Apa Itu Google AdSense

Simak Apa Itu Google AdSense dan Cara Kerjanya

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan perubahan kultur, kini seseorang dapat memperoleh penghasilan tambahan melalui internet. Apabila Anda memiliki situs web dan ingin memperoleh penghasilan tambahan, Anda bisa memanfaatkannya.

Ada banyak cara untuk memonetisasi traffic situs web Anda, salah satu caranya dengan memanfaatkan periklanan produk atau layanan pihak ketiga pada pengunjung situs web Anda.

Saat ini, sudah banyak program periklanan yang menawarkan jasa untuk memonetisasi situs web Anda. Salah satunya yang paling sering kita ketahui adalah Google AdSense.

Anda mungkin pernah mengetahui beberapa blogger yang berhasil memanfaatkan cara ini untuk situs web mereka dan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Google AdSense adalah salah satu jenis metode periklanan untuk memperoleh keuntungan dari konten yang ada pada situs web Anda. Menarik bukan?

Kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda yang baru ingin memulai menggunakan Google AdSense.

google adsense

Pengertian Google AdSense

Google AdSense adalah program periklanan melalui media internet yang dibuat oleh Google. Program ini akan memberikan konten dan iklan kepada pengunjung situs web.

Melalui Google AdSense, Anda akan mendapat komisi untuk menampilkan iklan di situs web milik Anda. Bentuk dan material dari konten atau iklan yang dipasang telah ditentukan oleh Google itu sendiri.

Sistem yang digunakan pada program ini adalah cost per clik atau CPC, sehingga setiap kali iklan diklik oleh pengunjung, Google akan membagikan komisi keuntungan yang diperoleh dengan pemilik situs web.

Cara ini tentu tergolong mudah untuk memperoleh penghasilan melalui internet. AdSense memanfaatkan periklanan dengan target dalam bentuk teks, video, gambar, maupun media interaktif yang telah ditentukan.

Google adalah pihak ketiga yang membantu pemilik situs web dan pemilik iklan untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan lalu lintas situs web seseorang.

Terdapat dua cara yang paling banyak digunakan untuk memperoleh penghasilan melalui Google AdSense. Yang pertama yaitu dengan cara menghitung jumlah penayangan halaman atau page views yang diperoleh dalam satu bulan.

Cara yang kedua yaitu dengan menghitung jumlah orang yang mengklik iklan pada situs web Anda. Kedua cara tersebut sama-sama dapat menghasilkan pendapatan bagi situs web.

Google AdSense adalah program periklanan yang ditujukan untuk pemilik situs atau blog yang ingin memonetisasinya. Program ini dapat digunakan oleh penayang . Iklan akan muncul pada laman digital Anda.

Sedangkan Google Ads adalah program yang ditujukan untuk pengiklan. Apabila Anda ingin mempromosikan produk atau jasa pada sebuah situs atau aplikasi, maka layanan yang digunakan adalah Google Ads.

Biasanya Anda dapat langsung mengenali situs yang memakai layanan ini. Pada laman situs mereka, terdapat iklan yang diletakkan di tengah, maupun samping halaman.

sistem bagi hasil

Sistem Bagi Hasil Google AdSense

Dengan berbagai kemudahan dan keunggulan Google AdSense, kira-kira berapa yang akan kita dapatkan dari iklan yang dipasang?

Bagi pemilik situs, untuk memasang iklan AdSense untuk konten, Anda akan mendapat sebanyak 68% dari pendapatan yang diakui Google pada layanan itu.

Sedangkan untuk AdSense penelusuran, penayang atau pemilik situs akan mendapat sebanyak 51%. Persentase itu konsisten dimanapun letak geografisnya.

Sedangkan untuk sistem bagi hasil pada produk AdSense lainnya, terdapat perbedaan tergantung pengembangan dan dukungan produk.

keunggulan

Keunggulan Menggunakan Google AdSense

Setelah Anda mengetahui tentang Google AdSense, tentu ada tertarik untuk memanfaatkan layanan ini pada situs Anda, bukan? Beberapa keunggulan yang dimiliki program periklanan ini adalah sebagai berikut.

Bentuk Iklan Dapat Disesuaikan

Anda tentu memiliki tampilan dan navigasi tersendiri untuk situs Anda. Google AdSense menawarkan iklan yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Anda tidak perlu khawatir bahwa nantinya iklan yang akan ditayangkan tersebut mengganggu tampilan situs Anda. Iklan dapat diatur sedemikian rupa seperti ukuran, letak, bentuk, latar belakang, dan lain lain.

Selain itu, tersedia pula berbagai jenis iklan mulai dari gambar, teks, video, hingga media interaktif yang dapat Anda eksplor untuk memaksimalkan penghasilan. Anda dapat mengetahui iklan jenis apa yang lebih menguntungkan Anda.

Penghasilan Tambahan

Tujuan utama layanan Google AdSense adalah untuk menghubungkan pihak pengiklan dan penayang atau pemilik situs agar sama-sama mendapatkan penghasilan. Layanan ini berperan sebagai pihak ketiga yang menghubungkan keduanya.

Iklan yang ditampilkan pada situs Anda akan membuat situs tersebut lebih menghasilkan. Namun, terdapat beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi jumlah penghasilan yang di dapat.

Salah satunya adalah tingkat popularitas situs Anda. Hal tersebut ditunjukkan melalui data traffic atau lalu lintas pada situs Anda. Seberapa banyak orang yang mengunjungi situ tersebut.

Selain itu, nilai yang ditawarkan iklan tersebut juga berpengaruh, lho! Semakin tinggi tingkat kompetitif kata kunci yang ditargetkan, maka kemungkinan nilai iklan yang ditawarkan juga semakin tinggi.

Menyediakan Statistik Lengkap

Untuk mengetahui performa iklan yang ditampilkan pada situs, Anda dapat dengan mudah menemukannya karena Google AdSense menyediakan data statistik dan analisis yang lengkap.

Statistik dan analisis tersebut dapat Anda akses di menu dashboard. Anda dapat melihat jumlah pengunjung dan penghasilan pada suatu iklan yang dipasang. Bahkan Anda dapat melihat banyak data lainnya.

Anda dapat melihat berapa jumlah klik yang didapat, penghasilan setiap klik, dan total penghasilan yang diperoleh satu iklan. Selain itu Anda juga dapat mengetahui popularitas situs dan halaman situs berdasarkan iklan yang dipasang.

Apabila terdapat iklan yang tidak diinginkan, Anda juga bisa memblokirnya. Google AdSense menyediakan tingkat keamanan, transparansi, dan keselamatan yang tinggi untuk pengiklan dan pemilik situs.

Iklan Sesuai dengan Konten Website

Setiap situs tentu memiliki kategori konten yang berbeda-beda. Konten adalah daya tarik utama situs agar menarik perhatian pengunjung, sehingga butuh perencanaan yang matang.

Pemasangan iklan Google AdSense akan memakan ruang pada halaman situs Anda, sehingga perlu pertimbangan yang matang agar iklan tersebut tidak mengganggu tampilan situs.

Tampilan situs yang berantakan dengan iklan yang tidak diatur sedemikian rupa dapat mengganggu visual situs dan beberapa pengunjung tidak menyukai hal tersebut.

Salah satu keunggulan Google AdSense yang lain adalah konten iklan yang ditampilkan dapat menyesuaikan dengan isi konten situs Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir iklan tersebut akan mengganggu.

Misalkan pada situs Social Media Marketer, mayoritas berisi konten tentang strategi marketing melalui media sosial. Maka, iklan yang akan muncul juga tidak akan melenceng dari topik tersebut.

Tersedia Banyak Referensi

Program periklanan Google AdSense termasuk yang paling banyak digunakan. Banyaknya pengguna, membuat program ini menjadi sangat populer. Sehingga, kemungkinan dokumentasinya cukup lengkap.

Dokumentasi yang cukup lengkap akan sangat berguna pagi sesama pengguna Google AdSense, terutama para pemula. Apabila Anda menemui masalah, Anda cukup mencarinya di Google Search.

Tersedia banyak referensi yang bisa Anda gunakan sebagai panduan atau informasi dalam menggunakan program ini. Anda juga dapat menemukan berbagai tips dan trik terkait Google AdSense di internet.

cara kerja

Cara Kerja Google AdSense

Google AdSense menyediakan layanan bagi para pengguna untuk memasang iklan di situs mereka dan mendapat penghasilan dari konten tersebut. Program ini akan mencocokkan iklan yang akan dipasang dengan konten dan profil pengunjung situs Anda.

Iklan tersebut berasal dari pengiklan yang membayar untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Kemudian pemilik situs yang akan dipasang iklan tersebut, akan menerima komisi apabila pengunjung meng-klik iklan yang ada.

Anda menyediakan ruang iklan

Langkah pertama yaitu Anda terlebih dahulu menyediakan ruang iklan pada situs Anda. Caranya adalah dengan menempelkan kode iklan di situs.

Kemudian, Anda juga menentukan letak iklan nantinya akan ditayangkan.

Iklan yang paling mahal akan muncul

Langkah kedua, yaitu pengiklan yang tertarik dengan ruang iklan pada situs Anda akan melakukan lelang secara real-time untuk memperebutkan ruang tersebut agar iklan mereka ditampilkan.

Pengiklan dengan tawaran paling tinggi yang akan ditampilkan iklannya pada situs tersebut.

Mendapatkan bayaran

Langkah terakhir, ketika iklan sudah dipasang dan berjalan, pihak Google AdSense akan bekerja sebagai pihak ketiga dalam transaksi ini. Google bertugas untuk menagih pembayaran oleh pihak pengiklan.

Setelah mendapat pembayaran itu, Google akan membayar pemilik situs berdasarkan jumlah klik yang didapat.

Cara Membuat Google AdSense

Nah, apakah Anda sudah siap menggunakan layanan Google AdSense pada situs Anda?

Cara membuat Google AdSense cukup mudah, Anda hanya memerlukan email dan alamat situs yang sudah aktif. Berikut langkah-langkah untuk membuat Google AdSense.

Membuat Akun AdSense

Sebelum menggunakan layanan ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun AdSense. Anda cukup mengunjungi laman Google AdSense dan menekan tombol Sign Up.

Setelah itu klik “Daftar Sekarang”. Kemudian Anda akan diminta mengisi data-data yang diperlukan untuk membuat akun AdSense. Isi sesuai dengan alamat email dan situs yang akan digunakan.

sign up

Setelah itu Anda perlu scroll ke bawah, kemudian menekan tombol “Save & Continue”. Anda akan diminta untuk memverifikasi kembali, cukup scroll ke bawah lalu klik tombol “Create Account”.

Nah, kini Anda telah memiliki akun AdSense. Namun, Anda masih harus mengaktifkan akun tersebut untuk dapat menggunakan layanan Google AdSense.

Mengaktifkan Akun AdSense

Setelah proses pendaftaran akun selesai, Anda akan diarahkan ke dashboard akun Google AdSense milik Anda. Setelah itu Anda diminta untuk mengisi beberapa informasi yang diperlukan seperti alamat pembayaran.

Untuk mengisi alamat pembayaran ini, pastikan Anda memasukkan alamat yang benar. Apabila terdapat kesalahan, Anda bisa saja tidak menerima pembayaran yang telah didapat.

submit code

Setelah selesai, klik “Submit”. Kemudian Anda akan diminta memasukkan beberapa baris kode ke situs Anda. Apabila kode yang disalin salah, maka iklan tidak dapat ditampilkan atau tidak valid.

Setelah menyalin kode di situs, pastikan anda mencentang kotak bertuliskan “I’ve pasted the code into my site”. Hal tersebut agar pihak Google AdSense dapat melakukan pengecekan dan audit situs Anda.

Kemudian klik “Done” untuk melanjutkan. Ketika proses berhasil Anda akan mendapatkan laman notifikasi.

Nah dengan melakukan proses ini, Anda telah mengirimkan pengajuan pemasangan iklan pada Google AdSense. Anda akan diminta menunggu selama tiga hari atau lebih untuk menerima hasil apakah situs Anda layak dipasang iklan.

Pada proses ini, tidak semua pengajuan akan diterima. Pengajuan Anda akan ditolak apabila situs tidak memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan Google.

Membuat Iklan AdSense

Setelah akun Anda disetujui dan aktif, langkah selanjutnya adalah membuat iklan AdSense. Anda akan mengatur iklan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dalam membuat iklan AdSense, anda butuh melakukan tiga tahap.

Membuat Unit Iklan

Untuk membuat unit iklan, Anda masuk ke bagian dashboard akun Anda, kemudian klik “My Ads”. Setelah itu klik “Ad Units” untuk melihat daftar iklan yang pernah Anda buat.

Untuk membuat iklan baru, klik “New Ad Unit”.

ad content

Memilih Tipe Iklan

Setelah klik “New Ad Unit”, halaman akan menampilkan berbagai ukuran iklan yang ditawarkan. Beberapa tipe iklan tersebut adalah Leaderboard, Responsive, Large Rectangle, Large Mobile Banner, atau Large Skyscraper.

Selain itu, tersedia pula beberapa tipe iklan seperti iklan teks dan gambar (text and display ads), iklan berimbang (matched content), iklan in-feed dan iklan di dalam artikel (in-article ads).

Pilihlah iklan yang sesuai dengan keinginan Anda dengan meng-klik salah satu pilihan dari ukuran dan tipe yang tersedia.

teks custom

Memilih Gaya Teks Iklan

Anda juga dapat menyesuaikan iklan lebih lanjut dengan memilih warna border, judul, teks, URL, bahkan latar belakang iklan. Setelah selesai mengatur iklan, klik “Save and Get Code”.

Setelah itu, Anda akan mendapat beberapa baris kode. Kode tersebut nantinya adalah iklan yang akan tampil pada situs Anda.

Kemudian apabila seluruh proses sudah selesai, klik “Close” untuk mengakhiri pembuatan unit iklan. Iklan yang sudah Anda buat dapat diakses pada menu “Ad Unit”.

teks custom lagi

Cara Menambahkan Iklan AdSense ke Dalam Website WordPress

Anda sudah membuat unit iklan, langkah selanjutnya adalah menambahkan iklan AdSense ke dalam situs Anda. Ada tiga plugin yang dapat mempermudah Anda dalam menambahkan iklan AdSense.

Easy Google AdSense

Seperti namanya, plugin ini akan membuat proses menambahkan iklan menjadi lebih sederhana. Anda cukup menambahkan Google AdSense Publisher ID di dalam pengaturan.

Dengan plugin ini, Anda tidak perlu secara manual memasukkan kode ke situs Anda. Terlebih jika bagian-bagian pada situs berbeda-beda.

Ad Injection

Apabila Anda tidak hanya menggunakan layanan Google AdSense, Anda dapat menggunakan plugin Ad Injection. Plugin ini dapat memasukkan berbagai jenis iklan ke situs Anda.

Anda dapat menyesuaikan iklan yang akan dipasang di situs Anda, seperti ukuran, siapa saja yang dapat melihat, dan posisi iklan pada situs.

Ad Inserter

Jika Anda adalah pengguna WordPress, terdapat plugin yang bisa Anda gunakan yaitu Ad Inserter. Plugin milik WordPress ini dapat menempatkan iklan di tempat yang optimal pada situs Anda.

Selain itu, plugin ini juga dapat memasukkan berbagai jenis iklan seperti Amazon Native Shopping Ads, Media.Net, dan Google Ads Manager.

Kini Anda mengetahui bahwa Google AdSense adalah salah satu cara yang mudah untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan memanfaatkan situs yang Anda miliki.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan layanan ini?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.