strategi engagement instagram

Cara Naikkan Engagement Instagram Efektif

Ketahui cara mudah menaikkan engagement instagram secara efektif dengan pertumbuhan followers dan interaksi yang organik.

Bagi kreator yang memiliki akun instagram business akan menyadari bahwa akun satu ini tidak hanya efektif untuk mengunggah konten namun memiliki tools yang keren untuk membangun brand serta interaksi dengan audience secara online.

Dengan jutaan orang yang aktif menggunakan instagram setiap bulannya maka platform satu ini memiliki potensi yang besar sebagai media promosi yang efektif.

Namun untuk mendapatkan hasil tersebut maka kreator tidak hanya memerlukan audience namun dibutuhkan juga engagement berupa komentar, penyebaran konten, serta interaksi lain yang membuktikan bahwa konten anda menarik bagi pengguna instagram yang melihatnya.

Bagian yang paling penting adalah engagement memiliki nilai tersendiri dimana pengguna instagram organik yang peduli pada produk anda akan datang untuk mengikuti akun anda.

Namun kenyataannya tidak ada cara cepat untuk mendapatkan engagement instagram yang berkualitas, sehingga membutuhkan waktu untuk membuat konten yang bagus guna menarik interaksi dengan konsumen dan terhubung dengan pengikut yang dimiliki.

Namun sebelum meningkatkan engagement instagram secara organik maka ketahui dulu pengertian singkat serta cara menaikkannya.

pengertian engagement instagram

Pengertian Engagement Instagram

Saat mengunggah konten instagram tentunya kreator ingin mendapatkan jumlah likes, comment, dan share yang banyak untuk mengukur interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Di sisi lain, engagement instagram tidak hanya diukur dari banyaknya pengikut yang dimiliki ukuran interaksi yang diberikan oleh pengikut anda pada setiap konten yang diunggah.

Pada instagram sendiri, engagement diukur dari beberapa metrik diantaranya adalah comments, shares, saves, likes, saves, kenaikan pengikut, mentions, branded hastag, serta jumlah pesan yang di dapatkan.

Beberapa aksi tersebut merupakan bukti bahwa pengikut anda tidak hanya melihat konten yang diunggah namun juga tertarik pada caption yang anda tulis.

Namun, mengapa kreator harus peduli dengan engagement instagram? hal ini sebagai ukuran bahwa konten anda memberikan dampak yang baik pada audience yang dimiliki.

Kedua adalah menjadi bukti bahwa engagement instagram yang kuat menjadi faktor kunci untuk algoritma instagram, sehingga semakin tinggi jumlah engagement maka konten anda akan mudah masuk ke bagian explore yang akan menarik banyak perhatian.

cara mengukur engagement instagram

Cara Mengukur Engagement Instagram

Instagram engagement sendiri diukur dari banyaknya interaksi sosial secara organik di konten instagram terhadap pengikut atau jangkauan yang dimiliki.

Menghitung engagement instagram sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menghitung jumlah impresi melalui unggahan konten, jangkauan, atau pengikut.

Berbagai cara penghitungan tersebut tergantung dari tujuan social media yang diinginkan.

Selain itu, kreator juga memerlukan akses guna menghitung metrik yang disebutkan diatas dimana kreator bisa menggunakan instagram insights atau website social media engagement lain yang ada di internet.

Sekali kreator mendapatkan data yang diinginkan maka anda bisa menghitung engagement instagram menggunakan kalkulator engagement guna mengetahui hasil engagement rate yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

standar engagement rate instagram

Standar Engagement Rate Instagram

Instagram sendiri belum mengkonfirmasi tingkat engagement rate yang baik namun banyak social media marketing experts yang menyatakan bahwa engagement yang baik pada peringkat 1-5%.

instagram enegagement 10

Dilansir dari Hootsuite, jumlah engagement rate yang baik bagi akun instagram business adalah :

  • Instagram post : 0.82%
  • Instagram photo post : 0.81%
  • Video post : 0.61%
  • Carousel post : 1.01%

Tidak hanya itu, jumlah pengikut instagram juga memengaruhi jumlah instagram engagement rate, berikut jumlah engagement rate berdasarkan pengikut yang dimiliki :

  • < 10.000 pengikut : 1.18%
  • 10.000-100.000 : 0.94%
  • > 100.000 : 0.74%

Jumlah ini menandakan semakin banyak pengikut yang dimiliki maka engagement instagram rate yang di dapatkan semakin sedikit.

cara menaikkan engagement rate

Tips Menaikkan Engagement Instagram

Memiliki engagement rate yang tinggi tentunya menjadi keinginan bagi kreator agar akun instagram yang dimiliki dapat menjangkau pengguna instagram yang lebih luas agar tujuan promosi bisa tercapai.

Karenanya untuk mendapatkan engamenet instagram sesuai dengan tujuan yang dimiliki maka kreator bisa melakukan beberapa cara berikut :

Ketahui Audience yang Dimiliki

Saat membuat konten instagram maka kreator sebaiknya mengetahui audience yang dimiliki agar bisa menciptakan konten yang sesuai.

Demografi dari target audience akan membantu untuk mendefinisikan tipe konten yang akan diunggah, brand voice, serta tanggal dan waktu untuk mengunggah konten

Kreator bisa mengecek demografi tersebut melalui fitur insight yang terdapat di akun instagram untuk mendapatkan informasi audience sesuai data yang dikumpulkan oleh instagram.

Tidak hanya itu, apabila kreator berlangganan akun website social media manager maka kreator akan diberikan hasil performa akun instagram secara rutin bahkan tips untuk meningkatkan performa akun instagram.

Kreator juga disarankan untuk mengecek engagement instagram dalam jangka waktu tertentu secara rutin untuk melihat apakah performa akun instagram anda mengalami kenaikan atau kemunduran.

Akun Instagram Memiliki Ciri Khas Sendiri

Saat mulai mengembangkan akun instagram sendiri mungkin kreator akan bingung untuk menentukan ciri khas akun instagram anda.

Melihat akun instagram kompetitor mungkin akan menghadirkan inspirasi konten namun kreator tidak bisa meniru secara persis isi konten tersebut karena berbeda akun maka akan memiliki perbedaan audience yang berbeda.

Di social media sendiri, tentulan penting untuk menjadi jujur dibandingkan memiliki konten yang sempurna.

Kreator bisa memulai dengan membagikan konten di luar campaign untuk mengenalkan konten anda di luar pengikut yang dimiliki agar tertarik mengenal brand yang anda miliki.

Salah satunya adalah membagikan konten komedi yang biasanya lebih disukai pengguna instagram selain pengiku akun instagram anda.

Contohnya adalah membagikan konten behind the scene di instagram story, atau menulis caption yang mungkin dapat membagikan homur kepada orang lain.

Bagikan Konten Meme

Pengikut instagram anda mungkin akan bosan melihat konten edukasi atau promosi setiap hari sehingga membutuhkan sesuatu yang segar dan jarang di lihat sebelumnya.

Membagikan konten meme atau komedi bisa menjadi solusi agar pengikut anda terus kembali ke akun instagram yang anda miliki untuk mencari konten yang segar di tengah kegiatan yang padat.

Instagram, seperti yang anda ketahui adalah social media visual namun jika kreator belum bisa menciptakan konten yang estetik maka gambar yang menarik bisa menjadi daya tarik di timeline instagram.

Meskipun kreator belum memiliki kemampuan mengedit foto yang sempurna namun dengan mengunggah konten meme dengan sedikit sentuhan editan dapat membuat konten anda menjadi menarik.

Unggah Hasil Foto dengan Kualitas Tinggi

Platform instagram merupakan social media yang bergantung pada visual yang estetik namun jika kreator belum bisa membuat konten yang sempurna maka cukup membuat konten yang menarik perhatian di timeline instagram.

Di sisi lain, bila kreator belum menjadi fotografer atau desainer yang handal namun terdapat banyak aplikasi edit foto yang akan membuat postingan anda menjadi lebih menarik.

Berbagai aplikasi edit foto tersebut tersedia secara gratis bahkan memberikan rekomendasi template yang menarik agar bisa digunakan di konten instagram yang menarik, salah satunya adalah Canva yang menjadi platform edit foto jutaan umat.

Merasa jenuh namun perlu mencari inspirasi konten? kreator bisa mencari inspirasi di fitur instagram explore atau melihat rekomendasi template instagram terbaik di pinterest.

Buat Konten Carousel

Sebuah konten foto terkadang tidak bisa menjelaskan informasi atau promosi secara jelas namun kreator bisa mengunggah banyak foto sekaligus menggunakan fitur carousel.

Setelah kreator mampu menarik perhatian pengguna instagram dengan satu foto yang menarik maka cobalah untuk mengunggah konten carousel.

Instagram carousel merupakan unggahan instagram yang terdiri dari banyak foto yang cocok untuk membangun engagement instagram, serta bisa menggunakan tempalate yang tersedia di berbagai aplikasi edit foto.

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, konten carousel mendapatkan engagement sebesar 3.1x lebih banyak dibandingkan unggahan lainnya, dan secara global postingan satu ini mendapatkan perhatian pengguna instagram sebesar 1.01%.

Sehingga konten instagram carousel sendiri cocok untuk meningkatkan engagement instagram bagi akun instagram yang sebelumnya belum melakukan interaksi dengan konten anda sebelumnya.

Sayangnya kelemahana instagram carousel adalah pengguna instagram mungkin akan merasa bosan apabila konten yang disajikan terlalu panjang dan bertele-tela sehingga memutuskan untuk berhenti di tengah-tengah sebelum sampai ke bagian call to action.

Karenanya dalam mengunggah konten carousel maka sebaiknya memberikan konten yang singkat, padat, dan jelas sehingga memberikan informasi yang akurat namun tidak membuat pengikut instagram bosan.

Pemberian template carousel dengan warna yang menarik juga bisa membuat pengikut anda mengagumi setiap konten foto yang diunggah sehingga memberikan apresiasi yang dapat meningkatkan engagement instagram.

Berikan Konten Video

Di instagram sendiri pengguna tidak hanya menemukan konten foto yang estetik namun video instagram yang menghibur.

Kehadiran video juga bisa menjadi alternatif konten yang menarik sehingga mampu meningkatkan engagement instagram yang lebih baik.

Keuntungan lain dari menggunakan konten video adalah kreator bisa menggunakan variasi instagram video yang berbeda.

Mulai dari konten instagram reels yang menjangkau pengguna instagram yang lebih banyak dengan durasi video yang pendek.

Instagram story yang memberikan unggahan harian melalui video atau foto secara real time sehingga memberikan konten yang lebih menarik.

Kreator juga bisa memberikan konten instagram video feed yang memberikan keleluasaan durasi video yang lebih panjang.

Konten video sendiri bisa memberikan tampilan yang eye catching serta menarik perhatian. Hal ini dibuktikan dengan unggahan video yang mampu meningkatkan engagement instagram hingga 38% dibandingkan konten foto.

Sehingga tidak mengherankan apabila konten instagram reels mampu memberikan pengikut yang lebih banyak bagi pengguna instagram apabila diunggah secara rutin.

Tidak hanya itu, guna memberikan variasi konten video yang berbeda maka kreator bisa menggabungkan beberapa foto menjadi cuplikan video dengan tambahan musik sehingga hasil video menjadi lebih keren.

Untungnya dalam membuat konten video ini kreator tidak perlu membutuhkan skill edit foto tingkat tinggi karena dengan memberikan ciri khas tersendiri maka konten video anda juga bisa dilirik oleh pengguna instagram.

Tidak hanya itu, guna mengedit konten video menjadi lebih menarik maka kreator bisa menggunakan aplikasi edit video yang tersedia secara gratis di internet dengan berbagai fitur yang mumpuni.

Kreator juga bisa belajar tutorial edit video secara gratis di youtube yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Tulis Caption yang Menarik

Tidak hanya konten foto dan video yang mampu menarik perhatian pengguna instagram namun pemberian caption juga bisa menjadi daya tarik tersendiri yang bisa meningkatkan engagement instagram.

Hal ini dilakukan karena caption instaram dapat menjelaskan isi konten lebih jelas karena tempat yang disediakan lebih luas sehingga apabila caption tidak cukup maka bisa di tulis di kolom komentar.

Selain itu adanya caption juga bisa menjadi tempat call to action yang mampu menarik perhatian pengguna instagram untuk melakukan kegiatan yang anda minta, seperti memberikan tanda suka atau membagikan konten tersebut ke orang lain.

Sebagian besar kreator juga menjadikan kolom caption sebagai tempat pemberian hastag sehingga konten instagram bisa menjangkau pengguna yang lebih luas dengan kata kunci yang diberikan.

Kolom caption sendiri memberikan batas kata sampai 2.200 karakter serta 30 hastag sehingga caption yang bagus dengan penambahan konteks yang sesuai dapat menampilkan brand personality anda lebih baik.

Keberadaan kolom caption dengan jumlah karakter yang cukup banyak ini juga bisa dijadikan konten story telling yang menceritakan testimoni konsumen atau asal-usul sebuah brand di bentuk sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang membaca cerita anda.

Bagikan Konten Saveable

Salah satu indikator dari engagement instagram adalah jumlah unggahan instagram yang disimpan oleh pengguna instagram.

Semakin banyak konten instagram yang disimpan oleh pengikut anda maka akan meningkatkan poin engagement instagram yang dimiliki.

Sebuah konten saveable juga membuat pengguna instagram lebih mengingat akun instagram karena rajin membagikan berbagai konten yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari serta masalah yang dihadapi.

Beberapa ide konten instagram yang bisa disimpan oleh pengguna instagram adalah konten tutorial mengenai produk yang dimiliki serta tips menyelesaikan sebuah masalah menggunakan produk yang anda jual.

Kreator juga tidak perlu bingung untuk menyajikan konten tips karena dapat mengunggah melalui konten foto di instagram feed atau video melalui instagram reels atau instagram video.

Agar konten tips anda banyak disimpan oleh pengikut yang dimiliki maka bisa mengangkat masalah yang dihadapi oleh konsumen dengan melihat berbagai komentar atau pesan yang diterima di direct message.

Dengan membuat konten dari masalah yang dihadapi konsumen maka konten anda akan lebih banyak disimpan.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membahas masalah yang sedang naik daun agar konten anda juga dilirik oleh pengguna instagram lain yang belum menjadi pengikut anda.

Konten tips yang menarik juga berpeluang besar dibagikan oleh pengikut anda sehingga meningkatkan engagement instagram yang dimiliki.

Lakukan Instagram Live Secara Rutin

Interaksi dengan konsumen menjadi kunci penting untuk menaikkan engagement instagram secara organik.

Salah satu cara untuk melakukan interaksi secara mudah adalah dengan melakukan siaran langsung secara rutin di akun instagram business yang anda kembangkan.

Kreator bisa mengadakan sesi instagram live dengan membuka tanya jawab santai dengan konsumen yang dimiliki mengenai masalah sehari-hari atau menceritakan kejadian yang dialami seharian ini.

Namun jika kreator ingin mendapatkan engagement yang lebih banyak maka anda juga bisa memberikan ide topik yang menarik atau sedang naik daun di kalangan konsumen sebagai bahan perbincangan yang hangat.

Agar sesi instagram live semakin seru maka kreator bisa mengundang influencer yang dijadikan brand ambassador atau pakar di bidanganya untuk membahas masalah yang serius atau sekedar menyapa penggemar yang dimiliki oleh influencer tersebut.

Keuntungan lain menggunakan instagram live sebagai media interaksi adalah durasi yang tidak terbatas sehingga kreator bisa berkomunikasi dengan penggemar lebih lama.

Disisi lain, sebanyak 80% pengguna instagram lebih menyukai menonton siaran langsung dibandingkan membaca sebuah postingan instagram karena dapat memberikan inti pembicaraan yang diinginkan.

Melalui acara siaran langsung, kreator bisa menjawab pertanyaan secara langsung, menyambut penonton dengan nama akun serta membawa penonton ke dunia yang anda miliki serta melakukan interaksi secara intens.

Selain itu, bagi pelaku usaha yang memiliki akun instagram shopping dapat melakukan live shopping menggunakan siaran langsung sehingga bisa melakukan promosi secara tepat dan efektif.

Berikan Variasi Konten yang Berbeda

Pemberian konten promosi nantinya akan membuat konsumen bosan dengan akun instagram anda sehingga memberikan variasi konten yang berbeda akan membuat akun instagram anda menjadi lebih menarik.

Pemberian konten polling, tanya jawab, serta puzzle juga bisa membuka rutinitas konten yang anda unggah sehingga menarik konsumen untuk berinteraksi dengan memberikan komentara atau membagikan konten yang tentunya dapat menaikkan engagement instagram.

Menyelipkan konten komedi di tengah-tengah promosi juga bisa menghibur konsumen yang tengah menanti promosi produk yang anda berikan.

Salah satu ide konten yang mampu menarik perhatian konsumen adalah give away dimana banyak orang akan berkumpul guna memeriahkan sesi give away yang anda lakukan sambil berharap mendapatkan hadiah yang anda berikan.

Sesi give away ini juga bisa meningkatkan engagement instagram dalam jangka waktu tertentu karena akun instagram terus berinteraksi dengan anda sampai give away diberikan.

Instagram juga memberikan variasi fitur yang beragam yang bisa dimanfaatkan sebagai media interaksi dengan konsumen.

Salah satunya adalah fitur instagram story dimana kreator bisa melakukan sesi tanya jawab ke pengikut yang dimiliki atau memberikan kuis dengan berbagai pilihan jawaban yang tersedia melalui fitur stiker.

Bagikan Konten dari Orang Lain

Bingung mencari ide konten yang menarik atau sedang suntuk untuk membuat konten instagram? Kreator juga bisa membagikan konten dari orang lain yang berkaitan dengan akun anda.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membagikan konten instagram yang melakukan tag kepada akun instagram anda sebagai bagian dari testimoni konsumen.

Semakin banyak testimoni yang di dapatkan tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda jual.

Kreator terkadang tergoda untuk menyampaikan konten satu arah dimana kreator mengunggah sebuah konten sambil menunggu reaksi dari pengikut yang dimiliki namun perlu diingat bahwa instagram merupakan media diskusi yang bukan hanya media pesan berantai.

Karenanya pastikan untuk mendengarkan keinginan konsumen serta berinteraksi dengan pengikut anda saat mereka menjangkau anda melalui konten yang diberikan.

Membagikan respon dari konsumen melalui story juga menjadi konten instagram yang tidak membosankan karena reaksi orang yang berbeda-beda terkadang menarik untuk diperhatikan.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membagikan respon pengguna instagram yang mengomentari konten anda agar menghasilkan interaksi dua arah yang menyenangkan.

Respon Setiap Pertanyaan dan Komentar Konsumen

Ketika sebuah komentar masuk ke postingan instagram anda maka kreator bisa merespon dengan kalimat yang menyenangkan serta video yang menarik tentunya dengan respon yang sopan.

Menyetujui setiap komentar yang masuk dan berpartisipasi dalam percakapan membuat pengikut merasa dilihat dan didengar serta bersemangat untuk mengobrol bersama anda di lain waktu.

Setiap interaksi yang aktif dilakukan dengan konsumen juga dapat membantu menaikkan engagement instagram lebih mudah.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.