Menarik Followers dengan fitur Suggested Account

instagram

Sudah tau fitur Suggested Account? Bukan hanya membuat Konten saja untuk menarik Followers. Ada cara lain yang jarang diketahui orang. Caranya adalah memanfaatkan Suggested Account di Instagram.

instagram
Source: Freepik.com

Mungkin kamu bertanya-tanya. “Apa sih sebenarnya Suggested Account itu?”

Jadi, Suggested Account adalah Fitur yang diberikan Instagram untuk memberikan rekomendasi akun-akun apa saja yang serupa dengan akun yang ingin/sudah kamu Follow.

Contohnya seperti ini:

suggested account

Iya, ini adalah Akun Instagram saya yang masuk Suggested Account ketika seseorang melihat/sudah Follow Instagram @bynikojulius

Biasanya tidak hanya 1 Akun saja, kamu bisa masuk ke beberapa rekomendasi ke beberapa Akun Instagram yang Followers-nya bisa lebih besar dari kamu lho!

suggested account
Source: Instagram.com/syammasfitria
suggested account
Source: Instagram.com/victoriawong68

Menarik ya? Bayangkan! Kamu bisa dapat Followers dan direkomendasikan oleh Instagram, ketika ada yang Follow orang lain lho.

Hal ini sangat baik bila dilakukan dengan tepat, karena bisa meningkatkan pencarian atau traffic bagi akun Instagram kamu lho. Jadi, selain dari Konten kamu juga bisa mendapatkan pengunjung dari akun serupa atau bahkan dari kompetitor kamu.

Bagaimana Instagram menampilkan Suggested Account?

instagram
Source: Freepik.com

Jadi, Instagram akan menampilkan Akun-akun yang serupa yang mungkin kamu akan tertarik dengan Akun tersebut.

Bisa jadi karena :

  • Tipe Kontennya serupa (contoh di Instagram saya kebanyakkan carousel, maka saya akan direkomendasikan akun-akun yang membuat tipe konten carousel juga)
  • Followers yang dimiliki serupa atau kedua akun tersebut saling berinteraksi.
  • Hashtag yang digunakkan.

Cara masuk ke Suggested Account Instagram

Setelah kamu tahu bagaimana Instagram akan menampilkan Suggested Account, lalu bagaimana kamu bisa masuk menjadi Akun yang akan direkomendasikan oleh Instagram?

Aktifkan Fitur Suggested Account di Instagram kamu

Caranya cukup mudah kok, kamu bisa login Instagram kamu lewat Komputer/Laptop, lalu pilih ke Edit Profile.

suggested account

Aktifkan fitur sarankan Akun serupa di bagian bawah pengaturan Instagram profil kamu.

suggested account

Fitur ini wajib dinyalakan untuk bisa mendapatkan fitur Suggested Account dari akun-akun serupa lainnya. Sayangnya, kalau dari Handphone / Smartphone masih belum ada fitur ini, jadi pastikan kamu mengaktifkan-nya dari Laptop ya.

Jangan kunci Akun Instagram kamu

locked

Fitur Suggested Account di Instagram hanya berfungsi jika akun kamu bersifat public/tidak dikunci dan Akun kamu harus sudah kamu ubah ke Professional Account, jadi jangan sampai lupa akan hal itu ya.

Selain dari akun kamu akan sulit ditemukan dipencarian, karena Instagram jarang sekali memberikan ranking utama pada akun-akun yang bersifat non public.

Konsisten pada 1 Topik Bahasan

consitency
red arrow shooting at center of black dart board

Agar Instagram mudah untuk mengenali kamu, jadilah Konsisten di Niche/topik itu!

Niche sendiri adalah sebuah topik khusus, misalnya daripada bicara tentang Makanan, mungkin bisa mulai dengan “Street Food” atau “Cookies”.

Jangan membahas terlalu banyak Niche. Hal ini bertujuan agar Instagram mudah untuk mengelompokkan kamu di kategori tertentu, dan punya Followers yang spesifik.

Tidak konsisten yang dimaksud seperti, kamu hari ini membahas tentang perawatan wajah, besok berubah ke makanan, besok lagi berubah ke olahraga, hal ini tentu akan membuat Instagram bingung dengan Akun kamu.

Beda halnya jika kamu spesifik dengan 1 niche/topik tertentu, menggunakan Hashtag yang relevan dengan topik/niche itu, dan juga follow dan berinteraksi dengan akun-akun yang spesifik dengan Niche itu.

Walaupun tentu saja, boleh membahas beberapa topik pada sebuah akun Instagram. Namun harus ada ciri khas tertentu yang dimunculkan. Hal ini akan mempermudah Instagram dan audience kamu untuk mengetahui identitas sebuah akun.

Kesimpulan

Memang tidak ada riset yang pasti dan data yang pasti dari Instagram sendiri, misalnya seperti:

  • Berapa Followers yang harus kita punya untuk masuk Suggested Account.
  • Berapa lama kita berinteraksi dengan orang tersebut sehingga bisa masuk Suggested Account mereka.
  • Dan masih banyak hal lainnya.

Namun, berdasarkan Riset dan Praktik yang saya lakukkan, 3 Hal ini sangat efektif untuk membantu kamu masuk Suggested Account dan meningkatkan perkembangan Instagram kamu!

Tertarik untuk mengembangkan Instagram lebih lagi? Yuk belajar di Kelas Instagram Organik bersama pakarnya langsung!

instagram

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts