strategi social media 2022

Cara Membangun Strategi Social Media Bagi Pemula

Ketahui apa saja strategi social media marketing yang dapat membantu akun social media lebih terkenal dengan sebelas langkah berikut.

Sebagai seorang kreator yang mengembangkan akun social media untuk promosi tentunya menginginkan akun social media yang dibuat menjadi lebih ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan semakin banyak pengunjung yang datang ke social media anda maka akan membantu meningkatkan penjualan barang dan juga menaikkan keuntungan dengan lebih mudah.

Meskipun begitu, keinginan ini tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan dikarenakan banyaknya kompetitor yang juga berjualan di instagram.

Ditambah lagi banyaknya social media yang bermunculan yakni Instagram, Tiktok, atau Facebook juga membuat kompetitor memiliki banyak peluang untuk melakukan promosi di social media.

Karenanya agar akun social media anda semakin ramai maka bisa dibantu dengan membuat konten yang menarik namun juga mendapatkan perhatiand ari pengguna social media lainnya.

Tidak hanya itu, kreator pun juga disarankan untuk tidak asal mengunggah konten namun juga perlu mengetahui strategi social media yang tepat sehingga membantu menaikkan social media anda.

Di tahun 2022 ini, maka sebaiknya kreator membuat beberapa strategi yang sesuai dengan konsumen dan juga social media yang anda kembangkan sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna social media lainnya.

Karenanya berikut beberapa strategi social media yang bisa digunakan serta keuntungan setelah membuat strategi social media.

keuntungan strategi social media

Keuntungan Gunakan Strategi Social Media

Saat mengembangkan akun dan juga konten di social media tentunya kreator tidak hanya menunggah konten namun lebih dari itu diperlukan juga strategi social media yang tepat.

Perencanaan ini dilakukan agar kreator mengetahui arah social media yang dikembangkan sehingga tidak hanya meningkatkan brand awareness perusahaan namun juga menaikkan penjualan yang dimiliki.

Tidak hanya itu, selera konsumen yang berbeda tentunya membuat kreator harus berfikir keras untuk mengetahui konten apa saja yang sesuai dengan pembeli sehingga dapat mendapatkan pelanggan yang diinginkan.

Tidak hanya itu, meskipun terlihat ribet karena perlu melakukan analisa yang mendalam mengenai konsumen dan juga social media yang dikembangkan namun kreator bisa lebih hemat waktu karena setelah kalender konten dibuat maka anda bisa fokus pada pembuatan konten di social media.

Karenanya berikut beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan kreator dengan mengembangkan strategi social media yang sesuai

Strategi Promosi Lebih Terarah

Salah satu hambatan ketika memulai mengembangkan akun social media untuk pertama kali adalah kebingungan dalam membuat konten yang sesuai dan diminati konsumen.

Hal ini wajar terjadi karena banyaknya fitur dan juga jenis konten di social media menjadikan kreator menentukan konten yang tepat dan juga efektif untuk promosi.

Tak hanya itu, mengunggah konten promosi tanpa adanya strategi social media yang tepat juga dapat membuat akun anda sulit berkembang sehingga produk yang dipromosikan sulit dijangkau oleh konsumen yang sesuai.

Ditambah lagi dengan banyaknya kompetitor yang melakukan promosi di social media menjadikan kreator berjuang lebih keras untuk mendapatkan hati konsumen dan juga pengguna social media lainnya.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membangun strategi social media yang tepat dan lebih terarah.

Hal ini dilakukan agar kreator dapat mengetahui campaign dan juga promosi social media apa saja yang bisa diterapkan di akun yang anda kembangkan.

Sehingga kreator tidak hanya mengunggah konten promosi namun berbagai jenis konten lainnya seperti edukasi dan juga hiburan yang dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk mengenal produk anda.

Dengan menggunakan strategi social media tentunya kreator dapat mengetahui kesukaan konsumen yang sesuai sehingga dapat mengembangkan konten yang lebih disukai oleh konsumen,

Kreator pun juga bisa lebih menghemat budget promosi karena sudah menemukan formula yang pas dan sesuai untuk social media yang dikembangkan.

Mengetahui Selera Konsumen yang Sesuai

Saat ini, hampir semua orang memiliki satu akun social media yang bahkan tersebar di berbagai platform lainnya.

Fenomena baru ini muncul berkat banyaknya konten dan fitur yang menarik pengguna internet untuk membuat akun di platform social media tersebut.

Kemunculan social media tersebut tentunya menguntungkan pelaku usaha karena dapat melakukan promosi yang lebih luas dan tidak hanya berputar di lingkungan produsen saja.

Hal ini tentunya membuat pedagang bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan berkat promosi yang lebih efektif meskipun gratis berkat social media.

Berbagai social media tersebut tentunya memiliki kebiasan dan juga perilaku konsumen yang berbeda tergantung dari usia dan latar belakang konsumen tersebut.

Karenanya tidak mengherankan jika selera konsumen pun berbeda tergantung dari social media yang digunakan oleh target pasar anda.

Perbedaan inilah yang membuat kreator sebaiknya membuat strategi social media sebelum melakukan promosi ke konsumen yang dituju.

Strategi social media ini tentunya akan membantu kreator untuk mengetahui selera konsumen dengan melihat interaksi pada konten yang dibuat, gender, dan juga perbedaan umur dari kalangan konsumen.

Sehingga kreator pun bisa mengembangkan konten yang lebih sesuai dengan keinginan konsumen untuk meningkatkan engagement konten.

Dengan mengetahui selera konsumen yang sesuai tentunya kreator bisa lebih hemat waktu karena berfokus pada startegi social media yang dibuat.

Lebih Hemat Waktu

Pengelolaan akun social media yang banyak tentunya membuat kreator harus putar otak agar bisa mengunggah konten yang berbeda setiap harinya.

Hal ini dikarenakan jika kreator kehilangan satu hari untuk mengunggah konten maka dapat mempengaruhi insight social media yang dimiliki.

Namun mengelola banyak akun social media tentunya akan menghabiskan banyak waktu apalagi jika kreator belum mengetahui isi konten yang akan dibuat

Hal ini tentunya akan menghabiskan waktu kreator untuk menghabiskan waktu mencari konten yang sedang naik daun atau disukai oleh konsumen.

Karenanya agar waktu yang kreator gunakan tidak terbuang sia-sia maka anda bisa membuat startegi social media menggunakan kalender konten.

Adanya kalender konten tentunya akan membuat kreator mengkreasikan konten yang sesuai dengan timeline yang telah dibuat sebelumnya sehingga anda tidak perlu merencanakan unggahan social media terlebih dahulu.

Tak hanya itu, kehadiran kalender konten tentunya membuat kreator tidak kehilangan momen-momen penting yang ditunggu-tunggu oleh konsumen seperti hari besar keagamaan, nasional, dan juga perayaan penting.

Waktu yang lebih longgar tentunya akan membuat kreator menyediakan waktu yang lebih banyak untuk membuat konten yang lebih bagus sehingga mampu menarik perhatian pengguna social media dan juga pengikut yang anda miliki.

Selain itu, kreator juga bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk mencari inspirasi konten yang bisa diterapkan di akun social media anda.

strategi social media

Strategi Social Media di Tahun 2022

Di tahun 2022 ini menjadi waktu yang tepat bagi kreator untuk mengembangkan akun social medianya sehingga bisa berkembang lebih pesat.

Mengembangkan konten yang sedang trending untuk menaikkan akun yang sedang dikembangkan juga dapat membantu untuk membawa akun anda lebih dikenal dan juga tidak ketinggalan trend terbaru.

Karenanya kreator juga perlu membuat strategi social media yang tepat dan dapat membantu untuk promosi melalui platform social media.

Sudah siap untuk membuat akun anda viral? Berikut beberapa strategi social media yang bisa digunakan serta dikembangkan untuk promosi konten di social media.

tujuan promosi social media

Ketahui Tujuan Promosi Terlebih Dahulu

Hal pertama yang paling penting dalam membuat strategi social media adalah kreator sebaiknya mengetahui tujuan promosi terlebih dahulu.

Langkah ini dilakukan agar kreator dapat mengetahui strategi social media apa saja yang bisa dikembangkan untuk menjangkau lebih banyak pembeli baru dan juga mengelola pelanggan yang telah mengenal produk yang dijual.

Di social media sendiri, terdapat beberapa langkah membuat tujuan promosi social media agar lebih efektif dan juga sesuai dengan tujuan.

Pertama adalah Awareness, dimana kreator membantu pelanggan potensial untuk menemukan akun social media anda.

Guna meningkatkan awareness ini kreator bisa memulai dengan membuat konten yang berisi edukasi mengenai masalah yang dihadapi konsumen dan juga kandungan produk yang anda jual.

Hal ini dilakukan karena konsumen tentunya ingin mencari produk yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi melalui barang yang dijual di internet.

Mengembangkan konten testimoni produk juga dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda berkat ulasan yang diberikan oleh pembeli sebelumnya.

Kreator juga dapat menghitung keberhasilan dari konten awareness dengan menghitung jumlah pengikut yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu, kenaikan impresi dari jumlah likes, komentar, dan juga share konten.

Kedua adalah engagement, dimana pengikut baru yang baru mengenal anda melakukan interaksi dengan anda melalui membalas komentar di konten yang diunggah atau bertanya mengenai produk yang dijual melalui direct message.

Langkah inilah yang akan menentukan konsumen untuk mencoba produk anda dan juga menjadi pelanggan apabila barang yang dijual dirasa cocok dengan selera pembeli.

Pada tahap ini kreator sebaiknya melakukan interaksi lebih banyak dengan konsumen melalui membalas pesan dan juga komentar yang diajukan oleh pengikut baru anda.

Semakin cepat kreator dalam membalas interaksi ini maka pembeli akan lebih berminat untuk membeli produk anda.

Kreator juga bisa menjadwalkan sesi tanya jawab di fitur instagram story atau siaran langsung di akun social media yang dimiliki sehingga pengikut anda berkesempatan bertanya atau melakukan interaksi dengan anda secara langsung.

Ketiga adalah conversions, dimana konsumen sudah mengenal produk anda lebih dalam dan memutuskan untuk membeli produk anda melalui marketplace atau layanan belanja di social media.

Pada tahap inilah kreator bisa memetik hasil dari pengembangan konten dan juga interaksi yang anda lakukan dengan pengikut anda.

Guna mengecek keberhasilan conversion maka kreator bisa melihatnya dari meningkatnya penjualan atau banyaknya pengguna internet yang mengakses akun anda.

Namun, strategi social media tidak hanya berhenti disiitu namun kreator juga harus mengembangkan tujuan promosi lain yang dapat membuat konsumen menjadi pelanggan setia anda.

Langkah terakhir ini dinamakan consument sentiment dimana konsumen yang sudah mencoba produk anda akan memberikan ulasan terkait produk yang anda jual.

Berbagai ulasan baik yang baru bermunculan dan beredar di social media tentunya akan meningkatkan pandangan pengguna social media terhadap produk anda sehingga akan lebih banyak penjual yang membeli produk anda.

Guna mengembangkan konsumen loyal ini maka kreator bisa membuat event atau promosi khusus kepada pelanggan setia sehingga akan terus bertahan dengan produk anda.

Kreator juga bisa mengunggah testimoni yang berdatangan di akun social media anda untuk meyakinkan pembeli baru yang sedang mempelajari produk yang anda jual.

fokus pada konsumen yang sesuai

Fokus Pada Konsumen yang Sesuai

Banyaknya pengguna social media tentunya bisa menjadi peluang bagus bagi penjual untuk mendapatkan konsumen yang diinginkan.

Namun tentunya tidak semua pengguna internet bisa anda tarik untuk menjadi konsumen anda karena perbedaan selera dan juga masalah yang dihaapi konsumen.

Karenanya kreator sebaiknya berfokus pada konsumen yang sesuai dibandingkan dengan orang lain yang hanya ingin mengetahui produk yang dijual.

Salah satu cara untuk menjaring konsumen yang sesuai adalah dengan mengetahui masalah konsumen yang bisa diatasi dengan produk anda.

Hal ini dikarenakan konsumen tersebut akan selalu membeli produk anda jika dirasa masalah yang dihadapi bisa diselesaikan menggunakan produk yang dibeli.

Guna mendapatkan konsumen yang sesuai maka kreator bisa memulai dengan membuat konten yang membahas masalah yang dihadapi konsumen sehingga menarik perhatian pengguna social media yang melihat konten anda.

Tak hanya itu, menyebarkan konten ulasan secara rutin juga dapat membantu menarik konsumen yang memiliki masalah yang sama dengan pembeli anda dan tentunya bisa diselesaikan dengan produk anda.

Selain itu, kreator juga bisa membuat konten yang sesuai dengan minat konsumen anda sehingga anda akan lebih banyak mendapatkan engagement serta dapat membantu menaikkan konten anda.

ketahui strategi kompetitor

Ketahui Strategi Kompetitor

Di social media sendiri tentunya tidak hanya kreator sendiri yang melakukan promosi di social media.

Melainkan banyak juga kompetitor lain yang membuka akun social media guna mengenalkan produk yang dijual.

Hal ini tentunya membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk memilih produk yang akan dibeli dan juga penjual yang dituju.

Meskipun begitu, berbagai kompetitor ini juga bisa menjadi peluang bagus bagi kreator untuk mengetahui kekurangan dari setiap akun kompetitor yang anda temui.

Dengan begitu kreator bisa mengembangkan konten lain yang belum dikembangkan sebelumnya serta bisa menjadi daya tarik anda di mata pengguna social media lainnnya.

Sebelum melakukan analisa tersebut maka kreator bisa memilih terlebih dahulu 3 kompetitor yang telah berkecimpung lama di social media dan memiliki konsumen yang lebih banyak.

Hal ini akan memudahkan kreator untuk menemukan jenis konten yang lebih bervariasi dan juga masalah dari setiap konsumen yang ditemui.

Selain itu kreator juga bisa menggunakan beberapa website yang dapat membantu mengecek kinerja dan performa dari akun kompetitor.

Salah satu websiter tersebut adalah analisa.io dimana kreator bisa mengecek kinerja beberapa social media terkenal seperti Instagram atau Facebook.

social media

Evaluasi Akun Social Media yang Dikembangkan

Sudah melakukan berbagai promosi namun hasilnya masih belum sesuai dengan keinginan? maka saatnya kreator melakukan analisa setiap akun social media yang dikembangkan.

Setiap social media sendiri kini memiliki fitur business dimana kreator bisa mengembangkan layanan tersebut untuk membuat akun bisnis untuk promosi atau mengembangkan diri sebagai konten kreator di internet.

Layanan di akun business ini juga manyediakan fitur insight dimana kreator bisa melihat kinerja dari akun yang dimiliki sehingga mengetahui performa engagement dari konten yang telah diunggah.

Setiap data yang di dapatkan dari fitur insight ini juga dapat membantu kreator melakukan evaluasi sehingga dapat memilih strategi promosi yang sesuai dengan minat konsumen.

Tak hanya melakukan evaluasi insight, kreator juga bisa melakukan evaluasi dari kolom profil yang terdapat di social media.

Hal ini dikarenakan kolom profil adalah gerbang utama dari pengguna social media untuk berkenalan dengan akun anda.

Semakin lengkap deskripsi profil di akun anda maka akan memudahkan konsumen mengenal lebih dalam mengenai akun anda.

Pengenalan ini juga dapat membantu meningkatkan awareness dari produk dan akun anda di mata konsumen yang lain.

inspirasi konten

Dapatkan Inspirasi Konten Terbaru dan Efektif

Saat membuka akun social media tentunya anda juga bisa melihat konten yang sama secara terus menerus dari akun yang anda sukai.

Hal ini juga bisa berlaku ke konsumen anda yang mengikuti akun dan melihat konten anda setiap harinya. Karenanya agar tidak bosa maka kreator juga bisa mengembangkan konten terbaru yang disukai oleh konsumen.

Namun jika kreator bingung memilih konten baru yang interaktif maka anda bisa melakukan beberapa cara berikut.

Pertama, gunakan konten yang sedang viral. Di beberapa social media seperti Instagram atau tiktok, kreator bisa lebih mudah menemukan akun lain yang memiliki keterkaitan dengan minat anda atau yang banyak disukai oleh konsumen anda.

Tak jarang anda akan menemukan jenis konten yang sama dan berpotensi viral karena telah dilihat dan disukai oleh banyak orang.

Beredarnya konten viral tersebut tentunya bisa anda manfaatkan untuk diadaptasi di akun social media anda sebagai konten hiburan yang dapat membantu menaikkan engagement anda dengan pengikut yang dimiliki.

Sesekali membuat konten yang sedang viral tentunya akan membuat akun anda tersebar lebih cepat dan bisa dikenal oleh pengguna social media lainnya.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melihat konten dari akun yang berbeda, pengguna social media sendiri biasanya tidak hanya mengikuti satu akun yang sesuai minat namun bisa saja mengikuti banyak akun social media untuk mendapatkan banyak pandagan baru.

Berbagai akun social media yang beragam dan sesuai dengan minat anda tentunya bisa menjadi inspirasi baru untuk membuat konten yang belum pernah anda buat sebelumnya.

Kreator juga bisa menempatkan ciri khas dari akun yang dibuat sehingga konten anda masih terlihat berbeda dari akun lainnya.

Banyaknya pengguna social media yang terus bertambah setiap hari tentunya membuat kreator terus berinovasi untuk membuat fitur menarik sehingga meningkatkan pengalaman dari penggunanya.

Munculnya fitur baru tersebut juga bisa dimanfaatkan kreator untuk membuat berbagai macam konten yang keren dan dapat menarik perhatian pengguna social media.

Selain itu, fitur baru biasanya akan mencuri perhatian banyak orang yang ingin mencobanya sehingga tidak heran apabila konten anda juga bisa lebih mudah naik setelah menggunakan fitur baru tersebut.

kalender konten

Kembangkan Kalender Konten

Banyaknya akun social media yang dikelola dan banyaknya konten yang dibuat menjadikan kreator terkadang kelabakan untuk merencanakan konten setiap harinya.

Hal ini juga bisa mempengaruhi performa engagement di akun anda karena konten yang diunggah kurang menarik perhatian konsumen atau bahkan mengulang mengunggah konten yang sama setiap harinya.

Karenanya agar konten yang diunggah bisa menjadi lebih tertata maka kreator bisa membuat kalender konten yang berbeda di setiap social media yang dimiliki.

Penggunaan kalender konten ini nantinya akan membuat kreator memiliki rencana konten yang sesuai setiap harinya dan juga sesuai dengan minat konsumen karena sudah melakukan analisa terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memanfaatkan hari-hari penting dan spesial yang tentunya bisa anda gunakan untuk membuat event khusus di perayaan tersebut.

Kreator pun bisa membuat kalender konten dengan mudah menggunakan Google Sheet sehingga hasilnya bisa disebar ke anggota tim lain sehingga bisa menjadi bahan diskusi untuk membuat isi konten yang sesuai.

konten disukai konsumen

Buat Konten yang Disukai Konsumen

Tidak hanya membuat kalender konten yang dapat membantu merencanakan konten setiap hari namun kreator juga bisa mengembangkan isi konten yang berbeda setiap harinya.

Hal ini dilakukan agar konsumen tidak bosan melihat konten yang sama setiap harinya dan membuat konsumen tertarik dengan isi konten yang dapat membawa konsumen membeli barang tersebut.

Karenanya sebelum membuat konten maka sebaiknya kreator mengetahui isi dan nilai dari konten yang dibuat serta menentukan apakah konten tersebut untuk edukasi atau sekedar hiburan.

Hal ini dikarenakan isi dari setiap konten yang dibuat tentuna berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Pastikan juga konten tidak sekedar berbobot namun menarik minat konsumen dan mudah dipahami hanya dalam sekali baca.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.