Ini Alasan kenapa Engagement Group akan merusak Instagram kamu

white paper dolls circle

Kamu masih asing dengan Engagement Group? Bagaimana kalau IG Buddies atau IG Pod? Nah, dalam mengembangkan Instagram, pastinya kita harus mempelajari tentang Algoritma Instagram tersebut bukan?

instagram
Source : Freepik.com

Karena banyak orang yang mengembangkan Instagram sekarang tahu, Interaksi yang terjadi di postingan itu sangat-sangat penting, Akhirnya mereka berkelompok dan membuat Grup untuk saling Interaksi. Entah itu saling Like dan Komen di postingan akun lainnya.

Ya, itulah yang biasa disebut Engagement Group, IG Buddies atau IG Pod. Menariknya, Strategi ini tidak hanya Ramai di Luar negeri saja, melainkan di Indonesia juga.

Tempat Engagement Group berkumpul

Biasanya, mereka yang melakukan Engagement Group itu memiliki Group tersendiri.

Entah itu via Instagram DM, Group telegram ataupun Group Whatsapp. Kira-kira seperti ini :

engaggement group
Source : Wolf.org

Pastinya ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi dahulu sebelum kamu bisa masuk ke Engagement Group ini. Seperti :

  • Dilarang membagikan Posting-an di Luar Instagram
  • Dilarang SARA
  • Dilarang SPAM
  • Dan masih banyak hal lainnya.

Nah, setelah kamu masuk ke Engagagement Group ini, kamu bisa Share posting-an terbaru kamu yang sudah kamu post di Instagram, dan meminta mereka untuk berinteraksi di Posting-an kamu.

Efek samping dari Engagement Group

Mungkin kamu berpikir. “Kenapa Engagement Group ini dilarang? bukankah sekarang Instagram sangat mementingkan Interaksi?”

Betul, tidak salah kok. Memang Instagram mementingkan Interaksi yang terjadi untuk menentukan Apakah postingan kamu akan dimunculkan lagi ke lebih banyak orang. Tapi…

Ada 3 Hal kenapa Engagement Group akan merusak akun kamu. Dan Saya akan bagikan kamu kenapa.

1. Engagement Group menyebabkan Akun Instagram kamu ketergantungan

ketergantungan
Source : Freepik.com

“Kok bisa ketergantungan?”

Karena Interaksi kamu ditentukan oleh Engagement Group tersebut bukan?

Bayangkan jika mereka tidak melakukan Engagement Group di Akun kamu. Apakah kamu yakin kamu masih bisa mendapatkan Engagement Rate yang tinggi?

Contohnya seperti gambar ini :

engagement rate
Source : Igblade.com

Engagement yang naik tiba-tiba menjadi turun, kenapa? Karena ketergantungan 🙂

Baca juga 5 Cara meningkatkan Engagement kamu di Instagram ya!

2. Kamu tidak tahu mana postingan yang disukai Audiens kamu

Business
Source : Freepik.com

Pernah dengar istilah “Content is King“?

Yup. Apalagi ketika kamu membuat Konten di Instagram, pastinya Winning Content / Konten yang disukai Audiens adalah kesempatan kamu untuk Viral bukan?

Dan mencari Konten Viral itu tidak mudah lo.. Perlu Konsistensi dan perlu testing berbagai banyak hal.

Lalu bagaimana kamu tahu Winning Content kamu seperti apa, jika Komentar dan Engagement posting-an kamu sama semua?

3. Grup Engagement dapat merusak Brand Image Akun kamu

brand
Source : Freepik.com

Bayangkan… Pengguna Instagram sekarang semakin jeli bukan?

Apakah mereka tidak merasa aneh, jika postingan kamu memiliki Engagement yang tinggi dan Stabil semua?

Padahal yang di-posting itu beda-beda…

Dan tentunya, hal seperti ini akan mempengaruhi Brand Image Akun kamu. Pastinya kamu juga tahu pentingnya untuk membangun Brand Image untuk Bisnis Jangka panjang bukan?

Apalagi, Instagram juga sudah tahu tentang hal ini kok.

Saya juga melihat beberapa Konten kreator yang malah Instagramnya tidak berkembang. Meskipun memiliki Engagement yang bagus, tapi Jangkauan postingan-nya malah segitu-gitu aja lo? Aneh bukan?

Sebaiknya, kamu hindari saja hal-hal seperti ini ya..

Lebih baik belajar membangun Instagram secara Organik. Kamu boleh juga belajar langsung dari Instagram Expert melalui Webinar Gratis yang ada dibawah ini ya.

webinar kelas instagram organik
Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts