Tipe Instagram

3 Jenis Akun Instagram yang Wajib Kamu Tahu

Kamu sudah pernah dengar 3 jenis instagram ini?

Sadarkah Kamu bahwa Instagram itu punya 3 jenis akun, lho.

Dengan Kamu mengetahui hal ini, Kamu bisa menyesuaikan dan mengoptimalkan strategi yang Kamu lakukan.

Entah itu Kamu mau jualan, jadi selebgram, jual beli Akun dan bangun bisnis baru.

Yuk, langsung kita pelajari.

1. Akun Instagram Personal Brand

Personal Brand Instagram
Source : Instagram.com/bynikojulius

Ini adalah jenis akun Instagram yang cukup populer. Dalam setiap industri, selalu ada seseorang yang personal branding-nya sangat kuat.

Mereka sengaja menggunakan strategi ini untuk mendukung perkembangan bisnis mereka.

Salah satu akun Instagram yang menggunakan strategi ini adalah Niko Julius.

Ya, beliau memulai personal branding-nya di media sosial dengan menggunakan Instagram.

Menariknya, beliau bisa mencapai 100.000 followers dalam waktu 6 bulan, dan sekarang beliau dikenal sebagai Instagram Expert dari Indonesia.

Jika Kamu menyadari hal ini, sekarang banyak sekali content creator baru yang bermunculan di Instagram dengan melakukan strategi ini, bukan?

Ciri-ciri akun personal brand adalah akun yang menggunakan nama dan foto personal.

2. Akun Jualan atau Online Shop

Kalau jenis Instagram yang satu ini kita sudah tidak asing, ya?

Jumlah online shop di Instagram ini sangat-sangat banyak.

Bahkan, ada juga 10 online shop yang bisa memiliki omzet milyaran hanya berawal dari Instagram, lho. Wow!

Tipe Instagram
Source : Exabytes.co.id

Menariknya, meskipun sekarang jualan di Instagram itu tidak semudah dulu (karena algoritma Instagram yang sudah berubah).

Namun, Instagram masih menjadi media sosial yang tepat untuk Kamu jualan, membangun kesadaran merek, dan membangun brand online shop yang kuat.

Ciri-ciri Akun jualan atau online shop adalah, konten-kontennya berisi tentang jualan produk/jasanya.

Kamu bisa juga pelajari, cara jualan dengan konten marketing di sini, ya.

3. Akun Publik atau Akun Bisnis Brand

Mungkin banyak yang belum tahu jenis akun Instagram ini.

Sebelum Kamu tahu apa bedanya, Kamu wajib tahu dahulu, tipe-tipe konten yang ada di media sosial.

Ada 5 tipe konten di media sosial:

  1. Konten edukatif.
  2. Konten entertain.
  3. Konten inspiratif.
  4. Konten informatif.
  5. Konten jualan.

Saat Kamu paham tipe-tipe konten tersebut, Kamu dapat menyesuaikan, konten seperti apa yang Kamu ingin buat.

Akun publik yang dimaksud di sini adalah akun-akun yang sifatnya reposter/tidak membuat konten sendiri, melainkan repost konten akun lain.

Contohnya seperti akun Instagram:

Menarik, ya?

Meskipun terasa mudah, karena kita tidak perlu membuat konten, tapi untuk fase monetisasinya akan sangat berat.

Karena tidak adanya trust atau kepercayaan audiens dengan akun tersebut. Alhasil, akun Instagram tersebut biasanya hanya digunakan untuk monetisasi dengan paid promote saja.

Lain halnya dengan akun bisnis brand. Akun bisnis brand adalah akun-akun yang memberikan konten-konten yang bermanfaat (edukatif, entertain, inspiratif dan informatif), dan membuat konten sendiri.

Contohnya seperti akun:

Kebalikannya dari akun publik. Akun bisnis brand lebih memudahkan Kamu untuk monetisasi akun Kamu.

Entah itu menawarkan barang/jasa Kamu, paid promote, atau bahkan bekerja sama dengan brand besar lainnya.

Nah, sekarang Kamu sudah tahu kan 3 jenis akun yang ada di Instagram?

Jika Kamu bertanya-tanya, “mana akun Instagram yang paling baik?”

Tergantung tujuan Kamu. Apa tujuan Kamu menggunakan Instagram?

Sambil Kamu memikirkan hal tersebut, Kamu bisa nonton webinar GRATIS yang dibuat oleh Instagram Expert dari Indonesia.

Silakan klik yang ada di bawah ini, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *