pexels lukas 590011

Youtube Analytics : Cara Analisa Konten Youtube dengan Efektif

Kenali cara menghitung metrik kinerja konten youtube anda menggunakan layanan youtube analytics.

Setelah mengunggah berbagai konten youtube dan melakukan strategi youtube marketing, jangan lupa juga untuk menganalisa kinerja akun youtube yang dimiliki.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah strategi marketing yang dijalankan perlu dirubah atau dipertahankan setelah melihat hasil metrik youtube analytics.

Untungnya untuk menghitung kinerja dalam jangka waktu tersebut, anda hanya perlu menggunakan layanan youtube analytics yang menyediakan hasil metrik secara otomatis pada jangka waktu tertentu.

Karenanya berikut cara menghitung kinerja kanal youtube anda melalui metrik youtube analytics.

apa itu youtube analytics

Apa Itu Youtube Analytics

Saat menggunakan akun business untuk social media, biasanya kreator akan diberikan beberapa fitur tambahan seperti layanan iklan berbayar atau analisa konten.

Melalui dua layanan ini akan membantu kreator dalam mengenalkan akun youtube yang dimiliki serta mengukur kinerja social media marketing dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini juga bisa anda temukan di Youtube dimana platform streaming video dan lagu ini menyediakan layanan youtube analytics bagia kreatornya.

Dengan hadirnya fitur ini maka akan membantu kreator dalam memantau metrik yang dimiliki, seperti durasi penonton dalam melihat video mereka, jumlah penonton yang di dapatkan di setiap kontennya, serta berbagai laporan yang membantu dalam mengukur keefektivan strategi marketing yang dimiliki.

Sehingga kreator tidak perlu mengukur performa konten youtube secara manual yang akhirnya memakan banyak waktu.

mengapa harus menggunakan youtube analytics

Mengapa Harus Menggunakan Youtube Analytics

Keberadaan youtube analytics sendiri sudah digunakan oleh banyak kreator di seluruh dunia dan telah menganalisa jutaan video dengan durasi yang berbeda-beda.

Tentunya ini menjadikan youtube analytics terus berkembang dengan memperbarui perhitungannya secara rutin.

Hal ini juga di dukung dengan platform youtube yang terus dikunjungi lebih dari 2 milliar akun youtube setiap bulannya yang terus mengakses konten video dengan berbagai bahasa yang berbeda, sehingga Youtube juga menawarkan pertumbuhan kanal youtube kreator dengan cepat berkat kepopuleran yang dimiliki.

Meskipun begitu, dalam mengembangkan akun youtube dengan jumlah penonton yang terus meningkat, serta pengikut yang banyak tentunya anda tidak hanya mengunggah konten tertentu dan mengharapkannya untuk menjadi viral dalam semalam.

Namun diperlukan juga rencana strategi marketing yang tepat sembari menganalisa kinerja kanal youtube anda secara rutin. 

Sehingga diperlukan juga metrik yang dapat mengukur kesuksesan channel youtube anda secara terus menerus.

Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh metrik youtube analytics yang menyediakan berbagai layanan tambah lainnya, diantaranya adalah :

  • Mengukur kinerja dari campaign marketing
  • Optimasi promosi melalui pengukuran data yang di dapatkan secara otomatis dan langsung.
  • Melihat apakah konten youtube anda sudah mendapatkan hasil yang diinginkan
  • Mengidentifikasi strategi marketing yang digunakan dengan melihat hasil yang telah di dapatkan pada jangka waktu tertentu.
  • Mengambil beberapa data tambahan, seperti target audience, ulasan konsumen, durasi menonton video, serta rencana strategi marketing ke depannya.
  • Menggunakan data video yang bisa diaplikasikan pada campaign yang sesuai.
  • Mengetahui topik konten yang disukai oleh konsumen, seperti tips, tutorial, vlog, atau webinar.
  • Mengenali thumbnail video, judul, dan durasi video yang berpengaruh pada performa konten youtube.
bagaimana cara menghitung youtube analytics

Bagaimana Cara Menggunakan Youtube Analytics

Sebelum menghitung kinerja konten youtube dengan mudah, maka anda bisa memulai mengakses layanan youtube analytics dengan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, masuk ke aplikasi youtube yang anda miliki kemudian masuk ke halaman youtube studio
  • Kedua, pada youtube studio dashboard maka anda bisa melakukan klik pada ikon analytics yang akan memberikan anda beberapa informasi mengenai performa youtube anda, untuk informasi lainnya maka anda bisa melakukan klik pada bagian advanced mode atau opsi see more untuk mendapatkan detail selengkapnya mengenai wawasan analisa kanal youtube yang anda miliki.
  • Ketiga, anda juga bisa mengakses layanan youtube analytics dari handphone menggunakan aplikasi youtube studio yang bisa anda unduh melalui Google Play Store atau App Store, kemudian koneksikan aplikasi tersebut dnegan channel youtube anda untuk mengakses beberapa informasi yang dibutuhkan.

Keberadaan aplikasi ini tentunya akan membantu anda dalam menganalisa kinerja akun youtube anda kapan saja dan dimana saja tanpa perlu membuka laptop atau personal computer.

cara menghitung youtube analytics

Cara Menghitung Youtube Analytics

Banyaknya informasi yang disajikan oleh youtube analytics, terkadang membuat kreator bingung untuk memilih data yang bisa digunakan untuk pengembangan kanal youtube yang anda miliki.

Berikut beberapa informasi dari metrik youtube analytics yang bisa anda manfaatkan untuk strategi marketing youtube.

Metrik Youtube Analytics 

Youtube analytics tools memiliki kekuatan untuk menganalisa setiap metrik dari sebuah kanal youtube, konten, serta audience yang anda miliki.

Berbagai informasi yang diberikan mungkin akan memberikan rasa cemas bagi pemula untuk melihat hasil metrik yang didapatkan di awal pengembangan akun youtube.

Laporan umum yang diberikan oleh youtube analytics juga akan membantu dalam memberikan wawasan yang lebih luas.

Berikut beberapa metrik umum yang bisa anda gunakan untuk laporan strategi youtube marketing.

0HD77BWSSBOyOCPCrcdA

Laporan Channel Youtube

Saat pertama kali membuka halaman youtube analytics, maka anda akan mendapatkan laporan kinerja kanal youtube anda secara umum dalam jangka waktu 28 hari.

Sehingga informasi tersebut akan terus berubah sepanjang bulan, tergantung dari performa channel youtube yang anda miliki.

Tidak hanya itu, pada halaman overview, maka anda akan disuguhkan beberapa metrik unggulan, diantaranya adalah :

  • Jumlah penonton : Pada metrik ini akan diberikan beberapa informasi mengenai jumlah penonton di hakaman youtube yang anda miliki 
  • Watch time : Metrik ini akan memberikan jumlah waktu yang dihabiskan oleh penonton anda di setiap videonya.

Informasi ini juga akan menentukan durasi video yang tepat, sehingga konten bisa dinikmati sampai akhir. 

Metrik ini juga merupakan kunci utama sebab Youtube akan menaikkan sebuah video dan kanal youtube yang memiliki waktu penayangan terbanyak di halaman pencarian atau kolom rekomendasi.

Hal ini dilakukan karena kinerja konten youtube akan dimaksimalkan melalui algoritma youtube.

Tidak hanya itu, metrik watch time juga akan mengumpulkan akumulasi durasi video yang dilihat oleh penonton anda, sehingga anda bisa mengelompokkan berbagai video terssebut ke dalam berbagai playlist tertentu, seperti tema video serta konten yang paling banyak ditonton.

  • Subscribers : Pengikut yang dihitung melalui jumlah subscriber yang dimiliki merupakan penggemar setia anda yang selalu menunggu setiap konten yang anda unggah di waktu tertentu.

Penggemar tersebut juga memiliki royalitas dan loyalitas pada konten, brand, serta nilai lebih yang anda berikan.

Keberadaan subscribers yang banyak juga akan membantu meningkatkan ketenaran video anda, sebab Youtube akan memberikan pemberitahuan khusus ke pengikut anda setiap konten baru muncul.

Semakin banyak penonton yang datang di waktu penayangan awal, juga akan membuka kesempatan anda untuk masuk ke halaman rekomendasi youtube pengguna lainnya.

Hal ini tentunya berbeda dengan penonton yang melihat video anda berkat rekomendasi konten atau ketenaran konten anda yang dibagikan dari penonton lain.

Laporan mengenai jumlah subsribers juga akan menunjukkan konten video, lokasi, serta waktu dimana jumlah pengikut bertambah dan berkurang.

Berbagai informasi yang disajikan juga akan membantu topik video yang sesuai keinginan penonton dan membantu menargetkan calon pengikut baru.

Namun, anda juga perlu memprioritaskan keinginan penonton anda dengan menyajikan konten yang mereka sukai untuk menaikkan durasi penayangan video serta menaikkan ranking pencarian.

  • Realtime Report : Laporan ini akan menunjukkan jumlah penonton yang anda dapatkan pada video terbaru anda, termasuk jumlah penonton yang melihat di waktu penyangan awal video dirilis.

Informasi tersebut akan menunjukkan jumlah penonton yang di dapatkan untuk konten video yang baru saja anda unggah, sehingga anda akan mendapatkan beberapa data mengenai pengikut anda yang berpartisipasi pada interaksi video anda.

Youtube Analytics : Durasi Video dan Laporan Audience 

Metrik lainnya yang bisa digunakan untuk promosi konten adalah memerhatikan durasi video serta laporan audience pada jangka waktu tertentu.

Hal ini dikarenakan penonton akan melihat video sesuai dengan keinginan mereka, dan mungkin saja mereka bisa berhenti kapan saja apabila konten dirasa kurang menarik atau durasi terlalu panjang.

Semakin banyak penonton yang melihat video anda hingga akhir, maka akan membuka kesempatan untuk bagi mereka untuk kembali berkunjung ke kanal youtube anda dan melihat berbagai video yang telah anda unggah sebelumnya.

Berbagai metrik tersebut juga akan menentukan strategi video yang sesuai dengan channel youtube anda.

tQme4CwYQWWCEDAIvb56

Watch Time Report 

Youtube telah menyediakan berbagai fitur tambahan yang dapat membantu dalam promosi konten yang anda miliki.

Pertama adalah menggunakan fitur share yang memungkinkan penonton anda untuk membagikan link ke social media lainnya, sehingga jangkauan video anda semakin luas.

Kedua adalah video anda mungkin saja direkomendasikan oleh Youtube ke konsumen yang memiliki minat dan topik yang sama dengan channel dan video anda.

Sehingga mereka bisa mendapatkan konten anda dengan mudah, meskipun mereka belum pernah mengenal channel youtube anda.

Berbagai variasi promosi ini juga bisa dihitung melalui metrik youtube analytics, berbagai sumber-sumber ini mencakup rekomendasi dari beranda youtube, pemutar otomatis di platform social media lain, serta dari aplikasi youtube dari handphone.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membandingkan durasi waktu nonton untuk maisng-masing video.

Sehingga anda bisa mengetahui tipe konten yang disukai oleh konsumen anda, sehingga bisa digunakan untuk ide konten selanjutnya.

Contohnya adalah anda bisa melihat apakah tipe konten tutorial anda mendapatkan hasil yang lebih bagus dibandingkan konten vlog.

Beberapa metrik lainnya yang bisa anda temukan di laporan watch time adalah :

  • Average View Precentage : Informasi mengenai durasi video yang ditonton selama pemutaran konten.
  • Average View Duration : Durasi rata-rata dalam setiap pemutaran video.
  • Estimated Minutes Watched : Jumlah durasi menonton konten di beberapa saluran, video, atau daftar putar yang ditentukan.
  • Unigue : Jumlah penonton yang melihat video anda yang diukur berdasarkan kunjungan dari berbagai sumber, seperti personal computer atau handphone.
  • Viewers Percentage : Presentase penonton yang masuk dan menonton video anda dari playlist youtube yang telah anda buat. Playlist ini juga akan membedakan tema konten yang berbeda-beda.
  • Views : Jumlah penyangan di saluran youtube.
  • Watch Time : Durasi yang dihabiskan saat melihat sebuah video.

Audience Retention Report

Audience retention akan menghitung durasi penonton yang melihat konten anda namun meninggalkanya pada waktu tertentu.

Contohnya adalah penonton anda mungkin saja melihat video anda di awal penayangan kemudian berpindah ke video lain, atau menonton video anda hingga akhir.

Informasi ini juga akan membantu anda dalam mengetahui apakah penonton anda menyukai konten anda atau merasa bosan setelah melihatnya di awal penayangan.

Berdasarkan dari metrik dan presentase tersebut, maka anda bisa diperlihatkan daftar dari konten video yang memiliki performa terbaik. 

Di sisi lain, anda mungkin melihat korelasi antara performa video anda dengan audience retention yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, informasi mengenai audience retention juga akan memperlihatkan anda mengenai bagian vidoe yang disukai oleh penonton anda.

Youtube sendiri merekomendasikan untuk memberi perhatian lebih pada 15 detik pertama video ditayangkan sebelum akhirnya penonton beralih ke konten lainnya yang dirasa lebih menarik.

Anda juga bisa menggunakan audience retention untuk melihat performa video yang memliki durasi yang sama.

Audience retention sendiri juga dibagi ke dalam beberapa kunjungan organik, kunjungan berbayar dari iklan, serta konten yang dikunjungi setelah melihat iklan.

  • Organic Traffic : Jumlah penonton merupakan hasil dari audience retention, dimana kunjungan anda akan masuk ke dalam penayangan organik apabila penonton mencari video anda melalui kolom pencarian atau menonton video melalui rekomendasi konten, atau mencari kanal youtube anda.
  • Skippable Video Ad : Beberapa iklan mengenai video youtube biasanya akan ditayangkan secara otomatis sebelum akhirnya penonton mengunjungi video anda dari rekomendasi iklan.
  • Display Ad: Informasi mengenai jumlah penonton yang melihat koten anda dari iklan youtube, termasuk iklan yang ditayangkan di halaman pencarian.

Metrik audience retention akan memperlihatkan wawasan mengenai strategi yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa konten video.

Mungkin saja video anda memiliki kelemahan pada pembukaan di detik pertama atau anda kehilangan penonton di tengah video, sehingga detail video ini akan membantu anda dalam memberikan evaluasi konten di masa yang akan datang.

Laporan youtube audience retention juga menyediakan dua grafik yang berbeda, yakni absolute retention curve dan relative retention curve.

Absolute retention curve akan menyajikan informasi mengenai jumlah penonton video, sedangkan relative retention curve menunjukkan jumlah video anda dibandingkan konten lain yang memiliki topik yang sama.

Playback Location Report 

Berbagai konten yang tersedia di youtube tidak hanya menyediakan video hiburan namun edukasi yang membantu penonton untuk memahami sebuah topik lebih mudah dan cepat.

Misalnya anda mencari topik digital marketing di youtube untuk melihat penjelasan dari ahli mengenai cara promosi di internet dan social media melalui pemasaran digital.

Tidak hanya itu, berbagai website serta social media juga bisa mencantumkan video dari kanal lain sebagai dukungan dari konten yang akan diunggah di akun branda.

Hal ini juga menguntungkan bagi anda untuk melakukan promosi ke target konsumen yang memiliki minat dan topik yang sama.

Sehingga informasi playback location ini terlihat menarik apabila anda melakukan kerjasama dengan kreator lain untuk membuat konten yang berkaitan.

Anda juga bisa melihat dimana saja video anda diputar serta dicantumkan di website atau social media lainnya.

Contohnya anda bisa melihat berapa banyak penonton yang di dapatkan dari link yang tertanam dari website lain yang membawa penonton ke kanal youtube anda, sehingga anda bisa melihat sumber kedatangan penonton baru yang anda miliki.

