apa itu monetisasi instagram

Tips Temukan Influencers Instagram Untuk Campaign

Pelajari cara mudah menemukan instagram influencers untuk promosikan usaha anda agar semakin viral dengan beberapa langkah mudah berikut.

Dunia social media tidak pernah berubah. Kreator tidak hanya membuat akun instagram dan berharap menjadi terkenal dengan sendirinya dan instan.

Tidak heran, banyak akun social media yang menggunakan jasa influencer social media untuk mengenalkan akun social media brand serta produk yang sedang dikembangkan.

Beberapa tahun ke belakang, kerjasama dengan influencer terutama instagram. influencers instagram akan membantumu untuk meraih konsumen yang lebih luas dibandingkan melakukan promosi sendiri melalui akun yang anda miliki.

Salah satunya adalah kreator mungkin saja menemukan influencers instagram yang populer di kalangan konsumen anda yang tentunya berkaitan dengan industri yang anda jalani.

Seperti akun brand kosmetik yang menggunakan influencers instagram yang bergerak di bidang skincare atau kosmetik untuk mempromosikan produk yang anda miliki agar bisa menjangkau instagram followers yang dimiliki.

Tipe kerjasama satu ini tentunya membantu pelaku usaha untuk meluaskan bisnis anda.

Karenanya sebelum memilih influencers instagram yang tepat maka ketahui dulu strateginya dan pentingnya untuk menggunakan tokoh yang tepat.

apa itu influencers instagram

Apa Itu Influencers Instagram

Bagi pengguna instagram aktif tentunya pernah atau sedang mengikuti satu atau dua influncers instagram?

Konten yang menarik serta pembahasan yang sesuai minat tentunya membuat pengguna instagram tertarik mengikuti influencers instagram tersebut apalagi jika konten yang dibuat mendadak viral dalam jangka waktu lama.

Influencers instagram juga sama seperti influencers social media yang mempengaruhi pengguna instagram untuk menggunakan produk yang dipromosikan atau mengikuti gaya hidup yang digunakan dan dipamerkan di akun instagram.

Pengguna instagram yang banyak dengan berbagai minat yang bisa dipilih tentunya bisa membuat influencers menjadi lebih terkenal apabila memiliki ide konten yang diminati oleh banyak orang.

Karenanya pengaruh influencers instagram tentunya sangat penting untuk mempengaruhi konsumen yang dimiliki apalagi jika pembeli anda kebanyakan berkumpul di instagram.

apakah influencers instagram penting

Apakah Influencers Instagram itu Penting?

Jangkauan yang luas serta nama besar yang terkenal memiliki banyak fans menjadikan influencers instagram menjadi incaran banyak brand terkenal untuk mempromosikan brand serta produk yang dimiliki.

Instagram sendiri juga menjadi salah satu social media yang banyak digunakan oleh pengguna internet sehingga tidak heran apabila pengaruh platform satu ini sangat besar.

Tidak jarang, pelaku usaha menggunakan jasa influncers instagram ini untuk menjangkau konsumen yang dimiliki melalui influencers yang sudah diikuti sebelumnya.

Tidak hanya itu, menggunakan jasa influencers instagram tentunya dapat memberikan keuntungan lain yang tetunya tidak ditemukan di social media lain.

Membangun Identitas Brand Melalui Gambar yang Estetik

Instagram sendiri terkenal dengan berbagai konten gambar estetik yang mampu menarik perhatian penggunanya untuk terus mencari konten yang sesuai di instagram.

Tidak hanya itu, instagram saat ini juga dilengkapi dengan konten video dimana penggunanya dapat mengunggah video dengan durasi tertentu serta ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Konten gambar dan video yang menarik tentunya bisa menarik minat pengguna instagram untuk mengikuti influencers instagram yang sesuai dengan hobi yang ditekuni.

Kehadiran gambar yang estetik serta konten promosi video yang menggungah selera juga menjadi alasan pengguna instagram tergiur untuk membeli barang yang dipromosikan oleh influencers instagram.

Influencers Instagram Memiliki Fans Garis Keras

Interaksi yang erat dengan instagram followers yang dimiliki serta konten yang sesuai dengan minat fans yang disasar menjadikan influncers memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Tidak jarang, fans influencers instagram tersebut memiliki keinginan untuk membeli berbagai barang yang dipakai atau dipromosikan berkat gaya beriklan yang menarik.

Ditambah lagi jika influencers instagram memberikan ulasan yang baik terhadap produk maka fans akan berbondong-bondong untuk membeli produk anda.

Basis penggemar yang banyak serta pengaruh yang kuat menjadikan influencers instagram sering diincar oleh pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan brand yang dimiliki agar lebih terkenal sehingga memiliki konsumen yang lebih banyak.

Karenanya memilih influencers instagram yang sesuai dengan bidang yang dimiliki tentunya akan membuat brand awareness produk anda meningkat tajam.

Kemudahan Untuk Ekplorasi Konten Instagram

Konten gambar dengan dukungan instagram feed serta berbagai macam filter yang disediakan oleh fitur instagram story.

DItambah lagi dengan konten video yang memiliki instagram reels yang terbukti menjangkau pengguna instagram yang lebih luas menjadikan influencers memiliki banyak pilihan dalam mengunggah konten yang dimiliki.

Hal ini tentunya memudahkan bagi pelaku usaha untuk memilih konten instagram yang cocok untuk promosi produk sesuai dengan tipe konten yang disukai konsumen.

Meskipun range harga masing-masing konten berbeda namun jika pelaku usaha mampu memilih jenis konten yang tepat tentunya akan membantu promosi anda berjalan lancar.

Kreativitas influencers instagram dalam mempromosikan produk yang dimiliki tentunya menjadi manfaat sendiri bagi pelaku usaha untuk menjadikan produk anda menjadi lebih ciamik.

Hal ini dikarenakan influencers instagram mengetahui jenis konten apa saja yang sesuai dengan konsumen yang dimiliki serta cara kreatif untuk menjangkau konsumen tersebut.

Influencers Instagram Bisa Menjangkau Siapa Saja

Dengan adanya instagram explore serta iklan berbayar dari instagram tentunya konten kolaborasi anda dengan influencers instagram tidak hanya menjangkau pengikut yang dimiliki namun konsumen di luar itu.

Hal ini dikarenakan jangkauan konten instagram yang luas melalui instagram explore tentunya akan membuat konten promosi anda akan mudah dijangkau oleh orang lain.

Apalagi dengan kehadiran iklan berbayar yang dapat menjangkau berbagai jenis konten seperti instagram story, reels, dan kini telah merambah hingga instagram feed.

Namun dengan banyaknya pilihan promosi serta influencers instagram yang anda gunakan terkadang membuat konsumen enggah melihat konten promosi anda apalagi jika isi iklan terlihat mengiklankan diri yang mana sangat dihindari oleh pengguna instagram.

Karenanya agar promosi anda disukai oleh konsumen maka kreator bisa memadupadankan dengan konten yang biasa diunggah oleh influencers instagram sehingga produk bisa dikenalkan secara perlahan tanpa adanya paksaan sekalipun.

Saat ini, banyak sekali influencers instagram yang memadupadankan promosi dengan konten yang dimiliki sehingga pengikutnya tetap menikmati konten yang diunggah sambil penasaran dengan produk yang dipromosikan di sela-sela konten tersebut.

Pilihan Influencers Instagram yang Beragam

Dengan banyaknya kreator yang aktif di instagram tentunya membuat kreator memiiki banyak pilihan dalam memilih influencers instagram yang cocok dengan konsumen yang dimiliki.

Karenanya pastikan untuk memilih influencers instagram yang sesuai dengan konsumen yang anda tuju dan memiliki track record yang baik agar kerjasama promosi anda berjalan dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun untuk menemukan instagram influencers yang sesuai dengan campaign yang dikembangkan maka pelaku usaha bisa melakukan beberapa cara berikut.

cara menemukan instagram influencers

Cara Menemukan Influencers Instagram

Banyaknya influencers instagram yang menarik minat terkadang membuat pelaku usaha bingung untuk memilih orang yang tepat dan dapat merepresentasikan produknya dengan baik.

Karenana agar anda dapat memilih influencers instagram yang tepat maka beberapa langkah berikut bisa anda lakukan untuk langkah promosi yang tepat.

Ketahui Nilai Brand Anda

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memilih influencers instagram yang tepat adalah dengan mengetahui nilai brand anda.

Nilai ini bisa berupa produk apa yang anda kembangkan dan solusi yang dapat diberikan dengan kehadiran brand anda di mata konsumen.

Pengetahuan mengetahui nilai brand ini nantinya akan membantu anda untuk memilih influencers instagram yang tepat sehingga dapat membantu dalam mempromosikan produk dan brand anda.

Identifikasi Tipe Campaign Anda

Saat membuat strategi marketing untuk promosi produk anda maka kreator akan diberikan pilihan campaign yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, apakah anda ingin menaikkan instagram followers anda, mengajak konsumen untuk mengikuti kegiatan tertentu, atau promosi produk yang akan diluncurkan pada waktu yang akan datang.

Pemilihan campaign yang tepat ini penting untuk membantu kreator dalam menentukan konten promosi yang sesuai dengan influencers instagram tersebut serta memilih orang yang tepat dalam menyebarkan campaign yang ingin anda jalankan.

Dalam memilih influencers instagram yang tepat maka kreator bisa melihat konten promosi yang dilakukan dengan brand atau produk sehingga bsia menjadi penentu apakah influencers instagram tersebut cocok dengan campaign anda.

Dengan memilih influencers instagram yang memiliki pengalaman dalam memasarkan isi campaign yang sama maka akan lebih mudah bagi kreator untuk menjelaskan materi promosi dibandingkan dengan seseorang yang baru mendapatkan proyek tersebut.

Lakukan Analisa yang Rinci

Langkah selanjutnya yang penting dilakukan oleh kreator untuk memilih influencers instagram yang tepat adalah melakukan analisa secara rinci.

Beberapa analisa yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek jumlah pengikut yang dimiliki, siapa saja yang diikuti oleh influencers instagram tersebut, dan tanyakan juga pada diri anda apakah orang tersebut mampu menyampaikan promosi yang ingin anda berikan serta dapat meningkatkan konsumen yang dimiliki.

Jangan lupa juga untuk melihat dengan siapa saja influencers instagram tersebut pernah bekerja sama sebelumnya serta tanyakan juga bagaimana cara kerja serta hasil yang diperoleh dari kerja sama promosi tersebut.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem kerja influencers instagram tersebut sesuai dengan yang biasa anda lakukan dan juga hasilnya sudah sesuai dengan yang anda inginkan.

Dengan mengetahui beberapa data tersebut tentunya akan memudahkan kreator menghadapi berbagai resiko yang akan dihadapi ke depannya serta menjadi bahan pertimbangan apakah kreator tersebut bisa dipakai untuk kebetuhan promosi ke depannya.

Jabarkan Juga Kegiatan Promosi untuk Influencers Instagram

Sebagai seorang influencers instagram tentunya tidak hanya mengunggah konten promosi yang diminta namun juga dapat diminta untuk menuliskan caption yang telah dipesan serta tanggal unggah konten sesuai dengan waktu yang diminta.

Beberapa kreator terkadang meminta influencers instagram untuk melakukan berbagai kegiatan tertentu seperti mengadakan kunjungan ke toko offline yang baru saja dibuka atau melakukan perjalanan liburan dengan keluarga.

Berbagai kegiatan promosi ini juga sebaiknya dijabarkan dengan jelas untuk memperjelas apa saja yang harus dilakukan influencers instagram selama proses promosi berlangsung, pantangan yang tidak boleh dilakukan, serta konten yang harus diunggah.

Hal ini juga akan menentukan apakah influencers instagram mau melakukan kegiatan promosi tersebut atau dapat diganti ke promosi yang lain.

Pemberian list kegiatan promosi ini tentunya akan menentukan range harga yang berbeda yang juga harus dipatuhi oleh influencers instagram selama proses promosi berlangsung.

Kreator bisa menambahkan pengetahuan yang dimiliki mengenai industri yang dimiliki guna membuat keputusan seorang influencers instagram yang dapat merepresentasikan usaha anda dengan baik.

Pemilihan influencers instagram yang tepat akan terbayarkan dengan kepercayaan konsumen potensial dengan pelagggan yang dimiliki.

Ketahui Minat Influencers Instagram

Banyaknya influencers instagram tentunya memiliki minat yang berbeda sesuai dengan hobi yang ditekuni seperti di bidang make up atau kuliner.

Perbedaan minat tentunya bermanfaat bagi kreator untuk memilih influencers instagram yang sesuai dengan produk dan industri yang anda geluti.

Apabila influencers instagram tersebut tidak berkaitan dengan produk yang anda geluti maka sebaiknya kreator memilih orang lain agar proses promosi bisa berjalan dengan lancar.

Hal ini dilakukan karena pengikut yang banyak yang dimiliki oleh influencers instagram tidak menentukan memiliki konsumen yang sesuai dengan produk sehingga budget promosi yang anda keluarkan bisa saja tidak sesuai dengan hasil yang akan anda dapatkan.

Kreator dapat memilih influencers instagram dengan minat yang sama dengan melihat kreator yang sering muncul di instagram explore yang tentunya menampilkan akun instagram yang sama dengan minat anda,

Cek Jumlah Pengikut yang Dimiliki

Jumlah pengikut yang dimiliki oleh influencers instagram tentunya penting untuk mengetahui luasnya jangkauan produk serta perkiraan budget yang dimiliki.

Dalam dunia marketing sendiri, urutan influencers sendiri dibagi berdasarkan pengikut yang dimiliki mulai dari nano hingga mega influencers.

Semakin besar jumlah pengikut yang dimiliki tentunya akan menguntungkan bagi kreator untuk menjangkau konsumen yang lebih luas apalagi jika influencer instagram tersebut sudah memiliki nama besar di bidangnya.

Salah satu contohnya adalah macro influencers dengan jumlah pengikut mencapai 100.000 followers cocok untuk campaign brand awareness namun memiliki kelemahan dalam engagement dengan pengikut yang dimiliki karena jumlah interaksi yang masuk.

Akan tetapi jika kreator mencari influencer instagram yang cocok untuk konten promosi berbasis interaksi dengan pengikut yang dimiliki maka nano influencer dengan jumlah pengikut mencapai 10.000-50.000 orang cocok untuk promosi satu ini karena followers yang lebih sedikit memungkinkan untuk interaksi yang lebih erat.

Karenanya penting bagi kreator untuk memilih influencers instagram berdasarkan pengikut yang dimiliki yang tentunya sesuai dengan promosi yang akan dijalankan.

Pastikan Pengikut Instagram Organik

Pernahkah anda melihat akun instagram yang memiliki banyak pengikut namun dengan jumlah interaksi yang sedikit bahkan tidak sesuai dengan instagram followers yang dimiliki?

Jika hal ini terjadi bisa saja akun instagram tersebut menggunakan instagram followers berbayar dimana pemilik akun membayar jumlah pengikut instagram tertentu yang biasanya terdiri dari akun bot, spam, atau yang sudah terpakai dalam jangka waktu tertentu.

Penggunaan instagram followers berbayar sendiri sangat tidak disarankan ditambah instagram sangat ketat dengan akun instagram yang ketahuan membeli pengikut dalam jumlah tertentu.

DItambah lagi, akun instagram dengan pengikut berbayar tentunya tidak memiliki jangkauan instagram yang luas karena pengikut yang diminiliki berasal dari instagram followers palsu.

Karenanya kreator sebaiknya menghindari akun instagram yang memiliki tingkat interaksi yang rendah meskipun memiliki pengikut yang banyak.

Gunakan Hastag yang Relevan

Di Instagam sendiri, pengguna tidak hanya bisa mengikuti akun yang disukai namun instagram hastag yang sesuai dengan industri yang anda geluti.

Dengan mengikuti berbagai macam tagar tersebut tentunya kreator akan dengan mudah menemukan influencers instagram yang berkaitan dengan produk anda yang tentunya memiliki pengikut yang banyak.

Tidak hanya itu, kreator juga akan menemukan ide-ide konten instagram yang menarik dan tentunya bisa digunakan di akun instagram yang anda miliki.

Penggunaan instagram hastag yang sesuai di postingan instagram yang diunggah tentunya akan membuat postingan anda lebih cepat naik dibandingkan hanya menggunakan foto yang estetik juga penggunaan caption yang menarik.

photo1651755901

Meskipun begitu, variasi instagram hastag yang beragam ini terkadang membuat kreator bingung untuk memilih tagar yang tepat dan banyak diikuti oleh banyak orang.

Kreator bisa memilih tagar yang sesuai menggunakan kata kunci yang banyak dipakai oleh pengguna instagram serta memiliki jumlah postingan terbanyak.

Dengan begitu kreator akan dengan mudah menemukan influencer instagram yang sesuai dengan keinginan serta dengan target konsumen yang sesuai.

Gunakan Google Sebagai Mesin Pencari

Siapa sih yang tidak pernah menggunakan layanan mesin pencari Google Search? Platform satu ini telah memudahkan banyak orang untuk mencari semua jawaban dari permasalahan yang sedang terjadi saat ini.

Begitu juga dengan mencari influencers instagram yang tepat untuk branding promosi produk yang akan diluncurkan.

Cara mencari influencer instagram di halaman Google pun sangat mudah. Contohnya adalah kreator cukup mengetikkan influencer instagram skincare di Indonesia.

Capture

Voila, dengan satu kali tekan maka Google akan memberikan rekomendasi influencers instagram yang sesuai dengan industri yang kita miliki ditambah dengan berbagai data yang dibutuhkan, seperti jumlah pengikut yang dimiliki, industri yang digeluti, serta sasaran konsumen yang dituju.

Dengan informasi yang lengkap tentunya kreator akan dengan mudah melakukan penilaian terhadap influencer instagram yang sesuai serta mengumpulkan berbagai akun instgaram tersebut untuk kemudian ditawari sebagai bagian dari pengiklan produk yang dimiliki.

Amati Bio Instagram yang Dicantumkan

Sudah menemukan influencers instagram yang cocok namun belum menemukan informasi mengenai contact person atau bidang yang digelut? Kreator bisa memanfaatkan informasi dari Bio instagram yang dimiliki.

photo1651759404

Pada kolom tersebut maka kreator dapat menemukan berbagai informasi yang valid seperti jumlah pengikut yang dimiliki, unggahan konten, industri yang digeluti, serta contact person yang bisa dihubungi untuk melakukan kerjasama.

Kreator dapat melakukan scanning apakah followers instagram yang dimiliki sesuai dengan target market yang dimiliki dan juga brand yang dikembangkan.

Tidak hanya itu, influencer instagram yang memiliki banyak followers juga biasanya merambah ke social media lain, seperti : Tiktok, Twitter, atau bahkan Youtube.

Banyaknya kanal social media yang dimiliki di dukung dengan jumlah pengikut yang banyak tentunya akan menjadi nilai tambah bagi influencers instagram sehingga bisa mempromosikan produk yang diajak kerjasama di berbagai social media yang dimiliki.

Ketahui Riwayat Kerjasama Influencers Instagram

Apakah influencers instagram yang anda pilih sudah pernah bekerja sama dengan brand lain sebelumnya?

Jika sudah, maka hal ini menjadi poin bagus bagi anda karena influencers instagram tersebut pastinya telah memiliki pengalaman dalam bekerja sama industri yang sama sebelumnya.

Apabila riwayat kerjasama tersebut sesuai dengan kriteria anda maka kreator bisa melakukan beberapa langkah berikut :

Reach Out

Salah satu cara mudah untuk memulai interaksi dengan influencers instagram yang dipilih adalah dengan mengirim direct message ke akun instagram tersebut atau menghubungi contact person yang disediakan.

Jangan lupa untuk menjelaskan jenis usaha anda, ide campaign yang akan dijalankan, dan alasan menggunakan jasa influencers instagram tersebut.

Jangan lupa juga untuk menanyakan biaya jasa promosi menggunakan konten atau kanal social media tertentu untuk menimbang apakah budget promosi yang dimiliki sudah sesuai dengan harga jasa yang ditawarkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.