pexels joshua miranda 6298412 2

Tips dan Trik Membuat Youtube Clips yang Menarik Perhatian

Jadikan konten youtube clips anda menjadi lebih menarik dengan beberapa ide dan tips membuat konten youtube yang menarik,

Konten video telah menjadi postingan populer di berbagai social media akhir-akhir ini, hal ini di dukung dengan banyaknya marketer yang melakukan promosi melalui video pendek.

Popularitas video singkat yang semakin meningkat ini tentunya menguntungkan bagi social media yang berbasis video, seperti tiktk dan youtube untuk menjangkau lebih banyak pengguna dengan konten video yang menarik.

Tidak hanya itu, sebanyak 89% content creator juga lebih memilih menggunakan channel youtube sebagai media promosi dan informasi untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Penggunaan video youtube sebagai media promosi, biasanya diiringi dengan konten video yang panjang dan berisi ulasan produk serta konten tutorial sehingga kurang cocok untuk digunakan untuk konten yang menarik audience di social media.

Namun, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan youtube clips, dimana pengguna atau youtuber lain bisa memotong atau edit video anda menjadi lebih pendek sehingga bisa digunakan sebagai konten social media yang menarik bagi penonton.

Namun, untuk membuat konten youtube clips yang unik dan keren, serta menentukan potongan video yang dipilih, maka berikut beberapa tips dan trik menggunakan youtube clips untuk promosi di internet.

youtube shorts

Apa Itu Youtube Clips

Youtube clips merupakan cuplikan pendek dari video youtube yang telah anda buat sebelumnya, setiap potongan video yang dibuat nantinya akan memiliki link ke konten video youtube yang dipilih oleh kreator.

Dalam pembuatan konten youtube clips, seorang kreator bisa memotong video dari konten yang telah dimiliki atau video dari orang lain yang anda temukan di beranda youtube.

Setelah anda membuat video youtube clips, maka anda bisa membagikan hasilnya ke berbagai social media sebagai variasi konten serta mempromosikan channel youtube yang anda miliki.

Strategi ini tentunya menguntungkan kreator untuk menambah jumlah viewers video dari audiens tertarik pada potongan video yang telah anda unggah di social media atau disebarkan oleh pengguna internet.

Spesifikasi Youtube Clips

Saat memotong sebuah video youtube, anda akan diberikan durasi 5-60 detik untuk setiap video yang akan anda potong, sehingga anda bisa membuat beberapa video pendek dari sebuah video youtube.

Namun, tidak semua video youtube bisa anda potong begitu saja, karena youtube hanya mengizinkan memotong video yang memiliki durasi hingga 2 menit, sehingga apabila video youtube yang anda incar sesuai dengan kriteria youtube clips, maka anda akan menemukan ikon guntung di bagian bawah video.

how to create clips youtube where find your clips tab step 1 1536x584 1

Cara Menemukan Konten Youtube Clips

Setelah anda memotong sebuah video menjadi youtube clips, maka anda akan menemukan dan mencari konten tersebut pada halaman perpustakaan youtube anda. Berikut tutorial menemukan menu youtube clips dengan mudah :

Pertama, masuk ke aplikasi youtube yang anda miliki, kemudian klik pada ikon menu di bagian kiri

Kedua, pada bagian menu, anda akan menemukan ikon gunting yang bisa anda klik untuk melihat konten video yang telah anda potong menggunakan layanan youtube clips tanpa harus menggunakan aplikasi edit video.

Penggunaan youtube clips tentunya lebih menguntungkan bagi kreator untuk mengedit video secara langsung sehingga tidak perlu susah payah memotongnya di aplikasi edit video yang tentunya akan memakan lebih banyak waktu.

Cara Mengaktifkan Layanan Youtube Clips

Sesuai dengan pengaturan youtube, semua konten youtube umum dengan durasi diatas 2 menit bisa dipotong ke dalam berbagai bagian.

Kebijakan youtube ini tentunya memungkinkan kreator lain untuk memotong video anda dan disebarkan ke social media lain yang tentunya menguntungkan dalam proses promosi.

Namun, jika anda tidak menginginkan video youtube anda dipotong oleh orang lain untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, maka anda bisa mematikan layanan youtube clips dengan beberapa langkah berikut :

how to create clips youtube opt in out advanced settings step 2 1536x982 1

Pertama, masuk ke halaman youtube studio dan pilih menu pengaturan.

Kedua, klik tab channel dan masuk ke menu pengaturan

Ketiga, scroll ke bagian bawah halaman dan anda akan menemukan ikon “Allow viewers to clip my content” yang bisa anda matikan dan nyalakan kapan saja sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, Youtube juga memberikan kebebasan bagi anda untuk memilih kreator youtube yang tidak bisa memotong video anda dan menuliskan deskripsi pada video yang telah dipotong sebelumnya dengan cara berikut :

how to create clips youtube opt in out automated filters hidden users blocked words step 3 1536x988 1

Pertama, pada halaman setting di menu community, anda bisa memasukkan URL akun youtube untuk menyembunyikan kanal youtube yang dapat mengakses youtube clips anda.

Kedua, guna menghindari kreator youtube yang hendak memberikan deskripsi video di youtube clips anda, maka anda bisa memasukkan beberapa kata yang tidak bisa dimasukkan oleh kreator di kolom blocker words yang berada di bagian paling bawah menu community.

Cara Membagikan Konten Youtube Clips

Youtube memberikan kebebasan bagi kreator atau youtuber untuk membagikan konten youtube clips yang telah dibuat ke berbagai platform, beberapa diantaranya adalah : Facebook, Twitter, Reddit, Linkedin, dan Pinterest.

Kelebihan untuk membagikan konten youtube clips ke berbagai platform tentunya menguntungkan creator youtube untuk mempromosikan isi video yang dimiliki ke berbagai platform sehingga dapat menjangkau penonton youtube yang lebih luas dan sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, anda bisa membagikan potongan video ke email promosi pada konsumen yang dimiliki, sehingga menyukseskan pemasaran yang anda miliki dengan gaya yang lebih menarik dan kreatif.

Namun, kreator juga perlu mengingat bahwa layanan youtube clips ini selalu berkembang sehingga kreator bisa menunggu gebrakan terbaru dari youtube untuk fitur clips ke depannya.

youtube thumbnail

Keuntungan Menggunakan Youtube Clips

Pengguna social media saat ini lebih menyukai konten video pendek, hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna tiktok yang terus bertambah setiap hari serta konten tiktok yang terus beredar di berbagai platform social media.

Tidak hanya itu, beberapa aplikasi social media lain, seperti Instagram dan Facebook juga telah memiliki layanan reels yang memiliki konten video pendek dan mendapat sambutan hangat dari penggunanya.

Karenanya, keberadaan konten youtube clips juga membantu dalam promosi kanal youtube yang dapat menggoda penonton untuk melihat video youtube yang lebih panjang serta sebagai strategi pemasaran yang tepat.

Berikut beberapa keuntungan lain yang bisa di dapatkan dari konten youtube clips.

Mengajak Penonton Berkunjung ke Channel Youtube Tertentu

Anda pasti pernah melihat potongan video youtube pendek di tiktok dan instagram reels, kemudian tergugah untuk melihat video asli tersebut ke kanal youtube asli.

Kebiasaan ini tentunya bisa kreator gunakan untuk mempromosikan konten youtube yang anda miliki, sehingga bisa menambah lebih banyak penonton, dengan menyebarkan cuplikan video yang dapat menarik perhatian penonton.

Kreator bisa memotong video yang sekiranya memiliki nilai clickbait dan berkaitan dengan topik yang disukai oleh penonton dan bisa anda bagikan ke akun social media lain yang anda miliki, sehingga memancing perhatian dan daya tarik penonton untuk melihat video yang lebih lengkap dengan mengakses link video yang dicantumkan.

Salah satu ide cuplikan video yang bisa anda promosikan adalah konten video wawancara dengan tema yang sedang viral, pemberian pertanyaan atau jawaban yang menarik serta pemberian judul video yang memancing rasa penasaran tentunya akan meningkatkan keingintahuan penonton sehingga berkunjung ke konten youtube yang anda miliki.

Menarik Perhatian Penonton dari Konten Video Pendek

Seperti yang telah banyak orang ketahui, konten video pendek sedang menjadi fenomena di kalangan pengguna social media, sehingga menggunakan youtube clips dapat membantu meningkatkan kunjungan ke kanal youtube yang anda miliki.

Dengan membagikan cuplikan video dari youtube clips juga akan memberikan penonton sebuah teaser dari konten brand dan produk yang anda kembangkan, sehingga menjadi cara yang tepat untuk mempromosikan channel youtube anda.

Di tambah lagi, pengikut anda mungkin sedang tidak memiliki waktu untuk menonton video dengan durasi yang panjang karena lebih memilih untuk melakukan scrolling akun social media dan melihat konten video pendek yang disajikan oleh kreator lain.

Cuplikan video pendek dapat memberikan penonton spoiler mengenai konten youtube yang anda unggah, sehingga dapat meningkatkan dorongan untuk mengunjungi kanal youtube anda dan menonton konten video yang telah dipromosikan sebelumnya.

Strategi ini tentunya akan menarik lebih banyak orang untuk berkunjung ke channel youtube anda sehingga meningkatkan jumlah subscribers dalam waktu sekejap apabila cuplikan video anda viral di social media lain.

Memberikan Pengalaman Baru bagi Pengikut Anda

Penggunaan youtube clips tidak hanya digunakan sebagai media promosi untuk meningkatkan jumlah penonton dan subsribers youtube, namun konten cuplikan video juga bisa digunakan sebagai media edukasi ke konsumen yang anda miliki.

Salah satunya adalah memberikan konten tutorial mengenai cara menggunakan produk tertentu serta mengirimkan form keluah pelanggan yang biasanya telah anda unggah di kanal youtube yang anda miliki.

Dengan penggunaan video pendek, tentunya akan lebih mudah bagi penonton untuk menyelesaikan masalah yang dialami tanpa perlu menyediakan waktu untuk menonton konten video youtube dengan durasi yang lebih panjang.

Cara ini juga memabntu penjual untuk merespon keluhan pelangan tanpa perlu memberikan penjelasan yang panjang, sehingga anda bisa memiliki waktu lebih banyak untuk merespon konsumen lain atau mengembangkan produk yang dimiliki.

Anda juga bisa memasukkan cuplikan video konten tutorial ke highlight social media dengan menggunakan judul khusus untuk memudahkan konsumen mengakses dan memilih video yang sesuai.

Selain itu, jika konsumen merasa kurang puas dengan cuplikan video tersebut, maka mereka bisa mengakses video yang lebih panjang di channel youtube anda.

Strategi ini tentunya memberikan pengalaman baru bagi konsumen dengan menonton video yang tentunya akan memberikan pemahaman yang lebih mudah dibandingkan tulisan yang memerlukan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi.

youtube clipped video google

Youtube Clips Dapat ditemukan di Pencarian Google

Salah satu keuntungan lain dari menggunakan youtube clips adalah video yang diunggah juga dapat muncul di halaman pencarian Google.

Dengan keberadaan konten youtube clips di halaman google, tentunya akan menarik menarik perhatian lebih banyak orang untuk berkunjung ke channel youtube anda.

Karenanya penting bagi kreator untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dan banyak digunakan oleh konsumen saat mencari suatu jawaban di halaman google.

Salah satu contohnya adalah saat anda melakukan pencarian dengan kata kunci youtube clips rolls out maka anda akan menemukan berbagai konten video menggunakan keyword serupa.

fitur youtube dashboard

Cara Menggunakan Youtube Clips

Sebelum membuat konten youtube clips dan mengupload video ke social media lain, tentunya anda perlu mengetahui cara mencari video serta memotong video yang tepat. Berikut tutorial singkat menggunakan youtube clips dengan mudah dan cepat:

Pertama, masuk ke aplikasi youtube dan pastikan anda telah melakukan log in terlebih dahulu untuk mengakses video yang diinginkan serta menyimpan video tersebut ke akun youtube yang anda miliki.

clip button

Kedua, tontonlah video yang anda inginkan atau memilih dari konten yang telah anda unggah sebelumnya, apabila channel youtube tertentu mengizinkan anda untuk memotong video, maka anda akan menemukan ikon gunting di bagian bawah video.

Ketiga, saat anda melakukan klik pada ikon gunting, maka sebuah tab baru di sebelah kanan akan terbuka dan anda bisa memilih bagian video yang ingin anda potong.

clip selection

Keempat, pada proses pemotongan video, anda bisa mengubah kursor untuk memotong video yang anda inginkan, pastikan juga anda memotong video dengan durasi 5-60 detik.

Kelima, tambahkan juga judul serta keterangan video pada kolom deskripsi, pemberian keterangan tersebut akan membantu penonton video memahami isi cuplikan konten dengan mudah sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Pastikan juga anda memberikan deskripsi yang relevan dengan isi video, serta tambahkan juga kata kunci tertentu yang dapat membuat konten anda mudah ditemukan di halaman pencarian google atau social media lainnya. Selain itu, anda juga tidak bisa menyimpan potongan video tanpa adanya deskripsi video yang sesuai.

Keenam, apabila potongan video sudah selesai dibuat maka anda bisa membagikannya ke beberapa social media yang anda miliki.

Saat ini, youtube memberikan kemudahan untuk membagikan konten potongan video ke beberapa social media serta email, selain itu anda juga bisa menyebarkan video tersebut melalui link sehingga bisa diakses ke orang lain dengan mudah dan cepat.

Di sisi lain, youtube clips memiliki beberapa peraturan yang sebaiknya dipatuhi oleh kreator, diantaranya adalah :

  • Kreator harus melakukan sign up terlebih dahulu, sebelum memotong video di kanal youtube sendiri atau orang lain.
  • Kreator tidak bisa memotong video dari konten untuk anak-anak.
  • Kreator bisa memotong video dari siaran langsung setelah konten tersebut diunggah sebagai video youtube.
  • Siaran langsung lebih dari 8 jam tidak diizinkan untuk dipotong oleh youtube clips.
  • Kreator tidak bisa memotong video selama acara youtube premiere berlangsung.
  • Kreator tidak diizinkan memotong video privat atau yang tidak diizinkan oleh pemilih channel youtube
  • Youtube clips akan tetap tersedia meskipun kreator asli menghapus video original.
pexels terje sollie 320617 1

Ide Konten Youtube Clips

Keberadaan youtube clips tentunya akan memberikan inspirasi baru bagi kreator untuk membuat konten video pendek yang lebih menarik serta bisa dibagikan ke platform lain untuk promosi yang lebih maksimal?

Namun, jika anda masih bingung untuk menggunakan layanan youtube clips, maka berikut beberapa ide konten youtube clips yang bisa dijadikan inspirasi konten.

Promosi Produk

Saat membuka aplikasi tiktok dan instagram, biasanya anda akan melihat video promosi produk yang dilakukan oleh influencer atau akun social media brand.

Melakukan promosi produk melalui video sendiri sudah lama sekali dilakukan mengingat pengguna social media lebih tertarik menikmati konten promosi berupa video di berbagai platform.

Penggunaan video sebagai media promosi juga dilakukan untuk memperjelas produk yang anda promosikan sehingga menarik minat penonton.

Kreator juga bisa menggunakan youtube clips sebagai media promosi produk dengan memotong video youtube yang telah anda unggah sebelumnya untuk dijadikan teaser video yang dibagikan ke social media lain.

Penggunaan youtube clips ini juga mempermudah kreator untuk membuat video promosi dengan format yang berbeda dengan menggunakan satu video saja namun bisa dibagikan ke berbagai platform dengan mudah.

Konten Tutorial

Salah satu konten video pendek yang sering mendapat perhatian dari penonton adalah konten tutorial dimana anda bisa melihat tata cara menggunakan produk dengan mudah tanpa perlu melihat buku panduan.

Selain itu, saat ini banyak orang yang memanfaatkan youtube untuk mencari video tutorial produk, sehingga memudahkan dalam memasang barang yang telah dibeli sebelumnya.

Kebiasaan pengguna social media ini akhirnya membuat kreator youtube yang juga tengah mengembangkan sebuah brand atau produk untuk membuat konten tutorial yang kemudian dibagikan ke channel youtube yang dimiliki.

Sayangnya, durasi video youtube yang terlalu panjang akhirnya membuat penonton malas untuk menonton sehingga mempercepat ke bagian inti video yang berisi tutorial penggunaan produk.

Karenanya, guna mengatasi masalah ini maka kreator bisa menggunakan fitur youtube clips untuk memotong video ke beberapa bagian untuk dibagikan ke social media lain serta dijadikan highlight yang bisa diakses oleh konsumen.

Dengan penggunaan highlight serta judul video yang tepat dan sesuai, juga akan membantu customer service untuk mengarahkan konsumen yang mengalami masalah ke beberapa link video yang dimiliki untuk diakses secara mandiri oleh konsumen.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengkolaborasikan video tutorial yang telah anda buat menjadi konten video yang menarik perhatian penonton.

Testimoni Konsumen

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan memberikan ulasan produk yang telah dibuat oleh konsumen anda sebelumnya.

Pemberian ulasan yang ada di social media, atau market place tentunya akan membantu menjawab keraguan konsumen yang ingin membeli produk anda namun masih terganjal dengan beberapa pertanyaan.

Tidak jarang beberapa pelaku usaha melakukan wawancara langsung dengan konsumen untuk mendapatkan testimoni konsumen yang kemudian dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah video yang diunggah ke konten youtube.

Namun, jika anda ingin menyebarkan konten testimoni tersebut ke social media lain, maka anda bisa memotongnya menggunakan fitur youtube clips.

Video Wawancara

Konten video podcast menjadi salah satu video yang banyak ditonton dan dicari oleh pengguna youtube saat ini.

Melalui video podcast ini anda bisa menemukan perspektif baru dari seorang influencer atau ahli di bidangnya mengenai suatu masalah atau topik tertentu yang sedang viral di masyarakat.

Sehingga tidak jarang, kita menemukan konten video podcast dari youtube yang kemudian tersebar ke social media lain.

Fenomena ini tentunya bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan konten wawancara yang anda miliki untuk mendapatkan lebih banyak penonton.

Guna memberikan rasa penasaran penonton, maka anda bisa memotong pertanyaan dan jawaban fenomenal yang diberikan oleh narasumber anda sehingga memberikan daya tarik sendiri yang membuat penonton tertarik untuk mengunjungi channel youtube anda sehingga mendapatkan lebih banyak viewers video.

Sumber:

https://sproutsocial.com/insights/youtube-clips/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.