tiktok ads

Instagram Reels Ads VS Tiktok Ads, Mana yang Lebih Efektif?

Bingung memilih antara instagram reels ada dan tiktok ads sebagai media promosi yang efektif? Ketahui dulu beberapa keunggulan dari layanan tersebut dengan beberapa langkah berikut.

Strategi mengiklankan produk saat ini bukan menjadi hal yang sulit dan bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah, hal ini dikarenakan sudah banyak social media yang menyediakan layanan iklan dengan target konsumen yang luas.

Salah satunya adalah tiktok dan instagram, dua platform yang menguasai social media ini tengah digandrungi banyak pengguna internet berkat berbagai konten yang diberikan sehingga membuat penggunanya bertah untuk berlama-lama di dua platform tersebut.

Sehingga tidak mengherankan apabila dua platform tersebut berlomba-lomba dalam menghasilkan fitur yang memanjakan penggunanya.

Salah satu layanan yang disediakan oleh dua platform ini adalah layanan iklan berbayar dimana pengguna akun business dapat mengiklankan produk yang dimiliki dengan mudah dan efektif.

Meskipun begitu, diantara instagram reels ads dan tiktok ads, mana yang lebih efektif? berikut beberapa ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan dua layanan iklan dari instagram dan tiktok.

apa itu tiktok ads

Apa Itu Tiktok Ads

Saat berkelana di akun tiktok yang anda miliki biasanya pengguna tidak sengaja melihat tiktok ads yang menarik perhatian atau malah membuat penonton beralih ke konten yang lain.

Sama seperti social media lainnya, tiktok sendiri memiliki layanan tiktok ads dimana penggunanya bisa mengiklankan konten yang diunggah di akun tiktok atau konten promosi mengenai produk yang dimiliki.

Tujuan tiktok meluncurkan fitur tiktok ads sendiri tentunya untuk menambah penghasilan dari pengguna tiktok dan tentunya membantu pelaku usaha untuk mempromosikan produk yang dimiliki ke konsumen yang dimiliki di tiktok.

Cara penggunaan tiktok ads sendiri pun cukup mudah, kreator hanya perlu mengubah akun tiktok yang dimiliki ke mode business setelah itu kreator diberikan pilihan untuk menggunakan layanan tiktok ads.

Dalam pemilihan konten tiktok ads sendiri kreator diberikan dua pilihan yakni mempromosikan konten yang telah diunggah di akun tiktok atau mengunggah sendiri konten iklan dengan ketentuan yang diberikan oleh tiktok ads.

Kreator sendiri juga dapat memilih biaya tiktok ads sesuai dengan budget yang dimiliki tentunya melihat durasi tayang tiktok ads serta banyaknya konsumen yang ingin disasar.

Tidak hanya berbagai layanan yang ditawarkan oleh tiktok ads namun fitur satu ini juga memiliki banyak kegunaan yang tentunya bermanfaat bagi penggunanya.

keuntungan tiktok ads

Keuntungan Tiktok Ads

Saat ini tiktok memiliki banyak pengguna di dunia yang tentunya aktif mengunggah atau melihat berbagai konten yang disediakan di tiktok.

Dengan banyaknya pengguna aktif tersebut tentunya menguntungkan bagi kreator saat meluncurkan konten tiktok ads sehingga dapat dilihat oleh konsumen yang diinginkan.

Tidak hanya itu, tiktok ads sendiri memiliki berbagai keunggulan yang tentunya belum tentu dimiliki oleh platform lain.

Tiktok Ads Jangkau Konsumen yang Sesuai

Saat kreator melakukan promosi melalui billboard atau membagikan flyer ke orang-orang tertentu di pinggir jalan tentunya kreator tidak dapat memprediksi apakah orang tersebut merupakan konsumen yang sesuai dan tentunya berminat dengan produk yang anda tawarkan.

Akan tetapi, hal ini tidak terjadi apabila kreator menggunakan layanan tiktok ads sebagai media promosi.

Hal ini dikarenakan kreator dapat memilih sendiri konsumen yang dituju sehingga hasil iklan menjadi lebih maksimal serta mendapatkan target pembeli yang diinginkan.

Beberapa pilihan konsumen yang disediakan oleh kreator adalah gender serta usia dimana kreator bisa memilih sesuai dengan target yang diinginkan.

Tidak hanya itu, kreator juga dapat memilih berbagai konsumen yang berbeda untuk target konsumen yang diinginkan sehingga hasil tiktok ads menjadi lebih maksimal.

Tiktok Ads Cocok Untuk Promosi Bisnis

Ketenaran tiktok diantara pengguna internet akhirnya menjadikan banyak pelaku usaha berbondong-bondong untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan harapan dapat menjangkau konsumen yang dimiliki.

Akan tetapi dengan banyaknya akun tiktok brand tentunya membuat kreator berusaha berfikir kreatif agar konten yang dibuat bisa viral sehingga akun tiktok anda makin dikenal pengguna tiktok lainnya.

Disisi lain, jumlah pengikut tiktok yang sedikit terkadang membuat kreator minder dan berfikir ulang dalam melakukan promosi di tiktok.

Meskipun begitu, masalah ini tidak perlu dirisaukan karena kreator dapat menggunakan layanan tiktok ads dimana kreator bisa mempromosikan produk serta konten yang dimiliki secara mudah dan murah sesuai dengan budget yang dimiliki.

Tidak hanya itu, konten tiktok ads sendiri juga ditampilkan di fitur FYP recommend yang tentunya dapat menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas sehingga hasil iklan pun menjadi lebih maksimal.

Tiktok Ads Ditampilkan di FYP Recommend

Salah satu tujuan pengguna tiktok saat membuka akun tiktok yang dimiliki adalah membuka fitur FYP Recommend.

Dengan mengakses fitur tersebut maka kreator dapat melihat berbagai macam konten kesukaan yang sesuai dengan minat sehingga pengguna bertah berlama-lama mengakses akun tiktok.

Disisi lain, adanya fitur FYP memiliki banyak kegunaan bagi kreator tiktok yakni sebagai inspirasi konten tiktok yang tengah naik daun sehingga bisa digunakan di akun tiktok yang dimiliki.

Tidak hanya itu, bagi kreator yang beriklan melalui tiktok ads maka iklan yang digunakan akan ditampilkan di fitur FYP Recommend sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan tentunya menarik perhatian pengguna tiktok.

Karenanya dalam mengunggah konten tiktok ads, kreator sebaiknya melakukan inovasi agar konten yang ditampilkan tidak membosankan sehingga pengguna tiktok betah untuk melihatnya.

Pilih Budget Tiktok Ads Sesuai Keinginan

Saat memiliki rencana dalam mengunggah konten iklan tentunya pelaku usaha memikirkan jumlah budget yang sekiranya akan dikeluarkan dengan durasi waktu yang ditentukan.

Beberapa orang mungkin berfikir bahwa menggunakan layanan iklan sebagai media promosi yang mahal serta memakan banyak biaya.

Hal ini tentunya tidak akan kreator temukan saat memulai beriklan melalui tiktok ads karena anda dapat memilih sendiri jumlah budget yang dikeluarkan dalam durasi penayangan iklan atau membiarkan iklan berjalan sesuai dengan durasi yang diinginkan.

Tidak hanya itu, apabila kreator merasa biaya tiktok ads yang dikeluarkan sudah keluar budget maka anda bisa menghentikannya sementara dan bisa dipasang kembali apabila modal yang dimiliki sudah siap.

Layanan Tiktok Ads Menarik dan Mudah Dibuat

Saat menggunakan layanan tiktok ads tentunya kreator menginginkan hasil iklan yang terbaik sehingga bisa dinikmati oleh banyak pengguna tiktok.

Karenanya untuk mengakomodasi keinginan kreator maka tiktok menyediakan berbagai layanan tiktok ads berikut :

Edit Video : Kreator bisa mengedit terlebih dahulu konten tiktok ads yang akan tayang sehingga hasilnya lebih maksimal. Beberapa jenis edit video yang bisa diubah adalah durasi video serta penambahan backsound lagu sehingga iklan menjadi lebih menarik.

Tiktok Hastag : Penggunaan tagar di konten tiktok ads yang akan diunggah tentunya akan membantu iklan anda menjangkau konsumen yang lebih luas. Pastikan kreator menggunakan hastag yang sesuai dengan produk yang dimiliki sehingga hasil iklan menjadi lebih maksimal.

apa itu instagram reels

Apa Itu Instagram Reels Ads

Pamor tiktok yang semakin meningkat menjadikan banyak social media berbondong-bondong untuk mengeluarkan fitur yang sama.

Salah satunya adalah Instagram yang meluncurkan layanan instagram reels dimana pengguna dapat membuat atau melihat konten video dengan durasi yang lebih pendek dengan ukuran vertikal.

Tak disangka ternyata kehadiran instagram reels ini mengubah kehiduapan banyak orang karena banyak sekali akun instagram menjadi lebih terkenal berkat kehadiran instagram reels.

Hal ini dikarenakan tampilan instagram reels sendiri ditampilkan di fitur instagram explore sehingga banyak orang yang dapat mengakses konten yang diminati dengan mudah dan bisa berpindah ke berbagai konten lain.

Pengikut akun instagram anda juga dapat melihat berbagai konten reels yang disajikan secara mudah melalui ikon reels yang terdapat di akun instagram anda sehingga tidak akan ketinggalan konten yang telah diunggah dan tentunya meningkatkan viewers lebih mudah.

Tidak hanya itu, instagram reels sendiri memiliki tambahan fitur berupa backsound musik yang membuat konten instagram menjadi lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna instagram.

Instagram sendiri melihat potensi besar dari instagram reels bagi penggunanya sehingga meluncurkan layanan baru berupa instagram reels ads dimana kreator bisa mengiklankan konten reels yang dimiliki sehingga dapat menjangkau konsumen yang dimiliki.

Tujuan dari peluncuran instagram reels ads sendiri adalah menjangkau konsumen yang belum mengenal produk anda serta membuat pengguna instagram melihat konten reels yang belum pernah di lihat sebelumnya.

Sama seperti konten reels lainnya, unggahan instagram reels ads nantinya akan muncul di tengah – tengah konten pribadi sehingga memungkinkan pengguna instagram melihat konten iklan anda di sela-sela menonton konten reels.

Keuntungan lain dari menggunakan konten instagram reels ads adalah pengguna instagram dapat memberikan engagement berupa komentar, likes, dan share sehingga memudahkan kreator melihat perfoma iklan reels yang telah diunggah.

Cara mengaktifkan layanan instagram reels ads pun cukup mudah yakni kreator cukup masuk ke akun Ads Manager guna membuat konten iklan yang diinginkan.

Kreator juga bisa menambahkan penggunaan lagu viral di instagram reels sehingga konten yang anda buat dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Selanjutnya kreator bisa memilih tujuan iklan di instagram reels seperti brand awareness, traffic, atau engagement. Berbagai pilihan iklan tersebut tentunya akan membantu instagram dalam menempatkan konten iklan anda ke konsumen yang sesuai.

Jangan lupa juga untuk mengisi berbagai informasi lengkap mengenai data instagram reels ads yang akan diunggah sehingga hasil dari konten iklan menjadi lebih maksimal.

Langkah terakhir yang dilakukan oleh kreator adalah menempatkan iklan yang telah dibuat ke dalam instagram reels sehingga bisa lebih mudah ditonton oleh pengguna instagram lainnya.

Setelah mengunggah konten instagram reels maka jangan lupa untuk menganalisa performa konten instagram reels ads sehingga kreator bisa mengubah isi konten apabila hasilnya tidak sesuai dengan keinginan.

Pamor instagram reels yang meningkat diantara fitur instagram yang lain menjadikan instagram reels memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

keuntungan instagram reels ads

Keuntungan Instagram Reels Ads

Instagram reels merupakan fitur yang menyenangkan dan dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang belum pernah anda miliki sebelumnya.

Dengan bantuan fitur seperti penambahan lagu dan juga layanan edit video yang mumpuni tentunya kreator dapat dapat meningkatkan performa reels melalui instagram reels ads.

Melalui instagram reels ads tentunya kreator dapat menampilkan bisnis yang dimiliki dengan cara yang berbeda.

Karenanya berikut 5 alasan mengapa kreator harus menggunakan layanan instagram reels ads sebagai media promosi di instagram yang efektif.

Instagram Reels Bantu Promosikan Produk dan Layanan

Banyaknya brand yang memiliki akun instagram pastinya melakukan kegiatan promosi yang sama dengan yang anda lakukan, membagikan konten foto, mengunggah konten story pendek, dan bahkan membagikan konten video dengan durasi tertentu di instagram reels.

Disaat brand anda membutuhkan cara kreatif dalam promosi di instagram tentunya kreator bisa menggunakan layanan instagram reels ads yang hasilnya membuat konten anda menjadi lebih menarik.

Instagram reels ads juga memungkinkan konsumen untuk membeli produk daripada yang ditawarkan oleh kompetitor lain.

Kreator tentunya dapat menyajikan konten yang lebih segar dan memposisikan diri anda di konsumen yang lebih baru dan luas serta mendapatkan lebih banyak perhatian melalui instagram reels yang anda promosikan.

Instagram Reels Jangkau Konsumen yang Lebih Luas

Dengan penggunaan instagram reels yang luas, kreator tentunya dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan beragam.

Hal ini di dukung dengan algoritma instagram reels ads yang memastikan bisnis dan materi iklan anda mendapatkan manfaat iklan yang tentunya dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Tidak hanya itu, meskipun kreator masih memiliki pengikut yang sedikit dan tentunya jangkauan yang kecil namun dengan penggunaan instagram reels ads maka konten anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas berdasarkan engagement organik yang di dapatkan.

Cara ini tentunya menjadi kesempatan bagus bagi brand dan juga konten kreator untuk mengembangkan audience yang dimiliki dan mendapatkan pengikut instagram yang lebih banyak.

Instagram reels ads juga membuka kesempatan yang lebih luas dalam meningkatkan brand awareness serta penjualan yang dimiliki.

Instagram Reels Menyediakan Fitur yang Menarik

Sebagai salah satu fitur yang tengah digandrungi banyak pengguna instagram tentunya instagram reels yang mendukung dalam pembuatan konten video singkat yang menarik dibantu dengan penambahan lagu atau suara serta durasi video yang bisa dirubah sesuka hati.

Kreator juga bisa menggabungkan lagu yang digunakan, menambahkan atau mengurangi kecepatan suara, penambahan efek, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna instagram yang menyukai konten instagram reels ads anda juga bisa berinteraksi dengan konten yang anda unggah sehingga dapat meningkatkan engagement konten secara organik serta mengetahui performa iklan yang anda tayangkan.

Dengan bantuan dari fitur instagram reels yang mumpuni serta engagement konten yang organik tentunya membuat konten anda mampu menjangkau konsumen yang lebih luas.

Instagram Reels Tampilkan Brand Value

Saat sudah merasa dekat dengan suatu brand atau produk yang anda sukai tentunya pembeli ingin mengenal siapa saja orang yang terlibat di dalamnya dan bagaimana brand tersebut dapat mengembangkan produk yang dimiliki.

Karenanya dengan adanya instagram reels maka kreator dapat mengenalkan konten behind the scene secara menyenangkan dan unik.

Kreator juga bisa membuat ciri khas konten instagram reels sendiri sehingga mudah dikenali oleh pengikut serta membuat pengguna instagram mengingat konten yang telah anda unggah.

Cara efektif lainnya untuk menampilkan brand value usaha anda adalah dengan mengikuti trend yang sedang naik daun serta pemberian reward khusus ke konsumen seperti diskon atau event menarik lainnya.

Instagram Reels Memiliki Potensi Tampilan yang Besar

Jangkauan konten instagram reels yang luas tentunya menguntungkan bagi brands dan juga kreator yang memiliki usaha di bidang tertentu.

Sebagian besar pengguna instagram mungkin berfikir bahwa instagram reels hanya bisa ditonton melalui instagram explore.

Lebih dari itu, instagram reels saat ini bisa dilihat di akun instagram kreator dimana anda dapat menemukan fitur khusus konten tersebut.

Potensi menemukan instagram reels ads sangat besar dimana pengguna instagram dapat menonton reels dari berbagai tempat, seperti : instagram story yang membagikan konten reels, fitur pencarian yang menampilkan konten reels, instagram explore, serta akun instagram kreator sendiri.

Instagram reels sendiri dapat digunakan oleh berbagai kalangan, baik individu atau industri besar dan kecil yang memiliki keinginan untuk meningkatkan reach serta engagement akun instagram yang dimiliki.

instagram reels dan tiktok ads

Instagram Reels Ads VS Tiktok Ads, Mana yang Lebih Efektif?

Saat ini hampir semua social media berfokus pada konten video namun manakah yang lebih efektif untuk media promosi? Instagram reels ads atau tiktok ads?

Kunci penting dari pemilihan platform iklan ini dilihat dari audience yang dimiliki, tempat konsumen anda berinteraksi, namun yang paling penting adalah mengetahui dimana platform yang tepat dan mampu membawa reach dan respon yang lebih banyak pada campaign yang anda promosikan.

Salah satu website, Creatopy akhirnya mencari tahu konten iklan mana yang lebih efektif antara instagram reels ads dan juga tiktok ads dengan mengedarkan iklan di dua platform tersebut dengan durasi dan penayangan yang sama juga.

Dengan beberapa variabel yang dimainkan seperti kreativitas, audience, serta engagement tentunya test tersebut menghasilkan beberapa hasil yang menarik untuk dipertimbangkan dalam penggunaan iklan berbayar di social media.

Creatopy sendiri menggunakan layanan tiktok ads dan instagram reels guna meningkatkan reach dari akun tiktok dan instagram yang dimiliki dengan jumlah budget harian sebesar $50.

Dalam jangka waktu 3 minggu, konten tiktok ads dan instagram reels ads yang anda buat menjangkau konsumen dengan usia 25-44 tahun yang berada di amerika serikat.

Salah satu tujuan dari mengedarkan konten iklan tiktok ads dan instagram reels ads adalah membantu konsumen mengenal produk dari creatopy sehingga mau mampir ke website yang dimiliki untuk merasakan berbagai layanan yang diberikan.

Hasil dari iklan tiktok ads serta instagram reels ads yang diedarkan adalah konten yang disiarkan adalah tiktok ads hanya mendapatkan 199.477 reach dibandingkan dengan instagram reels ads yang dapat menjangkau 389.298 orang dari iklan yang ditayangkan.

Disisi lain, impresi yang di dapatkan oleh instagram reels ads yang di dapatka juga lebih besar yakni 604.350 impresi dibandingkan dengan tiktok ads yang mendapatkan 228.357

Sementara untuk perolehan klik yang di dapatkan oleh instagram reels ads lebih banyak dibandingkan tiktok ads yakni dengan kisaran 36 orang yang menuju website yang disediakan dibandingkan dengan tiktok ads yang menghasilkan 28 clicks.

Kesimpulannya adalah, diantara instagram reels ads dan juga tiktok ads maka perbedaan besar terdapat di reach dan impresi yang di dapatkan.

Sementara itu, dengan jumlah budget serta frekuensi yang sama maka reach yang di dapatkan instagram reels ads menunjukkan kinerja yang lebih baik serta impresi yang di peroleh tiga kali lipat di bandingkan tiktok ads.

Jadi layanan iklan mana yang ingin anda pilih? instagram reels ads atau tiktok ads? semua bergantung dari keinginan kreator sendiri.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.