Ukuran Story Instagram yang Tepat & Cara Optimasi-nya

ukuran-story-instagram

Story Instagram adalah salah satu fitur andalan pengguna Instagram. Tentunya, kita ingin mengoptimalkan Instagram Story kita kita bukan? Salah satu caranya adalah memahami ukuran story Instagram dengan Tepat.

Karena, dengan memanfaatkan ukuran yang tepat inilah kita bisa menciptakan “visual stimulus” (gambaran untuk menyampaikan isi dari sebuah konten).

Artinya, dengan memaksimalkan dimensi instagram story. Kita bisa membuat Instagram Story yang lebih menarik perhatian dan meningkatkan performa instagram story itu sendiri.

Ada 2 Jenis Ukuran Instagram Story yang digunakan dalam desain, yaitu:

Ukuran Story Instagram Gambar / Foto (Image)

Ukuran Instagram Story Gambar / Foto yang bisa kamu gunakan adalah 1080 x 1920 piksel (portrait) dengan aspek rasio 9:16.

ukuran instagram story

Namun, bagi beberapa device yang resolusinya tidak bisa mendapatkan file dengan 1080×1920 piksel bisa menggunakan rasio berikut:

  • Ukuran Instagram Story : 720 x 1280 piksel
  • Ukuran Instagram Story : 450 x 800 piksel

Format Instagram Story ada 2 jenis Format yang bisa digunakan untuk Instagram Story yaitu JPG atau PNG dengan maksimum 30MB.

Ukuran Instagram Story Video

Selain konten Instagram Story dalam bentuk foto, kamu juga Posting dalam bentuk Video. Sama seperti ukuran Instagram Story Foto. Konten Story dalam bentuk Video juga berukuran 1080 x 1920 piksel (portrait) atau aspek rasio 9:16.

Untuk Resolusi video Instagram Story minimal adalah 720p, hindari dibawah itu karena akan membuat video instagram story menjadi buram/blur. Ini akan membuat Story jadi tidak menarik dan performanya menurun.

Oh iya, Besar File Instagram Story Video adalah maksimal 4GB (format MP4 atau MOV)

Jadi, pastikan untuk memaksimalkan Ukuran Instastory agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Mengingat Instagram adalah platform visual.

🚨TIPS OPTIMASI INSTAGRAM STORY

Kamu bisa melakukan Optimasi Konversi Instagram Story dengan menggunakan Framework AIDA yaitu :

  • Attention : 3 Detik pertama fokus pada menarik perhatian penonton, bisa memanfaatkan fast transition (perubahan cepat).
  • Interest : Bangun minat dengan menyampaikan masalah yang umum dihadapi atau potensi tertentu yang bisa didapatkan oleh penonton.
  • Desire : Munculkan Hasrat untuk mengatasi masalah tersebut atau mendapatkan potensi pada topik sebelumnya.
  • Action : Berikan arahan yang jelas (sebaiknya 1 saja) kemana mereka bisa mendapatkan informasi tersebut. Misal : Cek Bio, Swipe up atau Link tertentu.

Saya pribadi sangat menyarankan, untuk tidak menggabung semua Framework diatas menjadi 1 Frame Instagram Story. Karena maksimum 15 detik per 1 Frame Story tentu tidaklah cukup.

optimasi instagram story

Sehingga cobalah gunakan Framework AIDA menjadi 2 Frame, jadinya (Attention Interest) + ( Desire Action)

Atau menjadi 4 Frame yaitu Attention + Interest + Desire + Action. Kamu boleh mencoba variasi lain.

Dengan memecah Instagram Story menjadi beberapa Frame, kita menjadi tidak terlalu “jualan aja”, tapi memberikan sesuatu yang menarik dulu… Selain itu, kita bisa mendapatkan positive action pada Algoritma Instagram Story.

Btw, Kalau kamu sedang mengembangkan Instagram, saya sangat menyarankan kamu untuk ikutan bergabung di Kelas Instagram Organik juga.

kelas instagram organik

Karena kamu bisa mendapatkan pembelajaran Komprehensif, Lengkap, Update seputar Instagram. Termasuk akan mendapatkan Akses ke Komunitas Instagram Terbaik di Indonesia dengan lebih dari 21,000+ orang disana.

Aplikasi Rekomendasi membuat Instagram Story

Setelah kita sudah mengetahui optimasi Instagram Story melalui Ukurannya. Tentu muncul pertanyaan, tentang gimana cara buatnya. Terutama kalau ada cara mudahnnya…

Bener?

Mari kita bahas beberapa aplikasi rekomendasi untuk membuat Instagram Story yang bisa kamu gunakan untuk membuat Instagram Story.

Adobe Photoshop

Aplikasi desain Instagram Story via Desktop / PC yang cukup populer adalah Adobe Photoshop. Karena memang cukup banyak penggunanya. Terlebih kelebihan fitur pada Adobe Photoshop terbaru (2021) yang bisa membantu kita langsung membuat banyak desain.

Saya akan jelaskan sedikit untuk membuat Layout Instagram Story di Photoshop ya…

  1. Bukalah Aplikasi photoshop kamu ya (saya menggunakan Adobe Photoshop 2021). Kalau berbeda tampilan, tapi dasar fitur / menu pilihannya sama aja kok… Pilihan “Create New
instagram story photoshop
  1. Kemudian silahkan pilih mode “Custom” dan mengisi format “Preset details” sesuai ukuran Instastory seperti gambar dibawah ini ya.
ukuran instastory

Note : Resolusi sebaiknya minimal di 72 pixels ya…

  1. Selanjutnya, layout pada Photoshop sudah dibuat. Kamu bisa mulai mendesain Instagram Story yang kamu inginkan.
ukuran pixel instagram story

Canva

Siapa sih yang gak tau aplikasi penyelamat ini? Tools Canva ini bener-bener populer banget, terutama untuk orang yang tidak bisa desain (seperti saya). Karena membuat Desain jadi lebih mudah aja…

Bahkan, ada ribuan Template Gratis Instagram Story yang diberikan oleh Canva bahkan untuk pengguna gratisan. Sehingga sangat memudahkan banget dalam proses pembuatan desain grafis termasuk desain Instagram Story.

Cara mendesain Instastory dengan Canva juga relatif mudah :

  1. Buatlah akun Gratis di Canva.com
  1. Kemudian setelah melalui semua tahapan proses pendaftaran, kamu akan masuk kehalaman pilihan opsi seperti berikut ini :
desain instagram story canva

Pilihlah “Social Media” dan akan muncul menu “Instagram Story” seperti gambar diatas.

  1. Kemudian Klik “Instagram Story” tersebut, dan kamu akan masuk kehalaman editor Instagram. Disini kamu bisa mulai memilih template atau mulai mendesain Instastory-mu.
instagram story canva
  1. Setelah selesai, langsung aja deh “Download” File Instagram Story kamu. Tapi pastikan juga, sebaiknya memastikan kembali ukuran File-nya ya.
template instagram story

Crello

Kalau ini tools favoritku secara pribadi, namanya Crello.com (klik disini) tools yang super banget sih menurutku. Bahkan, sampai pake yang berbayar (Tapi ada gratisan juga yang ok kok).

dan ini bukan Endorse gitu ya, tapi emang karena Tools Favoritku… Karena bisa buat gambar animasi, statik, stock image yang uda include, bahkan ada 32K+ Video clip Full HD untuk visual.

Langsung saya jelasin aja ya… Silahkan buka link : Crello kemudian Sign Up aja.

aplikasi desain instagram story

Kalau sudah Sign Up dan menyelesaikan verifikasi pake yang Gratis juga gak apa, bisa dapat 5 Desain tiap bulan. Selanjutnya kamu bisa pilih aja menu Desain Instagram Story atau Instagram Video Story seperti dibawah ini.

edit instastory crello

Sudah memilih, maka akan masuk kehalaman editornya seperti gambar dibawah ini.

desain instastory crello

Disini kita mulai akan mendesain Story Instagram sesuai yang diinginkan. Ada banyak template yang menurut saya lebih cakep dibandingkan Canva. Terlebih bisa membuat Gambar, Teks dengan Animasi sehingga lebih menarik lagi. Silahkan dicoba ya…

Unfold

Kali ini adalah Tools Desain Instagram Story dari Smartphone yaitu UNFOLD yang bisa kamu download di playstore (klik disini).

desain-story-instagram-unfold

Aplikasi Unfold ini sendiri tercatat sudah di-download lebih dari 10 Juta pengguna. Tentu angka gak bohong mengenai Tools ini. Aplikasi ini cukup banyak memberikan Template dan editor yang cukup lengkap.

Hal terpenting dari Unfold menurut saya adalah Resolusi yang kita dapatkan relatif tinggi. Sehingga tidak membuat Instagram Story menjadi Blur / Buram.

Adobe Spark Post : Graphic Design & Story Templates

Adobe Spark (klik disini) adalah tools grup Adobe yang merupakan perusahaan Teknologi kelas Dunia. Tentunya sangat terjamin secara aplikasinya. Hal paling menarik dari Adobe Spark adalah tools ini yang memiliki Fitur bagus banget walaupun Gratisan (ada berbayar juga sih).

adobe spark post

Saya pribadi juga sesekali menggunakan Adobe Spark Post di Desktop. Jadi desain di HP maupun di Desktop keduanya cukup saya rekomendasikan.

Hal menarik yang bisa kita dapatkan dari Adobe Spark Post adalah beberapa fitur berikut ini :

  • Membuat Kolase Foto
  • Bisa langsung Posting di Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest
  • Template Quote yang cukup banyak
  • Bahkan memberikan banyak template untuk media sosial lainnya juga.

StoryArt

Aplikasi StoryArt (klik disini) menurut saya juga aplikasi yang tergolong bagus, dengan konsep “ala-carte”. Dimana kita bisa membeli kumpulan desain tertentu yang kita inginkan.

storyart desain instagram story

Tercatat sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna. Dengan desain yang menurut saya tematis, minimalistik & monochrome. Bagus untuk Selebgram, atau Produk-produk Fashion.

Selain itu, StoryArt menyediakan variasi Font & Filter yang juga sangat mendukung estetika dari Postingan yang akan dibuat. Jadi lebih mudah mendapatkan konten dengan estetika yang konsisten.

Mojo – Animated Stories for Instagram

Kurang rasanya kalau belum membahas untuk Aplikasi untuk Instagram Story dengan fitur Animasi. Salah satu tools yang cakep banget adalah Mojo – Animated Stories for Instagram (klik disini).

aplikasi desain instagram story mojo

Keunggulan aplikasi Mojo dibandingkan yang lain menurut saya adalah “Text Effects” yaitu efek animasi pada tulisan. Karena salah satu kunci utama, penyampaian informasi visual selain dari Video atau Gambar, tentunya dari Teks.

Dengan memberikan Teks yang bergerak, akan meningkatkan perhatian penonton untuk membaca informasi tersebut. Maka fitur ini merupakan fitur Favorit saya pribadi sih, selain dari animasinya bagus & cukup kekinian.

Kesimpulan ( Insights )

Kalau ngomongin aplikasi apa aja, tentunya banyak banget (ada ribuan kali ya). Tapi, apapun aplikasinya menurut saya bebas kok, selama mudah, nyaman & tujuan akhirnya tercapai. Semoga bermanfaat!

Total
0
Shares
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts