Strategi Konten Marketing untuk Jualan di Instagram

Apakah kamu ingin Jualan di Instagram? atau kamu sekarang melakukannya tapi merasa bahwa caranya tidak efektif. Pernah ngak berpikir dan bertanya-tanya, “Bagaimana ya jualan yang efektif di Instagram?”

Nah, di Artikel kali ini, kamu akan menemukan jawabannya.

cara jualan di instagram
Source: Freepik.com

Kenapa kita menggunakan Instagram Organik untuk Jualan?

“Iya, kenapa tidak langsung pakai iklan saja?”

Menggunakan Iklan (instagram ads) untuk jualan bisa dikatakan akan lebih efektif daripada kita menggunakan cara organik (tanpa iklan), selain iklan bisa menjangkau banyak orang sekaligus, iklan juga akan memangkas waktu agar kamu bisa langsung jualan di Instagram.

Beda halnya dengan menggunakan metode organik. Metode organik memang bagus untuk sebagian orang yang minim budget dan belum berani mengeluarkan modal.

Namun, menggunakan Instagram organik membutuhkan waktu terlebih dahulu. Karena kamu harus mengumpulkan Follower, membangun Awareness agar dikenal banyak orang, baru akhirnya produk kamu bisa terjual.

Jualan di Instagram bisa lebih personal

Yang kedua adalah, dengan menggunakan Instagram Organik, kamu bisa lebih personal untuk jualan secara langsung. Apalagi dengan fitur stiker baru yang sudah instagram berikan.

instagram story
Source: Jajangn195

Bayangkan ketika kamu jualan di Instagram, mereka bisa memberikan respon lebih cepat. Apalagi dengan stiker-stiker yang sudah disediakan Instagram (seperti stiker polling)

Jualan di Instagram bisa menggunakan berbagai maca tipe konten

Tidak hanya gambar saja, kamu bisa menggunakan Carousel (1 konten yang terdiri dari 8-10 gambar) Video atau bahkan IGTV yang durasinya lebih panjang daripada video.

Berikut contoh jualan di Instagram dengan menggunakan Konten Carousel

Coba perhatikan bagaimana saya bisa jualan dengan menggunakan Carousel di konten ini. Iya, kebetulan cara jualan saya dengan meminat mereka untuk Klik Link di BIO, karena penawaran saya ada di sana.

Menariknya, kamu bisa juga jualan dengan cara seperti ini.

Menggunakan Konten Marketing untuk Jualan di Instagram

Apa itu Konten Marketing? Dilansir dari Forbes, content marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju.

Masalah dari kebanyakkan orang adalah, ketika ingin jualan di Instagram, kita langsung membuat konten yang berisi Hard Selling / jualan secara langsung. Misalnya seperti ini:

trash bin
Source: java.homeware

Masalahnya adalah, “tidak ada orang yang suka dijualin bukan?”

Maka dari itu, konten seperti ini pasti rendah interaksi. Karena rendah interaksi, pasti jangkauannya kontennya juga rendah.

Jadi yang harus kita lakukkan adalah membuat Akun yang berisi konten-konten yang memiliki Value, Relevan, serta bermanfaat bagi target market kamu.

4 Jenis Konten untuk Jualan di Instagram

Ada 4 Jenis Konten marketing yang bisa kamu gunakan.

  1. Konten edukatif.
  2. Konten entertainment
  3. Konten Informatif.
  4. Konten Inspiratif.

1. Konten Edukatif

Konten Edukatif adalah konten-konten yang sifatnya memberikan edukasi untuk target market kamu. Dalam membuat Konten ini, kamu harus tahu betul apa yang sebenarnya mereka butuhkan, sehingga mereka bisa tertarik dengan Konten kamu dan percaya dengan Akun Instagram kamu.

Contoh Konten Edukatif itu seperti ini:

2. Konten Entertainment

Konten entertainment adalah Konten-konten yang bersifat menghibur untuk target market kamu.

Bisa jadi Foto/Video orang sedang joget, OOTD, dan masih banyak lagi. Nah, ini contoh salah satu Akun Instagram yang memberikan entertainment.

3. Konten Informatif

Konten informatif adalah konten-konten yang memberikan Informasi tertentu. Nah, sebaiknya kamu juga memberikan informasi yang dibutuhkan oleh target market kamu ya. Hal ini bertujuan agar relevan juga dengan mereka.

Contohnya seperti ini:

4. Konten Inspiratif

Konten inspratif adalah konten-konten yang memberikan Inspirasi. Biasanya konten-konten ini hampir mirip dengan konten motivasi.

Contoh konten inspiratif itu seperti ini:

Nah, setelah kamu sudah paham 4 jenis Konten ini, lalu bagaimana cara kita untuk memanfaatkannya?

Pisahkan antara Akun Jualan dengan Akun yang memiliki 4 jenis Konten ini. Jangan dicampur!

Tujuannya? Jelas untuk menarik Followers terlebih dahulu. Setelah mereka sudah follow kamu, baru dari Konten tersebut, kamu bisa arahkan mereka ke Akun jualan kamu.

Itulah yang disebut dengan Konten Marketing.

Begitu banyak orang-orang yang sudah memanfaatkan Instagram dan menggunakan Strategi Konten Marketing ini kok.

Bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk menggunakan Strategi ini?

Oia, kamu sekarang juga bisa belajar Strategi ini di Kelas Instagram Organik yang dibuat langsung bersama Instagram Expert (nikojulius).

Klik Banner di bawah ini untuk cari tahu lebih lanjut ya!

instagram

Default image
Siauw Andreas
Copywriter
Articles: 36

Leave a Reply