Apa Itu Inbound Marketing

Apa Itu Inbound Marketing? Kenalan Lebih Jauh, Yuk!

Inbound marketing merupakan strategi pemasaran terpopuler untuk menarik konsumen. Mengapa demikian?

Pendekatan inbound marketing ini lebih terkesan halus dalam mengenalkan suatu produk ke konsumen. Berbeda dengan outbound marketing yang secara agresif, sehingga terkesan memaksa dalam mengenalkan produknya.

Namun, cara tersebut mulai bergeser. Sekarang banyak orang yang beralih ke inbound marketing dalam pendekatan ke konsumen. Cara kerja tersebut dapat membuahkan hasil yang maksimal. Apabila dilakukan dengan eksekusi yang baik dan benar.

Berikut definisi sesungguhnya dari inbound marketing dan cara menerapkannya dalam sebuah bisnis? Yuk, temukan selengkapnya di sini.

apa itu inbound marketing

Apa Itu Inbound Marketing?

Inbound marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang bertujuan agar konsumen lebih mudah menemukan dan mengenali bisnis Anda. Jika Anda merasa aneh, mengapa harus konsumen yang menemukan bisnis Anda? Di sinilah letak perbedaannya.

Strategi marketing ini mendorong bisnis yang dijalankan agar membuat konsumen datang sendiri menghampiri bisnis tersebut. Nah, agar para konsumen bisa menemukan bisnis Anda, mereka tentunya harus dibuat tertarik pada bisnis tersebut.

Inilah yang disebut dengan inbound marketing, dimana Anda harus membuat bisnis yang unik dan menarik agar semakin banyak konsumen yang tertarik.

Metodologi Inbound Marketing

Jika Anda masih merasa bingung dengan konsep marketing satu ini, mari menyimak alur metodologinya yang terdiri dari 4 tahapan di bawah ini agar lebih mudah dalam memahaminya;

Inbound Marketing Tahapan Attract

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa inbound marketing tujuannya adalah membuat strategi yang menarik perhatian (attract) sehingga nantinya akan banyak konsumen yang tahu dan tertarik.

Agar para calon konsumen tahu dan tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan, terdapat beberapa praktik yang bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian calon konsumen tersebut diantaranya adalah;

  • Konten iklan harus unik dan menarik
  • Sebisa mungkin sesuai SEO
  • Memanfaatkan jaringan social media marketing

Perlu Anda ingat bahwa untuk menarik perhatian, bukan berarti harus menampilkan bisnis tersebut beserta produknya secara langsung dan tanpa pertimbangan.

Tentunya Anda harus membuat nilai lebih pada bisnis yang ditawarkan sehingga para calon konsumen akan tertarik.

Misalnya saja, saat ini Anda tengah menggeluti bisnis travel, jangan langsung menyuguhkan paket wisata beserta harga dan keunggulannya.

Akan lebih baik, jika dilihat dari sudut pandang inbound marketing Anda membuat konten yang isinya tentang tips traveling atau referensi tempat wisata yang sedang hits.

Sehingga orang yang hobi traveling dapat menemukan bisnis Anda melalui konten tersebut.

Keuntungan dari adanya konten tersebut, selain bermanfaat bagi calon konsumen juga dapat menjadikan calon konsumen sebagai follower bisnis Anda, bukan hanya sekedar mengenal saja.

Convert

Dalam dunia bisnis mendapatkan konsumen loyal atau follower belum dianggap cukup. Akan lebih baik jika Anda dapat mengubah mereka menjadi orang yang berpotensi untuk membeli produk bisnis yang Anda tawarkan.

Cara mudahnya sesuai inbound marketing, untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mendapatkan informasi tentang kontak mereka. Baik nomor Hp, email dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan informasi tersebut terdapat beberapa alat yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah;

Suatu ketika mungkin Anda pernah masuk dalam sebuah blog atau website dan melihat adanya form yang mengajak Anda untuk ikut berlangganan ke newsletter mereka. Inilah salah satu bentuk alat yang Anda perlukan dalam praktik convert.

Bisa pula berupa Anda harus mengisi informasi kontak ketika ingin mengunduh sesuatu. Dari sinilah Anda bisa memahami tentang arti pentingnya sebuah kontak.

Dengan adanya informasi kontak tersebut, Anda akan lebih mudah untuk menghubungi calon konsumen secara pribadi. Bukan hanya untuk menjalin hubungan saja, tapi juga menarik mereka untuk melakukan pembelian.

Close

Pastinya terdapat keinginan dalam diri Anda untuk mengubah calon konsumen menjadi konsumen loyal bukan? bagaimana caranya?.

Salah satu cara dalam pemasaran inbound adalah Anda dapat memanfaatkan informasi kontak yang telah didapatkan dari metode convert.

Contoh tindakan riil yang dapat dilakukan adalah Anda mengirimkan email yang berisi informasi bahwa calon konsumen mendapatkan hadiah menarik. Hal semacam ini tentu akan membuat mereka tertarik pada bisnis Anda.

Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan sebaik mungkin berbagai tips dan praktik email marketing untuk menarik lebih banyak calon konsumen.

Delight

Begitu berhasil menarik minat calon konsumen dan terjadi transaksi pembelian, bukan berarti perjalanan bisnis selesai.

Dalam metode pemasaran inbound Anda masih harus membangun hubungan dengan konsumen yang telah melakukan pembelian produk bisnis Anda.

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga loyalitas konsumen yang jelas tertarik dengan bisnis Anda. Sehingga ketika Anda mengajak mereka untuk membeli lagi tidak akan mengalami kesulitan layaknya mengejar konsumen baru.

Dalam menjalin hubungan ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai alat seperti kontak WA, email marketing dan lainnya. Anda juga bisa membuat semacam survey jika ingin mengetahui tentang kepuasan konsumen.

perbedaan

Perbedaan Outbound dan Inbound Marketing

Secara istilah dan teknik, baik outbound marketing dan inbound memiliki perbedaan. Untuk mengetahui perbedaannya bisa Anda simak di bawah ini;

Outbound Marketing

Outbound Marketing selama ini dipandang memiliki banyak banyak kelemahan karena masih menggunakan cara tradisional.

Salah satu contohnya adalah pemasaran yang dilakukan dengan gencar melalui email, telepon, media iklan dan lainnya yang sifatnya mengganggu.

Berbeda dengan inbound, outbound marketing dapat diartikan sebagai teknik pemasaran yang bertujuan untuk menjangkau konsumen yang berasal dari luar. Adapun media yang kerap dijadikan pilihan adalah iklan, telepon dan TV.

Dianggap terlalu konvensional, teknik pemasaran ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah kemungkinan mendapatkan konsumen sangat kecil karena teknik yang dijalankan tidak diterima orang yang tepat.

Kurangnya soft selling yang digunakan mengakibatkan marketing yang digunakan bersifat mengganggu dan cenderung memaksa kepada calon konsumen hingga menimbulkan efek negatif.

Kelemahan yang terakhir adalah dana untuk pemasaran yang dikeluarkan cenderung lebih besar karena menggunakan media mainstream.

Inbound Marketing

Berkebalikan dari outbound marketing, inbound memiliki teknik yang lebih halus dengan cara membuat calon konsumen tertarik. Proses pemasarannya pun tidak terdapat unsur paksaan sama sekali.

Cara penerapan paling jamak adalah dengan adalah memberikan konten yang bermanfaat, sehingga target market tidak merasa sedang diberikan iklan.

Ketika target market secara berkala atau merasa sudah menerima manfaatnya. Maka besar kemungkinan kemungkinan, mereka akan tertarik dengan produk yang ada tanpa harus susah payah  menawarkan.

Bonusnya, mereka berpeluang  besar untuk menjadi konsumen loyal. Media yang kerap kali digunakan dalam inbound adalah blog, email marketing, sosial media, konten marketing dan lain sebagainya.

strategi

Strategi Inbound Marketing

Untuk menerapkan inbound terdapat strategi yang harus Anda lakukan agar dapat menggaet konsumen yang banyak diantaranya adalah;

Menawarkan Konten

Penawaran konten ini harus dilakukan oleh calon pelanggan bisnis Anda. Pasalnya, hal ini mampu memberikan dampak yang baik pada pelanggan dan juga pada bisnis yang sedang dijalani.

Dengan adanya penawaran konten ini, para pelanggan akan selalu teringat pada bisnis Anda.   

Untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak dengan kemungkinan berhasil tinggi, penawaran konten harus dilakukan dengan baik. Untuk itu, Anda harus menawarkan dan memberikan konten yang sesuai dengan pelanggan Anda.

Tidak hanya konten yang bagus saja, sebaiknya Anda juga membuat konten yang bermanfaat. Konten yang demikian biasanya lebih diminati oleh konsumen.

Menimbulkan Awareness

Kesadaran dalam inbound yang dialami oleh calon konsumen pada suatu bisnis bisa terjadi kapan saja. Utamanya ketika mereka membutuhkan produk Anda.

Secara tidak langsung nantinya mereka akan mencari produk Anda dan dari situlah akan timbul kesadaran betapa pentingnya sebuah pemasaran inbound.

Untuk mendapatkan awareness ini bisa dengan berbagai cara, tapi mayoritas akan diketahui setelah melakukan proses pemasaran.

Setelah konsumen merasakan produk yang Anda tawarkan, perlahan produk tersebut akan mendapatkan tempat dan Anda bisa meraih keuntungan.

Interaksi

Bagian penting dalam menjalankan strategi pemasaran inbound suatu produk adalah dengan melakukan interaksi.

Untuk strategi ini harus dibangun antara pemilik bisnis dan calon konsumen. Interaksi inilah yang akan berpengaruh pada reaksi konsumen produk.

Apabila sejak awal interaksi yang dibangun antara keduanya telah berjalan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan calon konsumen tersebut akan jadi pelanggan yang setia. Dari interaksi ini pula akan timbul sebuah kepercayaan.

Tidak hanya itu adanya interaksi juga akan membuka peluang bagi Anda untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan kelebihan produk. Bisa juga sebagai jalan untuk konsumen apabila ada keluhan terhadap produk.

Jadi, sangat penting membangun interaksi semacam ini untuk membuat pelanggan merasakan kepuasan dan membuat mereka jadi konsumen loyal.

Memberikan Saran

Umumnya, setiap pelanggan akan memiliki permasalahan atau keluhan masing-masing. Contohnya saja bermasalah saat menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Solusinya, sebagai pemilik bisnis yang terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi tentu harus punya solusi.

Solusi atau saran ini tentunya harus dilakukan dengan cara interaksi yang baik. Minimal Anda harus memberikan saran yang bermanfaat.

Saran sesuai inbound marketing yang Anda sampaikan akan membuat pelanggan Anda mampu menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhannya secara lebih mudah.

Tidak hanya itu, saran tersebut juga dapat membuat pelanggan menemukan produk yang sesuai. Bisa diartikan produk Anda dapat menjadi solusi tepat yang tengah dihadapi calon konsumen produk Anda.

Keunggulan Menggunakan Teknik Pemasaran Inbound

Sebagai pemilik bisnis mencari strategi pemasaran yang pas adalah keharusan jika ingin mendulang banyak keuntungan.

Beragam strategi bisa Anda gunakan, salah satunya yang sedang ramai dibicarakan adalah pemasaran inbound. Strategi ini banyak diterapkan karena memiliki banyak keunggulan. Seperti yang tercantum di bawah ini;

Media Pemasaran yang Digunakan Beragam

Teknik pemasaran inbound marketing yang tepat akan semakin bergairah apabila menggunakan media yang tepat. Untuk saat ini seiring dengan perkembangan digital yang semakin pesat, media untuk pemasaran pun semakin beragam.

Pastinya Anda tidak akan merasa asing saat melakukan pemasaran dengan menggunakan media social, blog atau media online lainnya.

Media ini lebih banyak digunakan karena lebih praktis, hemat waktu dan biaya serta jangkauannya yang luas. Berbeda dengan outbound marketing yang memiliki jangkauan media pemasaran terbatas dan masih tradisional.

Dapat Menarik Konsumen Lebih Banyak

Tujuan utama dari adanya inbound ini adalah untuk mendapatkan calon konsumen sebanyak mungkin.

Tentunya dengan cara yang lebih halus dan menarik. Karena saat ini menggunakan teknik pemasaran konvensional justru membuat calon konsumen bosan.

Strategi ini terlahir dari pengalaman Outbound marketing yang tekniknya lebih kaku , kasar dan kadang mengganggu privasi konsumen.

Teknik ini dibuat sehalus mungkin agar konsumen tidak bosan dan mudah tertarik dengan penawaran produk yang Anda lakukan.

Apabila teknik inbound ini sukses dilakukan bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan banyak keuntungan materi dan punya pelanggan loyal.

Lebih Mudah Membangun Interaksi dengan Konsumen

Mendapatkan konsumen atau pelanggan saja tidak cukup. Anda masih harus melakukan banyak hal agar konsumen yang telah didapatkan tidak hilang satu persatu.

Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah membangun interaksi dengan pelanggan dengan baik. Entah itu sejak menawarkan produk atau setelah mereka tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

Dari interaksi inilah nantinya Anda akan mendapat banyak masukan atau mendapat jaringan untuk menjangkau konsumen dalam wilayah yang lebih luas. Lakukan interaksi dengan komunikasi sebaik mungkin.

Lebih Praktis

Memutuskan untuk menerapkan inbound marketing dalam menjalankan bisnis telah terbukti dapat memberikan banyak keuntungan.

Menggunakan teknik pemasaran ini juga dinilai lebih praktis dan hemat waktu karena dapat mengandalkan media online dalam praktiknya.

Otomatis dana yang dikeluarkan pun akan lebih minim dibandingkan menggunakan teknik pemasaran lainnya.

Bisnis Lebih Mudah Dikenal

Memanfaatkan media online dalam melakukan pemasaran akan sangat membantu dalam memperkenalkan produk atau bisnis Anda pada orang lain.

Jangkauan wilayahnya yang lebih luas dengan tingkat pengguna tinggi akan sangat membantu penyebaran marketing.

Apabila pemasaran yang dilakukan berhasil, perlahan bisnis atau produk tersebut akan mulai dikenal. Selanjutnya, jika Anda terus melakukan teknik pemasaran yang bagus, bisnis atau produk Anda pun akan semakin dikenal.

fin

Strategi Pemasaran Inbound Lebih Fokus Ke Pengembangan Produk

Berbagai ulasan dan pembahasan di atas setidaknya akan membuat Anda sedikit memahami tentang inbound marketing. Metodologi ini layak Anda pakai untuk memperluas pasar serta mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Menggunakan inbound marketing ini dapat membuat Anda lebih fokus untuk mengembangkan produk. Hal ini dikarenakan teknik tersebut tidak membutuhkan bantuan serius.

Anda hanya perlu mengamati perkembangan teknik marketing tersebut. Apakah berjalan sesuai rencana atau tidak.

Mari Mulai Terapkan Inbound Marketing Pada Bisnis Anda

Inbound marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan pada berbagai bidang bisnis. Namun, sebelumnya Anda harus memperhatikan secara tepat tahapan dalam menerapkannya.

Tidak hanya itu, Anda juga harus melakukan berbagai cara secara tepat sasaran agar metode ini dapat berjalan efektif dan efisien.

Meskipun dalam praktiknya inbound ini memerlukan kerja keras, tapi setelah Anda berhasil dalam menjalankannya, ada hal penting yang dapat dicapai.

Yakni, semakin banyaknya konsumen yang akan mencari-cari produk Anda. Serta tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan yang setia.

Semakin banyak konsumen atau pelanggan yang Anda dapatkan, maka akan semakin dikenal pula produk yang dari bisnis Anda.

Seluruh upaya tersebut tujuannya adalah untuk membantu bisnis dalam mencapai target yang telah ditetapkan dengan tepat sasaran. Akan tetapi, praktik teknik marketing ini juga harus disertai dengan upaya manajemen keuangan yang baik.

Jika hal tersebut dilakukan dengan baik, akan berimbas baik pula pada kinerja bisnis. Catatan keuangan dan arus kas akan tercatat dengan rapi.

Keduanya harus dilakukan dengan beriringan dan baik. Baik itu pengelolaan keuangan atau teknik pemasaran. Supaya laju perusahaan atau bisnis tidak ada kendala di masa depan nantinya.

Inbound marketing sepertinya telah mencuri perhatian pemilik bisnis yang menginginkan sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan hasil lebih baik.  

Informasi terkait teknik ini bisa Anda dapatkan lebih dalam melalui website kami, yang terpercaya dan terbukti memberikan hasil.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.