pexels alexander mils 2068975

5 Cara Dapat Uang dari Youtube Terbaru, Kreator Wajib Tahu

Jika kamu membayangkan untuk dapat uang dari youtube, maka beberapa cara berikut bisa anda coba untuk mengubah hobi menjadi kegiatan yang menghasilkan pendapatan.

Youtube saat ini telah menjadi bagian dari banyak orang, baik selama perjalanan menuju tempat kerja atau mencari hiburan pelepas penat, Youtube bisa menjadi andalan dengan berbagai konten yang menyenangkan.

Beberapa tahun belakangan, konten youtube semakin variatif, mulai dari konten hiburan hingga edukasi, semua bisa kita temukan di Youtube.

Banyaknya konten youtube yang seliweran ini, di dukung juga dengan penghasilan luar biasa yang di dapatkan dari Youtube sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menghasilkan konten terbaik yang bisa dinikmati banyak orang sehingga bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan tambahan.

Penasaran cara dapat uang dari Youtube? beberapa langkah-langkah berikut bisa anda coba untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dari youtube.

pexels ivan samkov 7676394

Keuntungan Menjadi Content Creator di Youtube

Di era kemajuan teknologi yang semakin modern, mencari penghasilan tambahan dari internet sudah menjadi hal umum bagi banyak orang.

Melalui akun sosial media, anda bisa menghasilkan uang meskipun hanya bekerja dari rumah, beberapa diantaranya, menjual barang melalui website market place atau melakukan siaran langsung di akun social media yang dimiliki.

Youtube sebagai salah satu media sosial terkenal di dunia, juga tidak mau ketinggalan dengan trend ini, hingga akhirnya menawarkan beberapa opsi untuk dapat uang dari Youtube.

Menjadi content creator di Youtube juga dinilai menguntungkan, karena anda bisa mendapatkan berbagai benefit yang tidak di dapatkan dari platform social media lain. Berikut beberapa keuntungan dapat uang dari Youtube bagi content creator :

Konten Youtube Mudah ditemukan di Google

Saat anda mencari sebuah artikel mengenai jawaban dari masalah-masalah anda, Google menjadi alternatif terbaik untuk mencari jawaban dengan sumber yang kredibel dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Tidak jarang, halaman pencarian Google juga menampilkan konten youtube yang bisa anda lihat apabila terlalu malas membaca konten artikel yang disajikan.

Keberadaan konten youtube di halaman pencarian di Google juga muncul berkat algoritma Google yang mencampurkan segala hasil pencarian, mulai dari tulisan, akun sosial media, hingga konten youtube saat anda mencari sebuah kata kunci di Google.

Pencampuran ini juga menguntungkan bagi banyak orang untuk memilih variasi konten yang sesuai dengan keinginan melalui hasil pencarian dari Google.

Keberadaan konten Youtube dan artikel, juga bisa anda manfaatkan untuk membuat konten artikel yang kemudian memiliki link khusus pada video Youtube yang akan anda unggah.

Strategi ini juga akan membangun backlink ke halaman website atau blog anda sehingga konten anda lebih mudah ditemukan di Google, sehingga dapat menaikkan jumlah viewers serta jangkauan postingan sosial media.

Hal ini juga menguntungkan bagi kreator untuk membuat akun sosial media, website, serta konten untuk masuk ke halaman teratas pencarian Google.

Konten Youtube Bertahan Sepanjang Masa

Pernahkah anda menemukan sebuah postingan dari beberapa tahun lalu saat melakukan pencarian di Google?

Jika pernah maka penemuan tersebut menjadi sebuah bukti bahwa konten di dunia maya bertahan lama meskipun anda tidak pernah mengunjunginya setelah bertahun-tahun lamanya.

Karenanya menggunakan Youtube sebagai media promosi bisnis dapat membantu anda dalam mendaur ulang konten yang pernah anda buat sebelumnya, sehingga anda dapat menjangkau pengguna sosial media yang menyukai tipe konten tersebut.

Salah satu contohnya, jika anda membuat artikel di blog, maka anda bisa menggunakan hasil tulisan tersebut sebagai konten youtube, podcast, infographic, presentasi, dan video series untuk akun sosial media lainnya.

Pendekatan tersebut tentunya akan menguntungkan kreator dalam membuat 4 jenis konten hanya dari satu sumber, sehingga menghasilkan interaksi dengan konsumen yang menerima konten dengan format yang berbeda.

Jangkau Audiens yang Lebih Luas

Pengguna youtube tentunya sering menemukan konten menarik dari akun youtube lain yang berasal dari luar negeri namun memiliki selera yang sama dengan anda.

Hal ini wajar terjadi karena Youtube akan merekomendasikan konten-konten terbaik berdasarkan kata kunci yang anda gunakan di kolom pencarian.

Salah satu keuntungan terbesar dalam menggunakan Youtube sebagai media promosi atau ungkapan kreatifitas adalah peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan konsisten membuat konten youtube yang sesuai dengan taget konsumen, maka akan membuka kesempatan untuk mendapatkan subscriber baru yang tidak pernah anda temui sebelumnya.

Di tambah lagi, jika anda menguasai bahasa Inggris maka anda akan memiliki kesempatan yang lebih banyak dalam mendapatkan subsriber yang berasal dari berbagai negara di dunia yang memahami bahasa anda serta menyukai konten yang anda luncurkan.

Meskipun begitu, anda juga bisa memanfaatkan fitur translate yang ada di Youtube untuk memudahkan penonton anda memahami isi konten hanya dengan membaca isi terjemahan yang telah tersedia.

Penggunaan closed captions yang berisi terjemahan video juga dapat membantu meningkatkan jumlah penonton hingga 4% dan jumlah pengikut channel youtube baru, dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Anda juga bisa membantu pengguna youtube yang memiliki kekurangan dalam pendengaran untuk memahami isi konten anda melalui terjemahan video

Fakta tersebut tentunya menjadi motivasi sendiri bagi kreator untuk memanfaatkan caption youtube untuk kolom terjemahan.

Promosi Konten yang Efektif

Bagi kreator youtube yang memiliki banyak pengikut dan komunitas yang kuat biasanya akan lebih mudah dalam melakukan promosi konten.

Hal ini dikarenakan penggemar akan secara mandiri mempromosikan konten anda secara mandiri ke akun sosial media yang dimiliki sehingga menarik minat pengguna sosial media yang mungkin memiliki minat yang sama dengan anda, namun belum mengetahui kanal youtube yang anda kembangkan.

Apalagi jika anda membahas topik yang sedang naik daun dan dibicarakan oleh orang lain, sehingga konten anda akan disebarkan oleh penggemar anda sebagai referensi konten.

Salah satunya yang dilakukan oleh youtuber Korea Reomit yang menaikkan sebuah video membahas topik viral yang akhirnya mendapatkan perhatian dari banyak orang sehingga di bahas di berbagai sosial media lain.

Tidak hanya itu, video youtube yang memiliki sentuhan personal dapat membantu meningkatkan konversi engagement, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan sehingga membeli produk atau layanan yang anda promosikan.

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa sebuah layanan profesional atau perusahaan yang melakukan promosi di landing page menggunakan video interaksi dengan konsumen, maka akan meningkatkan penjualan serta menaikkan jumlah konsumen.

Penghasilan Tambahan dari Berbagai Sumber Pemasukan

Keuntungan utama dari mengembangkan konten di youtube adalah kesempatan untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari video youtube melalui iklan yang anda pasang pada konten youtube.

Cara kerja dari iklan youtube juga mudah dan menguntungkan bagi kreator, beberapa langkah tersebut diantaranya adalah :

  • Penonton video melihat konten anda di iklan youtube dan akhirnya melakukan klik pada video anda untuk melanjutkan isi video.
  • Kreator akan membayar dari setiap klik yang masuk sebagai bagian dari campaign budget .
  • Saat penonton melihat konten anda maka mereka bisa melihat iklan dari orang lain sehingga memberikan penghasilan tambahan bagi anda.

Dengan strategi ini, anda bisa menekan budget promosi dengan mendapatkan hasil yang sepadan dengan jumlah iklan yang anda dapatkan.

cara dapat uang dari youtube

5 Cara Dapat Uang dari Youtube

Memasang iklan di youtube kini tidak hanya menjadi sumber untuk dapat uang dari youtube namun anda bisa mengambil peluang lain untuk dapat uang dari Youtube.

Di tambah lagi, Youtube telah membuka banyak peluang baru bagi content creator untuk dapat uang dari youtube.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari pengguna Youtube melakukan kegiatan di aplikasi ini setiap harinya, seperti melihat konten video, memberikan komentar dan reaksi di kanal youtube, atau mengikuti live streaming dari content creator kesukaan.

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pengguna youtube tersebut, juga bisa anda manfaatkan untuk dapat uang dari youtube dengan jumlah yang tidak terbatas.

Mengikuti Youtube Partner Program

Bagi content creator yang telah memiliki banyak pengikut baru, biasanya memiliki penggemar yang setia menunggu konten yang akan diunggah serta penasaran dengan keseharian yang anda lakukan.

Keberadaan penggemar setia ini bisa anda manfaatkan untuk membuat Youtube partner program, dimana kreator bisa mendapatkan akses khusus ke beberapa fitur spesial yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Dengan menggunakan layanan Youtube partner program, anda tidak perlu mengumpulkan banyak penonton video, namun hanya mengandalkan dari partner yang telah berlangganan konten-konten eksklusif yang anda unggah.

Penggunaan youtube partners akan memberikan akses untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tidak hanya dari iklan video namun juga dapat uang dari youtube melalui pelanggan konten eksklusif yang anda unggah secara rutin.

Namun dalam mengaktifkan layanan youtube partner program, maka anda perlu memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya adalah :

  • Kanal youtube anda memiliki jumlah subscribers minimal 1.000 orang dan konten anda telah ditonton sebnayak 4.000 jam dalam waktu 12 bulan
  • Membaca aturan dari Youtube Adsense
  • Anda bisa mempelajari berbagai fitur monetisasi youtube yang bisa anda pilih sesuai kebiasaan konsumen
  • Setelah memilih opsi subscribers dan mengaktifkan layanan terebut, maka jangan lupa untuk terus mematuhi beberapa peraturan yang ditetapkan oleh Youtube, agar anda bisa menggunakan layanan tersebut dalam jangka waktu lama.

Jual Produk atau Merchandise

Bagi kreator youtube yang juga memiliki profesi lain, seperti penyanyi atau seniman, maka anda bisa memanfaatkan layanan untuk dapat uang dari youtube.

Caranya adalah dengan menjual merchandise yang menjad ciri khas anda di youtube sehingga penggemar anda bisa memiliki ciri khusus yang dapat dibedakan dengan orang lain.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menjual hasil karya anda di merchandise store untuk alternatif jual beli yang lebih kreatif.

Dengan memiliki merchandise, maka anda bisa membangun hubungan khusus dengan konsumen anda melalui kepemilikan barang yang sama atau menjadi ciri khas sendiri yang tidak dapat disamakan oleh orang lain.

Strategi ini sudah biasa digunakan oleh berbagai kalangan artis, untuk membangun hubungan dan kedekatan yang dimiliki.

Langkah-langkah berikut akan membantu anda dalam membuat merchandise yang menarik serta disukai oleh penggemar :

Memilih Jenis Barang yang Disukai oleh Penggemar

Bagian paling penting dalam membuat merchandise penggemar, adalah menentukan barang-barang yang sekiranya disukai oleh penggemar dan bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Dalam proses penentuan keputusan, Anda bisa melibatkan peran penggemar anda dalam memilih merchandise yang tepat dan sesuai keinginan mereka, sehingga barang tersebut akan laris saat anda meluncurkannya di pasaran.

Beberapa barang yang bisa dijual di merchandise store adalah kaps, topi, gantungan kunci, sandal, bahkan beberapa aksesoris lain yang mudah untuk dipajang dan dikenakan dalam kegiatan sehari-hari.

Setelah menentukan barang yang akan dibuat, sesuai rekomendasi penggemar maka anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Memilih Suplier atau Distributor yang Tepat

Sebelum anda membuat merchandise tersebut, maka akan lebih baik apabila anda menemukan suplier dan distributor yang tepat dalam membuat merchandise yang anda jual, sehingga fans yang menerima akan merasa senang karena harga barang sesuai dengan kualitas yang diinginkan, serta tidak menimbulkan protes di kemudian hari.

Anda juga bisa membuat konten khusus mengenai proses pembuatan merchandise, juga bisa anda gunakan untuk menarik minat penggemar dalam membeli barang yang anda tawarkan.

Salah satunya adalah merekam konten youtube sembari menggunakan merchandise yang anda jual, sehingga meningkatkan keinginan penggemar untuk membeli merchandise yang anda jual.

Buat Toko Online dan Landing Page

Meskipun Youtube memberikan opsi untuk menjual merchandise di kanal youtube, namun platform ini tidak menyediakan halaman khusus untuk melakukan pembayaran dan pengiriman barang.

Karenanya, kreator juga perlu untuk membuat toko online dan landing page sendiri yang bisa penggemar akses saat akan membeli merchandise yang anda jual.

Anda juga bisa membuat link toko online dan landing page untuk masuk ke video anda, sehingga penggemar bisa langsung membeli setelah melihat video yang telah anda tampilkan di youtube.

Aktifkan Keranjang Youtube Merchandise

Ketika anda menjual merchandise, tentunya anda tidak hanya menjual satu atau dua produk, melainkan banyak barang sekaligus, yang akan memudahkan penggemar dalam memilih barang yang disukai serta budget yang dimiliki.

Karenanya, anda bisa memanfaatkan rak youtube merchandise yang akan membantu anda dalam memajang merchandise yang anda jual di Youtube.

Promosi Merchandise di Konten Youtube

Meskipun, anda telah membuat toko online dan menjual merchandise di youtube, terkadang penggemar belum mengetahui bahwa anda menjual berbagai aksesoris khusus.

Karenanya, agar merchandise yang anda jual lebih cepat laku, maka anda bisa mempromosikan berbagai merchandise yang anda jual melalui konten video yang anda buat, dengan mengenakannya selama proses pengambilan video berlangsung, atau saat melakukan siaran langsung.

Anda juga bisa mempromosikannya melalui kolom komentar, dimana anda bisa menaruh link yang dapat diakses oleh penggemar sehingga bisa langsung memilih dan membeli barang yang disukai.

Penggemar yang banyak, tidak hanya menguntungkan untuk memperluas jangkauan konten video atau menambah jumlah penonton, namun anda juga bisa membuka peluang untuk dapat uang dari youtube.

Salah satu caranya adalah dengan sponsored content, dimana anda membuat konten youtube yang membahas mengenai produk tertentu secara detail dan tentunya mendapatkan bayaran yang setimpal dari konten yang anda buat.

Semakin banyak penonton serta jangkauan konten yang di dapatkan tentunya akan membuat lebih banyak orang terpengaruh dengan produk yang anda promosikan.

Cara ni sama seperti influencers di platform sosial media lain, yang mendapatkan pundi-pundi uang dari konten promosi yang dibuat.

Hasil dari sponsored content yang tidak main-main, juga membuat banyak kreator youtube menyetujui untuk melakukan kolaborasi konten dengan mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan.

Penggunaan sponsored content di youtube sendiri juga dinilai menguntungkan bagi pelaku usaha, karena mereka dapat memilih kreator yang memiliki konsep yang berbeda-beda sehingga anda bisa menyesuaikan dengan produk yang anda miliki.

Namun, dalam membuat sponsored content ini, maka anda juga harus memastikan untuk membuat konten youtube yang unik, menarik, serta memiliki kualitas yang tinggi.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak penonton serta memberikan hasil terbaik bagi sebuah brand yang melakukan kerjasama dengan anda.

Anda juga bisa memberikan ciri khas tersendiri saat melakukan promosi produk, sehingga penonton anda tidak merasa sedang melihat iklan dan bahkan tertarik untuk membeli barang yang anda promosikan.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat juga memberikan beberapa peraturan khusus bagi kreator dalam membuat konten sponsor, seperti mencantumkan label khusus yang membedakan video promosi dengan video biasa.

Peraturan tersebut juga sebaiknya anda ikuti, agar kanal youtube yang anda buat tidak mendapatkan peringatan akibat tidak mematuhi aturan yang diterapkan.

Monetisasi Konten

Beberapa media saat ini telah menggunakan potongan video sebagai bagian dari pemberitaan acara di televisi guna menarik minat penonton.

Penggunaan potongan video tersebut digunakan mengingat kemudahan dalam membagikan dan melihat konten di sosial media yang menjadi perbincangan oleh orang lain sehingga lebih mudah terkenal.

Sehingga apabila salah satu konten youtube anda terkenal dan menjadi bahan perbincangan yang positif di kalangan pengguna sosial media lain, maka anda bisa menggunakannya untuk monetisasi konten.

Pada proses monetisasi konten, anda akan menjual video youtube anda dan mendapatkan sejumlah uang sebagai timbal balik dari media.

Berikut beberapa cara dalam melakukan monetisasi konten untuk dapat uang dari youtube:

  1. Pada kolom deskripsi di halaman youtube, pastikan anda telah menaruh personal contact yang bisa digubungi apabila media ingin membeli konten anda, beberapa informasi yang bisa anda cantumkan adalah nomor telefon serta alamat email yang bisa dihubungi.
  2. Anda juga bisa mendaftarkan konten youtube anda ke website marketplace, dimana anda bisa mendapatkan sejumlah uang dari video yang telah anda unggah.

Menjadi Affiliate Marketer

Tahukah anda? Youtube telah menjadi platform pencarian kedua yang biasa digunakan oleh pengguna internet setelah Google.

Hal ini dilakukan mengingat Youtube juga menyediakan informasi yang sama namun dengan format video yang mudah dipahami.

Tidak jarang, seorang pengguna internet menggunakan Youtube untuk mencari ulasan barang atau produk yang sedang naik daun atau dibutuhkan sebelum akhirnya membeli di market place.

Kebiasaan pengguna internet ini, juga bisa digunakan oleh kreator youtube untuk melakukan kerjasama melalui affiliate marketing, dimana anda mempromosikan sebuah produk yang selaras dengan topik yang anda kembangkan di Youtube serta memberikan link affiliate yang bisa dikunjungi oleh pengikut anda.

Semakin banyak orang yang berkunjung dan membeli produk dari link affiliate tersebut, tentunya akan menguntungkan bagi kreator untuk dapat uang dari youtube.

Strategi tersebut juga menguntungkan bagi kreator youtube yang memiliki banyak pengikut, sehingga akan banyak orang yang terpengaruh pada promosi tersebut serta tertarik untuk menggunakan produk yang sama digunakan oleh kreator.

Sumber :

How to earn money on YouTube – Google AdSense Help

How to Make Money on YouTube: 7 Effective Strategies (hootsuite.com)

How to Make Money On YouTube (2022): 7 Strategies (shopify.co.id)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.