Marketing Tools Untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

Marketing Tools Untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

Marketing Tools perlu dipelajari, untuk mengembangkan bisnis berbasis digital. Baca artikel kami, untuk mengetahui selengkapnya.

Melakukan pemasaran produk maupun jasa di era digital seperti saat ini, menjadi tantangan sekaligus peluang yang sangat menjanjikan. Meski semakin banyak aspek-aspek yang harus dikelola akan semakin ringan pengerjaannya, jika dibantu dengan sarana bernama marketing tools.

Dengan alat pemasaran yang tepat, setiap pelaku bisnis atau pihak yang menjalankan campaign marketing, akan semakin terbantu dalam melaksanakan tugas-tugas pemasarannya.

marketing tools

Tentang Marketing Tools

Marketing tools merupakan alat atau aplikasi yang dipakai oleh badan usaha, dalam rangka meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

Aplikasi yang digunakan, dapat membantu Anda menjalankan bisnis secara efektif, dan efisien terutama pada bagian pemasaran atau promosi.

Meskipun memiliki nama dan tujuan yang mengarah ke dunia marketing, pemanfaatan aplikasi sebagai media pemasaran, tidak serta merta hanya bertindak sebagai alat jualan, iklan, atau bermedia sosial saja.

Konteks dibalik kata ‘tools’ disini, tidak hanya merujuk pada alat, melainkan juga teknik, strategi dan material. Namun pada umumnya, tujuan penggunaan marketing tools oleh setiap pelaku usaha tetaplah sama, yakni demi meraih goals bisnis yang diinginkan.

Setiap orang atau badan usaha tentu memiliki preferensi yang beragam, dalam penggunaan alat pemasaran. Karena pada dasarnya, tools hanyalah sarana untuk mempermudah aktivitas pemasaran.

Selebihnya, tergantung strategi dan kebutuhan masing-masing. Untuk itu, Anda perlu mengerti dan bisa menentukan jenis marketing tools apa yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

manfaat

Manfaat Marketing Tools

Secara umum, manfaat dari alat pemasaran ini, adalah untuk mengembangkan aspek pemasaran produk, maupun jasa agar angka penjualan semakin meningkat, dan mampu mencapai leads yang ditargetkan.

Biasanya, penggunaan aplikasi-aplikasi pemasaran, akan kurang efektif jika hanya mengandalkan satu tools saja.

Alangkah baiknya, Anda perlu merencanakan beberapa jenis alat pemasaran yang terintegrasi, sehingga proses kerjanya akan jauh lebih efektif dan tersinkronisasi.

Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, dari penggunaan aplikasi pemasaran yakni :

  1. Untuk meningkatkan penjualan
  2. Mengumpulkan data konsumen
  3. Mengkomunikasikan informasi perusahaan
  4. Menstimulasi ketertarikan konsumen
  5. Menarik konsumen untuk membuat keputusan

Tipe-Tipe Marketing Tools

Sebelum masuk ke contoh dari marketing tools, Anda perlu memahami tipe – tipe alat pemasaran, dan strategi yang digunakan, agar lebih terarah. Berikut adalah jenis-jenis alat pemasaran yang perlu Anda ketahui :

Website

Situs web sudah sering dipakai sebagai marketing tools yang sangat efektif, karena mampu menjangkau banyak audiens dari berbagai kalangan. Hampir semua lapisan masyarakat modern, sudah bisa mengakses informasi di mesin pencari, secara mudah dan gratis.

Jika Anda memiliki sebuah situs web, dan memasarkan produk atau layanan disana, besar kemungkinannya produk Anda akan dilirik oleh banyak audiens dari seluruh dunia.

Terlebih, situs web merupakan jenis marketing tools yang dapat diakses oleh siapa saja selama 24 jam non stop. Memiliki situs web sendiri, juga termasuk sebagai upaya pendekatan jitu untuk mengundang kepercayaan audiens.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa bisnis yang sudah memiliki halaman web sendiri, tentu akan dinilai lebih kredibel dan profesional, dibandingkan dengan bisnis yang belum memiliki web.

Media Sosial

Jenis marketing tools selanjutnya adalah media sosial. Platform media sosial juga sudah memiliki banyak pengguna aktif di berbagai penjuru dunia.

Dapat dikatakan bahwa di era digital saat ini, kebanyakan orang sudah tak asing dengan media sosial seperti : seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Jika Anda melakukan strategi pemasaran dengan bantuan media sosial, sudah bisa dipastikan bahwa produk, layanan, atau postingan Anda akan banyak dilihat oleh audiens.

Saat ini, seluruh pengguna dapat mengakses media sosial dengan gratis dan tanpa syarat. Meskipun ada juga beberapa layanan yang mengharuskan penggunanya untuk membayar, biaya yang dikeluarkan pun masih terbilang cukup terjangkau.

Menariknya, hasil atau dampak dari pemasaran produk dengan layanan media sosial berbayar inipun, dapat meningkat secara pesat dan signifikan.

Kelebihan media sosial sebagai marketing tools yang lain, adalah dapat memungkinkan Anda untuk melakukan interaksi secara terbuka dan responsif.

Jika dimanfaatkan dengan benar, kanal media sosial juga bisa berperan dalam meningkatkan trafik pada situs web.

Web Banner

Marketing tools ini, hampir sama bentuknya dengan banner yang Anda jumpai di kawasan jalan. Bedanya, web banner ini dapat Anda jumpai di sebuah halaman website yang berisikan beberapa gambar atau objek dengan basis multimedia.

Untuk kepentingan pemasaran produk maupun layanan, Anda dapat menggunakan cara ini untuk menyampaikan informasi bisnis Anda, kepada para audiens.

Iklan Baris

Marketing tools yang satu ini, sangat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan leads. Leads adalah istilah yang merujuk pada konsumen potensial suatu bisnis.

Pemasaran menggunakan iklan baris, dapat mengundang para audiens agar mau mengunjungi suatu web maupun halaman tertentu secara spesifik.

Keberadaan iklan baris, juga dapat bermanfaat untuk menarik perhatian audiens untuk mencari informasi usaha lebih lanjut.

Survei

Untuk setiap pemilik usaha, survei merupakan langkah strategis yang berguna untuk lebih mengenal keinginan konsumen, dan mencari bahan evaluasi untuk meng-upgrade performa bisnis.

Survei juga dapat bertindak sebagai upaya perbandingan, atau komparasi dengan produk atau layanan sejenis milik kompetitor. Dari kompetitor, Anda bisa mengambil pelajaran, atau konsep khusus untuk kemudian diaplikasikan pada bisnis milik sendiri.

Dengan begitu, bisnis Anda akan mampu bertahan dalam kancah persaingan usaha. Tidak semua pelaku usaha, menganggap bahwa langkah survei ini, bisa disebut sebagai strategi atau alat pemasaran.

Namun, para profesional yang telah lama bergelut di bidang pemasaran, akan menganggap bahwa survei, adalah salah satu jenis alat pemasaran yang bisa jadi pertimbangan.

Ketika Anda sedang melakukan survei, layanan kepada audiens maupun konsumen, ada kemungkinan mereka akan mengajukan pertanyaan seputar produk atau layanan tersebut.

Dari sini, Anda dapat mengenalkan produk tersebut secara lebih mendalam, agar terbangun brand awareness.

Direct Mail

Marketing tools yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah direct mail. Direct mail merupakan langkah pemasaran dengan cara mengirimkan email secara langsung, dan khusus kepada target audiens atau konsumen potensial.

Sejak hadirnya layanan internet dan email, direct mail sudah dikenal sebagai metode pemasaran digital terbaik, karena dapat menyasar langsung ke target audiens tanpa perantara.

Cara yang bisa Anda terapkan agar direct mail bisa bekerja dengan efektif, adalah kenali target pasar dengan baik, dan berikan informasi produk secara spesifik dan relevan, dengan interest dan kebutuhan audiens.

contoh

Contoh Marketing Tools untuk Keperluan Bisnis

Marketing tools merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu kegiatan pemasaran, sejak awal perencanaan usaha, proses produksi, sampai dengan proses analisis matrik dan statistik.

Berikut adalah contoh aplikasi-aplikasi marketing, yang dapat Anda gunakan untuk menunjang keberlangsungan usaha, antara lain :

Trello

Trello merupakan jenis project management & collaboration tool, yang sudah banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Trello adalah aplikasi sejenis to-do-list, yang berfungsi untuk mengelola pembagian tugas, sekaligus dapat membantu kolaborasi tim dalam menyelesaikan projek.

Layanan yang bisa Anda dapatkan dari pemanfaatan marketing tools yang satu ini yakni :

  • Membentuk kelompok kerja
  • Menuliskan tahapan tugas
  • Mendeskripsikan detail tugas
  • Mengelompokkan tugas-tugas sesuai kategorinya
  • Menambahkan ceklis sebagai penanda progress pengerjaan tugas
  • Melampirkan dokumen
  • Memberikan komentar, feedback, atau masukan
  • Mengatur waktu pengumpulan tugas (deadline)
  • Dan lain sebagainya

Fitur-fitur andalan yang dihadirkan oleh marketing tools Trello antara lain :

  • Unlimited personal boards
  • Terintegrasi dengan email pengguna
  • Tersedia dalam bentuk aplikasi
  • Mampu menampung jumlah anggota dalam jumlah banyak (unlimited)
  • Terintegrasi dengan tools lainnya seperti Slack, Evernote, Google Drive, GitHub, dan lain sebagainya

Canva

Canva merupakan salah satu marketing tools yang digunakan untuk membuat desain grafis secara apik dan profesional.

Aplikasi tersebut, sangat membantu setiap pelaku usaha dalam memenuhi kebutuhan desain grafis, serta didukung dengan banyak fitur-fitur penunjang yang fungsional.

Canva memang dihadirkan untuk mempermudah keperluan desain dengan praktis. Bahkan, bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan desain pun, tetap bisa membuat karya grafis menarik dengan bantuan tool satu ini.

Tool ini, dapat memberikan layanan pembuatan desain postingan sosial media, cover website, presentasi, logo, infografis, kartu nama, sampai dengan desain resume.

Tanpa perlu menyewa tenaga desainer grafis, Anda sudah bisa membuat desain sendiri secara gratis. Dengan Canva, Anda bebas membuat desain sesuka hati, dengan memanfaatkan beragam fitur lengkap seperti penyediaan template, clip art, jenis font, ilustrasi, foto, ikon, dan masih banyak lagi.

Canva dapat menyediakan layanan desain secara gratis maupun berbayar. Jadi, akan ada beberapa layanan yang hanya bisa digunakan oleh pengguna premium, dimana Anda perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Hootsuite

Aplikasi marketing tools satu ini, merupakan platform yang dipakai untuk manajemen akun media sosial. Jika Anda tak sanggup mengelola akun media sosial secara terpisah, Hootsuite dapat menjadi solusi yang tepat, untuk memantau banyak akun media sosial secara sekaligus.

Setidaknya ada 20 lebih jenis platform media sosial yang sudah terintegrasi dalam Hootsuite. Beberapa diantaranya adalah Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, LinkedIn, Pinterest, dan masih banyak lagi.

Hootsuite mampu membantu pekerjaan media sosial Anda mulai dari menyimpan konsep konten, menjadwalkan publikasi konten di berbagai platform, melacak kinerja konten, menghitung konversi, menghitung ROI, sampai dengan melacak percakapan publik yang menyinggung tentang brand milik Anda.

Hootsuite merupakan salah satu tool pemasaran yang sangat praktis, fungsional, dan kompatibel. Untuk bisa menggunakan layanan marketing tools satu ini, Anda perlu membayar biaya langganannya.

Namun sebelum itu, Anda tetap bisa memanfaatkan tool ini secara gratis selama 30 hari masa percobaan.

Mailchimp

Mailchimp sudah banyak dikenal sebagai tool yang menunjang keperluan email marketing. Aplikasi ini dapat mempermudah pelaku usaha, dalam mengirimkan email ke target audiens atau subscribers.

Dengan aplikasi ini pula, Anda dapat membuat desain email yang apik supaya tampak lebih menarik. Marketing tools satu ini, dapat mengizinkan para penggunanya untuk meninjau performa email marketing yang sedang Anda kerjakan.

Adapun fitur atau layanan lain yang dapat Mailchimp berikan antara lain :

  • Layanan CRM (customer relationship management), untuk mengelola komunikasi personal dengan para pelanggan atau audiens
  • Alat desain brand, Mailchimp memiliki fitur yang mendukung proses produksi konten untuk keperluan branding
  • Pembuat campaign marketing terintegrasi (tersedia dalam bentuk social media, email, landing page, postcards, digital ads, dan pesan otomatis)
  • Analytics lengkap
  • Terintegrasi dengan lebih dari 300 aplikasi lintas kategori seperti aplikasi booking, finance and accounting, design, contact management, content, dan masih banyak lagi.

SocialMention

Marketing tools berikutnya adalah SocialMention, yang bisa Anda gunakan untuk memantau info apapun yang berkenaan dengan media sosial.

Ibaratnya, SocialMention adalah aplikasi serupa mesin pencari, untuk mencari kumpulan konten, maupun mention seputar brand, atau topik-topik tertentu.

Selain bertindak sebagai mesin pencari untuk media sosial, aplikasi ini juga mampu menampilkan data analytics, seputar hasil pencarian yang meliputi beberapa hal berikut ini :

  • Tingkat popularitas topik tertentu (strength)
  • Jumlah frekuensi konten yang dibuat oleh akun tersebut (passion)
  • Perbandingan impresi suatu konten antara yang positif dan negatif (sentiment)
  • Perbandingan jumlah pengguna dengan jumlah total mentions-nya (reach)
  • Dapat memberikan informasi keyword populer, hashtag populer, dan top users

Platform SocialMention, diketahui memiliki lebih dari 100 kanal media sosial yang terintegrasi. Hal ini tentu dapat memungkinkan penggunanya untuk melacak berbagai jenis konten, dari banyak jenis kanal media sosial.

Aplikasi marketing tools satu ini, juga menyediakan dua opsi notifikasi agar penggunanya tidak ketinggalan, dengan update informasi-informasi penting.

SurveyMonkey

SurveyMonkey merupakan aplikasi berbasis cloud, yang digunakan untuk tujuan mengumpulkan data hasil survei. Layanan unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini, adalah kemampuannya dalam menampilkan dan menganalisis data.

Singkatnya, aplikasi ini mampu membuat grafik secara otomatis, dari data-data yang Anda miliki. Layanan andalan SurveyMonkey ini, ternyata juga mampu melakukan analisis teks, dan menilai impresi dengan penerapan Sentiment Analysis.

Adapun fitur unggulan yang dapat Anda manfaatkan dari penggunan marketing tools kali ini antara lain :

  • Opsi pemilihan formulir dan template survei
  • Grafik dan rangkuman otomatis
  • Ekspor data ke berbagai format file
  • Terdapat opsi kostumasi

Google Analytics

Aplikasi ini, merupakan tool yang dipakai untuk melakukan analisis web, yang disediakan langsung dari pihak Google. Layanan umum yang sering dikenal, yakni memberikan informasi atau data jumlah pengunjung, atau traffic dan performa situs web.

Namun sebenarnya, Google Analytics mampu memberikan banyak sekali data metrik, dan statistik untuk membantu penggunanya, dalam meningkatkan performa situs web yang dikelolanya.

Tool ini sudah digunakan oleh banyak pemilik website di dunia, karena mampu memberikan data statistik web dengan akurat, cepat, dan realtime. Google Analytics tersedia dalam dua bentuk layanan yakni versi gratis dan versi premium (Google Analytics 360).

marketing

Manfaatkan Marketing Tools untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

Selain contoh tools di atas, sebenarnya masih banyak lagi alat marketing yang bisa Anda gunakan, dalam menunjang keberlangsungan bisnis atau usaha digital Anda.

Kunci agar pemanfaatan tool marketing, dapat berjalan dengan efektif adalah, gunakan beberapa tools pemasaran yang paling strategis secara terintegrasi.

Pilihlah tools yang paling tepat, dengan kebutuhan bisnis Anda, bukan karena banyak digunakan oleh pengguna lainnya.

Ingin mendapatkan insight lebih seputar digital marketing? Kunjungi web kami untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.