tiktok bisnis

Tips Jualan di TikTok Tahun 2021 untuk Pemula

Dulu beberapa orang beranggapan bahwa TikTok hanyalah aplikasi untuk memposting video lucu dan menghibur. Ternyata pada awal tahun 2021 mulai banyak orang yang berjualan jasa maupun barang lewat aplikasi TikTok, loh! Kali ini saya akan kasi tips jualan di Tiktok untuk pemula.

Sekarang, TikTok memiliki hampir 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, dengan hampir 80 juta hanya di AS. Konten yang beragam yang seperti tidak ada habisnya membuatnya cukup membuat ketagihan.

Pengguna menghabiskan rata-rata 52 menit per hari untuk menggulir video acak.

 Karena banyaknya pengguna TikTok, kamu berpotensi untuk mempromosikan produk untuk menjadi viral.

tips jualan di tiktok

Tips Jualan di TikTok

Salah satu kekuatan terbesar Tiktok terletak pada menciptakan komunitas erat dan besar. Sebuah meme, trend, atau lagu yang dibuat di TikTok dapat dengan cepat menjadi fenomena viral.

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25

Beralih ke Akun Pro

Pengguna TikTok memiliki pilihan untuk menggunakan akun “Pribadi” atau dua jenis akun “Pro” yaitu, “Kreator” atau “Bisnis”

Saat pertama kali membuat akun, itu akan otomatis menjadi akun Pribadi. Ada beberapa keuntungan mengubah akun Pribadi ke akun Pro, seperti fitur analitik. Ditambah, fitur ini gratis untuk digunakan.

Berikut ringkasan singkat dari setiap jenis akun:

  • Pribadi : Untuk pengguna sehari-hari yang sebagian besar untuk melihat video orang lain.
  • Kreator : Untuk pengguna yang memposting setiap hari dan mencoba menaikkan followers. Jika akunmu sudah lebih dari 10.000 followers, kamu dapat memonetisasi penayangan.
  • Bisnis : Dengan akun bisnis, kamu dapat mengakses analitik terperinci. Kamu akan mendapatkan akses ke solusi keterlibatan unik, pelacakan kinerjan dan solusi periklanan.

Jika ingin mempromosikan jualan, akun Bisnis adalah pilihan terbaik. Kamu juga bisa belajar cara membaca analitik Tiktok disini.

influencer tiktok

Konsistensi Berinteraksi dengan Audiens

Saat video kamu mulai mendapatkan tampilan, suka, dan komentar, jangan lupa untuk secara aktif membalas komentar tersebut.

Sangat penting juga untuk tetap konsisten memposting videomu. Karena dengan hanya memposting sekali atau dua kali seminggu, kamu mungkin tidak akan mendapatkan jangkauan yang kamu inginkan.

Jika kamu memposting setidaknya sekali sehari, salah satu videomu pasti akan masuk ke FYP (For Your Page) dan akan menjadi viral suatu saat nanti.

Kamu akan menyadari bahwa mengembangkan akun TikTok jauh lebih mudah dari pada mengembangkan akun Instagram maupun Youtube.

Selama kamu konsisten memproduksi konten yang original, menyenangkan, sesuai target pasar, dan menghibur, akun jualan kamu pasti berkembang.

Manfaatkan Influencer TikTok

Kamu dapat mempromosikan jualanmu lewat kerjasama dengan “Influencer”, atau kreator yang mempunyai jumlah followers banyak. Influencer akan menempatkan produk kamu untuk ditonton audiens yang jauh lebih besar dan luas.

Manfaat lain dari mempekerjakan influencer TikTok adalah mereka memiliki kemampuan untuk membuat konten yang original dan fresh serta sudah mempunyai followers yang setia.

Untuk menemukan influencer yang mempunyai dampak besar yaitu dengan mencari kata kunci. Carilah kata kunci yang sesuai dengan tampilan produk yang kamu jual dalam Tiktok untuk melihat apakah ada influencer yang cocok dan menarik.

Misalnya, jika kamu berjualan produk olahraga , kamu dapat mencari “tips olahraga” dan temukan influencer yang memposting konten sesuai dengan produk kamu.

review tiktok

Dorong Orang untuk Review Produk Kamu

Banyak produk yang akhirnya menjadi viral di TikTok karena keterlibatan dari orang biasa dengan followers kecil.

Orang yang menampilkan produk tertentu dalam video mereka, baik dengan menggunakan atau menjelaskan alasan mereka menyukai produk tersebut dapat membuat produk itu menjadi viral.

Hebatnya, banyak dari video populer ini bahkan bukan iklan berbayar. Karena mereka menyajikan konten jujur yang dibuat oleh pelanggan untuk menunjukkan betapa mereka menyukai produk tersebut.

Dorong pelanggan dan audiens untuk memposting video mereka sendiri menggunakan produk kamu di TikTok. Kamu juga bisa membuat sebuat tantangan atau giveaway supaya memikat pelanggan.

Tidak lupa juga untuk meningkatkan kualitas produk kamu dan juga pelayananmu dengan pelanggan, ya!

Gunakan Hashtag yang Tepat Untuk TikTok SEO

Jika ingin membuat masyarakat untuk menemukan konten kamu di TikTok, kamu butuh memikirkan TikTok SEO.

TikTok SEO berarti Anda mengoptimalkan konten sehingga dapat ditemukan oleh orang-orang saat mereka menggunakan fitur penelusuran di platform.

Mungkin cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan tagar atau hashtag yang relevan setiap kali kamu memposting video.

Jika tidak tahu tagar apa yang harus digunakan, ketiklah kata kunci yang relevan dan luas di bagian pencarian di TikTok.

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25

TikTok akan menyarankan serangkaian tagar yang terkait dengan apa yang kamu ketik.

Jika ingin menjangkau khalayak yang luas, kamu mungkin menggunakan hashtag yang relatif umum. Contoh umum dari hashtag yang ditampilkan mungkin berupa “#tipsmarketing” atau “#fyp”.

Tidak ada batasan jumlah hashtag yang dapat digunakan untuk sebuah video. Namun, hashtag Anda akan muncul di teks video kamu, dan teks tersebut dibatasi hingga 100 karakter.

Oleh karena itu, Anda mungkin ingin fokus pada kira-kira dua hingga tiga tagar, karena ini akan memberi Anda ruang untuk menulis deskripsi untuk video Anda.

Jika Anda ingin menjangkau khalayak yang luas, Anda mungkin menggunakan hashtag yang relatif umum. Contoh umum dari hashtag yang ditampilkan di atas mungkin berupa “#tipsmarketing” atau “#fyp”.

Oleh karena itu, kamu mungkin ingin fokus pada kira-kira dua hingga tiga hashtag, karena ini akan memberimu ruang untuk menulis deskripsi untuk videomu.

Gunakan TikTok Ads

Tiktok juga tidak kalah dengan platform sosial media lainnya seperti: Instagram, facebook, dan Youtube. Tiktok menyediakan iklan yang berbayar untuk menjangkau target lebih luas.

Inilah beberapa jenis tawaran yang Tiktok sediakan:

  • InFeed Ads: iklan muncul saat pengguna scroll feed
  • Promotes Hashtag Challenge: iklan yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge
  • Branded Effect/Filter: filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
  • Brand Takeover: iklan eksklusif berupa image, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.  

Jika kamu adalah pemula, aku sarankan untuk menggunakan InFeed Ads karena tarif untuk pemasangan iklan relatif lebih kecil. Kemudian, supaya iklan semakin optilam, ada pilihan target minat dan target perilaku.

Penargetan minat adalah iklan cuma ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis Anda. 

Sedangkan, penargetan perilaku mempelajari perilaku pengguna TikTok selama 7-15 hari terakhir, dan menampilkan iklan yang sesuai dengan kesukaan mereka. 

Inilah tips jualan di Tiktok untuk Pemula. Bagaimana, menarik dan mudah sekali bukan berjualan di TikTok? Ayo, ceritakan pengalaman kamu berjualan di TikTok pada kolom komentar, ya!

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25
Tips Jualan di TikTok Tahun 2021 untuk Pemula

Leave a Reply

12 views
Copy link