jualan di instagram

Fitur dan Cara Jualan di Instagram 

Ketahui strategi yang tepat untuk memulai jualan di instagram dengan fitur instagram serta optimasi konten dan layanan di instagram.

Instagram kini tidak hanya menjadi tempat untuk mengunggah konten dan melakukan interaksi dengan penggunanya namun platform satu ini telah berkembang pesat hingga menjadi tempat yang sesuai untuk memulai jualan di social media.

Hal ini juga di dukung dengan kehadiran instagram shopping yang membantu kreator dan pelaku usaha untuk mempromosikan serta mengenalkan produk mereka ke konsumen namun memudahkan konsumen untuk berberlanja di instagram dengan mudah dan efektif.

Sehingga tidak perlu pergi ke toko untuk memberli barang secara langsung atau berlaih ke website market place yang tentunya memakan waktu yang lebih lama.

Keefektifan untuk memulai promosi dan jualan di instagram juga di dukung dengan fakta jumlah pengguna instagram yang sebagian besar mengikuti akun instagram bisnis dan mungkin anda juga salah satunya.

Fakta inilah yang mendorong ekspansi instagram shopping lebih efektif dengan melakukan tag product di konten instagram dan membuka toko di instagram guna memberikan pengalaman baru bagi calon pembeli untuk melakukan jual beli di instagram.

Karenanya pelajari berbagai fitur di instagram yang dapat membantu untuk jualan di instagram serta strategi yang tepat untuk optimasi konten promosi produk yang di jual.

pexels andrea piacquadio 3769747

Tentukan Konsumen dan Bangun Pengikut Instagram Anda

Setiap bisnis yang telah memiliki pengikut yang banyak tentunya dimulai dengan strategi yang tepat dengan penentuan komunitas yang ingin anda sasar.

Hal ini dilakukan oleh sebuah brand untuk mengetahui siapa saja konsumen yang ingin dituju serta pendekatan yang tepat.

Penentuan komunitas ini nantinya berisi sejumlah orang dan bisnis yang biasanya mencari produk tertentu, baik di internet atau secara langsung.

Dengan memahami komunitas yang ingin anda tuju tentunya akan membantu anda dalam menentukan target konsumen yang akan di sasar ke depannya.

Tidak hanya itu, penentuan target konsumen juga akan membantu anda dalam membuat konten atau membuat iklan di instagram sehingga bisa memaksimalkan jualan di instagram.

Namun anda juga bisa mencari target konsumen yang sesuai dengan beberapa langkah berikut :

  • Mempelajari tentang kebiasaan serta kesukaan konsumen.
  • Memahami masalah yang biasa di hadapai konsumen serta cara menyelesaikannya dan bagaimana produk anda dapat menyelesaikan masalah tersebut.
  • Analisa performa kompetitor yang bergerak di bidang yang sama dengan anda.
  • Aktif di forum dan social media untuk mendapatkan pencerahan mengenai masalah konsumen serta trending di kalangan konsumen.

Semakin spesifik pilihan komunitas yang ingin anda tuju maka anda akan menemukan calon pelanggan yang ideal serta menginginkan produk yang anda jual.

Selain itu, jika anda mengetahui target konsumen maka akan membantu anda dalam mencari kompetitor yang sepadan dengan penggunaan kata kunci yang relevan dengan industri anda.

Anda juga bisa menggunakan sosial media untuk memasuki halaman instagram explore dan menemukan akun, tagar, serta foto yang sedang trending.

Ketika anda dapat menemukan faktor yang dapat membuat akun instagram trending melalui algoritma maka anda juga bisa menerapkannya di akun dan konten instagram anda.

Salah satunya jika anda menggunakan kata kunci di halaman pencarian instagram maka anda akan menemukan berbagai foto produk serta akun instagram business yang menjual produk yang anda cari di instagram.

Menjajaki strategi kompetitor juga mencari cara yang bisa digunakan untuk menggaet konsumen dan membuat strategi yang tepat di instagram.

Setelahnya anda juga bisa mengukur komunitas yang akan anda tuju dan membangun pengikut instagram yang lebih banyak.

Caranya adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan berisi konten yang bernilai, caption yang lebih baik dan mudah dipahami oleh konsumen, sehingga bisa melakukan interaksi yang erat dengan konsumen.

jualan di instagram

Aktifkan Akun Instagram Shop

Banyaknya pengguna yang dimiliki serta berubahnya kebiasaan untuk berbelanja secara online akhirnya membuat instagram memutuskan untuk membuat platform belanja sendiri dengan nama instagram shopping.

Melalui platform ini nantinya pengguna instagram dapat berbelanja online dengan mudah tanpa perlu keluar dari akun instagram yang dimiliki.

Tidak hanya itu, bagi sebuah brand yang sedang berkembang atau sudah memiliki konsumen yang banyak maka adanya instagram shop dapat membantu untuk menampilkan produk mereka melalui katalog produk sehingga dapat menjangkau pelanggan baru di instagram.

Selain itu dengan membuat akun instagram shopping maka sebuah brand dapat membentuk list dari produk yang bisa di beli dengan akses di View Shop yang di tampilkan pada halaman profil instagram.

Namun tidak sampai disitu saja, proses jualan di instagram juga bisa lebih mudah dengan akses ke Instagram shop tab yang menjadi destinasi belanja yang bisa di akses di menu utama navigasi instagram.

Di sisi lain, guna memudahkan pembeli dalam memilih barang keinginan dan juga meningkatkan engagement dari produk yang dijual, maka instagram shopping memiliki fitur feed dimana pembeli akan ditunjukkan berbagai barang yang sekiranya sesuai dengan minat mereka berdasarkan interaksi yang mereka lakukan di instagram serta akun instagram bisnis yang telah diikuti sebelumnya.

Dengan melakukan klik pada ikon rekomendasi produk, maka konsumen dapat melihat lebih banyak foto produk, harga, serta detail produk, serta rekomendasi akun instagram shopping yang bisa menjadi pertimbangan saat membeli produk di instagram.

Meskipun beberapa negara belum menyediakan layanan untuk berbelanja dan membayar produk secara langsung namun lainnya sudah bisa melakukan transaksi di instagram shopping dengan mudah dengan pilihan pembayaran yang beragam.

Cara Mengaktifkan Akun Instagram Shop

Jualan di instagram menggunakan instagram shopping tentunya lebih mudah dan efektif, selain itu, jika anda menggunakan platform shopify maka akan memudahkan untuk mengoneksikan akun anda ke layanan facebook shop.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk mempromosikan produk anda dengan efektif melalui instagram ads.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan layanan shopify untuk membuat, mengatur, dan analisa iklan campaign dna penjualan di instagram shop.

Namun sebelum mulai menggunakan layanan instagram shop maka pastikan dulu untuk mengoneksikan akun instagram anda ke halaman facebook business serta menggunakan katalog produk untuk memamerkan produk yang anda jual di instagram dan facebook.

Berikut cara mudah mengaktifkan layanan instagram shopping melalui shopify :

  • Pertama, masuk ke website shopify kemudian dari fitur shopify admin klik ikon facebook pada bagian kanal sales yang berada di sebelah kiri menu bar
  • Kedua, klik set up untuk mengaktifkan akun instagram shopping
  • Ketiga, hubungkan akun facebook ke layanan facebook sales channel
  • Keempat, anda akan disajikan beberapa peraturan yang wajib anda patuhi dan setelah anda membacanya maka klik accept terms and condition kemudian pilih request approval
  • Kelima, saat anda mulai berjualan melalui akun instagram shopping maka akan terdapat aplikasi atau layanan pihak ketiga yang bisa di hubungkan untuk membantu penyimpanan, penjualan, layanan dengan konsumen, serta analisa instagram shopping ke satu bagian khusus. Anda juga diminta untuk menghubungkan katalog produk yang dapat membantu konsumen untuk melihat produk yang anda jual di instagram shopping.
promosi akun instagram bisnis

Maksimalkan Profil Instagram

Setelah mengetahui komunitas yang ingi anda tuju serta target konsumen yang anda inginkan maka inilah saatnya mengubah akun pribadi anda menjadi akun bisnis instagram.

Mengubah akun instagram pribadi ke bisnis juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, Akses akun instagram anda dengan aplikasi instagram kemudian masuk ke dalam halaman profile
  • Kedua, Klik ikon tiga di bagian pojok kanan atas kemudian masuk ke fitur settings
  • Ketiga, Masuk ke ikon account kemudian klik pindah ke professional account
  • Keempat, Jangan lupa untuk memilih kategori bisnis yang sesuai dengan produk dan brand yang anda kembangkan
  • Kelima, Pilih kategori Cretor atau Business jika anda seorang influencer dan kreator instagram atau pilih business jika anda ingin menggunakan akun instagram untuk promosi bisnis
  • Keenam, Lanjutkan ke ikon Next untuk mengaktifkan akun instagram business serta aktifkan fitur business

Manfaatkan Bio Instagram

Kehadiran Instagram bio tidak hanya digunakan untuk menjelaskan produk yang anda jual namun kreator juga bisa menggunakannya untuk jualan di instagram.

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha adalah kolom link website dimana anda bisa mencantumkan link website marketplace sehingga membantu konsumen untuk berkunjung dan berbelanja produk yang anda jual.

photo1657157530

Akun instagram @wardahbeauty juga memanfaatkan halaman instagram profile untuk mencantumkan link berisi toko atau website yang bisa dikunjungi untuk membeli produk yang ditawarkan.

Sayangnya layanan instagram bio hanya menyediakan satu tempat khusus untuk menyertakan link website sehingga anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti Linktree untuk menyematkan berbagai campaign atau website toko online yang anda miliki.

Layanan instagram business ini juga di dukung dengan serangkaian fitur yang menarik, yakni akses insight, sponsored posts, instagram ads, penjadwalan konten instagram, quick replies, branded content, dan lain sebagainya.

Dengan dukungan fitur instagram business tentunya akun bisnis ini cocok untuk membangun dan mengembangkan presensi anda di sosial media serta jualan di instagram melalui akun shopping.

Unggah Konten Instagram Secara Rutin

Dalam mengembangkan akun instagram bisnis tentunya anda tidak hanya membuat dan membiarkan saja akun instagram anda sambil mengharapkan kunjungan dari pengguna instagram.

Kreator juga perlu mengunggah postingan instagram secara rutin agar semakin banyak orang mengetahui produk yang anda jual, kelebihan brand anda dibandingkan yang lainnya, serta manfaat yang bisa di dapatkan.

Namun dalam mengunggah konten instagram tentunya anda tidak hanya memberikan foto atau video produk saja yang nantinya aka membuat pengikut anda bosan serta membuat kreator kekurangan ide konten instagram.

Karenanya kreator bisa menggunakan strategi 80/20 dimana 80% isi konten instagram berupa konten biasa dan sisanya merupakan foto produk dari brand yang anda kembangkan.

Tidak hanya itu, dalam membuat dan mengunggah konten instagram maka pastikan untuk memberikan nilai lebih yang membuat konsumen akhirnya tertarik untuk terus menerus mengunjungi akun bisnis anda sehingga tidak ketinggalan informasi terbaru.

photo1657159948

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @momuung.id yang tidak hanya mengunggah konten promosi produk namun juga diselingi dengan konten edukasi bagi konsumennya sehingga meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan untuk membeli produk yang dijual berkat tips edukasi yang ditampilkan.

Tidak hanya itu, konten yang diunggah juga mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen yang dimiliki serta memberikan pengetahuan yang menarik sehingga membuat pembaca tertarik untuk membagikan konten ke orang lain yang mungkin saja memiliki masalah yang sama.

Namun jika anda mencari inpirasi konten instagram maka beberapa ide berikut bisa anda gunakan, diantaranya :

  • Bertanya ke konsumen anda mengenai suatu pertanyaan tertentu
  • Sajikan konten edukasi di komunitas anda
  • Bagikan konten behind the scene mengenai proses produksi bisnis anda

Di sisi lain, jika anda ingin membagikan konten promosi di akun instagram business maka anda bisa memanfaatka layanan dari instagram shopping.

Melalui fitur instagram shopping maka anda bisa melakukan tag products yang tersedia di akun instagram shop secara langsung ke beberapa konten instagram, seperti postingan instagam feed, story, reels, dan juga siaran langsung.

Kemudahan ini tentunya membantu penjual dalam berjualan di instagram serta memudahkan konsumen untuk melihat detail produk sebelum akhirnya membeli produk yang anda tawarkan di instagram.

Menampilkan foto produk di postingan instagram feed tentunya akan menguntungkan bagi kreator karena anda dapat mengkreasikan foto produk anda menjadi lebih keren dengan tambahan styling yang menawan.

photo1657159981

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @mayoutfit yang mengunggah foto produk dengan bantuan model yang mengenakan baju mereka sehingga membuat konsumen memiliki inspirasi dalam menggunakan produk yang di jual di internet.

Ciptakan Konten Promosi yang Menarik

Salah satu cara mudah agar akun instagram anda ditemukan oleh konsumen yang tepat adalah aktif mengunggah konten promosi dengan rasio yang tepat.

Namun anda juga bisa mengoptimalkan konten instagram agar menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Caranya adalah menggunakan layanan shopable post dimana anda bisa mengunggah konten produk melalui reels, story, atau feed didukung dengan fitur product tags.

Melalui tag produk tersebut nantinya konsumen akan disuguhkan informasi berupa harga, nama produk, serta keterangan produk yang bisa ditambahkan ke kerajang belanja.

Namun meski anda telah menambahkan product tags tapi penggunaan caption juga penting untuk menarik perhatian konsumen dalam membeli produk yang anda jual atau mengikuti promosi campaign yang anda adakan.

Promosi Melalui Instagram Reels

Pengguna instagam tentunya tidak asing dengan konten reels dimana anda bisa melihat berbagai konten instagram dengan durasi yang pendek dan tentunya dengan variasi konten yang beragam.

Konten video pendek yang menarik ditambah dengan iringan lagu dan fitur yang keren tentunya membuat penonton lebih menikmati konten yang disajikan.

Di sisi lain, kehadiran konten reels juga membantu untuk menaikkan konten jualan di instagram mengingat algoritma yang digunakan dapat membantu menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Melihat perkembangan instagram reels akhirnya instagram juga menambahkan fitur-fitur instagram shopping untuk membantu kreator memprosikan produk yang dimiliki.

Salah satunya adalah kreator bisa menambahkan keterangan produk yang bisa dilihat oleh konsumen melalui keterangan view product untuk mempelajari lebih dalam mengenai produk yang anda lihat di instagram.

Namun jika anda belum memiliki pakai instagram shopping maka anda bisa memanfaatkan fitur caption untuk menambahkan keterangan produk sehingga memudahkan konsumen untuk membeli produk yang anda tawarkan.

photo1657159982

Strategi ini juga dilakukan oleh akun @shedalightt yang mempromosikan konten affiliate produk dengan mencantumkan caption produk di kolom caption dan video reels.

pexels cottonbro 4612142

Instagram Live Shopping

Interaksi dengan konsumen tidak hanya dilakukan dengan mengunggah konten secara rutin namun anda juga bisa melakukan obrolan langsung dengan konsumen yang anda miliki.

Salah satunya adalah menggunakan layanan instagram live shopping dimana anda bisa melakukan interaksi dua arah dengan konsumen yang menyapa anda melalui kolom komentar sehingga acara siaran langsung bisa semakin seru dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, layanan siaran langsung juga bisa digunakan untuk jualan di instagram sehingga bisa menunjukkan produk yang anda jual ke konsumen serta mempraktekan penggunaannya secara langsung.

Cara ini juga dilakukan oleh platform tiktok dimana menghadirkan layanan tiktok live shopping dimana pembeli bisa langsung membeli barang yang di tawarkan sambil melihat jalannya siaran langsung.

Semakin seru dan menyenangkan siaran langsung yang dilakukan tentunya akan menarik minat konsumen untuk membeli produk yang anda tawarkan di sosial media.

Keuntungan lain dari menggunakan layanan instagram live shopping adalah kreator bisa melakukan tag product hingga 30 barang baik dari katalog instagram atau facebook shop sebelum acara siaran langsung di mulai sehingga membuka kesempatan bagi konsumen untuk membeli barang yang lebih banyak.

Selain itu, selama acara siaran langsung anda juga bisa melakukan pin product saat sedang mendeskripsikan suatu barang sehingga memudahkan konsumen untuk langsung membeli produk yang sedang anda tawarkan.

Strategi satu ini tentunya berguna bagi pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan produk serta memudahkan untuk membeli produk yang ditawarkan.

aturan baru instagram

Masuki Halaman Instagram Explore

Saat merasa jenuh dengan konten yang disajikan di instagram post feed, story, atau reels maka layanan instagram explore bisa menjadi solusi yang tepat.

Dengan layanan ini anda akan menemukan referensi konten dan akun instagram yang sesuai dengan minat anda berkat algoritma instagram yang merangkum kegiatan anda di instagram.

Sebuah konten dan akun instagram yang berhasil masuk ke halaman instagram explore tentunya akan membantu untuk meningkatkan engagement serta jangkauan yang lebih luas ke konsumen yang tepat.

Selain itu, jika konten instagram anda berhasil masuk ke halaman explore maka menjadi indikasi bahwa algoritma instagram anda bekerja dengan baik menaikkan konten anda.

Sehingga tidak mengherankan apabila akun instagram juga berlomba-lomba untuk masuk ke dalam halaman instagram explore.

Instagram explore sendiri merupakan koleksi publik dari berbagai konten foto dan video yang diunggah oleh pengguna instagram.

Karenanya untuk membuat konten anda masuk ke halaman explore, berikut beberapa cra yang bisa anda lakukan :

  • Mengetahui konsumen yang anda tuju serta tipe konten yang disukai
  • Bagikan konten yang menarik interaksi serta memberikan nilai lebih kepada pengikut anda
  • Kreasikan konten dengan format yang berbeda, seperti reels atau story
  • Bangun komunitas pengikut yang aktif yang selalu membangun interaksi dengan konten anda dan dapat membantu untuk meningkatkan algoritma instagam
  • Unggah konten di waktu aktif konsumen
  • Gunakan hastag yang relevan
  • Analisa akun instagram untuk mengetahui jenis konten instagram yang sesuai serta interaksi yang disukai oleh konsumen
  • Maksimalkan penggunaan iklan instagram agar bisa masuk ke halaman explore
  • Hindari menggunakan followers instagram palsu yang dapat merusak insight dan algoritma instagram

Sumber :

https://later.com/blog/sell-on-instagram/

How to Sell on Instagram (A 2022 Step by Step Guide) (shopify.com)

How to Sell on Instagram in 2022: 8 Essential Steps (hootsuite.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.