidup namun Google Mail sendiri bisa juga memiliki berbagai kekurangan yang mengganggu anda saat menggunakannya.

Berikut beberapa kelemahan dari platfrom Google Mail.

Adanya Iklan atau Spam

Kekurangan pertama dari adanya Google Mail adalah banyaknya iklan yang masuk ke akun anda. Promosi tersebut biasanya random dan terkadang tidak berkaitan dengan kesukaan anda.

Meskipun adanya iklan atau spam ini biasanya masuk ke dalam kolom promosi sehingga tidak mengganggu email penting yang masuk ke dalam akun Google Mail anda.

Namun apabila anda merasa terganggu dengan adanya email spam yang terus menerus masuk maka anda bisa melakukan blokir pada akun tersebut sehingga anda tidak bisa melihatnya kembali.

Membutuhkan Jaringan Internet

Sama seperti platform lain yang membutuhkan jaringan internet, Google Mail pun membutuhkan internet guna mengakses email dan menggunakan berbagai layanan yang ada.

Tak jarang anda membutuhkan waktu lama saat mengirimkan file dalam ukuran besar akibat jaringan internet yang kurang stabil.

Karenanya saat menggunakan apliksi ini pastikan gadget anda sudah terhubung dengan jaringan internet baik wifi atau paket data agar file bisa lebih cepat terkirim.

Tampilan yang Mononton

Kekurangan lainnya dari adanya Google Mail adalah tampilan yang mononton dan tidak pernah berubah dalam jangka waktu lama.

Sehingga pengguna Google Mail bisa saja bosan dengan tampilan yang sama setiap harinya.

Akan tetapi tampilan yang mononton ini berguna bagi pengguna baru yang perlu mempelajari berbagai layanan di Google Mail.

Sulitnya Kirim File dengan Ukuran Besar

Salah satu kegunaan dari adanya Google Mail adalah pengguna dapat mengirimkan berbagai file baik berupa tulisan, gambar, ataupun video.

Sayangnya Google Mail memiliki limit tersendiri dalam mengirim file sehingga penggunanya tidak bisa mengriimkan file tersebut atau apabila bisa dikirimkan maka menunggu waktu yang cukup lama.

Sebagai solusinya, pengguna bisa mengirimkan file dalam ukuran besar tersebut ke dalam Google Drive kemudian mengirimkannya kepada orang yang dituju.

Tak hanya mudah namun pengguna juga mengirimkan berbagai file tersebut dalam waktu yang bersamaan.

alasan harus ganti password google mail

Alasan Harus Ganti Password Google Mail Berkala

Sebuah akun Google Mail yang memiliki kata sandi yang sama dalam waktu yang lama tentunya memudahkan penggunanya untuk mengingat password Google Mail tersebut.

Apalagi jika akun tersebut sudah tidak lama dibuka dan ingin digunakan kembali untuk berbagai keperluan.

Sayangnya, password Google Mail yang tidak diganti dalam jangka waktu lama juga menimbulkan resiko tersendiri.

Tidak hanya resiko hacker yang bisa masuk dengan mudah namun berbagai data pribadi anda juga bisa diakses dengan mudah apabila sudah memiliki password Google Mail tersebut.

Hal ini tentunya merugikan bagi anda karena bisa memunculkan kerugian berupa materi yang tidak sedikit.

Karenanya ketahui dulu beberapa alasan untuk mengganti password Google Mail secara rutin.

Menjaga Keamanan Informasi Pribadi

Saat mengakses atau mendaftar di berbagai social media atau website biasanya anda diminta untuk mengisi data pribadi. Apabila anda lengah maka bisa saja berbagai data itu akan digunakan untuk keperluan lain.

Karenanya menjaga password Google Mail agar tetap aman bisa dilakukan dengan cara mengganti password Google Mail secara rutin dan menggunakan kata sandi yang sulit untuk diretas.

Mencegah Adanya Hacker

Banyaknya aplikasi atau website yang dimasuki terkadang membuat kita menggunakan password yang sama untuk semua platfrom yang dimiliki.

Kebiasaan ini dilakukan agar kita tidak lupa username dan juga kata sandi tersebut sehingga mudah dalam mengakses berbagai aplikasi yang ada.

Sayangnya hal ini membuat hacker lebih mudah untuk membobol akun yang dimiliki karena pola pasword yang sama.

Karenanya agar data dan informasi pribadi anda tidak diambil oleh hacker yang bertanggung jawab maka sebaiknya menggunakan kata sandi yang berbeda di setiap platform yang dimiliki.

Anda bisa menuliskan password google mail penting yang sering anda gunakan sehingga tidak tertukar dengan akun lain.

Mencegah Peretas Masuk Ke Akun Terus Menerus

Disaat seorang hacker mencoba masuk ke akun Google Mail anda biasanya Google akan memberikan peringatan kepada anda untuk menolak verfikasi tersebut atau meminta anda mengganti kata sandi yang disimpan.

Apabila hal ini diindahkan maka bisa jadi hacker tersebut akan masuk ke akun anda terus menerus sehingga lama kelamaan informasi pribadi dan data anda akan diambil untuk keperluan yang merugikan anda.

Karenanya agar data pribadi anda tidak diambil maka anda bisa melakukan penolakan apabila akun anda dimasuki oleh orang lain dan mengganti kata sandi anda secara rutin untuk mencegah adanya pembajakan akun Google Mail

Mencegah Akun Email Disalah Gunakan Orang Lain

Saat kehilangan gadget atau mengganti perangkat elektronik dengan keluaran terbaru bisa saja anda juga kehilangan akun Google Mail yang dimiliki karena lupa Log Out.

Apabila hal ini terjadi bisa saja pengguna tersebut menggunakan akun Google Mail untuk hal-hal yang merugikan, contohnya membajak akun social media anda untuk hal yag merugikan.

Karenanya sebelum menjual atau mengganti gadget anda jangan lupa untuk log out dari akun Google Mail agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Namun apabila gadget anda hilang maka bisa mengganti password Google Mail di gadget yang lain agar akun anda tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

tutorial mengganti password google mail

Tutorial Mengganti Password Google Mail

Mengganti password Google Mail secara rutin tentunya bermanfaat bagi anda agar akun anda tetap aman dan bisa diguankan dalam jangka waktu lama.

Karenanya berikut beberapa cara mengganti password Google Mail di berbagai gadget yang dimiliki.

Cara Mengubah Password Google Mail di PC

Sebagai pekerja atau pelajar tentunya kegunaan personal computer atau laptop berguna bagi anda untuk mengerjakan berbagai tugas atau pekerjaan yang diminta.

Penggunaan password Google Mail yang aman juga penting agar akun anda tidak mudah dimasuki oleh orang lain.

Anda bisa mengganti password Google Mail di personal computer dengan beberapa cara berikut:

  • Pertama, anda bisa memulai dengan membuka browser Google Chrome kemudian masuk ke akun Google Mail yang dimiliki
  • Kedua, buka menu pengaturan dan pilih kolom Sandi
  • Ketiga, gantilah kata sandi anda dengan password Google Mail yang lebih kuat dan berbeda yang sebelumnya
  • Keempat, pastikan password Google Mail yang ditulis sudah benar dan sesuai dengan yang anda inginkan. Google Mail biasanya memberikan verfikasi dua kali untuk memastikan password Google Mail yang anda masukkan.
  • Kelima, jika sudah sesuai maka klik Verfikasi dan password Google Mail akan bisa digunakan.

Cara Mengubah Password Google Mail di HP

Handphone saat ini menjadi salah satu gadget yang dimiliki oleh banyak orang. Guna mengaktifkan berbagai aplikasi dan layanan yang ada tentunya dibutuhkan akun Google Mail untuk mendaftar di Google Play Store.

Namun apabila pengguna ingin menjual atau mengganti perangkat elektronik yang dimiliki tentunya harus mengeluarkan atau mengganti password Google Mail yang dimiliki.

Berikut beberapa langkah mudah mengganti password Google Mail di Handphone.

  • Pertama, bukalah setelan perangkat di Handphone anda, carilah kolom Google dan pilih Kelola Akun Google Anda
  • Kedua, pada bagian atas pilihlah kolom keamanan
  • Ketiga, di kolom Login ke Google pilih Sandi
  • Keempat, gantilah password Google Mail sesuai dengan yang anda inginkan dan pastikan keamanan kata sandi sudah kuat
  • Kelima, jika sudah sesuai maka pilih verfikasi dan kata sandi terbaru sudah bisa digunakan

Cara Mengubah Password Google Mail di Iphone

Pengguna Iphone juga memerlukan akun Google Mail agar bisa mengunduh berbagai aplikasi dan layanan di Appstore.

Namun jangan lupa untuk mengganti password Google Mail apabila anda ingin mengganti gadget anda.

Berikut beberapa cara mengganti password Google Mail di Iphone

  • Pertama, Buka aplikasi Google Mail yang ada di gadget anda
  • Kedua, di bagian kanan atas klik pada kolom foto profil atau inisial dan pilih Kelola Akun Google Anda
  • Ketiga, pada bagian atas klik Info Pribadi
  • Keempat, pada kolom info dasar ketuk kata sandi
  • Kelima, masukkan password Google Mail baru yang anda inginkan dan jika sudah sesuai maka klik Verifikasi.
  • Keenam, Jika sudah selesai maka password Google Mail anda bisa digunakan untuk log in.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.