pexels tracy le blanc 607812 3

10 Ide Konten Giveaway untuk Promosi Akun Social Media

Mau menjalankan giveaway yang unik dan menarik? Beberapa ide giveaway ini akan membantu anda memberikan inspirasi membuat konten berhadiah keren serta interaksi dengan pengguna media sosial.

Saat pertama kali membuat akun media sosial, seperti Instagram atau tiktok, mungkin saja anda akan merasa kesulitan menambah jumlah pengikut atau melakukan engagement dengan audiens di media sosial, sehingga mencari cara cepat dengan membeli followers tiktok dan instagram berbayar.

Namun, dibandingkan membeli followers yang malah merusak insight media sosial, maka melakukan konten giveaway bisa anda lakukan untuk mengenalkan akun media sosial anda sekaligus menyasar target konsumen yang sesuai.

Akan tetapi, sebelum membuat strategi giveaway maka anda perlu mengiringinya dengan tujuan yang sesuai dan memastikan konten anda sesuai dengan brand dan produk yang anda jalankan.

Karenanya agar konten giveaway anda menjadi lebih kreatif dan diikuti oleh banyak orang maka berikut beberapa strategi konten yang bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan.

pexels ekaterina bolovtsova 5970863

Apa Itu Giveaway

Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah gratis dari brand yang anda sukai? tentunya banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengikuti sesi giveaway yang dilakukan untuk promosi campaign tertentu.

Penggunaan giveaway juga termasuk campaign social media yang dapat menaikkan interaksi dengan pengguna media sosial, menaikkan jumlah pengikut, serta brand awareness yang ditukar dengan pemberian hadiah serta penawaran yang menarik lainnya.

Saat melakukan sesi giveaway, anda bisa meminta pengikut atau pengguna media sosial yang mengikuti sesi giveaway untuk memberikan likes, memberikan komentar, atau membagikan konten instagram atau tiktok, dan sebagai balasannya anda dapat memberikan hadiah sebagai gantinya.

Strategi ini tidak hanya membantu untuk menaikkan jangkauan konten atau akun instagram namun dapat membuat banyak orang membicarakan mengenai akun instagram yang anda miliki.

Penggunaan konten giveaway juga dapat membuat pengguna sosial media untuk melakukan interaksi dengan brand anda dengan cara yang kreatif dan menyenangkan, salah satunya adalah meminta pengikut anda untuk berfoto dengan produk yang anda miliki dengan penggunaan caption serta konten yang kreatif.

Dengan konten giveaway yang seru tentunya akan membuat konsumen anda berekspresi dengan cara yang kreatif dan menyenangkan serta dapat membantu menaikkan engagement akun sosial media yang anda miliki.

Tidak hanya, melakukan sesi giveaway untuk promosi campaign juga memberikan keuntungan tambahan yang bermanfaat bagi kreator sosial media serta target konsumen yang diinginkan.

pexels lumn 697224

Keuntungan Menggunakan GiveAway

Bagi pengguna media sosial yang kerap kali berpindah tempat dari satu platform media sosial ke akun media sosial yang lainnya tentunya anda akan menemukan beragam kontes giveaway.

Penggunaan sesi giveaway sendiri biasanya digunakan untuk mempromosikan sebuah brand yang baru muncul di pasaran dan disertai dengan kontes yang menarik perhatian.

Saat melakukan kontes giveaway, maka pelaku usaha juga mendapatkan berbagai keuntungan yang dapat membantu menaikkan brand awareness serta terhubung dengan audiens yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa keuntungan menggunakan sesi giveaway secara rutin untuk berbagai keperluan promosi di sosial media.

Membangun Komunitas yang Kuat

Saat melakukan sesi giveaway, tentunya anda tidak hanya membagikan hadiah kepada konsumen yang beruntung namun anda juga dapat membangun komunitas penggemar yang lebih kuat.

Hal ini dikarenakan konsumen yang anda miliki berlomba-lomba membuat konten media sosial yang unik untuk menarik perhatian selama sesi giveaway atau kontes berlangsung.

Di saat sebuah brand berhasil mengadakan giveaway secara efektif dan sukses maka akan membantu untuk membangun komunitas anda.

Seseorang mungkin tidak mengenal nama brand atau produk anda sebelumnya, namun saat teman atau saudara mengikuti sesi giveaway tersebut maka akan membuka peluang untuk mengenalkan brand anda dengan mudah dan efektif.

Membangun komunitas penggemar di sosial media juga menjadi keuntungan sendiri saat melakukan sesi giveaway, sehingga lebih banyak orang yang mengenal produk anda dan bahkan penasaran dengan produk yang anda jual.

Fenomena ini sering terjadi apabila anda melihat tiktok challenge dimana banyak pengguna tiktok akhirnya mengikuti tantangan tersebut untuk mendapatkan hadiah yang ditawarkan serta berpartispasi di challenge yang terlihat seru dan menyenangkan.

Sehingga pengguna tiktok yang awalnya tidak mengenal produk dan brand anda menjadi mengetahui produk anda dan tertarik untuk membelinya.

Menambah Jumlah Pengikut Baru

Salah satu masalah yang dihadapi saat pertama kali membuka akun sosial media adalah kesulitan untuk memiliki pengikut baru.

Padahal dengan mendapatkan followers yang lebih banyak tentunya menguntungkan untuk menambah engagement saat mengunggah konten di instagram serta membuat akun instagram anda lebih dikenal oleh pengguna sosial media.

Karenanya penggunaan sesi giveaway dapat membantu menaikkan jumlah pengikut baru dalam waktu cepat, apalagi salah satu syarat mengikuti kontes tertentu adalah mengikuti akun sosial media.

Dengan jumlah pengikut yang lebih banyak tentunya akan membantu pelaku usaha untuk memiliki calon konsumen yang lebih banyak tanpa melakukan promosi besar-besaran.

photo1658904188

Strategi ini dilakukan oleh akun instagram @tokopedia yang melakukan sesi giveaway dengan syarat mengikuti akun tokopedia serta partner terlebih dahulu agar termasuk ke dalam peserta kontes yang dilakukan oleh tokopedia.

Membangun Brand Awareness

Sebuah konten giveaway juga efektif untuk membangun brand awareness bagi sebuah brand atau produk tertentu.

Hal ini dilakukan karena konsumen biasanya diminta untuk membagikan hasil kreasi mereka ke akun social media yang dimiliki sehingga semakin banyak jumlah engagement yang di dapatkan akan membantu untuk menaikkan brand awareness ke pengguna social media lainnya.

Sehingga agar konten giveaway anda bisa semakin sukses, maka kreator juga bisa mempromosikannya melalui iklan berbayar sehingga promosi anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan sesuai dengan target konsumen yang diinginkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer yang memiliki target konsumen yang sama dengan brand dan produk anda sehingga dapat meningkatkan jumlah peserta kontes yang anda lakukan.

photo1658904352

Cara ini dilakukan oleh akun instagram @sahabatmarina yang mengadakan sesi giveaway namun meminta peserta untuk melakukan ulasan produk sambil melakukan tag akun instagram lainnya.

Promosi satu ini tentunya membantu pengguna instagram mengenal produk marina dan tertarik untuk membeli berkat ulasan yang diberikan oleh konsumen yang dimiliki.

Menaikkan Jumlah Subscribers Youtube

Penggunaan konten giveaway tidak hanya digunakan untuk menaikkan jumlah pengikut social media, namun juga bisa digunakan untuk menambah jumlah subsribers youtube.

Hal ini bisa digunakan oleh kreator youtube yang baru membuat kanal youtube dan ingin menambah jumlah penonton dengan cepat.

Anda bisa melakukan kontes giveaway sambil membagikan hadiah yang berkaitan dengan brand yang ingin ditunjukkan di youtube sehingga dapat pengguna youtube dapat lebih mudah mengingat ciri khas akun youtube anda.

Tidak hanya itu, jika anda sudah memiliki banyak pengikut serta melakukan kolaborasi dengan social media brand terkenal maka anda bisa melakukan sesi giveaway untuk menaikkan jumlah subscribers youtube.

Meningkatkan Penjualan Produk

Salah satu keuntungan utama dari melakukan sesi giveaway adalah meningkatkan penjualan produk yang tentunya menguntungkan bagi pemilik usaha.

Sesi giveaway juga menjadi cara yang tepat untuk membuat pengikut anda menjadi konsumen, apalagi jika pemenang yang anda pilih merupakan salah satu pembeli anda sebelumnya, sehingga mereka akan membeli kembali karena mendapatkan hadiah dari brand yang disukai.

Karenanya dalam mengadakan sesi giveaway, maka pastikan anda memberikan produk atau layanan yang anda miliki sebagai hadiah utama sehingga akan membuat konsumen lama anda kembali untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Menambah Jumlah Interaksi di Social Media

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, saat anda melakukan konten giveaway tentunya akan semakin banyak orang yang berkunjung ke akun social media anda untuk menjadi pengikut baru atau melakukan interaksi dengan konten promosi giveaway yang anda unggah.

Kegiatan yang dilakukan di akun social media anda tentunya akan membantu untuk menambah jumlah interaksi di media sosial sehingga menguntungkan untuk menambah jumlah insight.

Meskipun begitu, interaksi di akun social media anda juga masih bisa berlanjut apabila kreator menyajikan konten yang menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen sehingga mereka tetap melakukan interaksi serta mengikuti akun media sosial yang anda miliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa aktif melakukan komunikasi dengan pengikut baru anda untuk menarik audiens baru yang datang mengikuti akun sosial media anda.

ide konten giveaway

7 Ide Konten Giveaway

Sedang merencanakan sesi giveaway untuk promosi namun bingung memilih ide konten yang tepat? Beberapa konten berikut bisa anda lakukan untuk berbagai campaign promosi yang sesuai dengan keinginan.

Konten Giveaway Untuk Menaikkan Engagement

Apabila anda mencari ide giveaway untuk menambah jumlah likes, comments, dan share, maka beberapa cara berikut bisa anda coba untuk menarik minat target konsumen.

Like/Share/Comment

Semua orang tentunya suka apabila mendapatkan hadiah gratis, apalagi jika di dapatkan dari sebuah brand atau produk yang disukai.

Saat akun social media kesukaan mengadakan sesi giveaway tentunya seseorang akan mencari cara untuk menjadi salah satu pemenangnya dengan cara mempromosikan brand tersebut melalui akun social media yang dimiliki.

Keinginan konsumen yang kuat bisa anda manfaatkan untuk menawarkan hadiah ke target audiens dengan meminta mereka untuk membagikan, menyukai, atau mengomentari konten giveaway yang telah anda unggah sebelumnya.

Anda juga bisa memperluas jangkauan sesi giveaway yang anda miliki dengan melakukan kolaborasi dengan kreator atau influencer media sosial yang disukai oleh konsumen anda untuk meningkatkan jumlah peserta.

Strategi ini pastinya sering anda temukan apabila anda mengikuti akun sosial media influencer yang terkenal dan memiliki minat yang sama dengan anda.

Salah satu contohnya jika anda memiliki sebuah brand atau produk yang bergerak di bidang skincare, maka anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer atau kreator media sosial yang memiliki pembahasan yang sama, dimana pemenangnya bisa mendapatkan hadiah hanya dengan melakukan interaksi di konten promosi giveaway yang telah anda unggah.

Tidak hanya itu, jika anda memiliki produk yang bergerak di bidang kesehatan maka anda bisa melakukan kerjasama dengan akun media sosial brand olahraga yang memiliki banyak pengikut instagram untuk mempromosikan giveaway yang sedang anda lakukan.

Kontes Video Kreatif

Salah satu konten giveaway yang mungkin sering anda temui dan lihat adalah kontes video kreatif, dimana peserta membuat video kreatif yang menyertakan produk tertentu di konten yang telah dibuat.

Kontes satu ini biasanya diadakan di platform instagram dan tiktok dimana penggunanya bisa mengunggah konten dalam format video pendek.

Penggunaan video kreatif dapat membuat peserta kontes giveaway aktif melakukan promosi konten sehingga membuka peluang untuk mengenalkan brand atau produk anda ke konsumen yang lebih luas.

Saat menjalankan video kontes, maka anda bisa meminta pengikut anda untuk mengunggah video pendek yang berkaitan dengan brand atau produk anda serta menggunakan tema yang sesuai, kemudian anda bisa memilih pemenang yang sesuai berdasarkan kreativitas, original video, atau beberapa kriteria lain yang bisa anda pilih.

Tidak hanya itu, untuk memperluas jangkauan konten video yang telah diunggah maka anda bisa memasang branded hashtag khusus yang bisa kontestan pasang saat mengunggah konten tersebut di social media.

photo1658908331

Strategi satu ini dilakukan oleh akun @meo_indonesia yang mengadakan kontes video untuk sesi giveaway yang diadakan dengan meminta konsumen mengunggah video saat kucing kesayangan makan berbagai produk dari me o.

Foto Kontes

Saat video kontes yang biasanya digunakan pada platform tiktok, maka kreator instagram dapat menggunakan foto kontes untuk mengajak konsumen berpartisipasi pada sesi giveaway yang anda lakukan.

Saat melakukan kontes giveaway ini, anda bisa meminta konsumen mengunggah foto saat menggunakan produk anda dengan cara yang kreatif dan unik untuk menambah jumlah engagement yang di dapatkan di social media.

Penggunaan kontes foto dipercaya dapat menaikkan jumlah interaksi dengan banyaknya kontestan yang melakukan tag akun instagram anda serta menggunakan branded hashtag yang anda promosikan di instagram.

Tidak hanya itu, jika anda menemukan foto yang terlihat unik dan kreatif maka anda bisa mengunggahnya kembali melalui fitur instagram story atau feed untuk memancing lebih banyak orang mengikuti kontes giveaway yang anda adakan.

Saat melakukan promosi campaign melalui sesi giveaway melalui foto konten maka anda juga bisa mengajak kolaborasi dengan influencer atau kreator instagram untuk mendapatkan lebih banyak partisipan giveaway.

Konten Giveaway Untuk Menaikkan Followers

Keuntungan lain yang di dapatkan dari melakukan sesi giveaway adalah mendapatkan pengikut baru secara organik dalam waktu yang cepat sehingga membantu menaikkan popularitas akun social media yang anda miliki.

Beberapa ide konten giveaway berikut akan membantu anda menaikkan jumlah pengikut secara instan serta organik :

Meminta Untuk Tag Teman di Konten Giveaway

Salah satu syarat umum yang biasanya terdapat di konten giveaway adalah meminta peserta untuk melakukan tag akun teman di instagram.

Cara ini dipercaya membanu promosi giveaway sehingga lebih banyak orang berpartisipasi pada acara yang anda lakukan.

Tidak hanya itu, anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan pengikut baru apabila akun yang di tag instagram menyukai konten yang anda unggah dan memiliki minat pada produk atau brand yang anda jalankan.

Dengan mencantumkan tag akun instagram sebagai syarat giveaway maka anda akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak peserta sebab peraturan yang mudah dilakukan tanpa perlu membuat konten tertentu.

Follow to Win

Tidak hanya melakukan tag akun untuk mendapatkan lebih banyak pengikut baru namun anda juga bisa meminta peserta untuk mengikuti akun social media anda guna mendapatkan lebih banyak pengikut baru.

Peraturan yang mudah ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pemburu giveaway apalagi jika hadiah yang ditawarkan tidak main-main.

Strategi follow to win sendiri biasanya digunakan untuk sesi giveaway di akun twitter dimana anda bisa mendeteksi pengikut baru dengan mudah dan cepat serta menghitung jumlah pengikut baru yang anda dapatkan dari sesi giveaway.

photo1658969921

Salah satunya yang dilakukan oleh akun twitter @syitahsarah_ yang mengadakan sesi giveaway dengan syarat mengikuti akun twitter yang dimiliki serta melakukan share dan like tweet giveaway untuk mengundang lebih banyak orang mengikuti kontes yang dilakukannya.

Sesi Giveaway Berulang

Konten giveaway memang menguntungkan untuk mendapatkan lebih banyak pengikut baru secara instan, namun terkadang akun social media anda juga bisa kehilangan followers tersebut setelah sesi giveaway selesai.

Hal ini terjadi karena peserta yang berasal dari berbagai kalangan yang mencoba peruntungan untuk mengikuti kontes yang anda lakukan, sehingga setelah acara selesai maka mereka akan berhenti mengikuti akun social media anda karena perbedaan minat serta isi konten yang tidak sesuai.

Karenanya untuk menjaga pengikut baru tersebut maka anda bisa mengadakan sesi giveaway secara berulang, sehingga peserta yang sebelumya kurang beruntung bisa mengikuti kontes giveaway selanjutnya.

Salah satu konten giveaway berulang yang bisa anda lakukan adalah tantangan konten foto dan video yang berbeda setiap bulannya, tergantung dari momen yang akan terjadi atau campaign yang akan anda promosikan.

Dengan melakukan campaign secara berulang pada waktu-waktu tertentu, maka peserta memiliki alasan untuk mengikuti akun social media anda agar tidak ketinggalan sesi giveaway yang anda lakukan.

Tidak hanya itu, anda bisa melakukan giveaway dadakan dengan memberikan pertanyaan kepada pengikut anda di konten story, dimana jawaban yang benar akan mendapatkan voucher produk atau isi ulang pulsa dan dompet digital dengan nominal tertentu.

Selain itu, untuk memberikan daya tarik sendiri maka anda bisa memberikan berbagai hadiah yang berbeda di setiap kontesnya agar pengikut anda penasaran dengan hadiah yang akan anda keluarkan.

Konten Giveaway Menaikkan Leads

Adanya konten giveaway tidak hanya membantu untuk menaikkan jumlah followers atau engagement namun juga bisa digunakan untuk memilih target konsumen yang sesuai.

Dengan menjaring konsumen yang sesuai melalui konten giveaway, maka akan membantu anda untuk mendapatkan lebih banyak pembeli baru yang tertarik pada produk yang anda jual.

Berikut beberapa konten giveaway yang dapat membantu untuk menaikkan jumlah leads secara efektif dan tahan lama.

Membagikan Tiket Gratis

Apakah brand anda memiliki rencana untuk bergabung pada event bazaar berbayar dan ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung? Membagikan tiket gratis bisa menjadi konten giveaway yang menarik serta menjaring leads yang sesuai.

Hal ini dilakukan mengingat pengunjung yang datang ke event tersebut tentunya memiliki minat yang sama pada bidang yang anda kerjakan sehingga membuka peluang untuk datang ke booth yang anda buka pada bazaar tersebut.

photo1658971833

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @salsacosmetic yang melakukan event giveaway dengan iming-iming hadiah tiket gratis event jakartaxbeauty dengan beberapa persyaratan yang bisa diikuti oleh konsumen.

Pemberian hadiah untuk memasuki event tersebut tentunya efektif untuk menarik lebih banyak konsumen untuk mengenal produk yang anda promosikan sehingga membeli produk tersebut saat memenangkan tiket masuk tersebut.

Sumber:

12+ Creative Social Media Contest Ideas and Examples (Templates) (hootsuite.com)

110 Giveaway Promotion Ideas To Grow Brand Awareness | Indeed.com

6 Benefits of Social Media Contests for Your Marketing (nealschaffer.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.