pexels juan mendez 1536619

Ide Konten Instagram Fashion Untuk Online Shop dan Brand Fashion

Jadikan akun instagram fashion menjadi lebih keren dengan penggunaan konten instagram fashion yang sesuai dengan target konsumen yang anda miliki.

Fashion telah menjadi bagian hidup banyak orang, mulai dari bangun tidur hingga kembali ke kasur, selembar pakaian yang fashionable menemani hari-hari menjadi lebih ceria.

Penggunaan gaya busana yang apik dan nyaman juga dapat meningkatkan mood seharian penuh sehingga bisa maksimal untuk melakukan kegiatan selama seharian penuh.

Sehingga tidak mengherankan apabila di waktu luang, kita mencari outfit ternyaman yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kebiasaan mencari baju kini tidak hanya perlu meluangkan waktu khusus untuk berkunjung dari satu toko ke toko lain.

Namun, cukup dengan handphone dan beberapa akun sosial media, anda bisa berkeliling dari satu brand fashion ke brand yang lain dengan mudah dan cepat, dengan melakukan stalking akun sosial media brand fashion tertentu.

Perubahan cara promosi ini, tentunya membuat pelaku usaha atau kreator yang sedang mengembangkan akun brand fashion sebaiknya memiliki strategi konten instagram fashion yang tepat, agar akun instagram anda mendapatkan perhatian lebih dari target konsumen yang diinginkan.

Penggunaan strategi marketing yang tepat, juga akan menguntungkan dalam meningkatkan brand awareness di mata konsumen serta pelayanan ke pelanggan yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa strategi konten instagram fashion yang bisa anda gunakan untuk pengembangan akun instagram brand fashion.

pexels andrea piacquadio 994234

Keuntungan Instagram Untuk Promosi Bisnis Fashion

Penggunaan instagram sebagai media ekspresi sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, salah satunya akun instagram brand fashion.

Tampilan konten visual yang menjadi andalan instagram ini menjadikan akun instagram brand fashion memiliki tempat untuk menaikkan penjualan serta menarik minat dari komunitas fashion yang banyak berkeliaran di instagram.

Tidak jarang, kolaborasi antara akun instagram brand fashion serta influencer menghasilkan trend baru yang akhirnya membantu meningkatkan penjualan serta brand awareness dari brand fashion yang dikembangkan.

Selain itu, anda juga bisa menemukan berbagai keuntungan lain dari menggunakan platform instagram sebagai promosi brand fashion.

Media Promosi Melalui Influencer Instagram

Sebagai social media dengan daya tarik visual, instagram dan fashion menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahakan.

Melalui instagram, influencer atau kreator yang memiliki minat di bidang fashion mendapatkan tempat tersendiri untuk mengekspresikan kreativitasnya dengan gaya busana yang dimiliki.

Di sisi lain, Instagram juga sempat dipenuhi dengan influencer fashion yang aktif membagikan gaya busana yang dimiliki, hingga akhirnya bisa ditiru oleh penggemar setia atau pengguna instagram yang memiliki selera yang sama.

Keberadaan influencer dan kreator tersebut juga bisa digunakan oleh akun instagram brand untuk mempromosikan produk dan brand yang dimiliki, dengan kolaborasi penggunaan produk yang dapat menarik konsumen baru yang tertarik pada akun brand anda.

Akun Instagram Brand Fashion Menjadi Lebih Terkenal

Setelah kolaborasi yang sukses dengan influencer instagram dan menciptakan trend baru di kalangan pengguna instagram, tentunya anda memiliki peluang untuk membuat akun instagram brand fashion menjadi lebih terkenal.

Di sisi lain, Instagram kini menjadi kekuatan pendorong di dunia fashion, dengan membuka jalan bagi trend terbaru dan inspirasi mode, yang berasal dari kolaborasi dengan influencer atau konten instagram fashion yang di dukung dengan fitur instagram yang mumpuni.

Mulai dari jeans belel atau perpaduan kain batik yang menarik, akun instagram brand bisa membuat trend terbaru dengan mengunggah konten foto atau video instagram yang menarik.

Kolaborasi dengan influencer terkenal serta kerja sama publikasi dengan media massa yang mengunggah konten mengenai brand dan produk anda di instagram, akan membuka peluang bagi akun instagram brand fashion anda menjadi lebih terkenal.

Promosi Produk yang Lebih Maksimal

Perkembangan teknologi yang semakin cepat, membuat sebuah brand fashion biasanya memiliki berbagai akun market place untuk menjual produk yang dimiliki.

Namun, untuk mengenalkan brand atau produk yang anda kembangkan, tentunya seorang pelaku usaha membutuhkan media yang tepat untuk menunjukkan keberadaannya di depan konsumen yang diinginkan.

Instagram menjadi salah satu platform yang tepat untuk promosi akun brand fashion di dunia maya, hal ini dikarenakan sebagian besar pecinta fashion berkumpul di instagram untuk mencari inspirasi busana yang menarik serta menyalurkan bakat dan minat di bidang busana.

Dengan jumlah komunitas yang besar, tentunya akan lebih mudah bagi brand fashion untuk menemukan target konsumen yang memiliki minat pada produk yang anda kembangkan.

Apalagi instagram memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat membuat brand fashion anda lebih keren di mata konsumen.

konten instagram fashion

Strategi Konten Instagram Fashion

Instagram terkenal menjadi platform visual tingkat tinggi, yang memberikan keuntungan bagi brand fashion untuk menampilkan kreativitasnya, sehingga tidak sekedar jualan namun menjadi trend setter yang dapat menaik minat konsumen.

Strategi ini sudah dilakukan oleh beberapa akun instagram brand fashion yang menampilkan produk yang dimiliki dalam gaya tertentu yang bisa dijadikan inspirasi busana bagi konsumen.

photo1659595093

Salah satunya adalah akun instagram brand fashion terkenal @nike yang memotret salah satu produknya dengan atlet sepakbola terkenal, alih-alih mempromsoikan produknya secara langsung.

Hal ini memudahkan pembeli untuk melihat produk yang anda jual di instagram, sehingga tidak perlu mengunjungi akun website yang anda miliki atau akun market place yang anda miliki.

Namun, untuk memaksimalkan penggunaan akun instagram brand fashion maka beberapa strategi konten instagram fashion berikut bisa anda gunakan untuk promosi brand dan produk :

Ketahui Tipe Konten Instagram Fashion

Instagram merupakan platform yang sempurna dalam membawa brand fashion anda menjadi lebih hidup dan memanjakan mata konsumen,

Beberapa akun instagram brand terkenal, bahkan menjadi raja dalam menyajikan konten yang menarik dalam menyajikan konten storytelling dan mengabadikan tampilan yang apik.

Hal ini juga di dukung dengan jenis konten interaksi yang dipadukan dengan konten foto dan video yang tersedia di Instagram. Berikut beberapa tipe postingan yang bisa anda gunakan untuk konten instagram fashion.

Brand Mission

Dalam mengembangkan akun instagram brand fashion, kreator juga sebaiknya memikirkan visi dan misi yang ingin anda sampaikan di instgaram.

Dengan penyampaian tujuan brand anda dengan baik, maka anda dapat menarik audiens baru yang akhirnya bisa digunakan sebagai konsumen.

photo1659595940

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @cammy.in yang membawa pesan simple make better, dimana akun ini menampilkan outfit sehari-hari dengan gaya simpel namun nyaman digunakan untuk berbagai kebutuhan,

Guna menyampaikan pesan brand mission yang dibawa, maka brand fashion ini menggunakan instagram untuk promosi secara maksimal dengan membagikan pesan melalui cara yang kreatif di instagram feed atau story dengan bantuin influencer.

Kolaborasi Produk

Di saat instagram menjadi tempat yang tepat untuk menunjukkan keunikan produk dan membawa ke dalam trend terbaru, penting juga bagi kreator untuk membagikan sisi lain dari brand yang anda miliki.

Hal ini dikarenakan banyak akun instagram brand fashion yang sukses di instagram dengan menggunakan formula 80/20, dimana 80% konten instagram anda berisi cerita serta 20% lainnya berisi promosi produk.

photo1659596318

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram brand sepatu @vans yang menggabungkan konten cerita dan promosi, dimana akun ini menceritakan inspirasi style terbaru yang berasal dari tato artist terkenal yang dilanjutkan dengan promosi produk dengan mencantumkan link website brand.

Pembaruan Produk

Tujuan utama dari melakukan promosi di instagram adalah mengenalkan brand dan produk yang anda miliki.

Sehingga jangan lupa untuk mengunggah konten instagram fashion berupa pembaruan produk yang baru saja anda rilis atau persiapan untuk diluncurkan di pasaran.

Hal ini penting untuk mengubah rasa penasaran konsumen selama proses peluncuran produk atau berita terbaru mengenai bisnis online yang anda miliki.

Anda bisa memberikan pembaruan terbaru dengan memberikan pengikut anda sebuah spoiler peluncuran produk baru.

Penambahan tanggal dan waktu juga bisa dimasukkan ke dalam instagram caption guna membuat konsumen tidak sabar untuk mencoba produk terbaru yang anda rilis.

Dengan menggunakan instagram sebagai media pengumuman produk terbaru, anda akan memberikan pengikut anda alasan untuk terus mengunjungi akun instagram anda secara rutin.

Konten Gaya Hidup

Instagram tidak hanya digunakan sebagai tempat silaturahmi dengan kenalan baru atau teman, namun juga bisa digunakan untuk mencari referensi gaya busana terbaru.

Hal ini dikarenakan anda bisa melihat trend busana yang biasa digunakan oleh orang lain, sehingga anda tidak ketinggalan zaman.

Karenanya dalam membangun akun instagram fashion brand, maka anda bisa mengembangkan konten gaya hidup, dimana anda menggabungkan produk yang dimiliki dengan paduan busana yang menarik dan menjadi trend terbaru.

photo1659597631

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @uniqloindonesia yang memadukan produk-produknya dengan gaya busana yang simpel, sehingga konsumen memiliki referensi padu padan pakaian sehari-hari yang keren.

Penggunaan konten gaya hidup sebagai konten instagram fashion sebab platform ini tidak hanya cocok untuk membagikan postingan busana yang bergaya, namun juga menjadi inspirasi bagi pengguna instagram dan brand untuk menempatkan produk untuk menghidupkan kisah mereka.

Konten dari Konsumen

Konten instagram yang estetik dan memanjakan mata juga sebaiknya di dukung dengan konten dari konsumen.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pengguna instagram yang berkunjung ke akun instagram namun belum mengenal akun anda, sehingga memiliki persepsi bahwa akun anda wajib diikuti.

Dengan membagikan konten dari konsumen, juga akan membantu pengikut anda untuk mengetahui produk yang sedang populer, serta membagikan ulasan dan menampilkan produk dengan gaya yang keren.

Hal ini juga akan membantu mereka beralih dari hanya pengikut biasa menjadi konsumen setia setelah melihat testimoni yang diberikan.

Scheduled Konten

Bosan dengan konten instagram fashion yang sama saja? maka anda bisa membuat segmen khusus di hari-hari tertentu sehingga anda memiliki variasi konten yang lebih beragam.

Pemberian konten yang berbeda ini juga membantu agar pengikut anda tidak merasa bosan dengan konten yang anda sajikan serta berkunjung ke akun instagram anda lebih sering.

Salah satu ide konten instagram fashion yang bisa anda lakukan adalah sharing bersama influencer fashion yang sedang naik daun dan digemari oleh konsumen anda.

Pada sesi ini, anda bisa melakukan sesi talkshow khusus melalui instagram live, dimana anda bisa saling berdiskusi dan interaksi dengan konsumen dan influencer tersebut untuk mendapatkan insight baru di dunia fashion.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunggah konten yang berisi ulasan gaya busana yang digunakan oleh artis atau selebriti tertentu yang sedang naik daun dan dipesan oleh pengikut anda.

Semakin seru dan mendalam ulasan yang dilakukan maka akan meningkatkan minat pengguna instagram dalam menanti artis yang akan di review dalam sesi tersebut.

Mengajak expert di bidang fashion juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna instagram yang ingin mendengarkan saran dari ahli di bidangnya.

Anda juga bisa mendekatkan diri dengan konsumen dengan melakukan sesi makeover melalui undangan kepada pengikut anda yang sering melakukan interaksi melalui kolom komentar atau direct message.

Berbagai sesi interaksi yang menarik tentunya akan mendekatkan diri dengan konsumen yang anda miliki serta memperluas jangkauan akun instagram, sehingga brand dan produk anda bisa lebih dikenal oleh banyak orang.

Konten Giveaway

Hadiah tidak hanya menjadi tanda cinta kepada seseorang, namun juga bisa digunakan untuk mendekatkan diri dengan orang lain.

Karenanya pemberian hadiah dalam bentuk konten giveaway bisa anda lakukan untuk mengenalkan produk dan brand anda kepada konsumen yang dimiliki.

Apalagi jika anda baru saja merilis produk terbaru yang membuat orang-orang penasaran untuk mencoba dan memilikinya.

Pada konten giveaway, anda juga bisa meminta pengikut anda melakukan tantangan yang tentunya menguntungkan untuk meningkatkan brand awareness.

Salah satunya adalah dengan membagikan ulasan produk menggunakan branded hashtag tertentu. Semakin banyak orang yang berpartisipasi, tentunya akan menguntungkan untuk menaikkan brand awareness dengan ulasan positif secara cuma-cuma.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan photo contest, dimana anda bisa meminta konsumen untuk melakukan foto diri menggunakan produk anda dengan tema tertentu.

Semakin unik kostum yang ditampilkan serta engagement konten yang viral di instagram, tentunya akan membuat pengguna instagram mengenai produk anda dan akhirnya tertarik membeli berkat referensi produk yang diberikan oleh konsumen lain.

Untuk pemberian hadiah sendiri, anda bisa memberikan berbagai macam kado yang unik dan menarik, sepeti pemberian produk limited edition,baju yang sedang naik daun, atau kumpulan produk-produk unik yang belum dijual di pasaran.

Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan produk lain sebagai sponsor dari acara anda untuk menarik minat konsumen di produk lain.

Salah satunya adalah kolaborasi dengan parfum yang sedang menjadi incaran banyak orang atau aksesori lucu nan menggemaskan.

Gunakan Instagram Carousel Saat Mengunggah Foto Produk

Butuh mengunggah konten instagram fashion dalam jumlah banyak sekaligus? penggunaan fitur instagram carousel bisa menjadi solusi dimana anda bisa mengunggah beberapa konten instagram pada satu postingan saja.

Anda juga bisa memakai fitur instagram carousel untuk memamerkan produk yang baru saja diluncurkan atau memberikan detail produk di satu postingan instagram khusus.

Kemampuan untuk membagikan beberapa konten dalam bentuk gambar dan video di sebuah postingan dibandingkan beberapa foto juga memberikan kemudahan bagi anda dan pengikut sehingga konten instagram tidak terlihat spam.

Namun, anda juga bisa membagikan referensi ide gaya busana terbaru yang digunakan oleh konsumen anda dalam bentuk instagram carousel post.

photo1659603712

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @dauky.official yang membagikan konten carousel berupa ide padu padan busana menggunakan produk yang dimiliki.

Instagram Video Untuk Promosi Produk

Konten video tengah menjadi daya tarik bagi pengguna sosial media, dimana dengan postingan tersebut anda bisa melihat detail produk dengan detail dalam waktu yang singkat.

Tidak hanya itu, konten video pendek juga lebih fleksibel karena bisa dibagikan dalam bentuk konten story atau reels yang dapat menjangkau pengguna instagram yang lebih luas atau menghibur konsumen yang mengikuti akun instagram anda.

Di tambah lagi, konten instagram reels memiliki kelebihan sendiri dimana anda bisa menjangkau pengguna instagram yang memiliki minat sama meskipun tidak mengikuti akun anda, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

photo1659605184

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @bodytalkfashion yang mempromosikan produk terbaru melalui iklan di instagram reels.

Instagram reels juga dilengkapi dengan iringan lagu yang membuat konten video menjadi lebih menyenangkan dan nyaman untuk ditonton dalam jangka waktu lama.

Sebuah penelitian dari eMarketer juga menyatakan bahwa konten video memiliki interaksi yang lebih banyak dan cepat dibandingkan konten foto.

Anda juga bisa membagikan konten video ke platform lain seperti Tiktok atau Facebook serta menggunakannya untuk materi promosi iklan berbayar.

Penggunaan video sebagai media promosi juga dinilai efektif dengan dukungan studi dari Hubspot yang menyatakan sebanyak 64% konsumen lebih tertarik untuk membeli sebuah produk setelah melihat video, sehingga menggunakan konten video juga bermanfaat untuk menaikkan penjualan melalui strategi instagram marketing.

Anda juga bisa memberikan variasi lain pada konten-konten video seperti mengunggah video behind the scene pemotretan produk, event tertentu, serta segala kegiatan yang berkaitan dengan promosi produk atau interaksi dengan konsumen.

Pemakaian aplikasi edit video juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas video menjadi lebih baik sehingga disukai oleh banyak orang sehingga menjangkau pengguna instagram yang lebih banyak.

Konten yang Unik dengan GIF

Penggunaan konten foto dan video yang memenuhi beranda instagram, mungkin saja akan membuat konsumen bosan sehingga mencari konten yang lebih menarik.

Guna menarik minat pengguna instagram, maka anda bisa menggunakan konten GIF yang menyorot fokus sebuah produk dalam waktu sebentar namun menarik perhatian pengguna instagram.

Anda juga bisa menonjolkan kelebihan produk dengan konten durasi pendek, seperti menumpahkan air di jaket waterproof sehingga membuat konsumen percaya bahwa produk anda memiliki kekuatan yang sesuai dengan klaim produk.

Berkeasi Menggunakan Konten Template

Instagram tidak hanya bisa digunakan untuk mengunggah konten video dan foto dengan latar belakang yang sama untuk menyesuaikan instagram feed yang telah dibuat.

Namun, anda juga bisa membuat instagram template yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan template sehingga hasil konten anda menjadi lebih unik dan menarik di mata konsumen.

Penggunaan instagram template ini bisa digunakan sebagai latar belakang konten foto atau GIF dengan tambahan bingkai yang menghias sekeliling foto anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa merilis filter instagram story yang bisa anda gunakan saat mengunggah konten story sehingga postingan anda memiliki ciri khas sendiri.

Pemakaian template ini mungkin akan membuat penggemar anda menginginkan memakai template dan instagram yang sama, sehingga anda bisa membagikannya secara gratis melalui file khusus atau memasangnya di instagram story.

Sumber:

11 Social Media Content Ideas for Fashion Brands [2022] – Starter (starterstory.com)

Ultimate Guide to Instagram For Fashion: Content, Analytics, Influencers, & More! (later.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.