youtube keyword research

4 Tips Optimasi Kata Kunci dengan Youtube Keyword Research

Ketahui cara menambah jumlah viewers youtube dengan efektif melalui strategi youtube keyword research.

Pernahkah anda berfikir mengapa sebuah video bisa lebih mudah mendapatkan jumlah viewers yang tinggi meskipun baru mengunggah sebuah video?

Jawabannya adalah kreator mungkin saja memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak, sehingga memungkinkan mereka untuk mendapatkan viewers yang tinggi setelah mengunggah video tersebut.

Akan tetapi, banyak juga kreator youtube yang baru memiliki jumlah pengikut yang sedikit namun mampu mendapatkan viewers yang banyak dengan optimasi kata kunci yang efektif.

Dimana kreator menggunakan kata kunci tersebut di bagian judul serta deskripsi sehingga mudah ditemukan saat melakukan pencarian di halaman youtube.

Anda juga bisa menggunakan strategi youtube keyword research untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak serta menjangkau pengguna youtube potensial.

Karenanya berikut beberapa tips dan trik melakukan youtube keyword research yang efektif.

apa itu youtube keyword research

Pengertian Youtube Keyword Reseach

Youtube tidak hanya terkenal sebagai platform hiburan yang menyediakan berbagai konten video yang menarik.

Namun, youtube juga dikenal sebagai social media yang berfungsi sebagai mesin pencari sama seperti Google.

Hal ini dikarenakan kemudahan menemukan berbagai informasi dalam bentuk video hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu.

Sehingga untuk membantu meningkatkan jumlah penonton secara cepat dan efektif, maka menggunakan youtube keyword research bisa menjadi pilihan yang tepat untuk optimasi konten video.

Youtube keyword research merupakan strategi untuk mengetahui kata kunci dan kalimat yang digunakan pengguna youtube untuk menemukan video yang sesuai di Youtube.

Pemanfaatan kata kunci yang tepat pada video youtube akan membantu konten anda ditemukan oleh penonton yang sesuai, sehingga mereka akan menonton video anda hingga habis bahkan merekomendasikan ke orang lain.

cara menggunakan youtube keyword research

Bagaimana Cara Menggunakan Youtube Keyword Research

Dalam melakukan analisa kata kunci di Youtube, anda bisa melakukan dua cara yang efketif, yakni secara manual atau menggunakan website khusus.

Pada penggunaan cara manual, anda akan menemukan kata kunci yang sesuai dan banyak dicari di Youtube. 

Sayangnya anda akan kesulitan mengetahui kualitas kata kunci tersebut yang dihitung dari jumlah volume pencarian serta peluang untuk ditemukan di Youtube.

Sehingga analisa kata kunci menggunakan youtube keyword research tools khusus dapat membantu anda menemukan kata kunci yang sesuai dengan hasil yang terukur.

Karenanya berikut beberapa tips untuk melakukan analisa kata kunci secara manual atau menggunakan keyword research tools tertentu.

Pilih Topik yang Sesuai

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum melakukan analisa kata kunci di youtube adalah mengumpulkan topik yang akan anda bahas di youtube.

Pengumpulan topik ini bisa berasal dari berbagai macam sumber, misalnya saja topik yang sedang naik daun di social media atau rekomendasi topik dari pengikut anda di kolom komentar.

Berbagai topik tersebut bisa anda kumpulkan sebelum menemukan kata kunci yang sesuai dan memiliki hasil pencarian tertinggi di Youtube.

Pastikan juga untuk memahami topik tersebut agar anda lebih mudah dalam menggali informasi mengenai pembahasan yang akan anda unggah di Youtube.

Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya memilih topik yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna youtube.

Hal ini dikarenakan pengguna youtube biasanya mencari video yang berhubungan dengan topik tertentu atau membantu memecahkan masalah penontonnya.

Misalnya saja, pengguna youtube mencari topik mengenai “vacuum cleaner” maka biasanya mereka akan mencari topik mengenai rekomendasi, ulasan, serta cara menggunakan penyedot debu.

Sehingga setelah menonton video tersebut maka penonton akan mendapatkan informasi mengenai produk vacuum cleaner lebih dalam.

Selain itu, pengguna youtube juga jarang sekali melakukan pencarian mengenai petunjuk arah atau situs web tertentu.

Hal ini dikarenakan Youtube belum memiliki fitur pencarian dan petunjuk arah, sehingga tidak memungkinkan bagi penonton untuk mendapatkan lokasi tempat tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa meminta bantuan dari penggemar serta komunitas yang anda ikuti.

Misalnya saja anda bertanya kepada pengikut anda mengenai topik yang sedang naik daun dan perlu dibahas di konten selanjutnya.

