live shopping

Live Shopping : Cara Seru Jualan di Social Media

Promosi di social media menjadi lebih menarik dengan menggunakan live shopping yang menyenangkan.

Bagi pengguna tiktok atau instagram, tentunya tidak asing dengan konten live shopping melalui fitur streaming social media.

Melalui fitur tersebut, anda akan melihat berbagai pelaku usaha yang melakukan promosi di social media sembari menunjukkan produknya secara langsung.

Cara ini dinilai mampu menarik pengguna social media untuk mengenal produk dengan lebih baik, sehingga tertarik untuk membeli barang tersebut.

Pendekatan ini juga menjadi alternatif bagi pengguna social media yang ingin membeli barang tertentu, namun tidak memiliki waktu untuk melakukan survey barang.

ide konten live shopping yang menarik juga akan membantu pelaku usaha menjangkau konsumen potensial yang tertarik pada produk yang ditawarkan.

Karenanya berikut beberapa tips dan trik membuat konten live shopping yang menarik.

apa itu live shopping social media

Apa Itu Live Shopping di Social Media

Bagi anda yang pernah menonton siaran televisi, mungkin anda pernah melihat tayangan home shopping, dimana pembawa acara mempromosikan produk tertentu sembari mendemonstrasikannya di depan layar.

Promosi tersebut dinilai efektif untuk menyasar target konsumen yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dibandingkan berpergian ke luar rumah.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi handphone semakin canggih, sehingga memudahkan seseorang untuk melakukan panggilan video atau menonton siaran pertandingan jarak jauh melalui handphone.

Kebiasaan dan teknologi yang berganti membuat strategi promosi juga berubah, salah satunya adalah melakukan pemasaran melalui live shopping.

Dimana marketer memanfaatkan fitur live streaming untuk mempromosikan produknya secara langsung, sehingga penonton yang melihat tertarik untuk membeli barang tersebut.

Di tambah lagi adanya kolom khusus yang memuat keranjang belanja, sehingga memudahkan pembeli untuk langsung melakukan transaksi setelah melihat barang yang diinginkan.

keuntungan live shopping di social media

Keuntungan Live Shopping di Social Media

Acara live shopping mengalami peningkatan peningkatan popularitas di antara pengguna social media.

Hal ini dikarenakan kemudahan dalam menawarkan produk ke konsumen serta menyediakan pengalaman belanja dari rumah.

Kemudahan ini tentunya menguntungkan pengguna social media yang ingin membeli barang tertentu namun memiliki kendala untuk berbelanja secara langsung.

Tidak hanya itu, siaran live shopping juga menyediakan berbagai penawaran menarik yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, promosi live shopping juga menawarkan berbagai keuntungan bagi pelaku usaha dalam mendekati konsumennya.

Interaksi yang Lebih Baik

Salah satu kendalan yang dihadapi oleh kreator social media adalah kesulitan dalam membangun interaksi dengan target konsumen atau pengguna social media.

Hal ini bisa saja terjadi karena jumlah pengikut yang masih sedikit serta konten yang belum menjangkau target audience yang tepat.

Guna mengatasi masalah ini, maka anda bisa menggunakan layanan live streaming social media yang tersedia di Instagram, Tiktok, Youtube, atau Facebook.

Pendekatan ini ampuh untuk dilakukan mengingat beberapa social media seperti Tiktok akan membagikan siaran anda melalui rekomendasi konten.

Sehingga akan membuka kesempatan untuk menjangkau target audience yang diinginkan dan tertarik pada produk yang anda tawarkan.

Siaran live shopping yang menarik dan seru tentunya akan memancing interaksi penonton untuk bertanya mengenai produk anda atau sekedar melalui interaksi dengan pembawa acara.

Sehingga tidak mengherankan apabila siaran live shopping terkadang mengundang influencer terkenal untuk membuat siarna langsung menjadi menyenangkan dan menarik untuk ditonton oleh audience.

Agar siaran langsung semakin menarik, anda juga bisa memanfaatkan fitur polling atau question dimana konsumen dapat bertanya mengenai produk tertentu yang ditayangkan, sehingga membuat interaksi berjalan dengan baik.

Mampu Meningkatkan Penjualan Secara Cepat

Saat mengunjungi sebuah akun social media brand, konsumen biasanya hanya melihat tampilan produk tanpa mendapatkan berbagai deskripsi bahan yang lebih jelas.

Hal ini berbanding terbalik apabila konsumen mengikuti acara live shopping, dimana mereka akan memperoleh informasi mengenai produk yang diinginkan.

Sehingga konsumen yang awalnya hanya berniat untuk melihat barang yang dipajang menjadi tertarik untuk membelinya.

Strategi promosi ini menjadi jalan yang cepat untuk meningkatkan penjualan ke konsumen potensial yang sudah mengincar barang tersebut sejak lama.

Tidak hanya itu, pada acara live shopping, anda juga bisa menyuguhkan berbagai produk yang sekiranya belum terlalu laku di pasaran.

Hal ini bisa terjadi karena promosi yang belum maksimal atau persaingan antar produk yang sangat ketat.

Penyuguhan foto produk yang kurang laku di pasaran tentunya akan membuka peluang untuk menjual barang tersebut ke konsumen yang belum mengetahui produk tersebut, sehingga tertark untuk membelinya.

Semakin cepat barang tersebut terjual di pasaran tentunya akan membuat penumpukan barang di gudang penyimpanan berkurang.

Sehingga anda bisa melakukan acara live shopping dengan tema garage sale di periode waktu tertentu.

Antusiasme konsumen pada sesi live shopping juga bisa anda manfaatkan untuk menjual produk yang baru saja dirilis sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan serta membangun brand awareness dengan efektif.

Siaran live shopping juga membantu meningkatkan penjualan berkat kemudahan konsumen dalam membeli barang dengan melakukan klik pada ikon keranjang.

Sehingga konsumen dapat melakukan transaksi tanpa ketinggalan acara live shopping yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Membangun Brand Awareness

Bagi brand yang baru saja diluncurkan di pasaran, mungkin akan mengalami kesulitan untuk dikenal oleh konsumen apabila tidak melakukan pemasaran secara masif.

Sehingga dibutuhkan pendekatan yang efektif agar produk anda lebih mudah dikenal banyak orang dengan cepat.

Salah satunya adalah dengan melakukan live shopping yang menunjukkan produk yang dijual atau proses pembuatan produk.

Cara ini menjadi pendekatan yang tepat untuk menunjukkan ke target audience mengenai produk yang dijual di pasaran.

Selain itu, menunjukkan proses pembuatan produk ke penonton juga akan membantu konsumen memastikan bahwa produk yang anda jual terjaga kebersihan dan kualitasnya.

Hal ini akan membantu membangun keterlihatan produk anda di mata audience yang lebih luas serta membangun sentimen positif terhadap brang yang anda miliki.

Guna membangun brand awareness yang positif, maka anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer social media yang terkenal di bidangnya.

Cara ini akan membantu menarik konsumen potensial yang memiliki ketertarikan yang sama pada produk yang anda miliki.

Pastikan juga untuk melakukan siaran live shopping di waktu konsumen memiliki banyak waktu luang, sehingga memberikan konsentrasi penuh pada produk anda.

Mencegah Pengembalian Barang yang Kurang Sesuai 

Salah satu ketakutan yang dihadapi oleh brand yang tengah berkembang adalah pengembalian produk yang pernah dibeli oleh konsumen.

Hal ini bisa terjadi karena produk yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi atau ukuran yang berbeda dengan gambar produk yang ditampilkan.

Sehingga konsumen akhirnya memutuskan mengembalikan produk tersebut serta meminta pengembalian biaya pembelian barang.

Apabila kejadian ini berlangsung terus menerus maka akan merugikan bagi pelaku usaha karena produk yang tidak kunjung terjual.

Guna mencegah masalah ini berlanjut terlalu lama, maka pelaku usaha bisa melakukan live shopping untuk menunjukkan produk yang dijual dengan jelas.

Sehingga konsumen dapat menentukan apakah produk tersebut sudah sesuai dengan ekspektasi atau perlu beralih ke brand lain yang memiliki kualitas yang diinginkan

Cara ini tentunya dapat mencegah produk yang dikembalikan oleh konsumen karena tidak sesuai ekspektasi.

Tidak hanya itu, konsumen juga mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan produk yang ditampilkan sebelum memutuskan untuk membelinya di marketplace, website brand, atau social media commerce.

Menampilkan Produk yang Kurang Laku di Pasaran 

Punya produk yang belum laku di pasaran? promosikan saja melalui siaran live shopping di social media.

Anda bisa memulai dengan membuat konten promosi garage sale dengan harga yang menarik sehingga membuat penonton tertarik untuk membeli produk yang anda miliki.

Setelah itu, anda bisa menampilkan berbagai produk yang masih menumpuk di gedung dengan harga yang sepadan.

Cara ini membantu untuk mengurangi jumlah barang yang menumpuk di gudang penyimpanan, sehingga bisa diisi dengan produk baru lainnya.

Anda juga bisa mengadakan event garage sale di akhir tahun atau waktu-waktu tertentu, sehingga konsumen juga masih tertarik pada produk unggulan yang anda miliki.

Kemampuan Memperlihatkan Produk dengan Baik

Industri kecantikan serta busana menjadi salah satu brand yang kerap kali melakukan siaran live shopping.

Hal ini dikarenakan streamer dapat menunjukkan cara penggunaan produk dan hasilnya di depan konsumen, sehingga mereka lebih percaya pada produk yang ditampilkan di depan layar.

Tidak hanya itu, pembawa acara juga dapat menunjukkan teknik penggunaan produk tertentu, sehingga konsumen dapat mendapatkan hasil yang terbaik saat menggunakan produk tersebut.

Promosi ini memiliki persamaan dengan sesi demo produk yang biasanya diadakan di tempat umum.

Selain itu, produk peralatan rumah tangga dan furniture menjadi salah satu industri yang sering melakukan live shopping dengan tujuan yang sama.

Sehingga apabila brand anda bergerak di tiga industri tersebut, maka anda bisa memanfaatkan live shopping sebagai strategi pemasaran masa kini.

cara kerja live shopping di social media

Cara Kerja Live Shopping di Social Media

Siaran live shopping memiliki kesamaan dengan acara live streaming, namun dengan penambahan fitur yang memungkinkan pengguna social media untuk melakukan transaksi dengan adanya fitur keranjang belanja.

Apabila konsumen melihat barang yang disukainya ditampilkan di siaran langsung, maka mereka bisa melakukan klik pada produk tersebut kemudian melakukan transaksi dengan cepat dan mudah.

Beberapa social media, seperti Youtube, Instagram, serta Tiktok telah menambah berbagai fitur yang dapat membantu siaran live shopping menjadi lebih mudah.

Contohnya adalah penambahan fitur untuk menampilkan foto produk serta keranjang belanja yang memungkinkan penonton untuk melihat barang lain yang sedang dipasarkan di live shopping.

Setelah konsumen melakukan transaksi pembelian produk tertentu, maka streamer akan mendapatkan pemberitahuan mengenai produk yang sudah dibeli, sehingga anda dapat melakukan packing barang, sehingga bisa dikirim secepatnya.

rekomendasi social media untuk live shopping terbaik

Rekomendasi Social Media Untuk Live Shopping Terbaik

Sebagian social media kini sudah menyediakan fitur live streaming dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda.

Meskipun begitu, tidak semua social media bisa digunakan sebagai tempat live shopping terbaik.

Hal ini dikarenakan berbagai faktor seperti target audience yang dituju, fitur live shopping yang ditawarkan, serta kemampuan untuk menyebarkan siaran ke audience yang diinginkan.

Apabila anda memiliki target konsumen dengan kisaran usia remaja, maka platform Tiktok dan Instagram bisa menjadi andalan utama, dikarenakan banyaknya anak muda yang berkumpul di social media ini.

Selain itu, apabila anda memiliki konsumen internasional maka anda juga perlu mengetahui platform social media yang biasa mereka gunakan dan memiliki layanan live shopping.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan tools live streaming tambahan agar siaran langsung menjadi lebih menarik serta nyaman digunakan oleh konsumen.

Jangan lupa juga untuk melakukan analisa dalam menentukan social media yang cocok bagi target konsumen yang dituju.

tips live shopping seru dan laris

Tips Live Shopping Seru dan Laris

Dalam memulai siaran live shopping untuk pertama kali, anda tidak perlu memiliki nama brand dan produk yang terkenal terlebih dahulu.

Namun, cukup dengan kamera handphone dengan resolusi bagus, pencahayaan yang matang, serta pembawaan yang menyenangkan akan membuat hasil live shopping menjadi lebih menyenangkan untuk ditonton.

Agar mendapatkan hasil live shopping yang baik maka beberapa cara berikut bisa anda gunakan.

Tentukan Produk yang Ingin Dipromosikan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih produk yang akan dipromosikan di live shopping, apakah anda ingin memasarkan produk yang baru saja rilis, produk andalan, atau produk yang belum laku di pasaran? semua tergantung campaign promosi yang telah ditentukan sebelumnya.

Pilih Live Streamer yang Seru dan Memahami Produk

Setelah memilih produk yang akan diunggulkan di siaran langsung, maka anda bisa melanjutkan dengan memilih live streamer yang memandu acara live shopping.

Bagi brand baru yang sedang berkembang dan belum memiliki budget promosi yang lebih banyak, maka menggunakan karyawan yang dimiliki bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal ini dikarenakan pengetahuan mengenai produk yang dapat membantu konsumen memahami produk yang disiarkan dengan lebih baik.

Namun, apabila anda memiliki budget promosi yang lebih banyak, maka anda bisa menggunakan jasa live streamer yang kini bertebaran di internet.

Biasanya live streamer yang menawarkan jasanya di internet, telah memiliki pengalaman memandu acara, sehingga dapat membantu menaikkan suasana menjadi lebih menyenangkan.

Meskipun begitu, live streamer tersebut biasanya kurang memiliki pemahaman mengenai produk yang ditawarkan serta jarak yang cukup jauh dari lokasi toko anda.

Sehingga anda bisa memberikan arahan terlebih dahulu serta mengirimkan produk yang ingin dipromosikan ke live streamer untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Akan tetapi, apabila anda memiliki budget promosi yang berlebih serta ingin mengadakan event live shopping khusus, maka melakukan kolaborasi dengan influencer social media bisa menjadi pilihan.

Hal ini dikarenakan mereka telah memiliki konsumen potensial yang bisa ditarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Karenanya penting bagi anda untuk memilih influencer social media yang berjalan di industri yang sama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menonton siaran langsung dari influencer socila media tersebut untuk menentukan apakah pembawaan yang dimiliki sesuai dengan produk yang anda miliki atau perlu mencari kreator lain.

Analisa tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun anda tentunya ingin memberikan kesan terbaik bagi penonton live shopping yang berkunjung ke akun anda.

Pilih Format Live Shopping yang Sesuai

Saat menonton acara live shopping di social media, anda bisanya menemukan berbagai format acara yang berbeda.

Perbedaan format ini akan membantu menampilkan produk menjadi lebih baik sehingga enak dipandang oleh penonton.

Biasanya terdapat beberapa format live shopping social media, misalnya membuka sesi tanya jawab, demonstrasi produk, serta promosi secara langsung.

Semua memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Tipe tanya jawab bisa digunakan saat anda melakukan live shopping secara rutin saat tidak ada campaign promosi khusus.

Pada sesi ini, anda bisa mengumpulkan berbagai pertanyaan yang biasa diajukan oleh konsumen di kolom komentar dan direct message, sehingga anda memiliki bahan obrolan yang bisa diperbincangkan dengan konsumen.

Tidak hanya itu, penonton juga bisa bertanya mengenai produk tertentu selama live shopping berlangsung agar interaksi berjalan dua arah.

Anda juga bisa mengangkat topik tertentu yang sedang ramai di kalangan konsumen untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Jangan lupa juga untuk memasang link keranjang belanja yang akan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian selama live shopping berlangsung.

Sementara apabila anda akan melakukan campaign promosi produk tertentu, maka anda bisa menggunakan tipe demonstrasi produk, dimana anda memperlihatkan proses penggunaan produk tertentu yang baru saja rilis di pasaran.

Ide konten live shopping ini tentunya akan membantu konsumen yang ingin membeli produk anda, namun masih ragu mengenai kelebihan produk serta cara menggunakannya.

Jenis promosi ini juga bisa digunakan oleh industri kecantikan serta furniture untuk menjelaskan proses penggunaan produk dengan efektif dan maksimal.

Meskipun begitu, anda juga bisa menggunakan konten demonstrasi produk untuk menjelaskan proses pembuatan produk yang anda miliki.

Sehingga konsumen yang melihat kehigienisan produk menjadi lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Jenis demonstrasi produk ini juga bisa digunakan oleh industri makanan dalam menunjukkan proses pembuatan produk yang dimiliki.

Tidak hanya itu, jenis promosi produk secara langsung juga biasanya digunakan oleh live streamer social media.

Hal ini dikarenakan mereka bisa langsung menawarkan produk ke hadapan khalayak luas dengan memberikan deskripsi barang yang ditawarkan.

Pada proses promosi jenis ini, anda bisa melakukannya sendiri untuk menghemat biaya atau melakukan kolaborasi dengan influencer social media untuk campaign promosi tertentu.

Jenis promosi produk langsung juga bisa anda gunakan sebagai selingan konten live shopping dengan sesi tanya jawab apabila anda belum memiliki promosi campaign tertentu.

Tentukan Platform Social Media yang Tepat

Bagian paling penting sebelum melakukan siaran live shopping adalah menentukan platform social media yang tepat.

Hal ini dikarenakan tidak semua platform social media bisa digunakan sebagai media live shopping meskipin telah memiliki fitur yang mendukung.

Beberapa faktor penyebabnya berasal dari jumlah audience yang tidak terlalu banyak, sehingga kurang cocok apabila anda ingin melakukan promosi produk.

Meskipun begitu, apabila anda ingin mencoba ke ranah promosi yang lebih luas, maka anda juga bisa melakukan live shopping di social media yang diinginkan.

Tips pertama yang bisa dilakukan dalam memilih platform social media yang tepat adalah mengetahui rentang usia target audience yang dituju.

Sebab biasanya pengguna social media pada usia tertentu akan berkumpul di satu tempat saja, karena sudah merasa nyaman pada fitur yang diberikan.

Tips kedua adalah memahami kebiasaan penonton dengan melihat waktu aktif konsumen, melakukan siaran langsung di jam tertentu akan membantu meningkatkan jumlah penonton yang siginifikan.

Beberapa social media mungkin tidak memiliki fitur keranjang belanja sehingga anda perlu aktif mengirimkan link tertentu yang bisa digunakan konsumen untuk berbelanja dengan cepat.

Sehingga pastikan untuk memiliki admin tambahan yang membantu menjawab pertanyaan di kolom pertanyaan melalui tulisan.

Sumber :

https://www.shopify.com/id/enterprise/live-shopping

https://www.facebook.com/business/tools/live-shopping

https://influencermarketinghub.com/live-shopping-event/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *