instagram engagement

5 Cara mendapatkan banyak Engagement di Instagram

Sejak kita tau bahwa Instagram mengubah Algoritma-nya, Engagement di Instagram adalah Kunci untuk mengembangkan Akun Instagram kamu bukan?

insatgram engagement
Source : Freepik.com

Nah, ada beberapa cara untuk kamu mendapatkan Engagement di Instagram.

Apa saja hal tersebut?

Tapi, sebelum kamu belajar bagaimana meningkatkan Enagement di Instagram, kamu wajib tau dahulu, “Akun Instagram yang punya Engagement yang tinggi adalah Akun yang bermanfaat, Setuju ya?

Entah itu Akun yang memiliki Konten yang Edukatif, Entertain, Inspiratif atau Informatif, bukan Akun yang isinya Jualan.

Nah, Lebih jelasnya sudah pernah saya bahas di Artikel yang ini ya. “5 Jenis Konten di Instagram”.

Jadi, kalau kamu sekarang sedang mengembangkan Akun Jualan, wajar saja kalau Akun kamu punya Engagement yang kecil.

Menariknya, ada 3 Jenis Akun Instagram juga yang harus kamu tau dahulu. Lebih lengkapnya juga sudah pernah saya bahas di Artikel yang ini. “3 Jenis Akun Instagram”

Oke, kalau kamu sudah baca Fundamental tersebut, kita langsung masuk ke Topik ya.

1. Cara mendapatkan banyak Engagement di Instagram adalah Engage dengan mereka

Saya pernah baca Quotes yang tidak akan pernah saya lupakan.

Getting big on Social Media, Is actually by being Social

Maksutnya adalah, Cara menjadi besar di Social Media adalah menjadi Social.

Dulu saya juga berpikir, bahwa mendapatkan banyak Engagement itu tergantung dari Kualitas Konten kita saja. Betul, ini betul banget. Tapi…

Ada satu hal yang kamu tidak boleh lupakan, ini Media Sosial bukan? Di mana Sosialisasi terjadi itu secara 2 Arah, bukan 1 Arah saja.

Ada banyak cara untuk Kamu bersosialisasi di Instagram, misalnya seperti :

  • Balas DM Instagram mereka. Karena semua orang suka dihargai dan suka kalau direspon oleh Orang yang mereka Idolakan.
instagram dm
  • Interaksi di-Story Instagram/buat konten yang memicu mereka Untuk Interaksi di-Feed kamu.

2. Gunakan Call to Action yang Jelas

Sadarkah kamu, bahwa kita tidak bisa mengasumsikan orang untuk tau apa yang kita mau dia lakukan?

Terkadang, kita lupa memberikan Call to Action/ajakan bertindak, sehingga Followers kita tidak tau apa yang harus mereka lakukan.

Call to Action yang dimaksud tersebut seperti ini :

instagram

Di Postingan Instagram Bynikojulius ini, beliau memberikan Call To Action utama untuk minta Followers-nya Share dan Klik Link di BIO Instagram.

Nah, terkait Call to Action, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak memberikan Call to Action ya. Karena Audiens kamu bisa bingung nantinya. Apa yang sebaiknya mereka lakukan.

Call to Action bisa kamu tulis di Akhir Slide (Jika Carousel) atau di Akhir Caption Instagram kamu.

3. Buat Konten yang menarik dan memiliki Value

Sebagus apapun Call to Action kamu, dan meskipun kamu juga adalah Seseorang yang suka berinteraksi dengan Followers kamu, tapi kalau Konten kamu tidak menarik, wajar saja Audiens kamu tidak mau berinteraksi dan Engagement Rate Instagram kamu rendah.

Maka dari itu banyak orang bilang bahwa “Konten is King, Engagement is Queen“. Kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan.

Selain kamu harus membuat Konten yang bermanfaat yang sudah pernah saya bahas di Artikel yang ini. Kamu juga harus membuat Konten yang relevan dengan mereka.

Karena Value yang dimaksud itu berhubungan dengan Relevancy juga.

Gampangnya begini, Konten-konten yang kamu buat ini membantu Followers kamu dari Apa menjadi Apa?

Misal kita Ambil Contoh Instagram Bynikojulius.

instagram

Terlihat dengan Jelas bukan? Konten-konten beliau seputar cara mengoptimalkan Instagram. Nah, ini juga merupakan suatu Value untuk mereka yang kesulitan untuk mengembangkan Instagram.

4. Gunakan GIF & Emoji di Caption / Story Instagram

Nah, dalam memainkan Instagram Story, kamu bisa menggunakan berbagai macam GIF dan Emoji bukan?

Apalagi Instagram Story terkadang memberikan Sticker-sticker pada Event tertentu. Hal ini bisa kamu terapkan agar lebih menarik untuk mereka Berinteraksi dengan Konten-konten kamu.

5. Testing dan temukan konten seperti apa yang Audiens kamu sukai

Apa yang kita bilang bagus, tentunya belum tentu bagus buat orang lain bukan?

Sama halnya dengan membuat Konten di Instagram. Apa yang kita pikir bagus dan ber-value, belum tentu juga. Sampai Konten tersebut kamu Tes dan Posting di Instagram.

Di Instagram sendiri, ada 4 Jenis Interaksi yang kamu bisa lihat. Like, Komen, Share dan Save.

Nah, Setiap Konten yang kamu buat, itu kamu bisa Optimalkan. Interaksi seperti apa yang mau kamu hasilkan dari Konten tersebut?

Seperti Contoh Konten Akun Instagram ini :

instagram engagement

Nah, Kalau kita sudah menemukan Winning Konten seperti ini, tinggal kita buat saja Konten-konten serupa seperti Konten ini.

Itu tadi 5 Cara untuk mendapatkan banyak Engagement di Instagram.

Kalau kamu mau belajar lebih lengkap tentang mengembangkan Instagram secara Organik. Kamu bisa temukan di Webinar Gratis yang ada di bawah ini ya.

webinar kelas instagram organik
5 Cara mendapatkan banyak Engagement di Instagram

Leave a Reply

34 views
Copy link