Apabila penonton tertarik pada konten yang anda suguhkan, maka mereka akan senang hati memberikan usul mengenai topik yang sebaiknya dibahas di konten selanjutnya.

Rekomendasi topik yang berulang bisa menjadi saran yang tepat karena membuktikan atensi konsumen pada pembahasan tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti komunitas tertentu yang berminat pada satu industri tertentu.

Dimana anda dapat menemukan berbagai topik yang sering dibahas oleh orang lain namun belum anda temukan di Youtube.

Sehingga menjadi peluang untuk mendapatkan ide konten youtube yang menarik dan disukai oleh banyak orang.

Guna menemukan komunitas yang sesuai, maka anda bisa membuat social media khusus dan bergabung pada grup komunitas tertentu.

Anda juga bisa mengandalkan algoritma social media yang akan memberikan saran mengenai topik yang anda sukai, apabila anda mencari topik tersebut secara terus menerus.

Temukan Kata Kunci yang Tepat

Setelah menemukan topik yang ingin dibahas di Youtube, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menemukan kata kunci yang tepat.

Biasanya sebuah topik akan memiliki pembahasan yang panjang sehingga memunculkan berbagai kata kunci yang menarik.

Variasi kata kunci tersebut bisa anda kumpulkan untuk memilih topik yang sekiranya sedang dicari oleh pengguna youtube.

Topik dengan hasil pencarian tertinggi bisa anda buat dan unggah lebih dulu dan dilanjutkan dengan kata kunci lain yang memiliki hasil yang lebih rendah.

Pada proses pencarian kata kunci yang tepat, anda juga bisa menggunakan bantuan dari berbagai website dan aplikasi tertentu yang memberikan hasil yang aktual.

tubebuddy

Tube Buddy

Website pertama yang bisa digunakan untuk analisa topik youtube adalah Tube buddy, dimana anda bisa mendapatkan hasil kata kunci setelah memasukkan kata kunci tertentu.

Salah satunya adalah volume pencarian dalam sebulan serta kompetisi dengan kompetitor lain yang menggunakan kata kunci yang sama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan rekomendasi kata kunci yang bisa anda gunakan untuk ide topik video selanjutnya.

Kelebihan lainnya adalah anda dapat menggunakan website ini secara gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk youtube keyword research.

website ahrefs

Ahrefs

Website kedua yang bisa anda gunakan untuk analisa kata kunci adalah Ahrefs dimana layanan berbayar ini menyediakan layanan untuk menjelajahi istilah yang sesuai serta mencocokkan kata untuk topik yang lebih sesuai.

Tidak hanya itu, Ahrefs juga dapat mengelompokkan dan mengeksplorasi ide serta menunjukkan bahwa kata kunci tersebut juga digunakan oleh pengguna youtube secara rutin.

0dHLZFkBQHyfcX1ugAGU

Keyword.io

Website youtube keyword research lain yang bisa anda gunakan secara gratis adalah Keyword.io dimana anda bisa melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang panjang.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda dalam menguji keyword yang lebih detail sebelum akhirnya disematkan ke dalam judul serta deskripsi video.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih lokasi yang dituju sehingga menghasilkan hasil pencarian yang lebih akurat dan detail.

Apabila anda ingin mengetahui volume pencarian kata kunci maka anda bisa menggunakan fitur berbayar yang disediakan oleh website ini.

Youtube Creator Studio

Kreator youtube tentunya tidak asing dengan fitur youtube creator studio, dimana anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk mengedit video sebelum akhirnya diunggah di channel youtube.

Fitur ini juga memiliki layanan tambahan seperti analisa performa konten youtube serta memberikan rekomendasi kata kunci yang sesuai dan naik daun di kalangan pengguna youtube.

Sehingga anda dapat melakukan youtube keyword research dengan efektif untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara menggunakan layanan ini juga mudah, anda akan mendapatkan laporan untuk penelusuran youtube di bawah area traffic pada dashboard youtube analytics.

Dimana anda akan mendapatkan informasi mengenai kata kunci yang sering dicari di Youtube, sayangnya layanan ini tidak memberikan informasi mengenai volume pencarian, sehingga anda perlu membutuhkan bantuan dari website youtube keyword research.

Meskipun begitu, informasi yang di dapatkan dari youtube analytics juga akurat, mengingat Youtube mengumpulkan informasi dari kebiasaan penggunanya.

Selain itu, anda juga diberikan informasi mengenai jumlah penonton yang dihasilkan dari setiap kata kunci yang digunakan di Youtube.

Pendekatan ini juga menjadi peluang yang bagus untuk membuat video khusus mengenai kata kunci tertentu, namun belum ada kreator lain yang mengunggah konten mengenai topik tersebut.

Sehingga video anda akan berada di kolom pencarian teratas saat pengguna youtube melakukan pencarian menggunakan kata kunci tersebut.

Cek Jumlah Volume Pencarian

Meskipun anda telah menemukan kata kunci yang menarik namun penting bagi anda untuk mengecek jumlah volume pencarian.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah kata kunci tersebut diminati oleh banyak orang atau hanya memiliki sumber topik yang menarik.

Volume pencarian yang besar juga menjadi faktor pendorong agar konten anda banyak ditemukan oleh pengguna youtube yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Sehingga penting bagi anda untuk menganalisa volume pencarian kata kunci tertentu sebelum akhirnya mengurutkan konten yang akan diunggah dari waktu ke waktu.

Topik dengan volume pencarian terbesar tentunya akan mendapatkan peluang untuk dibuat konten youtube dan begitu juga sebaliknya.

Biasanya berbagai website youtube keyword research memiliki fitur volume pencarian, sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk membuat daftar kata kunci berdasarkan hasil pencarian.

Ada baiknya juga untuk memisahkan kata kunci dengan pencarian terbanyak untuk dijadikan pilar content yang akan diikuti dengan cluster content lain untuk mendapatkan jumlah penonton yang terus bertambah dari video lain.

Nilai Kualitas Video

Sebelum anda membuat video berdasarkan kata kunci tertentu maka ada baiknya untuk melakukan penilaian kualitas video dari kompetitor lain yang telah membuat video tersebut sebelumnya.

Akvitas tersebut dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari video kompetitor lain, sehingga anda bisa menambahkannya ke konten anda.

Cara ini juga dilakukan untuk memberikan perbedaan antara video anda dengan kompetitor lain, sehingga menjadi daya tarik sendiri di mata pengguna youtube.

Guna mengetahui kualitas video kompetitor lain, maka anda cukup mengetikkan kata kunci yang dipilih ke dalam halaman pencarian youtube.

Kemudian youtube akan memunculkan video dengan hasil pencarian teratas dan mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Anda hanya perlu menonton 3-5 video pada pencarian teratas kemudian mencatat poin-poin yang disampaikan.

Sehingga anda dapat mengetahui kesamaan informasi satu sama lain sehingga anda bisa menambahkannya dengan topik lain yang relevan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengecek kolom komentar untuk melihat pertanyaan penonton yang belum dijawab oleh kompetitor tersebut, sehingga anda bisa memasukkannya ke dalam konten video anda.

Anda juga bisa mendapatkan wawasan baru mengenai cara kreator menyampaikan topik tertentu serta hasil video yang dihasilkan, sehingga dapat membantu anda meningkatkan kualitas video menjadi lebih baik.

s7E7CguQLI4n8tyE69uQ

5 Rekomendasi Youtube Keyword Research Tools

Pencarian kata kunci secara manual akan memungkinkan anda menemukan topik yang relevan dengan pembahasan yang sedang naik daun di kalangan pengguna youtube.

Meskipun begitu menggunakan bantuan dari website youtube keyword research tools juga perlu dipertimbangkan dengan baik.

Hal ini dikarenakan platform tersebut menyediakan berbagai informasi tambahan mengenai kata kunci yang anda pilih.

Sehingga menjadi pertimbangan apakah topik tersebut akan menarik atensi pengguna youtube dan menambah jumlah penonton secara signifikan dalam jangka waktu lama.

Anda juga bisa menggunakan berbagai website youtube keyword research tools yang tersedia secara gratis dan berbayar, tentunya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi website youtube keyword research yang bisa anda gunakan untuk optimasi konten youtube.

google trends

Google Trends

Meskipun Google dan Youtube saling bersaing untuk menjadi halaman pencarian nomor satu di internet, namun anda tetap bisa menggunakan website dari google untuk melakukan youtube keyword research.

Hal ini dilakukan mengingat konten video youtube juga akan ditemukan apabila anda melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Sehingga pengguna internet akan menemukan konten anda apabila melakukan pencarian di Google.

Di sisi lain, Google juga memiliki fitur khusus yang bisa digunakan untuk youtube keyword research secara optimal.

Caranya juga mudah, anda cukup mengakses website tersebut kemudian mengetikkan topik yang berkaitan dengan industri tertentu.

Kemudian anda akan menemukan hasil analisa berdasarkan kata kunci yang anda masukkan sebelumnya.

Agar hasil pencarian lebih akurat maka anda bisa memasukkan beberapa keterangan tambahan yang dibutuhkan.

Pertama adalah pemilihan lokasi yang sebaiknya menggunakan negara yang anda tuju.

Kedua adalah durasi trend yang bisa dipilih sesuai kuartal waktu tertentu, pastikan anda memilih waktu yang mendekati tanggal anda melakukan pencarian di Google trends.

Ketiga adalah kategori dimana anda bisa memilih kata kunci yang disesuaikan dengan topik tertentu untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat.

Keempat adalah pilihan pencarian dimana anda bisa memilih youtube search untuk mendapatkan hasil topik di Youtube.

Kelebihan lainnya dari menggunakan Google trends adalah anda dapat mengetahui perkembangan topik tersebut dengan durasi waktu tertentu, sehingga anda dapat menentukan apakah topik tersebut sedang naik daun atau mengalami penurunan yang drastis.

google ads keyword planner

Website satu ini tidak hanya digunakan untuk menganalisa performa iklan Google yang telah dipasang sebelumnya.

Namun, anda juga bisa menggunakan platform ini untuk melakukan youtube keyword research secara gratis dengan hasil yang maksimal.

Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk berlangganan website youtube keyword research tools yang anda inginkan.

Langkah pertama dalam menggunakan website ini adalah mendaftarkan diri anda menggunakan alamat email yang anda miliki sebelumnya.

Kemudian anda bisa memanfaatkan fitur pencarian kata kunci untuk melihat hasil pencarian yang relevan dengan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilah kata kunci berdasarkan bahasa yang digunakan sehingga anda akan mendapatkan hasil pencarian yang sesuai.

Anda juga akan mendapatkan informasi pencarian berdasarkan durasi tertentu, sehingga menjadi jaminan bahwa kata kunci yang anda cari juga digunakan oleh pengguna internet lainnya.

Sayangnya website ini memberikan hasil pencarian secara general dan tidak berpusat untuk Google saja.

buzzsumo keyword research tools

Buzzsumo Keyword Research Tools

Website Buzzsumo sudah terkenal sebagai platform yang menyediakan berbagai layanan yang sesuai untuk kreator social media.

Dimana pengguna bisa mengggunakannya untuk melakukan pencarian trend yang sedang naik daun saat ini serta influencer yang sesuai dengan kriteria produk yang dimiliki.

Fasilitas tersebut tentunya memudahkan kreator untuk membuat konten social media yang sesuai keinginan audience serta influencer social media yang dapat membantu promosi secara efektif.

Salah satu fitur keunggulan dari website Buzzsumo adalah pencarian kata kunci yang bisa digunakan untuk berbagai platform social media.

Dimana saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, maka anda akan menemukan berbagai rekomendasi keyword lain yang bisa digunakan untuk rekomendasi konten youtube lainnya.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk menemukan ide konten yang lebih banyak, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pencarian topik yang sesuai.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan wawasan baru dengan mengakses halaman blog yang disediakan oleh Buzzsumo.

Sehingga anda akan mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan social media dan bisa digunakan untuk ide konten youtube selanjutnya.

keyword tool

Keyword Tool

Bagi kreator youtube yang juga mengelola social media lain, tentunya membutuhkan tools yang dapat membantu analisa kata kunci yang bisa digunakan untuk social media lainnya.

Apabila anda menemukan kendala yang sama maka website keyword tools bisa menjadi andalan.

Dimana anda bisa memanfaatkan website ini untuk melakukan analisa kata kunci untuk berbagai social media, seperti Youtube, Twitter, dan Instagram sehingga kinerja konten menjadi lebih maksimal.

Tidak hanya itu, apabila anda mengembangkan konten untuk website brand dengan mengunggah konten artikel secara rutin, maka anda bisa menggunakan website ini untuk melakukan hasil pencarian dengan maksimal.

Cara penggunaan website ini juga cukup mudah, anda cukup mengakses halaman tersebut kemudian melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik yang anda inginkan.

Jangan lupa juga untuk memilih lokasi negara serta bahasa yang digunakan agar hasil pencarian semakin akurat.

Setelah menunggu beberapa saat, maka akan muncul hasil topik dengan kata kunci yang sudah dimasukkan sebelumnya.

Sayangnya untuk mengakses informasi lain yang dibutuhkan, maka anda perlu melakukan pembayaran berlangganan website untuk jangka waktu tertentu. semrush

Semrush

Website lainnya yang bisa anda gunakan untuk melakukan kegiatan youtube keyword reseach adalah Semrush.

Dimana platform ini memiliki persamaan dengan Buzzsumo yang biasa digunakan untuk analisa kata kunci di internet.

Semrush sendiri biasanya dikhususkan untuk pencarian kata kunci untuk website dan blog, namun anda juga bisa menggunakannya untuk analisa keyword di youtube.

Dimana setelah memasukkan kata kunci tertentu, anda tidak hanya diberikan informasi mengenai jumlah volume pencarian, namun berbagai analisa kompetitor lain yang berguna untuk jangka waktu yang lama.

Sumber :

https://yoast.com/youtube-keyword-research/

https://www.semrush.com/blog/youtube-keyword-research/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *