algoritma instagram

Instagram Bagikan Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru

CEO Instagram merilis pandangan baru mengenai cara kerja algoritma instagram, hal ini akan membantu pengguna untuk memaksimalkan jangkauan konten dan optimasi kinerjanya di beranda, story, dan reels.

Mosseri menjelaskan cara kerja algoritma Instagram memiliki kesamaan di tahun 2021, dimana mereka akan lebih terbuka pada mengenai ranking algoritma instagram sehingga menghilangkan rumor yang selama ini beredar mengenai jangkauan instagram.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa setiap layanan (feed, story, reels, explore, dan search) memiliki algoritmanya sendiri yang disesuaikan dengan penggunaan penggunanya.

Misalnya saja, orang-orang cenderung mencari aktivitas teman dekat di Instagram story, menggunakan fitur explore untuk menemukan konten dan kreator baru, serta mendapatkan hiburan di reels.

Penambahan fungsi kontrol seperti close friend, mengikuti, dan favorit juga akan memudahkan dalam menyesuaikan pengalaman anda.

Selain itu, Instagram juga mempertimbangkan postingan terbaru yang dibagikan oleh orang yang anda ikuti serta yang belum pernah diikuti yang mungkin menarik bagi anda dengan berbagai faktor, misalnya orang yang diikuti, topik yang disukai, serta keterlibatan baru-baru ini, sehingga memberikan keseimbangan dari akun yang anda ikuti dan yang tidak anda ikuti namun mungkin anda sukai.

Selain itu, Instagram juga meningkatkan rekomendasi AI ke dalam beranda, di akhir penyampaiannya, Mosseri juga memberikan penjelasan mengenai empat faktor dalam memberikan ranking pada halaman beranda Instagram :

Pertama adalah aktivitas yang dilakukan di Instagram, seperti memberikan tanda suka, membagikan, memberikan komentar, atau menyimpan konten yang akan membantu Instagram dalam mengetahui konten yang sedang disukai.

Kedua adalah informasi mengenai postingan Instagram, seperti banyak orang yang menyukai, membagikan, menyimpan, atau memberikan komentar pada kontennya serta waktu unggah konten, lokasi, dan lain sebagainya.

Ketiga adalah informasi tentang kreator yang mengunggahnya sehingga memberikan informasi mengenai ketertarikan pada orang tersebut, serta interaksi yang dilakukan dengan akun tersebut.

Keempat adalah riwayat interaksi dengan akun tertentu, misalnya apakah anda sering memberikan komentar satu sama lain, sehingga semakin sering anda melakukan interaksi dengan akun tersebut, maka mereka akan lebih sering muncul di beranda.

Tidak hanya itu, Instagram juga akan menunjukkan jenis konten yang lebih sering anda sukai, sehingga setiap orang akan menunjukkan format yang berbeda.

Sementara faktor untuk menentukan prioritas Instagram story adalah frekuensi melihat konten story dari pengguna lain, sehingga Instagram akan melihat konten dari orang lain yang tidak ingin kamu lewatkan.

Selain itu, riwayat interaksi juga akan melihat bagaimana anda melakukan interaksi dengan akun lain, seperti mengirimkan tanda suka atau pesan langsung.

Mosseri juga menjelaskan bagaimana ranking konten Instagram di halaman explore yang berdasarkan popularitas, serta bagaimana anda melakukan interaksi dengan konten dan kreator yang similiar di masa lampau.

Instagram reels juga masih menjadi salah satu konten yang populer, dimana mereka akan melihat bagaimana konten tersebut dapat menghibur orang lain dan menarik seseorang untuk melakukan interaksi.

Beberapa faktor yang memengaruhi popularitas reels juga memiliki kesamaan dengan beranda Instagram, misalnya aktivitas, riwayat interaksi dengan kreator yang mengunggahnya, dan informasi tentang reels.

Kreator juga perlu mengunggah konten denga resolusi tinggi, mengingat Instagram akan memprioritaskan konten yang memiliki kualitas lebih baik serta tidak menggunakan tanda air.

Sumber : Instagram Shares New Explainer on How its Feed, Reels and Stories Algorithms Work | Social Media Today

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *