Cara Promosi Akun Instagram Secara Organik dan Efektif
Jadikan akun instagram anda memiliki lebih banyak pengikut baru serta interaksi dengan konsumen dengan promosi akun instagram yang efektif dan organik.
Dengan jumlah pengguna instagram mencapai 1,3 miliar orang, anda bisa menggunakan instagram sebagai saluran interaksi dengan konsumen.
Instagram juga menjadi salah satu social media yang bagus untuk usaha kecil untuk menjangkau konsumen potensial serta meningkatkan interaksi dengan mereka.
Tidak hanya itu, rata-rata pengguna instagram menghabiskan waktu 29 menit untuk melihat konten instagram serta menggunakan fitur yang dimiliki.
Hal ini menjadi keuntungan yang bagus bagi kreator instagram untuk menarik pembeli potensial ke akun yang anda miliki.
Sayangnya, beberapa kreator mungkin merasa bingung untuk memulai promosi akun instagram sehingga hanya mengunggah konten secara acak sambil berharap mendapatkan perhatian dari pengguna instagram.
Namun cara ini dinilai kurang efektif karena pengguna instagram belum mengetahui tujuan jualan anda sehingga meragukan akun instagram business anda dan beralih ke kompetitor lain.
Karenanya berikut beberapa cara promosi akun instagram secara organik dan efektif sehingga bisa bersaing di instagram.
Keuntungan Instagram Sebagai Media Promosi
Instagram tidak hanya memiliki jumlah pengikut yang banyak namun berbagai macam konten yang di dukung dengan fitur yang keren.
Sehingga tidak mengherankan apabila instagram menjadi salah satu media promosi yang banyak digunakan oleh marketer.
Karenanya berikut beberapa keuntungan melakukan promosi di instagram guna mendapatkan konsumen yang lebih luas.
Meningkatkan Brand Awareness di Social Media
Saat ini sebagian besar orang menggunakan social media sebagai sarana untuk mencari produk atau brand tertentu sebelum mulai berbelanja secara online atau langsung.
Hal ini dilakukan mengingat sebagian besar akun brand telah memasarkan produknya di social media guna menjangkau konsumen serta menegnalkan produk yang dimiliki ke khalayak luas.
Apabila produk yang dipromosikan sudah sesuai dengan keinginan konsumen maka kesempatan untuk meningkatkan penjualan pun semakin besar.
Tidak hanya itu, instagram sudah dikenal sebagai platform visual, dimana kreator menonjolkan konten visual yang menarik sebagai media komunikasi dan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.
Kreator pun bisa menyebarkan berbagai konten yang berkaitan dengan produk yang dimiliki, seperti konten edukasi dan informasi guna meningkatkan minat konsumen untuk melirik brand yang anda kembangkan.
Membagikan konten testimoni konsumen juga bagus untuk memberikan kepercayaan pembeli sehingga tergiur untuk mencoba produk yang anda tawarkan.
Semakin banyak konten testimoni positif yang anda dapatkan maka akan membantu interaksi dengan konsumen yang dimiliki.
Penawaran Promosi ke Konsumen
Guna menarik perhatian konsumen maka kreator tidak hanya membagikan konten edukasi yang informatif, namun anda juga membagikan konten promosi ke konsumen yang dimiliki di instagram.
Hal ini dilakukan agar konsumen tertarik membeli barang yang anda tawarkan dengan harga terjangkau serta mencoba produk yang anda tawarkan.
Konten promosi di instagram pun banyak bentuknya, mulai dari potongan harga hingga gratis pembelian produk dengan jumlah tertentu.
Anda juga bisa membagikan konten promosi pada perayaan atau event tertentu sehingga lebih banyak konsumen yang tertarik pada produk tersebut.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa meluncurkan promosi produk saat mengadakan campaign tertentu sehingga akan semakin banyak orang yang berpartisipasi dan mengikuti acara yang anda adakan.
Membagikan Konten Cerita yang Menarik
Mendengarkan pengalaman orang lain yang menarik tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang.
Di instagram sendiri, anda bisa mendapatkan berbagai cerita menarik yang dikemas dengan ilustrasi gambar sehingga tidak membosankan untuk dibaca berulang kali.
Di sisi lain, konten cerita juga bisa dikemas dalam bentuk video pendek dengan iringan lagu yang membuat pembacanya terbawa perasaan sehingga timbul perasaan sedih.
Konten cerita juga menjadi konten yang sering dicari oleh pengguna instagram sehingga bisa menjadi media promosi yang menarik.
Salah satunya adalah menceritakan masalah konsumen yang dapat selesai berkat menggunakan produk yang anda miliki.
Kreator juga bisa memberikan informasi mengenai suatu produk atau brand dengan konten cerita sehingga bisa dinikmati oleh konsumen sambil mendapatkan pelajaran baru dari suatu masalah.
Selain itu, jika konten cerita anda disukai oleh konsumen maka akan membuka kesempatan untuk menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.
Update pada Trend Baru
Perkembangan internet dan social media yang cepat menjadikan banyak orang kini dapat dengan mudah mengakses informasi dari tempat lain secara mudah dan cepat.
Kecepatan informasi ini akhirnya memunculkan berbagai trend baru, baik yang bertahan lama atau hanya digunakan sebentar.
Meskipun begitu, segala trend baik yang muncul di social media juga bisa digunakan sebagai media promosi serta interaksi yang baik.
Karenanya penting bagi kreator untuk memahami trend yang sedang naik daun untuk digunakan pada promosi serta cara interaksi yang efektif dengan konsumen.
Kreator bisa memulai dengan terus memperbarui pembahasan yang sedang naik daun di social media dan diperbincangkan oleh komunitas anda hingga akhirnya digunakan sebagai media promosi di instagram.
Di sisi lain, anda juga bisa membangun trend sendiri di instagram sehingga brand anda mudah dikenal oleh pengguna instagram sehingga mendapatkan brand awareness yang lebih besar.
Menemukan Influencer Marketing yang Tepat
Promosi di instagram saat ini tidak hanya dilakukan melalui penyebaran konten yang sesuai minat konsumen atau menyebarkan iklan berbayar di instagram.
Kreator instagram juga bisa melakukan promosi dengan melakukan kolaborasi dengan influencer terkenal di instagram.
Strategi ini kerap kali digunakan oleh brand besar guna mempromosikan produk atau campaign yang sedang dijalankan.
Di sisi lain, penggunaan influencer marketing juga dianggap menguntungkan sebagai jumlah penggemar yang banyak tentunya memiliki potensi untuk membeli barang yang anda promosikan.
Influencer marketing juga memiliki jangkauan yang luas sehingga bisa digunakan untuk promosi yang efektif.
Meskipun begitu, kreator juga perlu memilih influencer yang tepat dan disukai oleh konsumen yang dimiliki agar proses kolaborasi berjalan lancar serta mendapatkan hasil yang diinginkan.
Salah satu cara untuk mengetahui influencer yang sesuai adalah dengan mengetahui selera konsumen serta akun instagram yang kerap menjadi bahan perbincangan komunitas anda.
Anda juga bisa menanyakan kepada konsumen mengenai influencer yang sesuai dengan campaign anda sehingga bisa diajak kerjasama dalam promosi selanjutnya.
Cara Promosi Akun Instagram Secara Organik
Dalam promosi akun instagram, kreator bisa menggunakan promosi melalui iklan berbayar atau melakukan kerjasama dengan influencer tertentu.
Namun anda juga bisa melakukan promosi akun instagram secara organik dengan strategi yang tepat dan di dukung dengan fitur yang dimiliki oleh instagram.
Karenanya berikut beberapa cara melakukan promosi akun instagram secara gratis namun dengan hasil yang maksimal.
Ubah Akun Instagram Menjadi Instagram Business
Bagi pengguna instagram, tentunya anda sering melihat akun social media business yang menggunakan akun instagram business.
Jenis akun satu ini kerap kali digunakan oleh sebuah brand guna meningkatkan kepercayaan konsumen serta memanfaatkan berbagai layanan business yang disediakan oleh platform instagram.
Di sisi lain, penggunaan akun instagram pribadi akan sulit untuk dikembangkan dibandingkan dengan akun instagram business yang memiliki daya tarik tersendiri di mata pengguna instagram.
Salah satu fasilitas yang disediakan oleh akun instagram business adalah layanan analisa kinerja akun serta konten instagram serta promosi akun instagram melalui iklan berbayar.
Penggunaan kedua fitur unggulan instagram business ini dapat membantu menaikkan jangkauan serta interaksi dengan konsumen yang dimiliki.
Namun dalam mengembangkan akun instagram business pastikan untuk mengisi segala informasi bisnis dengan lengkap guna optimasi halaman bisnis anda serta mudah ditemukan oleh konsumen di instagram.
Tidak hanya itu, penggunaan profile instagram yang kurang lengkap juga menjadikan konsumen ragu untuk membeli produk anda sehingga beralih ke kompetitor lain yang memiliki informasi yang lebih lengkap.
Pastikan juga untuk menjadikan akun instagram anda mudah ditemukan oleh konsumen dengan mengubah profile instagram menjadi publik sehingga lebih banyak pengguna instagram yang menemukan konten anda.
Bagikan Konten yang Bermanfaat
Pengguna instagram tidak hanya bisa menemukan konten hiburan yang dapat menghibur di kala sedih atau mengisi waktu luang.
Namun, anda juga bisa menemukan konten edukasi yang dapat memberikan informasi terbaru serta pengetahuan yang menambah wawasan.
Kehadiran konten edukasi juga bisa dimanfaatkan untuk pengenalan produk yang anda miliki dengan membantu menyelesaikan masalah konsumen dengan produk yang anda jual.
Konten edukasi juga bisa disajikan dalam berbagai bentuk, seperti konten gambar atau video pendek yang membuat konsumen tidak akan bosan untuk membacanya.
Tidak hanya itu, konten edukasi yang atraktif, menarik, serta bermanfaat juga akan memberikan alasan bagi pengguna instagram untuk mengikuti akun anda bahkan promosi akun instagram ke teman atau kerabat yang memiliki masalah yang sama.
Penggunaan konten edukasi di instagram juga dinilai efektif karena pengguna instagram tidak perlu menelusuri halaman website untuk mencari informasi yang diinginkan serta menemukan konten yang sesuai dengan masalah yang dihadapi.
Namun dalam mengunggah konten edukasi maka kreator perlu mengikuti cara kerja algoritma instagram guna menghasilkan jangkauan terbaik sehingga bisa melakukan promosi akun instagram yang anda miliki.
Cara kerja algoritma instagram sendiri adalah konten instagram anda hanya disajikan pada 20-30% pengikut yang anda miliki serta instagram akan menunggu hasil interaksi dari pengikut yang anda miliki.
Apabila konten instagram anda mendapatkan interaksi yang lebih banyak maka instagram akan mengangkatnya ke pengguna instagram lain yang belum mengikuti akun instagram anda.
Karenanya penting untuk mengunggah konten edukasi di waktu aktif konsumen serta menyajikan format konten edukasi yang disukai konsumen untuk mendapatkan hasil engagement yang maksimal.
Interaksi Melalui Stiker Story
Instagram story menjadi salah satu konten yang kerap dikunjungi oleh pengguna instagram saat membuka aplikasi atau website instagram.
Hal ini terlihat dari jumlah pengguna instagram story yang mencapai 500 juta setiap bulan dan terus bertambah setiap bulannya.
Ketertarikan pengguna instagram pada konten story sebab tampilan instagram story yang berada di bagian atas instagram feed sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya.
Tidak hanya itu, konten instagram story juga lebih beragam dengan pilihan foto dan video yang bisa diunggah sesuai dengan keinginan.
Salah satu kelebihan lain dari menggunakan konten instagram story adalah kreator juga dapat menggunakan fitur stiker.
Dengan fitur satu ini, kreator bisa menghias konten instagram story menjadi lebih cantik dengan pilihan gambar yang menarik.
Tidak hanya itu, fitur stiker juga berguna untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen melalui stiker tanya jawab yang memungkinkan konsumen memberikan tanggapan atau bertanya ke kreator.
Kreator juga bisa mempromosikan produk yang dimiliki dengan stiker link yang dapat membawa konsumen untuk belanja barang yang anda jual dengan link yang diberikan.
Kebiasaan pengguna instagram untuk melihat konten instagram story dibandingkan feed membuat jangkauan konten menjadi menurun.
Namun, kreator bisa mengatasi masalah ini dengan mempromosikan konten tersebut di instagram story dengan tambahan stiker unik yang bisa menjadi call to action.
Apabila kreator ingin melakukan interaksi yang menarik dengan konsumen yang dimiliki maka bisa menggunakan stiker kuis, dimana anda membagikan beberapa pertanyaan yang bisa konsumen jawab.
Pertanyaan yang seru dan unik tentunya akan membuat pengikut anda terus penasaran dengan kuiz yang anda buat sehingga terus melakukan interaksi sampai akhir.
Penggunaan stiker instagram story merupakan cara yang bagus untuk mengajak konsumen melakukan interaksi dengan anda serta membagikan pengalaman yang dimilliki.
Dengan menggunakan stiker instagram story yang sesuai maka akan membawa ke pengikut yang royal serta membuat pengikut anda tetap terhubung dengan akun instagram brand yang anda kelola.
Bagikan Konten yang Mudah Disimpan
Banyaknya konten yang dibagikan di instagram serta pembaruan konten yang singkat menjadikan konten instagram terus berubah sepanjang waktu.
Hal ini tentunya akan membuat konten anda terlupakan apabila tidak menambahkan ciri khas tersendiri sehingga mudah ditinggalkan oleh pengguna instagram.
Namun, kreator bisa membuat konsumen bertahan dengan membuat konten instagram yang mudah disimpan oleh pengguna instagram lain.
Beberapa jenis konten instagram yang mudah disimpan biasanya konten edukasi yang informatif serta bisa dibaca kembali sebagai referensi dalam menghadapi suatu permasalahan.
Dalam membuat konten edukasi yang mudah disimpan, maka kreator bisa memulai dengan mencari tahu masalah yang sering dihadapi oleh konsumen kemudian membuat konten carousel yang memuat banyak gambar dalam satu postingan.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengambil pertanyaan yang diajukan oleh konsumen di kolom komentar dan direct message sebagai ide konten edukasi.
Semakin mudah konten edukasi untuk dipahami dan disimpan maka akan membuka kesempatan besar bagi akun instagram anda untuk dibagikan oleh pengguna instagram.
Interaksi satu ini sangat disukai oleh algoritma instagra sehingga membuka kesempatan untuk promosi akun instagram di halaman instagram explore.
Semakin banyak konten edukasi yang menarik maka terbuka juga kesempatan bagi pengguna instagram untuk mengikuti dan mengunjungi akun instagram anda agar tidak ketinggalan berbagai informasi yang anda berikan.
Gunakan Hastag yang Sesuai
Penggunaan hastag tidak hanya ditemukan di instagram, namun sebagian besar platform social media menggunakan fitur satu ini.
Kehadiran hastag ini membantu pengguna social media untuk mencari konten tertentu di social media dengan penggunaan kata kunci dengan konten yang akan anda unggah.
Tidak hanya itu, penggunaan tagar yang tepat dapat membantu menaikkan konten instagram anda sehingga dapat menjangkau pengguna instagram yang tepat.
Sehingga tidak jarang, seorang kreator instagram menggunakan hastag untuk memperluan jangkauan konten yang dimiliki.
Penggunaan hastag juga penting apabila anda ingin promosi akun instagram secara gratis maka anda bisa menggunakan tagar yang relevan di konten story atau feed untuk menjangkau konsumen yang potensial.
Pemakaian hastag yang baik juga bisa mencapai 30 tagar dengan pemilihan hastag yang sesuai dan relevan.
Dalam menggunakan hastag yang relevan untuk meningkatkan interaksi maka anda bisa menggunakan beberapa jenis instagram hastag berikut :
- Hastag Lokasi : Guna menargetkan konsumen di area tertentu maka menggunakan target lokasi dapat membantu menaikkan brand awareness pada lokasi tersebut.
- Hastag Populer : Penggunaan hastag yan populer dapat membantu menjangkau konsumen yang lebih luas serta promosi bisnis yang lebih humanis
- Hastag Industri : Beberapa pengguna instagram biasanya mencari suatu konten atau produk tertentu menggunakan hastag yang sesuai industri tertentu, maka kreator bisa menggunakan tagar tersebut untuk menaikkan konten yang akan diunggah.
Gunakan Instagram Story
Kepopuleran konten story di kalangan pengguna instagram bisa digunakan sebagai media promosi akun instagram yang efektif.
Melalui layanan satu ini, kreator bisa melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki dengan berbagai fitur stiker yang disediakan.
Tidak hanya itu, kehadiran konten instagram story yang hanya bertahan hingga 24 jam juga bisa digunakan kreator untuk menghadirkan konten aktual serta keseharian yang dapat membawa anda dekat dengan konsumen yang dimiliki.
Penggunaan konten instagram story juga mampu menaikkan interaksi dengan maksimal sehingga anda sebaiknya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk promosi akun instagram menggunakan layanan instagram story.
Manfaatkan Instagram Reels
Ketenaran konten video pendek yang tengah digandrungi oleh pengguna social media menjadikan instagram tidak mau ketinggalan trend satu ini.
Instagram reels menjadi tempat bagi pengguna instagram untuk mengunggah atau membuat konten video pendek.
Penggunaan instagram reels sendiri juga disukai oleh kreator sebab dapat menyebarkan konten ke jangkauan pengguna instagram yang lebih luas.
Hal ini berkat strategi instagram yang mendorong konten reels terkenal masuk ke halaman instagram explore atau rekomendasi instagram reels.
Tidak hanya itu, guna menjadikan konten instagram reels menjadi lebih menarik maka kreator bisa menggunakan layanan edit video guna menghasilkan konten video yang apik.
Kreator juga bisa menambahkan backsound lagu di konten instagram reels sebagai tambahan fitur instagram reels.
Penggunaan audio atau lagu yang sesuai dapat membuat konten anda menjadi lebih terkenal berkat relevansi lagu dengan video serta konten yang sesuai dengan tema lagu.
Di sisi lain, kehadiran instagram reels yang disambut suka cita oleh pengguna instagram menjadikan platform ini membuat ikon khusus reels sehingga memudahkan penggunanya untuk melihat konten reels yang lebih beragam dan tentunya sesuai dengan minat yang anda sukai.
Durasi video yang pendek juga memudahkan bagi kreator untuk membuat konten edukasi yang singkat namun mudah disimpan oleh pengguna instagram.
Cara ini juga mampu meningkatkan skor algoritma instagram sehingga membuat konten reels anda naik ke halaman explore atau reels.
Interaksi dengan Siaran Langsung
Salah satu fitur instagram yang jamak ditemui oleh pengguna social media adalah siaran langsung, dimana kreator melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen yang dimiliki.
Melalui fitur satu ini, kreator bisa mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki dengan membahas topik khusus serta melakukan interaksi dengan pemberian komentar.
Uniknya lagi, interaksi dengan siaran langsung ini tidak terbatas waktu sehingga kreator bisa melakukan siaran langsung dengan durasi yang diinginkan.
Sumber :
How to Promote Your Instagram: 13 Ideas that Work | Sprout Social
11 Amazing Ways How to Promote Your Instagram Account (for Free) (nealschaffer.com)
Responses