Beberapa metrik tambahan yang disediakan di playback location adalah :

  • Youtube Watch Page : Informasi mengenai sumber kedatangan penonton dari halaman yang berbeda dan kemudian berkunjung ke halaman youtube anda.
  • Youtube Channel Page : Penonton yang datang berasal dari halaman youtube 
  • Youtube Other : Beberapa website mungkin tidak mengizinkan kunjungan ke halaman youtube dan mungkin ini bisa terjadi ke halaman youtube anda.
  • Rekomendasi dari Website dan Aplikasi : Kunjungan dari penonton lain yang mengetahui konten dan channel youtube anda dari website

Laporan Sumber Kunjungan 

Salah satu laporan youtube analytics yang biasanya dianalisa oleh kreator adalah laporan sumber kunjungan, baik dari youtube langsung atau rekomendasi dari social media atau website lainnya.

Anda bisa mengenali sumber kunjungan penonton anda dengan melakukan klik pada halaman traffic sources dan melihat kunjungan penonton baru anda.

Informasi ini juga membantu anda dalam melakukan promsoi yang lebih matang, sehingga anda bisa mendapatkan calon penonton baru dari berbagai sumber social media.

Devices Report 

Kemudahan dalam mengakses berbagai platform social media menjadikan penonton memiliki pilihan untuk melihat konten youtube.

Contohnya adalah menonton konten youtube dari personal computer sembari bekerja atau kembali melihat konten dari kreator kesukaan di atas bis setelah pulang bekerja.

Perbedaan gadget yang digunakan untuk melihat konten video, juga menentukan tampilan vidoe anda, sehingga bisa dilihat di berbagai tempat tanpa merasa kesusahan untuk melihat thumbnail deskripsi yang anda berikan di video.

Sehingga informasi mengenai penggunaan device juga diperlukan untuk mengetahui tipe konten yang sesuai dengan penonton yang anda miliki.

Contohnya apakah penonton anda lebih menyukai melihat konten video di handphone saat sedang di perjalanan atau melihat video youtube di tv saat sedang berkumpul dengan teman terdekat.

Berbagai informasi ini juga menguntungkan untuk melihat jenis iklan serta strategi pemasaran yang sesuai konsumen.

Sehingga apabila mayoritas penonton menggunakan handphone untuk melihat video anda, maka mereka mungkin akan lebih menyukai konten video dengan durasi yang pendek dan bisa dilihat dalam waktu singkat.

Hal ini dikarenakan penonton yang melihat melalui handphone biasanya akan merasa kelelahan untuk melihat konten dengan durasi yang panjang melalui layar yang sempit.

Bandingkan dengan penonton yang melihat video melalui laptop, tablet, atau televisi yang memungkinkan pengunjung untuk menonton konten dengan durasi yang lebih panjang sebab layar yang lebih panjang.

Laporan Interaksi dengan Penonton 

Salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah subscriber serta meningkatkan jumlah penonton adalah melakukan interaksi dengan penonton yang anda miliki.

Semakin sering interaksi dilakukan maka akan membuka peluang bagi konten anda direkomendasikan ke pengguna youtube lain yang memiliki minat pada topik yang sama.

Beberapa interaksi yang bisa anda dapatkan di youtube adalah jumlah komentar, membagikan konten, jumlah likes dan dislikes yang di dapatkan di setiap konten yang telah anda unggah sebelumnya.

Berbagai komentar yang masuk juga bisa mendeskripsikan emosi yang dirasakan oleh penonton anda setelah melihat video anda, serta mendapatkan referensi konten yang bisa digunakan untuk unggahan video selanjutnya.

Sementara jumlah konten yang dibagikan juga akan membantu menaikkan nilai konten anda di mata penonton yang memiliki minat yang sama, serta meningkatkan kepercayaan pada akun youtube anda.

Jumlah likes dan dislikes juga akan menentukan jenis konten yang disukai dan kurang diminati oleh penonton anda.

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/youtube-analytics/

https://blog.hubspot.com/marketing/youtube-analytics

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.