Sebenarnya, Apa itu Hosting dan Bagaiman Cara Melakukannya?

Apa itu Hosting dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Apa itu hosting, fungsi hosting, dan jenis hosting serta cara kerjanya.  Yuk, baca artikel kami untuk mencari tahu jawabannya disini!

Website atau blog sudah pasti tak asing bagi Anda bukan? Di masa yang serba cepat berkat teknologi yang canggih. Keduanya ini pasti sudah sering Anda temui.

Ketika sudah mengetahui platform tersebut. Pasti Anda tidak asing dengan istilah berikut “hosting.

Hosting secara umum merupakan suatu layanan online yang berfungsi untuk mengelola aplikasi seperti halnya website atau blog yang Anda ketahui tadi agar dapat ditampilkan melalui jaringan internet.

Untuk memahami pengertian apa itu hosting secara utuh mulai dari cara kerja, fungsi, jenis hosting dan lain sebagainya. Maka Anda perlu menyimak ulasan yang sudah kami sediakan berikut ini!

apa itu hosting

Apa Itu Hosting? Definisi Hosting Secara Umum

Sebelum membahas jauh mengenai hosting, maka kami akan memberikan penjelasan pada Anda terkait apa itu hosting?

Sebenarnya pengertian apa itu hosting tidak jauh seperti yang telah disebutkan di paragraf sebelumnya, yakni suatu layanan online atau berada dalam jaringan internet.

Jaringan ini memiliki fungsi untuk melakukan pengelolaan data dari situs atau aplikasi website oleh para pengguna. Sehingga dapat ditampilkan melalui internet.

Semua file yang sudah tersimpan di dalam hosting, sudah pasti dapat ditampilkan di internet, tempat Anda berselancar mencari informasi.

Data file yang tersimpan biasanya berupa database atau basis data, gambar, script, email, aplikasi, dan video.

Di dalam sebuah hosting ada yang disebut dengan domain, komponen penting berupa alamat yang harus Anda ketikkan terlebih dahulu untuk menuju ke sebuah situs website dan blog.

Selain mengetikkan nama domain untuk menuju situs dalam mesin pencari atau search engine, Anda juga wajib memastikan bahwa sudah terhubung dengan jaringan internet.

Jika Anda masih merasa kesulitan memahami apa itu hosting. Berikut analoginya supaya mudah dipahami.

Bayangkan saja, jika hosting itu adalah sebuah tanah untuk menampung sebuah bangunan. Sementara situs web atau blog adalah bangunan sebagai tempat  tinggalnya. Dan domain adalah alamat dari bangunan tersebut.

Semoga melalui analogi berikut. Anda bisa lebih memahami pengertian apa itu hosting yang sesungguhnya.

Apa Itu Hosting? Bagaimana Fungsi Hosting?

Setelah mengetahui apa itu hosting? Anda juga perlu mengetahui cara kerja hosting sesungguhnya. Berikut ini adalah mengenai fungsi hosting dalam sebuah situs atau web.

Membuat Halaman pada Website

Fungsi pertama yang dimiliki oleh hosting ialah untuk membuat halaman pada website. Yang mana didalamnya tersimpan berbagai macam informasi dan data yang begitu banyak untuk menunjang situs website tersebut.

Bisa berupa data dan informasi pengguna, bisnis, pembelajaran, dan masih banyak lainnya. Yang bisa Anda isi sesuai dengan tujuan dan konsep dari situs website tersebut. Jika tidak melalui hosting, maka halaman website Anda tidak akan muncul jika dicari dalam search engine.

Dan jika tidak muncul, sudah jelas situs website Anda tidak akan bisa dikunjungi oleh para pengguna internet. Maka jelas sekali sangat penting dilakukannya hosting untuk situs website.

Pengembangan Situs

E-commerce adalah nama lain dari jual beli online. Dengan adanya situs website, Anda bisa lebih mudah dalam membuka toko jual beli online. Hosting diperlukan supaya setiap informasi dan data yang sudah Anda cantumkan dapat terindeks serta dibaca oleh search engine.

Dengan melakukan hosting sebagai fungsi pengembangan, Anda bisa mendatangkan lebih banyak lagi konsumen dalam skala besar. Situs website Anda pun akan dengan mudah dikenal oleh banyak orang dan juga bisa memperbanyak pengunjungnya.

Pembuatan Email Profesional

Biasanya perusahaan atau beberapa instansi lainnya, sudah pasti akan membuat email profesional atau domainnya sendiri. Yang mana berguna untuk lebih memperkenalkan diri pada dunia melalui search engine. Dengan dilakukannya hosting, Anda bisa membuat email profesional itu.

Dengan penggunaan email profesional, kredibilitas bisnis yang Anda miliki akan lebih meningkat. Jadi Anda wajib untuk melakukan hosting dan membuat domain sendiri terlebih dahulu. Selanjutnya Anda baru bisa memiliki email profesional.

 Adanya SSL yang Dapat Melindungi Website

Fungsi hosting yang selanjutnya ialah memberikan perlindungan pada website dengan menggunakan SSL. Jika Anda sudah melakukan hosting, ingatlah agar sekaligus memasang SSL atau Secure Socket Layer guna melindungi situs yang sudah Anda buat dan lebih mengoptimalkannya.

Jadi serangan malware, virus, DDOS, dan spam sudah pasti akan sulit untuk memasuki website milik Anda. Dan website tersebut akan jauh lebih aman. Anda tak akan lagi memiliki kekhawatiran kalau saja terjadi hal – hal yang tidak mengenakan seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya.

Setelah mengulas mengenai apa itu hosting dan seperti apa fungsi hosting, Anda pasti sudah paham bukan, mengapa hosting sangat penting untuk dalam sebuah website? Dengan begini, Anda bisa lebih memaksimalkan adanya situs yang sudah Anda miliki. Kemudian, juga bisa lebih merasakan keamanan yang optimal.

Pentingnya belajar mengenai kecanggihan teknologi informasi terutama untuk apa itu hosting dalam website. Anda tak akan lagi sembarangan membuat website atau blog, tetapi sudah dengan persiapan yang matang. Tak sekedar hanya membuat website dan memperbanyak konten menarik saja.

Tetapi memperbagus tampilan dari website atau blog tersebut. Hingga melakukan pengamanan guna pengoptimalannya serta penyimpanan segala macam data dan informasi penting yang mendukung pemaksimalan dari adanya website atau blog.

Kami juga menyediakan informasi mengenai jenis hosting untuk Anda. Yang mana bisa dijadikan referensi untuk melakukan hosting situs yang akan Anda buat nantinya. Seperti apa sajakah jenis – jenis tersebut?

2

Apa itu Hosting dan Jenisnya Untuk Membuat Website

Cloud Based Hosting

Jenis yang pertama ialah cloud based hosting. Yang paling memiliki banyak peminat karena tidak adanya downtime. Jadi website yang dibuat dengan hosting jenis ini, sudah pasti akan sangat stabil.

Dalam cloud based hosting, digunakan sekelompok server dan file serta resource yang sudah direplikasi pada setiap server. Jadi kesibukan salah satu server akan otomatis di-route oleh trafik situs ke server lainnya yang masih satu klaster.

Dedicated Hosting

Jika Anda merasa butuh paket server yang bisa melakukan kontrol secara maksimal akan layanan hosting yang sudah dilakukan pada website Anda, maka pakailah jenis hosting yang satu ini. Karena sudah ditawarkan paket penuh pada jenis yang satu ini.

Selain itu dengan penggunaan hosting yang satu ini, akan lebih fleksibel untuk pengguna. Serta bisa memberikan kemampuan pengoperasian antara sistem operasi dan software yang nantinya digunakan dalam pengelolaan website tersebut.

VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server hosting adalah jenis hosting yang memadukan cloud hosting dengan dedicated hosting. Yang membuat pengguna mendapatkan fungsi lengkap dari dedicated tetapi hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar biaya dari cloud hosting.

Bagi Anda yang ingin membuat website dengan trafik tinggi, sangat dianjurkan menggunakan jenis hosting  yang satu ini. Karena sangat cocok untuk kebutuhan dari situs website Anda tersebut.

Shared Hosting

Apa itu hosting jenis Shared hosting?  Jenis hosting ini termasuk dalam paket hosting tradisional. Terdapat satu server yang di-hosting untuk beberapa user. Untuk biaya yang perlu Anda keluarkan sangatlah terjangkau.

Tetapi shared hosting hanya kami sarankan untuk Anda yang ingin membuat situs website sederhana. Untuk jenis website yang lebih tinggi trafiknya lebih baik tidak menggunakan hosting jenis ini.

WordPress Hosting

Nah, untuk jenis hosting yang terakhir akan kami ulas ialah wordpress hosting. Di mana jenis ini merupakan bentuk lain dari jenis shared hosting. Yang dirancang khusus untuk para pengguna wordpress.

Fitur pre-installed plugin berkonfigurasi yang cukup optimal sudah ada di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat tampilan situs Anda jadi lebih menarik. Karena wordpress hosting sudah didukung dengan fitur – fitur tambahan.

Seperti halnya tema, pre-designed, drag and drop page builder, dan toll developer lainnya yang spesifik. Jadi bisa kami katakan bahwa jenis hosting yang satu ini jauh lebih praktis untuk digunakan oleh siapa saja.

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu hosting, seperti apa fungsi hosting, dan apa saja jenis hosting, sudah sepantasnya Anda mengetahui pula bagaimana cara kerja hosting bukan? Untuk itulah kami menyediakan ulasannya berikut ini!

3

Cara Kerja Hosting

Sering kali, kebanyakan orang hanya akan terfokus pada pembuatan domain saat membuat sebuah website. Padahal, selain nama domain yang menarik, hosting sangatlah diperlukan untuk mengoptimalkan website.

Mengapa demikian? Karena layanan hosting, memiliki cara kerja sangat bermanfaat. Seperti apakah itu? Layanan hosting memberikan ruang server yang berfungsi untuk menyimpan keseluruhan data dan informasi untuk website.

Dengan penggunaan layanan hosting, Anda akan dengan mudah mendapatkan nama domain Anda tertera di search engine ketika dicari.

Dan host yang bertanggung jawab akan segera mengirimkan semua file – file dalam layanan hosting yang diperlukan supaya pengguna bisa melakukan akses pada website tersebut.

Bisa dikatakan, cara kerja hosting ini ialah sebagai rumah untuk website Anda dan semua yang berada di dalamnya. Agar website Anda terjaga dengan baik, Anda wajib membayarkan sejumlah biaya sebagai bentuk perawatan.

Sama halnya dengan menjaga sebuah rumah. Ketika Anda sudah mulai tidak membayarkan biayanya, maka website Anda akan sulit untuk diakses.

Dan tampilan serta apa yang disediakan di sana pun tak akan terupdate seperti biasanya saat Anda rajin melakukan pembayaran biaya layanan hosting. Tips untuk memilih layanan hosting juga sudah kami sediakan untuk penambah informasi bagi Anda.

Agar Anda tak sampai salah pilih dan bisa mempertimbangkan dengan baik ketika memilih layanan hosting yang akan Anda pakai. Simaklah ulasannya berikut ini! Supaya Anda tahu lengkap mengenai apa itu hosting, dan semua hal yang mendukungnya.

5

Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik

Sebelum membeli sesuatu, sudah pasti penting untuk mempertimbangkan dan membandingkannya dengan yang lain. Agar tak sampai salah pilih karena faktor kualitas maupun kebutuhan.

Sama halnya dengan memilih layanan hosting, Anda wajib untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu. Seperti apa sih cara mempertimbangkan pemilihan layanan hosting tersebut?

Nah, berikut ini sudah kami sediakan tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih layanan hosting. Semoga bisa menambah informasi dan memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat.

Konsultasi pada Web Developer

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan konsultasi pada pihak web developer. Agar Anda bisa mendapatkan banyak informasi, mengenai layanan hosting mana yang cocok untuk website milik Anda.

Biasanya Anda akan diajak untuk mendiskusikan secara detail seperti apa website yang Anda inginkan dan juga fungsinya. Akan digunakan dan dikembangkan untuk apa website tersebut? Dengan berkonsultasi pada ahlinya, maka kami rasa akan jauh lebih baik.

Selain harga, Anda juga wajib mempertimbangkan kecepatan akses dan bandwidth yang akan didapatkan dari perusahaan layanan hosting yang Anda pilih. Anda harus benar – benar mempertimbangkannya. Karena tak jarang juga yang mahal tapi tidak berkualitas terbaik.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Anda wajib menganalisa terlebih dahulu kebutuhan website. Apakah perlu yang dapat diakses dengan cepat, apakah akan digunakan untuk toko online, atau hanya sebagai website informatif biasa? Lalu apakah butuh trafik yang tinggi, disk space yang besar, dan lain – lainnya.

Hal ini sangat penting Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih layanan hosting. Karena ketika Anda memilih layanan hosting tanpa mempertimbangkan kebutuhan, bisa jadi malah membuat Anda mengganti layanan hosting yang baru.

Menentukan Lokasi Server

Selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan ialah menentukan lokasi server. Server yang Anda pilih harus disesuaikan dengan target sasaran. Jika target pengunjungnya adalah masyarakat lokal Indonesia dan mancanegara, ya tinggal dibuat sedemikian rupa.

Carilah Layanan Support 24 Jam

Menurut kami, hal yang paling penting ialah Anda wajib memilih layanan hosting yang bisa memiliki tim support selama 24 jam. Mengapa demikian? Karena tak jarang pengunjung website akan random dalam mengunjungi laman Anda.

Untuk mencegah tidak terkontrolnya pengunjung pada saat – saat istirahat, maka Anda wajib memilih layanan hosting yang punya tim support 24 jam. Apalagi kalau website tersebut akan Anda gunakan untuk website e-commerce.

Selain itu, tim support 24 jam ini juga Anda perlukan guna memberi perlindungan pada website Anda. Supaya bisa mencegah datangnya serangan atau masalah yang bisa mengganggu kenyamanan dari website milik Anda.

Nah, itulah beberapa tips mengenai pemilihan layanan hosting yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mencobanya jika nanti ingin melakukan pemilihan layanan hosting, agar tak sampai salah pilih. Karena kesalahan saat memilih layanan hosting, bisa berakibat fatal.

Apalagi ketika Anda memilih layanan hosting yang tidak sesuai dengan kebutuhan, sudah pasti akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk membayar penyedia jasa tambahan. Selain itu juga bisa membuat Anda kesulitan dalam mengelola website milik Anda tersebut.

Dan itulah ulasan dasar yang perlu Anda pahami mengenai apa itu hosting, apa saja fungsinya serta seperti apa jenis – jenisnya. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu bagi Anda yang ingin belajar mengenai marketing atau pemasaran.

Apalagi di masa yang sudah serba canggih ini memang sangat penting mempelajari hal – hal yang berhubungan dengan marketing. Baik itu untuk pengelolaan bisnis, sekedar mengelola website untuk pembelajaran, maupun untuk tujuan lainnya.

Dengan Anda mengetahui banyak hal mengenai dunia marketing, Anda juga bisa mengurangi resiko mendapatkan pengalaman buruk dalam bisnis Anda. Jadi Anda tak akan mudah tertipu oleh layanan penyedia jasa marketing.

Bahkan, Anda juga bisa menjadikan kemampuan marketing Anda tersebut untuk berbisnis. Dengan cara membuka jasa penyedia layanan marketing. Hanya bermodalkan kemampuan, Anda sudah bisa mendapatkan banyak uang dalam jangka waktu yang cepat.

Anda bisa mengunjungi website resmi kami di  socialmediamarketer jika ingin belajar lebih mengenai marketing. Baik itu marketing mengenai apa itu hosting, layanan penyedia hosting, maupun banyak jenis marketing lainnya.

Seperti penggunaan berbagai platform untuk memasifkan marketing, maupun dalam pengelolaan website lainnya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.