algoritma instagram

Cara Kerja Algoritma Instagram yang Wajib Kamu Ketahui

Perbarui informasi mengenai algoritma instagram untuk performa akun instagram yang lebih baik.

Pengguna instagram pastinya telah mengetahui mengunggah konten dengan konsisten dapat meningkatkan peluang untuk dilirik oleh instagrm.

Namun kenyataannya kreator juga memerlukan berbagai strategi lain agar akun serta konten instagram yang dikembangkan mendapatkan perhatian dari pengguna instagram sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Salah satu cara untuk menyusun strategi yang efektif adalah dengan mengetahui cara kerja algoritma instagram yang terus berubah untuk kenyamanan pengguna instagram

Berikut beberapa informasi mengenai algoritma instagram serta optimasi konten dengan strategi yang tepat.

pengertian algoritma instagram

Pengertian Algoritma Instagram

Algoritma instagram tidak hanya terdiri dari satu pengukuran saja melainkan kombinasi dari beberapa algoritma, proses, dan klasifikasi yang bekerja sama untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya saat menggunakan saat instagram.

Dari segi historis, instagram awalnya menggunakan algoritma yang simpel yang menampilkan unggahan konten berdasarkan unggahan terbaru.

Seiring dengan berjalannya waktu, instagram terus melakukan inovasi dengan menentukan konten yang disukai oleh pengguna instagram berdasarkan minat dan konten yang disukai.

Instagram juga menyatakan setiap fitur yang dimiliki memiliki algoritmanya sendiri, yang berarti cara kerja instagram feed tentunya berbeda dengan instagram explore serta berbagai layanan lain di instagram.

Hal ini dikarenakan setiap pengguna menggunakan layanan yang berbeda sesuai dengan minat serta tipe konten yang biasa dilihat saat membuka instagram.

Di sisi lain, algoritma instagram juga berisi beberapa instruksi mengenai kapan dan bagaimana konten di tampilkan kepada setiap penggunanya, dimana algoritma juga mempertimbangkan riwayat pengguna, lokasi, profile, trend, relevansi, popularitas, dan lain sebagainya.

Seringkali algoritma instagram juga menentukan siapa saja yang menyukai konten anda serta pengguna instagram yang kurang menyukainya sehingga konten anda hanya akan di tampilkan pada orang-orang tertentu saja.

Di sisi lain,algoritma instagram selalu bergerak statis mengikuti keinginan konsumen serta trend yang sedang berlangsung guna memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya serta ikut serta dalam arus yang sedang naik daun.

Saat algoritma instagram berubah tentunya strategi pemasaran tentunya akan berganti sehingga perencanaan konten juga sebaiknya diganti secara teratur.

Karenanya mengunggah konten dengan menggunakan tagar tertentu juga kurang menjadi jaminan konten anda menjangkau konsumen yang diinginkan sehingga berbagai informasi terbaru mengenai algoritma instagram penting untuk meningkatkan kinerja akun dan konten instagram.

Berikut kinerja algoritma instagram yang bisa anda gunakan dalam pembuatan strategi konten di instagram.

cara kerja algoritma instagram

Cara Kerja Algoritma Instagram

Algoritma instagram terus berkembang untuk memberikan konten yang relevan dan menarik bagi penggunanya.

Salah satu contohnya instagram akan memberi prioritas bagi akun instagram yang konsisten mengunggah konten original dibandingkan melakukan repost dari akun instagram lain.

Selain itu instagram juga memberikan pembarun lain, diantaranya :

  • Perilisan halaman following dan favorite yang bisa dipilih sesuai keinginan sehingga pengguna bisa melihat konten-konten dari akun instagram yang disukai
  • Pemberian rekomendasi konten berdasarkan minat yang ditampilkan pada halaman instagram serta instagram reels
  • Mengurangi prioritas untuk konten instagram yang menggunakan watermark dari aplikasi lain
  • Meningkatkan kategori konten dimana algoritma instagram akan mengidentifikasi sebuah konten dari kata kunci serta konten sehingga penggunaan tagar menjadi kurang optimal.

Di sisi lain, algoritma instagram juga menaikkan konten instagram dengan beberapa strategi khusus, diantaranya :

  • Interaksi dengan akun instagram : saat seorang pengguna instagram sering melakukan interaksi dengan konten instagram anda maka mereka juga akan melihat konten yang anda unggah selanjutnya. Mengulang interaksi dengan konsumen yang dimiliki akan membantu membangun audience yang loyal.
  • Ketertarikan dari pengguna instagram : calon konsumen mungkin saja menemukan konten anda dari explore instagram berkat mencari topik dengan minat yang sama. tidak hanya itu, pengguna instagram yang kerap kali melakukan interaksi dengan akun instagram yang memiliki topik sama juga mungkin akan menemukan akun instagram anda.
  • Kesamaan dengan Konten : kreator yang mengunggah konten dengan fitur tertentu biasanya akan dikelompokkan pada jenis konten tertentu di explore instagram.

Guna mengetahui cara kerja algoritma instagram di berbagai fitur, berikut beberapa jenis konten instagram serta algoritma yang digunakan.

Algoritma Instagram di Instagram Feed

Sama seperti algoritma instagram yang terus berubah, optimasi konten instagram feed juga terus berubah mengikuti arus perkembangan penggunanya.

Salah satu yang berubah dari algoritma instagram feed adalah perubahan tampilan dari yang awalnya pengguna bisa melihat konten dari akun yang diikuti kini bisa memilih konten sesuai dengan minat yang disukai.

Hal ini tentunya menguntungkan pengguna instagram yang mengikuti banyak akun instagram namun ingin melihat beberapa jenis konten dari akun yang disukai.

Selain itu, instagram juga tengah mempertimbangkan lima interaksi guna mengurutkan konten di timeline pengguna, diantaranya adalah :

  • Time Spent : waktu yang dihabiskan pengguna instagram saat melakukan interaksi dengan konten tersebut
  • Likes : Frekuensi memberikan likes pada konten tertentu di instagram
  • Comments : Pemberian komentar di konten yang anda lihat di instagram
  • Saves : Konten instagram yang anda simpan di bookmarks untuk dilihat kembali

Semakin sering anda melakukan interaksi dengan konten tersebut maka kemungkinan untuk melihat konten tersebut kembali sangat besar.

Namun bagaimana instagram mengetahui konten mana saja yang sering anda ajak interaksi? Instagram sendiri membagianya ke dalam beberapa sinyal, diantaranya :

Informasi mengenai konten instagram : jenis konten instagram yang anda unggah, waktu unggah, serta jumlah interaksi yang di dapatkan.

Informasi akun instagram : ketertarikan pengguna instagram pada akun instagram anda, keterkaitan anda dengan pengikut instagram, serta frekuensi melakukan interaksi dengan konten yang anda unggah.

Aktivitas pengguna instagram : durasi dalam melihat video instagram serta tipe konten yang sering di ajak melakukan interaksi.

Tipe interaksi di instagram : apakah anda lebih sering memberikan likes atau komentar pada konten instagram.

Tidak hanya itu, instagram juga memperhitungkan kualitas konten yang telah anda unggah, beberapa kriteria yang diberikan adalah :

  • Kualitas konten gambar dan video
  • Originalitas konten, apakah konten tersebut anda buat sendiri atau menyebarkan dari orang lain
  • Watermarks dari aplikasi edit video atau foto yang biasa ditinggalkan
  • Konten tidak melanggar peraturan instagram
  • Durasi penayangan konten setelah diunggah oleh kreator.

Algoritma Instagram di Instagram Reels

Saat pertama kali di luncurkan di instagram, konten reels mendapatkan sambutan luar biasa dari pengguna instagram yang mulai menyukai konten video pendek.

Ketertarikan tersebut bertahan lama hingga akhirnya instagram membuat ikon sendiri bagi instagram reels guna memudahkan pengguna instagram dalam melihat konten reels sesuai dengan minat yang disukai.

Di sisi lain, banyak pengguna instagram yang menggunakan layanan reels untuk mengunggah konten hingga akhirnya mendapatkan apresiasi dari pengguna instagram hingga tingkat kunjungan ke halaman instagram yang lebih banyak.

Karenanya guna melakukan optimasi konten reels maka instagram juga mengeluarkan algoritma sendiri bagi instagram reels, diantaranya :

Instagram akan menaikkan konten instagram reels apabila konten tersebut dilihat berulang kali, jumlah likes, comment, shares, saves, serta jumah klik pada tautan di profile instagram.

Platform ini juga menyarankan brand dan kreator membuat konten reels yang menghibur, memberikan inspirasi, kreatif, serta berisi eksperimen dengan berbagai fitur yang disediakan oleh reels.

Selain itu, tidak disarankan juga untuk mengunggah konten reels dengan resolusi yang rendah atau diambil dari platform social media lain.

Apabila kreator mengambil konten dari sumber lain maka instagram akan kurang memberi prioritas pada konten tersebut serta lebih fokus pada konten original buatan kreator sendiri.

Tidak hanya itu, instagram juga memprioritaskan konten pada target konsumen tertentu dengan beberapa indikator berikut :

  • Aktivitas : instagram akan menampilkan konten yang sama dengan reels yang anda ajak interaksi melalui komentar atau likes
  • Interaksi dengan pengguna instagram : dengan mengakses instagram reels, biasanya anda akan menemukan konten dari akun instagram yang belum pernah anda dengan sebelumnya namun memiliki ide reels yang menarik. Selain itu, anda juga akan melihat konten reels dari akun instagram yang telah anda ikuti sebelumnya.
  • Informasi mengenai konten reels : instagram akan mengelompokkan isi video berdarkan backsound yang digunakan, ukuran video, guna membawa popularitas konten video anda.
  • Informasi mengenai pengguna instagram : instagram juga menaikkan popularitas konten reels dari informasi pengguna yang mengunggah konten tersebut.

Guna menaikkan keterlihatan konten reels yang telah anda unggah maka kreator bisa membagikan konten terlebih dulu di instagram feed dengan menggunakan tagar serta lokasi yang sesuai.

Selain itu, kreator juga bisa sering melakukan interaksi dengan konten reels yang anda miliki dengan membalas komentar pengguna instagram melalui tulisana atau video agar meningkatkan kedekatan satu sama lain serta memperluas jangkauan instagram reels.

Algoritma Instagram di Instagram Story

Tidak hanya konten reels yang mendapatkan perhatian dari pengguna instagran namun konten story juga menjadi konten yang sering dikunjungi oleh pengguna instagram.

Keberadaan fitur instagram story yang berada di bagian atas halaman menjadikan konten story menjadi tujuan awal pengguna instagram saat membuka akun instagram.

Selain itu, konten aktual yang disajikan oleh instagram story menjadikan pengguna instagram selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai topik yang disukai.

Di sisi lain, algoritma instagram story juga menjadi prioritas konten dari akun instagram yang sering anda ajak interaksi dibandingkan konten khusus di story.

Konten instagram story yang bersifat sementara menjadikan durasi tayang hanya meningkat pada 10 jam awal.

Karenanya dalam membuat konten instagram story pastikan untuk mengisi konten yang penuh dengan interaksi seperti menggunakan fitur polling, pertanyaan, serta kuis di story yang anda buat.

Selain itu, agar kreator tidak ketinggalan momen berharga saat membuat konten instagram story maka bisa menggunakan layanan dari website social media manager untuk menjadwalkan konten sesuai dengan jam yang diinginkan.

Sama seperti instagram reels serta feed, seorang pengguna instagram akan mendapatkan konten story berdasarkan detail berikut :

Informasi konten instagram story : jumlah likes yang di dapatkan dari konten story, waktu unggah konten, lokasi yang dimasukkan, serta durasi video story.

Informasi mengenai pengguna instagram : interaksi yang dilakukan dengan pengguna instagram berupa likes atau mengomentari konten tersebut.

Algoritma Instagram di Instagram Explore

Bosan dengan konten yang itu-itu saja? pengguna instagram dapat menemukan konten baru yang sesuai minat di instagram explore.

Melalui layanan ini, anda bisa bertemu berbagai konten baru dari pengguna instagram yang belum pernah anda temui sebelumnya.

Instagram explore juga bisa menjadi solusi saat bosan mencari konten di instagram story atau feed dari akun yang telah anda ikuti.

Salah satu tujuan dari instagram explore adalah mengenalkan pengguna instagram dengan sesuatu yang baru dari akun instagram yang belum pernah anda ikuti sebelumnya.

Algoritma intsgaram explore sendiri menyajikan konten yang mungkin anda sukai berdasarkan interaksi dari akun instagram yang diikuti.

Di sisi lain, halaman instagram explore juga berisi konten dari kategori baru di instagram dimana anda bisa mencari di halaman pencarian dengan hasil konten sesuai dengan keinginan.

Rekomendasi dari algoritma instagram explore juga berasal dari visual konten serta caption yang digunakan kreator dibandingkan penggunaan hastag instagram.

Karenanya masuk ke halaman instagram explore menjadi sesuatu yang tidak sulit untuk dilakukan oleh pengguna atau kreator instagram.

Dalam mendapatkan rekomendasi konten di instagram explore maka instagram akan mengurutkan dari konten yang sering anda ajak interaksi serta informasi mengenai kreator yang mengunggah konten tersebut.

instagram explore

Tips Optimasi Algoritma Instagram

Apabila kreator ingin meningkatkan ranking algoritma instagram maka kegiatan yang bisa anda lakukan adalah menarik lebih banyak interaksi dari pengikut instagram yang anda miliki.

Tak hanya itu, membangun momentum yang tepat dengan komunitas yang dimiliki dapat membantu anda membawa ke audience yang sesuai.

Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam menaikkan algoritma instagram melalui optimasi konten dan akun yang anda miliki.

Konsisten Mengunggah Instagram Reels

Ketenaran konten reels di kalangan pengguna instagram menjadikan banyak kreator membuat konten video pendek di instagram reels.

Banyak akun instagram yang telah mendapatkan hasil maksimal dari instagram reels seperti jangkauan konten yang lebih luas, interaksi yang lebih banyak dengan konsumen yang dimiliki, serta jumlah pengikut yang kian meningkat.

Guna menjadikan konten reels anda menjadi lebih menarik maka anda bisa menggunakan backsound lagu yang tengah viral atau menggunakan narasi dari suara asli.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa meningkatkan interaksi dengan konsumen yang dimiliki melalui fitur reply video guna meningkatkan kedekatan dengan konsumen yang dimiliki.

Pastikan juga untuk membuat tema konten yang disukai oleh konsumen sebagai ide konten instagram reels.

Gunakan Stiker Untuk Interaksi di Instagram Story

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, interaksi dengan pengikut yang dimiliki menjadi faktor penting untuk meningkatkan ranking algoritma instagram.

Kreator juga bisa meningkatkan interaksi di instagram dengan menggunakan layanan stiker polling, tanya jawab, dan lain sebagainya.

Melalui stiker tanya jawab, kreator bisa menjawab berbagai pertanyaan konsumen dengan mudah dan cepat sehingga layanan dengan konsumen menjadi lebih responsif.

Sementara dengan fitur polling, kreator bisa mengetahui keinginan konsumen dengan pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Kreator juga bisa memasukkan lagu yang sesuai dengan konten instagram story guna menghasilkan konten yang menarik.

Naikkan Interaksi dengan Caption Instagram

Meskipun instagram merupakan social media visual namun juga kreator hanya mengunggah konten tanpa adanya caption yang menarik maka konten anda menjadi sepi.

Pemberian caption yang lugas serta interaktif dapat menarik perhatian pengikut instagram untuk memberikan balasan komentar yang sesuai dengan isi konten.

Tidak hanya itu, di caption instagram sendiri kreator juga bisa menambahkan tagar agar konten mudah ditemukan di halaman pencarian serta kalimat call to action yang membawa konsumen anda mengikuti ajakan yang anda lakukan.

Beberapa kalimat ajakan yang bisa anda masukkan di caption instagram adalah ajakan untuk melakukan tag akun instagram teman atau menyalurkan pemikiran mengenai satu permasalahan tertentu.

Instagram juga telah mengonfirmasi bahwa kehadiran komentar dan likes penting untuk menaikkan ranking instagram feed sehingga konten anda akan lebih mudah masuk ke halaman explore.

Tambahkan Hastag dan Keyword di Konten Instagram

Meskipun penggunaan hastag tidak berpengaruh untuk membawa konten instagram ke instagram explore namun keberadaan tagar instagram masih dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan pengguna instagram masih mencari konten dengan tagar serta kata kunci tertentu sehingga memudahkan untuk mencari tipe konten yang diinginkan.

Dengan menambahkan tagar serta kata kunci di instagram post akan menjadi cara yang efektif untuk menjangkau lebih banyak orang di instagram. Hal ini berarti menambah jumlah views pada algoritma instagram di akun anda.

Di tambah lagi dengan penggunaan hastag yang baik serta strategi kata kunci yang tepat maka anda tidak hanya memperluas jangkauan namun menjangka konsumen yang relevan dengan bisnis anda serta melakukan interaksi dengan konten yang anda unggah.

Kreator bisa memaksimalkan penggunaan hastag instagram dengan menggunakan 30 tagar dengan kata kunci yang relevan dengan konten instagram yang anda unggah guna meningkatkan level interaksi di instagram.

Promosi Konten di Fitur Instagram Lain

Saat membuka instagram story biasanya anda akan menemukan konten yang baru saja diunggah dan kemudian di promosikan melalui konten story.

Strategi ini biasa dilakukan oleh pengguna instagram mengingat story memiliki jumlah penonton yang lebih banyak serta mudah diakses sat membuka aplikasi instagram,

Karenanya melakukan promosi di story cocok untuk meningkatkan engagement secara cepat dan mudah untuk menaikkan rangking algoritma instagram.

Promosi di konten instagram lain juga menjadi cara yang bagus apabila kreator mengunggah konten lain untuk pertama kali.

Perkembangan instagram yang cepat menjadikan anda menemukan banyak kanal untuk promosi konten baik melalui instagram feed, story, serta reels.

Tidak hanya itu, instagram juga telah mengeluarkan fitur collab post dimana anda bisa melakukan kolaborasi konten dengan influencer atau brand tertentu guna menaikkan penayangan konten anda sehingga bisa menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Analisa Konten Melalui Instagram Reels

Berbagai pilihan konten yang disediakan oleh instagram terkadang membuat kreator bingung memilih konten yang tepat dan disukai oleh pengikut dan komunitas yang dimiliki.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan melihat performa konten instagram di instagram insight guna menentukan jenis konten yang memiliki interaksi tertinggi.

Dengan memahami konten yang bekerja pada akun instagram anda akan membantu anda dalam menyusun strategi marketing yang tepat serta menghemat waktu dalam membuat berbagai konten yang kurang memberikan hasil yang baik.

Pastikan juga untuk mengecek kinerja konten instagram secara rutin guna mengetahui jenis konten yang tengah digandrungi oleh pengikut yang anda miliki.

Sumber :

The 2022 Instagram Algorithm Explained (hootsuite.com)

How Does the Instagram Algorithm Work? (2022 Update) (later.com)

How to Survive and Outsmart the Instagram Algorithm | Sprout Social

How the Instagram Algorithm Works in 2022 (shopify.co.id)

How the Instagram Algorithm Works in 2022 (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.