audio instagram reels dan tiktok

Strategi Instagram Hastag Untuk Promosi dan Branding

Instagram hastag bisa membantu untuk menaikkan konten atau malah merubah strategi instagram marketing yang telah dibuat. Pelajari lebih lanjut agar konten yang dibuat bisa dilihat lebih banyak pengguna Instagram.

Saat mengunggah sebuah konten atau promosi di akun Instagram memasukkan instagram hastag ke dalam caption menjadi hal yang penting.

Strategi ini dilakukan agar konten yang diunggah bisa lebih banyak menjangkau pengguna instagram sehingga konten anda mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Sayangnya penggunaan Instagram hastag sendiri bisa saja memperlancar penyebaran konten atau malah merubah strategi instagram yang telah dibuat.

Karenanya agar konten yang di buat bisa tepat sasaran ketahui dulu beberapa strategi instagram hastag yang berguna untuk menaikkan engagement instagram.

kegunaan instagram hastag

Kegunaan Instagram Hastag

Salah satu fitur yang disediakan oleh Instagram adalah Instagram hastag yang berisi kombinasi huruf atau angka dengan tambahan tagar di depannya.

Penggunaan instagram hastag di setiap konten yang di buat nantinya akan membuat konten yang diunggah lebih mudah di cari konsumen dan bisa menyasar komunitas yang tertarik pada produk anda.

Keuntungan lain dari penggunaan instagram hastag adalah kemudahannya untuk di klik sehingga akan membawa anda ke konten-konten tertetntu yang mendapatkan interaksi tertinggi setelah menggunakan konten tersebut.

Tak hanya itu, penggunaan Instagram hastag juga memiliki keuntungan lain bagi konten dan juga akun yang menggunakannya.

Identitas Konten di Instagram

Banyaknya kompetitor yang juga mengunggah konten dan produk yang sama bisa saja membuat produk anda sulit dicari oleh konsumen.

Karenanya agar konten anda mudah di cari dan menjadi penanda dari unggahan yang anda buat maka kreator bisa menggunakan hastag di setiap konten yang ada di Instagram.

Penggunaan hastag ini dilakukan agar setiap konten yang anda buat mudah ditemukan oleh konsumen atau pelanggan yang menyukaai produk anda.

Strategi penggunaan hastag ini juga sudah digunakan oleh berbagai akun brand besar untuk menandai setiap konten yang diunggah sehingga mudah ditemukan oleh konsumennya.

Tak hanya itu penggunaan hastag sebagai identitas produk juga bisa digunakan oleh konsumen saat mengunggah foto produk anda di social media.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pelaku usaha sehingga produk yang dimiliki bisa dipromosikan secara gratis.

Menaikkan Engagement dan Followers Akun Instagram

Mengunggah sebuah foto atau video tanpa adanya instagram hastag di kolom caption rasanya bagaikan sayur tanpa garam.

Hal ini dikarenakan penggunaan instagram hastag sendiri berguna untuk mengjangkau audience instagram yang lebih luas sehingga bisa mendapatkan instagram reach yang lebih tinggi.

Sehingga ketika seorang pengguna instagram menggunakan instagram hastag tentunya akan membuat konten yang diunggah muncul di halaman khusus instagram hastag.

Tak hanya itu, penggunaan instagram hastag sendiri juga bisa digunakan di Instagram story yang tentunya akan mengarah juga ke halaman instagram hastag yang diciptakan.

Keuntungan lain dari menggunakan instagram hastag adalah pengguna bisa mengikuti tagar tertentu sehingga konten dari tagar tersebut bisa muncul meskipun anda tidak mengikuti akun tersebut.

Fitur ini tentunya berguna bagi pelaku usaha yang berusaha mempromosikan produk melalui penggunaan instagram hastag di setiap konten yang diunggah.

Karena semakin tinggi engagement instagram dari setiap konten yang diunggah tentunya akan membantu menaikkan konten anda di halaman instagram hastag.

Keuntungan lain dari penggunaan instagram hastag adalah kreator bisa membangun komunitas tertentu melalui konten yang dibuat sehingga pengguna instagram lebih tertarik berinteraksi dengan anda melalui instagram hastag tersebut.

Mengelompokkan Konten Tertentu

Hampir semua social media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter memiliki fitur caption dimana kreator bisa menuliskan penjelasan mengenai konten yang diunggah.

Sayangnya fitur caption ini memiliki keterbatasan kata sehingga kreator harus memutar otak agar konten yang diunggah bisa dipahami oleh pembacanya meskipun dengan penggunaan kata yang terbatas.

Karenanya kreator bisa menggunakan hastag untuk menjelaskan setiap konten yang diunggah agar bisa dipahami oleh pengguna instagram.

Penggunaan hastag ini juga berguna bagi pelaku usaha saat ingin mengunggah berbagai varian produk yang berbeda agar tidak tertukar dengan barang jualan lainnya.

Dengan memasang hastag yang berbeda di setiap konten yang diunggah tentunya akan memudahkan konsumen untuk mencari produk tertentu di Instagram.

Strategi ini juga digunakan oleh brand kosmetik Wardah dengan membuat hastag tertentu di setiap produk yang dijual.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi konsumen untuk menemukan produk tertentu dari Wardah sehingga tidak tertukar dengan barang jualan lainnya.

Penggunaan hastag yang berbeda ini juga berguna bagi reseller agar bisa menggunakan tagar tersebut saat mengunggah konten promosi di Instagram.

Membantu Konsumen Menemukan Brand Tertentu

Saat mengingat atau melihat produk tertentu biasanya pengguna internet akan mencari social media brand tersebut menggunakan hastag dari brand tersebut.

Penggunaan hastag tersebut digunakan untuk mencari produk atau akun social media asli dari brand keinginan.

Karenanya penting bagi kreator untuk mencantumkan hastag dari brand atau konten anda agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen anda.

Penggunaan hastag brand ini juga bisa digunakan ketika anda melakukan kerjasama dengan influencer untuk melakukan promosi.

Sehingga pengguna instagram yang melihat konten promosi anda bisa lebih mudah menemukan brand dan produk anda hanya dengan satu kali klik.

Karenanya pastikan untuk menggunakan hastag yang mudah diketik sehingga mempermudah konsumen untuk mencari produk atau brand anda di social media.

Penggunaan hastag yang simpel juga bisa mengurangi resiko saat membuat hastag tertentu sehingga tagar tersebut tidak menyasar ke halaman hastag yang lain.

Semakin sering anda mengunggah konten menggunakan hastag tersebut tentunya akan membantu konsumen menemukan konten-konten terbaik yang sesuai dengan keinginan dan minatnya.

jenis jenis instagram hastag

Tipe-tipe Instagram Hastag

Instagram sendiri memiliki berbagai jenis hastag yang bisa di pakai sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, apakah untuk promosi produk atau sebagai branding bisnis.

Munculnya berbagai pilihan hastag ini tentunya menguntungkan pengguna instagram untuk memilih hastag yang sesuai dan dapat membedakan hastag satu dengan yang lainnya.

Penggunaa hastag ini juga bisa berguna untuk mengetahui lokasi produk dengan mudah dan bisa terhubung dengan google maps.

Karenanya berikut berbagai pilihan hastag yang bisa di pilih oleh pengguna Instagram.

instagram hastag produk

Instagram Hastag Produk

Bagi pelaku usaha yang memulai promosi di Instagram sebaiknya mengetahui hastag yang tepat untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Salah satu cara untuk memilih hastag yang sesuai adalah dengan menggunakan tagar dengan menggunakan brand sendiri.

Hal ini tentunya akan membantu konsumen anda untuk mencari brand anda di Instagram lebih mudah dan cepat.

Salah satu brand yang menggunakan hastag brand adalah IKEA dimana perusahaan furniture asal Swedia ini menggunakan tagar untuk mengidentifikasi foto produk yang telah diunggah.

Tak hanya itu, konsumen juga bisa menggunakan tagar ini untuk memamerkan produk IKEA yang telah dibeli.

instagram hastag komunitas

Instagram Hastag Komunitas

Bagi anda yang memiliki hobi tertentu kini tidak perlu susah payah untuk mencari teman sefrekuensi untuk menemani anda menjalani kesenangan tersebut.

Anda bisa mencarinya dengan menggunakan hastag komunitas untuk mencari kelompok yang aktif pada hobi tertentu.

Tagar ini juga membantu untuk mencari teman di sekitar tempat sekitar anda sehingga kegiatan menekuni hobi ini menjadi lebih menyenangkan.

Tak hanya itu, bagi anda yang bekerja di event organizer maka bisa lebih mudah menemukan komunitas yang sesuai dengan acara yang dibuat untuk diajak kolaborasi di event tertentu.

Karenanya jika anda memiliki komunitas yang ingin dikembangkan maka bika menggnakan hastag ini untuk mempromosikan komunitas anda sehingga bisa mendapatkan pengikut yang lebih banyak lagi.

instagram hastag event

Instagram Hastag Event

Salah satu keinginan saat mengadakan kegiatan tertentu adalah banyaknya undangan atau peserta yang datang ke event anda.

Karenanya tidak hanya melakukan promosi melalui social media namun anda bisa menggunakan tagar event untuk mempromosikan acara anda.

Dengan mengguankan tagar ini maka acara anda bisa lebih mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang hobi berkunjung ke berbagai event tertentu.

Pengguna juga bisa menggunakan hastag event khusus sehingga acara anda mudah ditemukan oleh orang lain.

instagram hastag lokasi

Instagram Hastag Lokasi

Sedang pergi ke suatu tempat baru dan bingung menenetukan destinasi wisata yang tepat? Tenang saja anda bisa menemukannya dengan mudah menggunakan hastag lokasi.

Dengan membuka hastag lokasi maka anda dapat dengan mudah menemukan destinasi wisata atau tempat kuliner yang di promosikan oleh influencer.

Tak hanya itu, beberapa pelaku usaha juga menggunakan hastag lokasi ini untuk mempromosikan produk yang dimiliki sehingga bisa dikenal oleh pengguna instagram.

Banyaknya referensi tempat ini tentunya tidak akan membuat anda kehabisan ide dalam mencari ide tempat wisata unik yang ada di kota tertentu.

instagram hastag harian

Instagram Hastag Harian

Anda memiliki konten khusus di hari yang berbeda? maka hastag harian ini bisa anda gunakan untuk menandai konten di hari-hari tertentu.

Kreator juga bisa menentukan konten yang sesuai dengan tagline hastag tersebut agar membuat pengguna instagram tertarik melihat konten anda.

Tak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan hastag harian yang sesuai dengan perayaan agama tertentu. Hal ini membantu memudahkan konten anda naik berkat hastag di perayaan khusus tersebut.

instagram hastag relevan

Instagram Hastag Relevan

Saat mempromosikan suatu produk di Instagram tentunya kreator tidak hanya mencantumkan satu macam hastag namun bisa menggabungkan dengan tagar lain yang sesuai dengan barang yang dipasarkan.

Hal ini dilakukan agar konten tidak hanya menjangkau pengguna instagram secara umum namun juga lebih spesifik sehingga lebih mudah ditemukan konsumen yang ingin mencari produk tertentu.

Salah satunya adalah #busanamuslim satu ini yang sebenarnya merupakan turunan dari tagar busana atau fashion.

Namun agar lebih relevan maka kreator bisa menggunakan #busanamuslim sehingga bisa lebih mudah ditemukan oleh pengguna instagram.

Mengunggah konten dengan hastag yang sama dalam jangka waktu lama tentunya akan membantu menaikkan postingan anda lebih mudah sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna instagram.

instagram hastag singkatan

Instagram Hastag Singkatan

Bagi influencer atau konten kreator di bidang tertentu tentunya membutuhkan hastag yang sesuai dengan minat yang disukai.

Salah satu hastag yang banyak digunakan oleh influencer adalah tagar #OOTD dimana kreator memberikan kreasi berpakaian masa kini sebagai inspirasi bagi pengikutnya.

Tak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan hastag singkatan yang sesuai dengan minat yang disukai dan mudah dicari oleh komunitas yang dituju.

strategi marketing instagram hastag

Strategi Instagram Hastag 2022

Banyaknya hastag yang tersebar di Instagram terkadang membuat kreator memilih tagar yang sesuai dengan konten yang akan diunggah.

Pemilihan tagar yang tepat juga akan membantu menaikkan konten anda lebih mudah dan cepat sehingga bisa dilihat oleh pengguna instagram yang lain.

Tak hanya menggunakan hastag brand atau yang relevan dengan produk anda namun kreator juga bisa menentukan jumlah tagar yang akan dipakai dan menemukan hastag terbaik di komunitas anda.

Karenanya berikut strategi hastag yang bisa digunakan di caption sebelum mengunggah konten di akun instagram yang dimiliki.

Berapa Banyak Instagram Hastag di Caption

Saat mencari konten yang sesuai dengan produk biasanya kreator akan menemukan banyak tagar dengan berbagai pilihan pengikut.

Variasi hastag yang banyak ini terkadang membuat kreator bingung untuk memilih tagar mana saja yang bisa dipakai dan jumlah tagar yang bisa dimasukkan di setiap caption yang diunggah.

DIkutip dari Hootsuite, kreator bisa saja memasukkan kurang lebih 30 macam hastag di konten regular. Penggunaan tagar yang terlalu banyak nantinya akan membuat pengguna tidak bisa memasukkan caption untuk menjelaskan isi konten.

Meskipun begitu, kreator masih bisa memasukkan hastag di kolom komentar apabila kolom caption tidak mencukupi dalam menampung isi caption yang dibuat.

Penggunaan hastag sendiri tidak memiliki batas tertentu namun kreator bisa melakukan eksperimen tersendiri terhadap banyaknya tagar yang digunakan di setiap konten yang diunggah.

Cara Menemukan Instagram Hastag Terbaik

Tidak seperti Twitter yang selalu mempublikasikan hastag yang sedang naik daun dan digunakan oleh penggunanya, Instagram tidak memiliki daftar tagar yang sedang viral.

Meskipun begitu, kreator tetap bisa menggunakan hastag yang paling banyak digunakan dan sesuai dengan komunitas yang dituju dengan mencari tagar menggunakan kata kunci tersebut.

Dengan cara tersebut, kreator akan menemukan jumlah postingan yang menggunakan hastag tersebut dan juga tagar yang memiliki penggunaan kata yang sama namun dengan variasi yang berbeda.

instagram hastag

Guna mencari tagar yang diinginkan maka kreator bisa mencarinya di kolom pencarian kemudian ketikkan nama produk atau komunitas yang ingin dituju dan pilih hastag dengan penggunaan terbanyak.

Ketahui Instagram Hastag yang Digunakan Kompetitor

Ketika melakukan promosi di Instagram tentunya kreator akan menemukan akun instagram lain yang menjual produk yang sama.

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena bisa menjadi pandangan yang bagus untuk mengetahui strategi instagram marketing yang digunakan oleh kompetitor.

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan mengetahui hastag apa saja yang digunakan oleh kompetitor anda.

Cara ini dilakukan agar kreator tidak menggunakan tagar yang sama dengan kompetitor sehingga memperkecil bersaing secara langsung.

Sebaliknya, kreator bisa membuat hastag baru atau menggunakan tagar yang tidak terpakai sehingga anda bisa membuka lahan baru.

Ketahui Instagram Hastag yang Diguankan Audience Lain

Strategi lainnya yang bisa digunakan dalam menggunakan instagram hastag adalah memakai tagar yang digunakan oleh komunitas yang dituju.

Dengan menggunakan tagar yang relevan tentunya akan membantu kreator untuk menjangkau komunitas dan minat tersebut lebih mudah.

Kreator bisa mencar variasi instagram hastag tersebut dengan melihat hastag yang bisa digunakan oleh pengikut anda dan menggunakannya di konten yang akan di unggah.

Untungnya, Instagram sendiri memberikan informasi mengenai instagram hastag yang digunakan oleh pengikut anda sehingga kreator tidak perlu susah payah untuk mencari tagar yang sesuai.

Pastikan juga menggunakan variasi instagram hastag agar konten yang diunggah bisa mencapai pengguna instagram yang lebih beragam.

Gunakan Insight Untuk Mencari Instagram Hastag Terbaik

Penggunaan Instagram Business tidak hanya berguna untuk memasang iklan berbayar atau menjadikan akun anda lebih mudah mendapatkan lambang verified.

Kegunaan Instagram Business lebih dari itu karena kreator bisa menemukan hastag yang sesuai dengan konten anda menggunakan fitur insight.

Kreator juga mendapatkan akses untuk mengetahui seberapa besar impresi yang di dapatkan dari hastag tersebut.

Berikut tutorial mencari hastag yang sesuai menggunakan fitur insight:

  • Pertama, masuk ke akun instagram business yang dimiliki kemudian pilih postingan yang ingin anda ketahui datanya lalu klik View Insight di bagian bawah kiri postingan.
  • Kedua, tarik ke atas untuk melihat insight dari postingan tersebut termasuk jumlah impresi dari konten tersebut.
  • Ketiga, kreator akan menemukan data yang dibutuhkan termasuk jumlah engagement dari instagram hastag yang digunakan.

Masukkan Instagram Hastag di Story

Penggunaan Instagram hastag tidak hanya bisa digunakan di instagram feed namun bisa juga dimasukkan di konten story.

Penggunaan ini tentunya menguntungkan kreator agar konten yang diunggah bisa menjangkau lebih banyak pengguna instagram dan tidak hanya bisa dilihat oleh pengikut akun tertentu.

Kreator bisa menggunakan dua cara untuk menambahkan tagar yakni dengan menggunakan fitur instagram hastag yang terdapat di Instagram story.

Tak hanya itu, kreator juga bisa dengan mudah menuliskan hastag tersebut di Instagram story dan masih tetap bisa dijangkau oleh pengguna instagram lainnya.

Hindari Instagram Hastag Spam dan Terlarang

Saat mengunggah sebuah konten sebaiknya kreator menghindari penggunaan hastag yang dilarang oleh Instagram untuk mencegah konten di hapus dan menyebabkan akun anda tidak bisa diakses kembali.

Tak hanya itu, penggunaan hastag yang berulang juga bisa membuat konten anda dianggap spam oleh Instagram sehingga melanggar peraturan yang telah disetujui di awal membuat akun Instagram.

Meskipun begitu, kreator tidak bisa menggunakan instagram hastag tersebut melainkan hanya konten dengan jumlah engagegement tertinggi yang hanya ditampilkan.

Guna menghindari penggunaan hastag yang dilarang maka kreator sebaiknya memerikan terlebih dahulu hastag tersebut kemudian jika dirasa aman maka kreator bisa menggunakan instagram hastag tersebut.

Apabila kreator tidak sengaja menggunakan hastag yang dilarang maka akan mempengaruhi engagement akun instagram anda sehingga konten yang diunggah sulit dilihat oleh pengguna tiktok lainnya.

Salah satu tagar lainnya yang sebaiknya dihindari adalah hastag untuk mencari atensi seperti #followme #like4like, #follow4follow, dan lain sebagainya.

Penggunaan instagram hastag ini nantinya akan memancing akun bot, akun spam, dan akun instagram lainnya yang tidak berkaitan dengan konten anda dan melakukan interaksi yang nantinya akan dianggap spam oleh Instagram.

Penggunaan spam yang berlebihan juga akan memperlihatkan bahwa akun anda tidak terlihat profesional sehingga konsumen akan ragu pada akun anda dan menunda untuk membeli produk yang ditawarkan.

Ketahui Cara Kerja Instagram Hastag

Hal yang paling penting untuk mengetahui kinerja instagram hastag yang dipakai adalah dengan mengetahui cara kerja hastag di instagram.

Penggunaan halaman hastag tentunya adalah jalan terbaik untuk menyebarkan konten anda ke pengguna instagram yang lain terlebih jika konten anda berada di peringkat teratas halaman hastag.

Halaman instagram hastag sendiri juga menunjukkan konten apa saja yang berkaitan dengan hastag tersebut. Jadi, ketika pengguna instagram mencari sesuatu menggunakan hastag tersebut dan konten anda berada di bagian teratas maka akan menarik perhatian pengguna instagram tersebut.

Tentu saja, hal ini akan menguntungkan bagi kreator yang kontennya terus berada di bagian teratas dalam jangka waktu lama.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Kak mau tanya,.

    Bagaimana tips atau cara supaya hastag yg kita pakai itu bisa muncul tidak hanya di bagian yg “terbaru” tetapi jg di “populer”..
    Bahkan bisa sampai berhari – hari kita bisa tetap stay disitu,.