6 Cara mendapatkan Uang dari Instagram

3d instagram application logo background instagram social media platform

Mungkin kamu juga bingung. Bagaimana cara mendapatkan Uang dari Instagram? Dan kenapa sekarang banyak banget Content Creator bermunculan di Instagram?

instagram
Source : Freepik.com

Apakah bisa dari membuat Konten, mendapatkan banyak Followers dan Like di Instagram bisa menghasilkan Uang?

Pada dasarnya, Instagram memang berbeda dengan Youtube. Mungkin kamu juga tahu bukan, kalau kita bisa menghasilkan Uang dari Youtube?

Ya, Youtube menyediakan Youtube Adsense. Lalu, bagaimana dengan Instagram?

Untuk sekarang memang Instagram belum menyediakan Adsense ( ketika artikel ini dibuat ), tapi ke depannya Instagram akan menyediakan hal tersebut kok.

Nah, sebelum kamu tahu Bagaimana cara mendapatkan Uang dari Instagram, kamu harus sadar dahulu. Jaman telah berubah. Attention is the New Currency ( perhatian adalah mata uang baru di Dunia Online )

Tidak heran jaman sekarang, banyak orang melakukkan hal-hal aneh untuk mendapatkan perhatian bukan?

Ketika kamu punya perhatian banyak orang, akan banyak sekali tawaran kerjasama yang datang kepada kamu. Betul?

Menariknya, Ada 6 Cara untuk kamu bisa menghasilkan Uang dari Instagram.

sale
Source : Freepik.com

Kalau yang ini mungkin tidak asing bagi kamu bukan? Ya, Paid Promote itu berarti Promosi berbayar.

Kita menjual Jasa untuk mempromosikan Product mereka, entah itu di Feed/Story Instagram mereka.

Hampir semua Akun Instagram yang mempunyai banyak Followers menyediakan Jasa ini. Karena jasa ini termasuk sangat mudah untuk dilakukan bukan?

Lalu, berapa Tarif untuk Paid Promote itu sendiri? Untuk tarifnya sendiri itu tidak ada patokan pasti. Semua Akun mempunyai tarif yang berbeda-beda pastinya. Tapi biasanya, tergantung Jumlah Followers dan Engagement Akun tersebut. Semakin banyak Followers-nya, semakin mahal juga harga Paid Promote-nya.

Endorse

endorse
Source : instagram.com/inijedar

Mungkin kalau kamu sering menggunakan Social Media, kamu sudah tidak asing dengan kata Endorse.

Nah, banyak orang menyamakan antara Paid Promote dan Endorse. Padahal keduanya adalah 2 hal yang berbeda.

Endorse sendiri berasal dari kata Bahasa Inggris “endorsement”, yang berarti tindakan dukungan kepada seseorang atau suatu brand. Atau kita meminjam Nama / Authority orang tersebut untuk mempromosikan Barang / Jasa kita.

Jika kamu masih bingung perbedaan antara Paid Promote dan Endorse, Paid Promote itu kita meminta Akun Instagram itu mempromosikan Postingan mereka saja. Kalau Endorse itu, kita meminta Akun Instagram itu untuk Review Product kita.

Untuk tarif Endorse sendiri juga tidak ada patokan yang pasti. Yang jelas, semakin terkenal orang tersebut, semakin tinggi Followers dan Engagement akunnya, semakin mahal juga harga Endorsenya.

Reseller / Dropshipper

reseller
Source : Pixabay.com

Reseller sendiri itu berarti “Resell” atau menjual kembali. Sebuah Model Bisnis dimana penjual membeli sebuah barang atau melakukkan Stock barang, lalu menjualnya kembali.

Nah, Kalau Dropshipper itu sendiri berarti “Drop” menjatuhkan / menurunkan. Sebuah Model Bisnis dimana kamu tidak harus Stock barang. Kamu hanya perlu mencari orderan, Order ke Supplier, dan meminta Supplier kirim ke Customer kamu atas nama Tokomu.

Dropshipper ini sangat cocok buat kamu yang tidak suka Ribet Stock barang.

Jadi di tahap ini, kamu bisa mendapatkan Uang dari Instagram dengan cara menjualkan barang orang lain.

Affiliate Marketing

affiliate marketing
Source : Freepik.com

Nah, sebagian dari kamu mungkin asing dengan Affiliate Marketing. Affiliate Marketing ini bahasa gampangnya itu Makelar.

Namun berbeda dengan Reseller atau Dropshiper ya. Kamu hanya perlu menyebarkan Link Affiliasi kamu untuk mempromosikan barang / jasa orang lain.

Menariknya, di Indonesia sendiri meskipun asing bagi beberapa orang, ternyata banyak sekali Website yang menawarkan Program Affilasi lo. Seperti Nikojulius.com atau Marketplace Ratakan.com.

Nah, Affiliate Marketing ini sangat cocok buat kamu yang tidak ingin “ribet” mengurus Pengiriman barang / Hal-hal teknis lainnya. Dan komisi yang ditawarkan pun beragam dan cukup Gurih ! Ada yang 50%-75% tergantung dari Pihak penyedia Affiliasi tersebut.

Namun sebelum kamu menjualkan barang orang, ada baiknya kamu juga check Kualitas dari barang tersebut ya.

Uang dari Instagram jadi Brand Ambassador

shopee
Source : Shopee.co.id

Kalau yang satu ini, apa masih agak asing juga buat kamu?

Brand Ambassador merupakan orang-orang yang diajak bekerja sama oleh sebuah Perusahaan untuk menjadi Ikon / Wajah sebuah Perusahaan tersebut. Tentunya pasti ada kesepakatan tertentu yang mereka lakukkan. Contohnya seperti Blackpink dengan Shopee.

Tapi tidak semua orang yang punya Followers banyak di Instagram bisa menjadi Brand Ambassador lo. Pastinya Brand tersebut punya kriteria tersendiri untuk mempunyai Brand Ambassador. Dan biasanya yang mempunyai Brand Ambassador adalah Brand yang cukup besar. Seperti Jnt dengan Deddy Corbuzier sebagai Brand Ambassadornya sejak tahun 2016.

Uang dari Instagram waktu Jualan Barang / Jasa sendiri

cara mendapatkan uang dari instagram
Source : Freepik.com

Yang ini sudah jelas ya? hehehe

Daripada kita Jualan Barang/Jasa orang lain, ada baiknya kamu juga Jualan Barang / Jasa kamu sendiri, ketika kamu sudah punya Audiens yang cukup banyak.

Pastikan juga kamu menjual Barang/Jasa yang Relevan dengan Followers kamu ya. Misal ni, Followers kamu kenal kamu sebagai Orang yang Fashionable, nah jangan Jualan Busur Panah. Boleh-boleh saja, tapi ada baiknya yang lebih Relevan ya..

Itu tadi 6 Cara bagaimana kita menghasilkan Uang dari Instagram. “Bukan Konten yang kita buat yang menghasilkan Uang, tapi aktivitas apa yang kita lakukkan di Instagram kita.”

Nah sebelum kamu bisa Jualan di Instagram, pastinya kamu harus memaksimalkan Instagram kamu bukan?

Kamu boleh belajar hal tersebut melalui Webinar Gratis yang akan Saya bagikan Khusus buat kamu. Check Link dibawah ini ya :

webinar kelas instagram organik
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts