instagram collab post

Tutorial Instagram Collab Post Untuk Influencer dan Brand

Instagram kembali luncurkan fitur baru bernama instagram collab post yang memudahkan influencer untuk bekerja sama dengan produk atau brand tertentu.

Instagram telah menjadi sarana ekspresi diri yang efektif sesuai dengan konten yang diinginkan, mulai dari skincare hingga perawatan anak-anak bisa dengan mudah ditemukan disini.

Bagi pengguna instagram yang aktif mengunggah konten mengenai minat yang disukai tentunya akan mendapatkan pengikut yang memiliki kesukaan yang sama serta menjadi sarana diskusi yang tepat.

Semakin banyak followers yang diikuti serta isi konten yang menarik menjadikan pengguna instagram memiliki titel baru yakni influencers dimana setiap konten yang dibuat menjadi bahan perbincangan komunitas tertentu.

Jumlah fans yang banyak serta pengaruh yang besar menjadikan influencer juga mendapatkan peluang yang lebih besar untuk melakukan kolaborasi promosi produk bersama brand terkenal.

Beberapa tahun yang lalu mungkin influencer mengunggah konten promosi yang berkaitan dengan produk tertentu di akun instagram mereka.

Namun kini kreator bisa membuat konten kolaborasi menjadi lebih menarik yakni menggunakan fitur instagram collab post.

Fitur satu ini tentunya memiliki kelebihan lain yang tidak ditemui di platform social media lain yang menjadikan konten kolaborasi anda menjadi lebih keren.

Berikut informasi lengkap mengenai fitur instagram collab post dan bagaimana influencer dan kreator menggunakan layanan ini sebagai media kolaborasi yang tepat.

Apa Itu Instagram Collab Post

Saat melakukan kolaborasi dengan produk atau brand tertentu biasanya kreator akan melakukan tag akun instagram brand tersebut agar pengikut yang dimiliki mengetahui bahwa influencer tersebut sedang melakukan kerjasama dengan produk tertentu.

Seiring dengan jalannya waktu, Instagram pun berfikir bahwa influencer sudah seharunya di berikan alternatif lain dalam promosi agar konten yang disajikan lebih menarik di mata pengikutnya.

Setelah melakukan berbagai riset yang panjang akhirnya instagram pun memutuskan untuk memunculkan fitur Instagram collab post.

Melalui layanan ini, kreator dapat mengunggah konten foto atau video yang dapat muncul di dua akun sekaligus, yakni akun influencer dan juga akun instagram brand.

Menariknya lagi, konten instagram collab post ini tidak hanya muncul di konten instagram feed yang bisa dilihat oleh pengikut yang dimiliki namun juga dapat di tonton oleh pengguna instagram yang lebih luas melalui fitur instagram reels.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan engagement konten kolaborasi yang diunggah maka pengguna instagram bisa memberikan komentar, likes, atau membagikan konten tersebut ke orang lain sehingga dapat menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Cara penggunaan instagram collab post pun cukup mudah yakni influencers cukup mengunggah konten kolaborasi yang telah disetujui kedua belah pihak lalu melakukan mengundang akun instagram brand tersebut sebagai kolaborator.

Saat akun instagram brand menyetujui konten yang anda unggah maka postingan tersebut akan muncul di kedua akun instagram.

Cara ini tentunya menguntungkan bagi akun instagram brand sehingga tidak perlu melakukan repost pada konten dari influencer tersebut dan cukup menunggu undangan kolaborasi konten dari influencer tersebut.

Saat ini, instagram collab post baru diujikan pada konten instagram feed atau reels namun ke depannya mungkin saja konten kolaborasi ini bisa dimunculkan di fitur story atau siaran langsung yang tentunya akan membawa konten anda menjadi lebih menarik.

Keuntungan Instagram Collab Post

Kehadiran instagram collab post tidak hanya memberikan keuntungan bagi kreator dalam melakukan kerjasama promosi dengan brand tertentu.

Namun juga membuat konten promosi anda terlihat lebih menarik dibandingkan melakukan tag pada akun brand tertentu yang mengajak anda melakukan promosi berbayar.

Lalu apa saja keuntungan menggunakan fitur instagram collab post di konten promosi.

Kemudahan Interaksi dengan Konten Promosi

Keuntungan pertama dari menggunakan fitur instagram collab post adalah kemudahan dalam mendapatkan engagement berkat konten kolaborasi yang mudah ditemukan oleh pengguna instagram.

Hal ini dikarenakan saat kreator membuat konten instagram collab post maka kolaborator juga akan mendapatkan konten yang sama sehingga postingan akan memperoleh engagement yang lebih besar baik dari akun kreator atau akun instagram brand.

Selain itu bagi pengguna instagram yang melihat konten kolaborasi anda maka akan mengetahui akun instagram brand yang mengajak anda bekerja sama sehingga tidak perlu melakukan kerja dobel untuk melakukan klik pada tag dan pergi ke akun instagram brand untuk mengetahui konten yang diajak kerjasama.

Cara ini tentunya akan membuat akun instagram brand mendapatkan interaksi yang lebih banyak dari komentar serta likes yang diberikan oleh pengikut akun instagram influencer yang anda ajak kerja sama.

Tidak hanya itu, akun instagram brand juga dapat melalukan tracking mengenai akun influencer mana saja yang telah mengunggah konten promosi sesuai dengan perjanjian yang disepakati sebelumnya.

Mengurangi Konten Duplikasi

Saat melakukan promosi campaign untuk produk yang baru saja rilis tentunya kreator instagram brand akan membuat konten mengenai promosi campaign tersebut.

Di sisi lain, kreator juga membutuhkan influencer guna mempromosikan campaign promosi guna menjangkau konsumen yang lebih luas.

Karenanya agar konten yang anda unggah memiliki perbedaan dengan konten yang diciptakan oleh influencer maka kreator bisa menggunakan layanan instagram collab post.

Dengan penggunaan fitur ini tentunya memperkecil kemungkinan konten anda di unggah ulang oleh kreator yang nantinya akan menyebabkan engagement anda berbeda jauh karena perbedaan jumlah pengikut serta jangkauan yang dimiliki oleh kreator.

Tidak hanya itu, dengan memberikan konten promosi yang berbeda tentunya membuat pengikut anda terhibur dengan adanya isi konten yang berbeda.

Jangkau Audience yang Lebih Luas

Cara kerja instagram collab post yang menampilkan konten yang sama di dua tempat yang berbeda akhirnya memberikan jangkauan audience yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan konten tersebut muncul di dua akun instagram, yakni milik influencer yang diajak kerjasama serta akun instagram brand yang anda kembangkan

Kemunculan konten instagram di dua tempat yang berbeda ini juga menjadikan unggahan anda mendapatkan audience baru serta mengenalkan brand anda atau kreator yang diajak kerja sama.

Cara ini merupakan jalan yang tepat untuk menampilkan produk, layanan, kreativitas, serta kemampuan anda di komunitas baru.

Apabila pengguna instagram tertarik dengan konten promosi anda maka bisa saja akun instagram anda mendapatkan pengikut yang lebih banyak.

Menaikkan Engagement Konten

Di saat influencer mengunggah konten untuk dua akun instagram maka anda akan mengumpulkan engagement yang lebih besar yang berasal dari dua komunitas yang berbeda yakni akun instagram influencer serta akun instagram brand yang anda miliki.

Hal ini berarti jumlah likes, comments, dan share dikumpulkan dari dua akun instagram yang kemudian akan di hitung menjadi nilai engagement pada sebuah postingan.

Dengan jumlah engagement rate yang lebih besar tentunya konten kolaborasi anda akan lebih mudah dilihat oleh pengguna instagram sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak dari yang anda bayangkan sebelumnya.

Meningkatkan Penjualan Produk

Fitur instagram collab post ini tidak hanya digunakan untuk kolaborasi konten feed atau reels namun juga bisa digunakan untuk fitur instagram shop.

Adanya kolaborasi dengan akun instagram shop ini tentunya akan membuat banyak orang yang mengetahui akun shopping anda dibandingkan saat anda memasarkannya sendiri melalui akun instagram yang anda miliki.

Promosi akun instagram shop yang maksimal tentunya akan membantu menaikkan penjualan produk anda secara signifikan.

Cara Menggunakan Instagram Collab Post

Melakukan kolaborasi konten menggunakan fitur instagram collab post sangatlah mudah namun tidak segampang kenyataannya.

Sebelum melakukan unggahan konten menggunakan fitur instagram collab post maka influencer bisa melakukan beberapa langkah-langkah berikut.

Pertama, influencer bisa memulai membuat konten kolaborasi yang akan diunggah di akun instagram. Kreator bisa menggunakan konten foto atau video yang kemudian di posting di instagram feed atau reels.

Kedua, masuk ke menu Tag people maka influencer akan diminta untuk mengundang satu kollaborator untuk satu konten.

Ketiga, sekali influencer mengundang kollaborator ke konten anda maka akun tersebut akan menerima undangan sehingga konten tersebut akan muncul di dua tempat sekaligus.

Ide Konten Instagram Collab Post

Saat ini hampir semua influencer menggunakan layanan instagram collab post saat melakukan kolaborasi dengan sebuah brand atau produk.

Namun, sebuah instagram brand juga bisa menggunakan layanan ini agar promosi yang anda lakukan menjadi lebih maksimal serta menjangkau konsumen yang lebih luas.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan dalam menggunakan layanan instagram collab post secara maksimal.

Kolaborasi dengan Influencer atau Konten Kreator

Jenis promosi pertama yang bisa anda lakukan menggunakan fitur instagram collab post adalah melakukan kegiatan pemasaran menggunakan influencer atau konten kreator yang bergerak di industri yang sama.

Konten kolaborasi ini cocok untuk memunculkan akun instagram brand anda dengan influencer yang anda ajak kerjasama.

Promosi satu ini efektif untuk menjangkau konsumen yang diinginkan terlihat dari meningkatnya jumlah brand yang melakukan promosi menggunakan influencer marketing sejak tahun 2019.

Karenanya penggunaan instagram collab post membantu anda untuk menyoroti kegiatan promosi anda bersama dengan influencer yang telah dipilih.

Namun yang mesti diingat saat menggunakan fitur instagram collab post adalah layanan ini tidak menggantikan branded content label.

Sehingga jika kreator ingin menggunakan layanan instagram collab post maka sebaiknya menambahkan label spon con guna memenuhi aturan penyiaran iklan apabila kreator ingin mempromosikan konten kolaborasi ke komunitas yang lebih besar menggunakan layanan iklan berbayar.

Buat Konten Instagram Collab Post dengan Brand Lain

Layanan instagram collab post tidak hanya cocok digunakan untuk melakukan kolaborasi dengan influencer atau konten kreator namun juga bisa di pakai untuk menggunakan konten kerjasama dengan brand lain.

Konten promosi ini bisa anda gunakan apabila mengajak brand lain untuk melakukan produk kerjasama terbatas sehingga dapat menjangkau dua komunitas yang sama dengan konsumen yang berbeda.

Penggunaan konten kolaborasi ini akan membuat konsumen mengetahui produk kolaborasi yang anda luncurkan sehingga membuat konsumen penasaran dan menunggu-nunggu hadirnya produk tersebut.

Salah satu konten kolaborasi antara dua brand adalah produk skincare bernama implora yang mengajak brand makanan ringan relaxa.

Dua brand yang memiliki konsumen dan komunitas yang berbeda ini melakukan kerjasama untuk meluncurkan produk lipstik dengan sensai permen yang menyegarkan.

Adanya kolaborasi yang unik tentunya membuat pelanggan serta konsumen bertanya-tanya dengan hasil yang di rilis sehingga menunggu-nunggu peluncuran produk ini.

Kolaborasi antara dua brand ini sudah sering dilakukan oleh banyak brand guna mendapatkan perhatian dari konsumen serta meningkatkan jumlah penjualan dari dua konsumen setia.

Kerjasama antara dua brand ini tentunya membuat event give away anda menjadi lebih menarik karena akan banyak orang-orang yang berlomba-lomba dalam mendapatkan barang langka yang mungkin tidak akan di rilis lagi dalam waktu dekat.

Penggunaan instagram collab post akan membuat kolaborasi anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna instagram serta konsumen yang dimiliki.

Kolaborasi dengan Konsumen

Bagi sebuah brand yang memiliki banyak konsumen tentunya akan mendapatkan ulasan secara cuma-cuma dari pembeli yang puas dengan layanan atau produk yang anda jual.

Ulasan ini bisa berupa promosi word of mouth ke orang terdekat atau pemberian testimoni di social media dengan mengunggah konten ulasan produk.

Biasanya saat kita mendapatkan ulasan dari konsumen yang melakukan tag pada akun instagram anda maka anda akan melakukan repost konten tersebut di instagram story atau feed.

Namun dengan adanya fitur instagram collab post maka anda bisa mengunggah konten ulasan menjadi lebih baik serta disukai oleh pengikut anda.

Mendapatkan kepercayaan konsumen sangatlah penting untuk social marketing yang sukses dan kehadiran ulasan yang autentik yang anda unggah dari konsumen akan menjadi bukti dari testimoni tersebut.

Tidak hanya itu, mengunggah konten dari konsumen tentunya akan membantu meningkatkan engagement yang lebih besar.

Di sisi lain akan bermunculan juga testimoni dari konsumen lain yang ingin di repost oleh akun anda sehingga secara tidak langsung anda akan mendapatkan ulasan yang lebih banyak secara gratis tanpa perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk promosi testimoni melalui iklan berbayar.

Salah satu akun instagram yang menggunakan fitur instagram collab post untuk meningkatkan testimoni konsumen adalah akun Apple yang aktif mengunggah konten dari fotografer yang memotret objeknya menggunakan handphone Apple.

Dengan adanya ulasan ini tentunya membuat orang yang mengikuti akun Apple tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan satu ini.

Konten Pengumuman Give Away

Guna memberikan apresiasi terhadap konsumen yang dimiliki maka sebuah brand bisa mengadakan berbagai event khusus untuk menyambut berbagai perayaan tertentu. Salah satunya adalah event give away untuk menyambut hari ulang tahun atau peluncuran produk baru.

Saat mengumungkan pemenang give away biasanya kreator akan memberikan pengumuman di akun instagram sambil mengunggah foto pemenang.

Cara yang jamak ini terkadang membuat konsumen bosan sehingga kreator bisa melakukan cara pengumuman give away yang lebih efektif dan juga menyenangkan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan instagram collab post untuk melakukan tag pada akun instagram pemenang.

Dengan cari ini maka kreator tidak perlu menyebutkan nama pemenang di caption dan membuat konsumen senang karena akun instagram yang dimiliki diketahui oleh banyak orang.

DI sisi lain, cara pengumuman pemenang satu ini cocok bagi seseorang yang mengikuti kontes desain karena akan makin banyak orang yang mengunjungi akun instagram pemenang sehingga bisa mendapatkan pengikut yang lebih banyak.

Konten Promosi Produk

Bagi penjual yang memiliki produk yang dijual secara offline maka menggunakan fitur instagram collab post cocok digunakan saat melakukan kolaborasi dengan konten kreator atau influencer.

Caranya adalah meminta influencer untuk datang ke toko yang anda miliki guna mengulas isi toko serta berbagai barang yang dijual.

Tidak hanya itu, influencer juga bisa melakukan tutorial penggunaan produk yang dijual, hasil akhir produk, serta before and after setelah menggunakan layanan yang dijual.

Perlu diingat bahwa seorang konsumen lebih menyukai ulasa langsung apalagi yang mendatangi merupakan influencer kesukaan yang suka mengulas produk yang sesuai dengan minat serta komunitas yang dimiliki.

Jenis promosi satu ini cocok untuk mengenalkan toko yang baru saja dibuka atau meningkatkan pengunjung toko untuk berkunjung dan berbelanja produk yang anda jual.

Pengumuman Event atau Kolaborasi

Sedang berencana membuat event atau kolaborasi dengan influencer terkenal dan mencari cara baru promosi yang lebih efektif? menggunakan fitur instagram collab post bisa menjadi solusinya.

Penjual bisa mengunggah pengumuman event atau kolaborasi tersebut dengan mengundang akun instagram influencer yang akan anda ajak kerjasama.

Promosi satu ini efektif agar pengikut yang dimiliki influencer bisa mengetahui event yang mengajak kerjasama dengan influencer tersebur sehingga berminat untuk mengikuti acara yang akan diadakan.

Di sisi lain, komunitas yang anda miliki akan semakin tertarik dalam mengikuti acara tersebut setelah melihat bintang tamu yang diajak kolaborasi.

Karenanya memastikan influencer yang anda pilih disukai oleh banyak orang tentulah penting untuk meningkatkan hype pada event yang anda lakukan.

Jangan lupa juga untuk menyertakan tanggal dan nama event yang akan diselenggarakan sehingga konsumen bisa mengetahui kegiatan yang akan dilakukan dengan influencer tersebut.

Tidak hanya itu, apabila anda ingin mengajak influencer untuk dijadikan brand ambassador maka anda bisa mengumumkan penunjukkan tersebut dengan melakukan tag pasa konten instagram collab post agar pengumuman terasa semakin eksklusif dan bisa diketahui oleh banyak orang.

Give Away dengan Influencer

Instagram collab post memberikan anda kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan brand lain atau influencer untuk mengadakan campaign giveaway.

Biasanya saat melakukan event give away, kedua belah pihak akan mengunggah postingan yang sama sehingga masing-masing pengikut bisa mengetahui acara tersebut sehingga berlomba-lomba dalam memenangkan hadiah yang ditawarkan.

Kehadiran instagram collab post membuat cara ini lebih mudah dengan meminta satu akun mengunggah konten give away kemudian mengundang akun instagram yang diajak kerja sama untuk menyetujui undangan tersebut sehingga event give away bisa dipromosikan lebih mudah sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan engagement yang lebih besar dari kedua komunitas sehingga konten giveaway bisa dilihat lebih banyak orang.

Pamerkan Hasil Layanan Produk

Fungsi dari instagram collab post yang digunakan untuk kolaborasi dua akun instagram juga bisa dipakai untuk memamerkan bagaimana produk atau layanan anda bekerja dengan baik.

Di saat anda melakukan kerja bersama, berbagi inspirasi, atau membuat kolaborasi produk dengan sebuah brand atau influencer maka fitur instagram collab post bisa digunakan untuk memamerkan hasil karya anda dengan brand tersebut.

Cara ini bisa dilakukan ketika anda melakukan layanan kepada influencer yang memiliki komunitas yang anda tuju sehingga akan makin banyak ornag yang mengenal produk anda sehingga tertarik untuk menggunakan layanan anda ke depannya.

Keberadaan kolom komentar di konten instagram collab post juga bisa digunakan sebagai bagian dari testimoni sehingga akan semakin banyak orang yang memberikan ulasan terbaik terhadap produk anda secara cuma-cuma.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.