brand voice

Alasan Brand Voice itu Penting

Jika kamu masih belum mengetahui tentang Brand Voice dan alasan itu penting, coba pikirkan hal-hal berikut.

Bagaimana cara brandmu berkomunikasi dengan pelanggan?

Bagaimana kamu mempresentasikan brandmu ke publik?

Apakah kalian sudah menemukan jawabannya?

Kita pasti setuju jika komunikasi adalah kunci untuk membuat brandmu menghasilkan kualitas kepercayaan antara kamu dengan pelanggan.  Karena dari komunikasi itulah pelanggan dapat mengerti tentang brand yang kamu buat.

brand voices

Apa itu Brand Voice?

Pada dasarnya Brand Voice adalah kumpulan kata, kondisi, perilaku dan ekspresi yang dimiliki oleh suatu merek atau brand. Hal-hal tersebut akan ditulis di media sosial dengan bertujuan untuk membangun persepsi pelanggan atas brand yang kita miliki.

Menurut  laman situs Forbes, Brand Voice berputar di apa yang dikatakan dan tetap konsisten dengan komunikasi yang sudah tersampaikan. Dengan tidak mengubah suara, pelanggan dapat melihat bahwa brand tersebut dapat diandalkan dan dimengerti.

Mengapa Brand Voice Penting?

Dalam menciptakan strategi branding membentuk kepribadian brand itu penting untuk membantu kamu sebagai pebisnis atau pekerja dengan menciptakan pesan brand secara konsisten. Terlebih lagi, membangun brand melalui brand voice penting di era sosial media.

Berikut beberapa alasannya:

Membentuk Persona Bisnismu

Pentingnya brand voice dimulai dan diakhiri dengan bagaimana brandmu ingin diingat oleh pelanggan yang berpotensi.  Kamu membutuhkan 10 detik yang menakjubkan untuk meninggalkan kesan sebelum calon pelanggan pergi ke situs web lain.

Pada detik-detik itu lah mereka akan mempertimbangkan tentang brand yang kamu buat. Brand Voice yang kamu buat mencerminkan proposisi nilai yang unik.. Baik itu teknologi, harga, atau bagaimana kamu melayani tanpa menjual terlalu keras.

Ini juga mencerminkan nilai-nilai inti untuk membentuk persona atau tampilan yang mewakili brandmu di seluruh ranah digital.

Persona suatu brand bisa menjadi menyenangkan, berwibawa; santau atau formal. Namun, tetap harus otentik.

Jika kamu membuat brand voice yang secara efektif berkomunikasi tentang visi dan misi brandmu dan apa yang brandmu percaya, maka kamu akan lebih mudah mengubah pengunjung web menjadi pelanggan setia.

branding

Brand Voice Berbicara dalam Bahasa Pelangganmu

Brand Voice menghubungkan jarak antara kamu dengan pelanggan.  Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terhubung dengan brand pada tingkat emosional tertentu , sebesar 59% pelanggan ingin membeli dari brand yang mereka percayai.

Jadi, jika kamu ingin terhubung dengan target pelanggan anda maka kamu perlu berbicara dengan bahasa mereka terlebih dahulu. 

Voice brand yang terpercaya menciptakan pelanggan yang setia. Itu harus didukung oleh strategi bagaimana kamu terlibat dengan calon pelanggan yang sudah ada.

Waktu, tempat, dan niat akan memfokuskan bagaimana Brand Voice kamu harus didengar agar menciptakan dampak yang besar. Jika kamu ingin mengajarkan pelangganmu, hal terbaik adalah dengan menciptakan konten suara yang memancarkan keahlian dan otoritas tentang topik itu.

Jika kamu ingin terhubung dengan pelangganmu secara emosional, maka suara yang hangat dan menenangkan  merupakan pilihan yang tepat.

Hal yang harus anda tahu dalam menentukan Brand Voice:

  • Niat brandmu
  • Nada sura brandmu

Pada akhirnya, suara yang kamu buat untuk brandmu mencerminkan perusahaanmu dan apa yang kamu dapat tawarkan ke pelanggan.

social media

Menciptakan Konsistensi di Seluruh Media Sosial

Konsistensi suara di seluruh media dan konten tentang brandmu menciptakan citra yang profesional. Pelanggan akan terlibat dan mengerti tentang brandmu dari awal pertemuan dan mereka akan lebih tahu tentang brandmu melalui konten yang mereka suka.

Jika, seseorang menyukai kontenmu dan terlibat dalam hal itu, mereka akan menjadi pelanggan di masa depan. Brand voice yang berkesan tidak harus benar-benar memukau orang-orang.

Kontenmu hanya harus menyampaikan maksud dari brandmu kepada audiens, tunjukkanlah bahwa brand kamu layak untuk dilibatkan. Kontenmu tidak perlu benar-benar menjadi viral , kamu hanya perlu memberikan informasi berwawasan yang yang akan dinikmati dan dikonsumsi oleh pelangganmu.

Kualitas sangatlah berpengaruh untuk branding. Gunakanlah suara kamu untuk konten yang bijaksana dan berdampak baik bagi pelanggan.  Suara dari sebuah brand mewakili perusahaanmu di seluruh media sosial.

Ini merupakan salah satu cara efektif untuk berkomunikasi dengan pelangganmu, namun, kamu tetap harus konsisten membuat konten yang otentik. Masyarakat akan terlibat dengan konten yang berbicara kepada mereka atau memecahkan masalah yang mereka hadapi.

Tugasmu adalah membuat konten yang bisa memecahkan masalah mereka.  Kunci untuk menciptakan sesuatu yang otentik adalah mengetahui inti pesan dari brandmu.

Jika kamu belum mengetahuinya, gali lebih dalam tentang “Kenapa” dan apa yang kamu percaya atau perjuangkan.  Kenapa kamu berbisnis? Apa yang benar-benar penting untuk brandmu?  

Jawablah pertanyaan itu dan kamu sudah menyelesaikan setengah dari pekerjaanmu. Selebihnya adalah masalah waktu dan konsistensi. Semakin kamu menyempurnakan suara dari brandmu, semakin efektif strategi pemasaranmu untuk memenuhi tujuan bisnismu

Jika sudah mengetahui atau ada pertanyaan seputar ini, jangan lupa tulis di kolom komentar, ya!

Alasan Brand Voice itu Penting

Leave a Reply

10 views
Copy link