apa itu marketplace

Apa Itu Marketplace? Berikut Ulasan Lengkapnya Untuk Anda!

Apa itu marketplace, dan jenis-jenis marketplace? Pastikan untuk membaca uraian lengkapnya pada website kami ini, ya!

Berbicara perihal perdagangan di Indonesia, tampaknya sudah tidak bisa luput dari perdagangan modern menggunakan marketplace.

Transaksi perdagangan online atau e-commerce di Indonesia mulai menunjukkan titik terang yang cukup cerah di masa depan.

Bukan tanpa alasan, berdasar pada data transaksi terbaru selama lima tahun terakhir ini, marketplace memegang pemain terbesar dalam dunia bisnis Indonesia. Melihat dari popularitasnya, apa itu marketplace? Seperti apa contoh dan jenisnya?

Kata marketplace memang cukup sering didengar, namun tidak semua orang mengerti arti dan makna dari kata ini. Singkatnya, apa itu marketplace, adalah tempat untuk melakukan perdagangan secara online.

Aktivitas jual beli online sedang berada di puncak popularitasnya selama beberapa tahun terakhir ini. Berikut ulasan lengkap terkait marketplace yang wajib Anda tahu.

apa itu marketplace

Apa Itu Marketplace?

Apa itu marketplace? Marketplace dapat dikatakan sebagai platform yang menjembatani penjual dan pembeli di internet.

Pada prinsipnya, website marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi perdagangan online yang menyiapkan tempat berniaga lengkap dengan fasilitas pembayaran.

Ada beragam produk yang bisa dijual di marketplace. Marketplace dapat dianggap sebagai department store versi online.

Perlu diketahui, bahwa pemilik marketplace tidak bertanggung jawab secara langsung atas barang-barang yang dijual di platform tersebut. Barang yang dijual menjadi tanggung jawab penuh si penjual.

Marketplace menjadi tempat untuk bertemu antara penjual dan pembeli yang melakukan transaksi agar lebih mudah serta praktis.

Transaksi antara penjual dan pembeli ini diatur oleh yang dinamakan oleh apa itu marketplace. Selepas transaksi berhasil, penjual baru akan mengirim barang kepada para pembeli.

Saat ini, hampir 70% masyarakat Indonesia menggunakan marketplace karena mudah dan nyaman digunakan.

Sedikit mengulas perihal sejarah, marketplace mulai dikenal oleh banyak orang pada tahun 1995. Kepopuleran marketplace ini dikomandani oleh Amazon dan eBay.

Di tahun yang sama, sebuah bank bernama The Presidential Bank pertama kali meluncurkan online banking.

Menyambut kesuksesan marketplace dan online banking, PayPal pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 untuk membantu mempermudah transaksi online. Setahun setelahnya, Jack Ma meluncurkan Alibaba di China.

Sejak pertama kali muncul hingga saat ini, marketplace terus berkembang menjadi lebih canggih. Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak marketplace yang beroperasi di masyarakat. Berikut ulasan yang lebih lengkap perihal apa itu marketplace.

jenisnya

Apa Itu Marketplace dan Jenisnya

Marketplace tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada beberapa jenis marketplace yang digunakan oleh masyarakat.

Horizontal Marketplace

Jenis marketplace yang pertama ini bernama horizontal marketplace. Apa makna dari horizontal marketplace ini? Pada prinsipnya, horizontal marketplace adalah jenis platform yang menjual berbagai macam produk dengan kategori masing-masing.

Contoh horizontal marketplace di Indonesia adalah Bukalapak dan Tokopedia. Melalui dua marketplace ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis barang, mulai dari baju, furniture, gadget, mainan anak, buku, hingga makanan.

Umumnya, horizontal marketplace memperkenalkan dirinya sebagai ‘department store’ online yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan sebagai selling point utamanya.

Vertikal Marketplace

Kebalikan dari horizontal marketplace yang menyediakan berbagai barang, vertikal marketplace lebih bersifat spesifik dan khusus. Marketplace yang masuk pada kategori ini hanya menjual satu jenis produk yang sama saja.

Untuk Anda yang ingin berjualan namun hanya memiliki satu produk saja, sebaiknya pilih vertikal marketplace.

Melalui vertikal marketplace ini, Anda bisa memperkenalkan produk Anda dengan lebih baik dan detail. Hal ini dikarenakan pengunjung vertikal marketplace biasanya hanya mencari produk tertentu yang dibutuhkan.

Dengan begitu Anda bisa lebih menunjukkan keunggulan dari produk yang Anda jual.

Marketplace Murni

Setelah mengetahui apa itu marketplace, Anda perlu tahu istilah marketplace murni.

Marketplace murni dapat didefinisikan sebagai jenis kerjasama penjualan dimana situs marketplace tersebut hanya menyediakan fasilitas khusus untuk berjualan, pembayaran, serta transaksi antara penjual dan pembeli.

Penjual yang memilih membuka toko di jenis marketplace murni ini memiliki hak dan kebebasan penuh dalam kustomisasi stok seperti menambah kategori produk, mengubah tampilan, hingga memilih jasa pengiriman tertentu.

Marketplace murni terbilang sangat populer di masyarakat. Beberapa jenis marketplace yang masuk dalam kategori marketplace murni adalah Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, dan Shopee.

Marketplace Konsinyasi

Sedikit berbeda dengan marketplace murni, marketplace konsinyasi adalah suatu sistem kerjasama dimana pihak dari marketplace sudah mengatur penuh perihal promosi, pengiriman, penyimpanan dan pelayanan. Dalam hal ini, pihak penjual hanya perlu menyediakan produk saja.

Contoh marketplace yang mengadopsi model ini adalah Berrybenka dan Zalora. Namun, beberapa marketplace murni mulai mengikuti ‘gaya’ marketplace konsinyasi dengan menggunakan fitur Mall atau Official Store.

Fitur ini menunjukkan toko-toko khusus yang sudah bekerjasama langsung dengan pihak marketplace.

marketplace terbesar

Marketplace Terbesar di Dunia

Berbicara perihal marketplace, ada beberapa nama yang sudah sangat dikenal bahkan dijuluki sebagai ‘raja’ dari para marketplace.

Marketplace-marketplace ini memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam pangsa pasar seluruh dunia. Jangkauan dari marketplace ini sangatlah luas dan nyaris tidak terbatas.

Berikut deretan marketplace kelas dunia yang wajib Anda ketahui.

Amazon

Nama Amazon jelas sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat dunia. Marketplace ini pertama kali berdiri pada tahun 1995 dan didirikan oleh Jeff Bezos. Ada banyak produk yang dijual di Amazon seperti alat elektronik, makanan, mainan anak, buku, perkakas, baju, dan masih banyak lagi produk lain.

Fakta menarik yang perlu Anda ketahui adalah Amazon dulunya merupakan vertikal marketplace karena hanya menjual buku saja.

Melalui kemudahan dan kenyamanan belanja yang ditawarkan, Amazon terus berkembang menjadi lebih besar dan sudah beroperasi hingga lebih dari 10 negara dunia yang tersebar di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Setelah sukses dalam bidang marketplace, Amazon mulai mencoba berkembangbiak dengan meluncurkan Kindle atau Alexa. Tidak hanya itu saja, Amazon mencoba mengembangkan jasa hostingnya sendiri yang diberi label AWS.

eBay

Meski sudah tahu apa itu marketplace, kurang lengkap jika Anda tidak mengenal eBay. eBay masuk dalam daftar sesepuh marketplace dunia.

Tercatat ada lebih dari 167 juta pengguna aktif yang berasal dari 190 pasar dunia. Menariknya, para pengguna bisa melakukan lelang melalui situs ini. Fitur lelang ini masih sangat jarang tercantum di marketplace.

Anda bisa mencoba melelang barang melalui situs eBay yang sudah sangat terkenal di dunia.

Alibaba

Pernah mendengar nama Jack Ma? Pengusaha sukses satu ini sangat sering dibicarakan atas keberhasilannya membangun marketplace Alibaba.

Jack Ma adalah pendiri dari marketplace terbesar di Cina yang sudah sangat dikenal di dunia ini. Kesuksesan Alibaba ini terbukti dari ratusan juta pelanggan yang dimilikinya.

Anda bisa dengan mudah mencari penjual yang menjual produk yang Anda butuhkan. Alibaba menguasai 80% pasar dagang marketplace di China.

Tidak hanya memiliki pengaruh besar di Cina, Alibaba tercatat memiliki jumlah transaksi yang lebih besar dari transaksi gabungan antara eBay dan Amazon.

Marketplace Terbesar di Indonesia

Jika daftar diatas berkaitan dengan marketplace terbesar di dunia, daftar satu ini akan mengulas perihal marketplace terbesar di Indonesia. Masyarakat Indonesia terbilang cukup konsumtif jika tentang belanja online.

Di Indonesia sendiri, industri marketplace dapat dibilang sebagai industri terbesar dan terkuat. Berikut deretan marketplace besar di Indonesia yang perlu Anda tahu.

tokopedia

Tokopedia

Marketplace yang menggandeng boygroup dan girlgroup ternama asal Korea Selatan ini sudah sangat tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Tokopedia masuk dalam daftar online marketplace terbesar di Indonesia dan memiliki jutaan pengguna aktif serta ratusan transaksi setiap hari.

Untuk Anda yang ingin memiliki toko online di marketplace, Tokopedia menyiapkan fitur yang sudah cukup lengkap. Marketplace Tokopedia pertama kali berdiri pada Februari 2009 dan didirikan oleh William Tanuwijaya.

Pada usianya yang kesepuluh, Tokopedia berhasil menyabet predikat marketplace terbesar di Indonesia. Jumlah kunjungan bulanan Tokopedia mencapai angka 137.200.900.

Tidak berhenti menorehkan prestasi, Tokopedia secara resmi masuk dalam salah satu startup unicorn Indonesia. Tokopedia berhasil mencapai posisi ini karena valuasi marketplacenya sudah mencapai lebih dari 1 milyar dollar Amerika.

Bukalapak

Pada posisi kedua, marketplace Bukalapak berhasil menyandang gelar startup unicorn dan bersanding dengan Tokopedia pada posisi pertama.

Sebagai salah satu marketplace penyandang gelar unicorn di Indonesia, Bukalapak menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli.

Marketplace ini didirikan oleh Ahmad Zaky pada tahun 2010 silam di Bandung, Jawa Barat. Di tahun 2019, Bukalapak tercatat berhasil mengumpulkan jumlah pengunjung bulanan hingga lebih dari 115 juta.

Jumlah ini hanya perhitungan yang tercatat pada awal tahun saja, kemungkinan peningkatan pengunjung masih cukup besar.

shopee

Shopee

Meskipun tidak terlahir di Indonesia, Shopee berhasil menaklukan hati para peminat setia marketplace. Mengingat definisi dari apa itu marketplace, Shopee dapat dikatakan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini.

Shopee adalah marketplace yang sudah terdiversifikasi dan mampu menawarkan pengalaman belanja paling praktis serta efektif.

Sebagai informasi, Shopee adalah marketplace asal Singapura yang didirikan pada tahun 2015 lalu dan berhasil mengekspansi pasar marketplace di kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Beberapa tahun sejak ekspansi, Shopee berhasil menduduki peringkat teratas sebagai marketplace yang paling banyak digunakan.

Kepopulerannya semakin bertambah sejak mendatangkan artis-artis ternama baik lokal maupun internasional dalam gelaran kampanye yang mereka adakan.

Kunjungan bulanan marketplace Shopee sudah mencapai angka  lebih dari 75 juta pengguna aktif.

Sistem yang canggih ditambah fitur lengkap membuat marketplace dibawah naungan SEA Group ini menarik perhatian dari banyak pengguna marketplace dan sering dijadikan tujuan untuk berbelanja.

Lazada

Seperti yang Anda ketahui tentang apa itu marketplace, Lazada adalah salah satu marketplace Indonesia yang pertama kali berdiri pada awal tahun 2018. Sejak awal didirikan hingga sekarang, Lazada masih betah bertengger dalam urutan lima besar marketplace di Indonesia.

Jumlah pengunjung bulanan dari Lazada ini mencapai angka lebih dari 50 juta pengguna aktif. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Lazada, baik untuk penjual maupun pembeli.

Tidak hanya itu saja, Lazada cukup sering memberikan diskon atau promosi kepada para pengguna setianya. Hal ini membuatnya disukai oleh banyak pengguna marketplace.

blibli

Blibli

Marketplace hasil buatan anak perusahaan Djarum yakni PT Global Digital Niaga ini berhasil masuk dalam peringkat atas sebagai marketplace dengan pengguna terbanyak.

Sama dengan konsep apa itu marketplace, Blibli memiliki sistem yang sederhana namun tetap canggih dan bisa dipakai untuk seluruh perangkat seluler.

Anda bisa menggunakan marketplace ini pada komputer maupun smartphone. Ada beragam produk yang dijual pada marketplace ini, mulai dari kecantikan, kesehatan, gadget, hingga fashion.

Tidak hanya menyediakan beragam produk sehari-hari, ada berbagai promo khusus, tiket, voucher, dan berbagai keuntungan lain.

JD.ID

Marketplace yang menggaet Cinta Laura sebagai wajah barunya ini juga masuk dalam daftar marketplace dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Sama seperti marketplace lain pada umumnya, JD.ID menyediakan berbagai macam produk seperti gadget, fashion, elektronik dan masih banyak lagi.

Marketplace ini pertama kali diluncurkan pada November 2015 dan merupakan cabang dari e-commerce asal China bernama JD.com. JD.ID memberikan jaminan kenyamanan dan kemudahan berbelanja untuk setiap penggunanya.

Anda bisa dengan mudah mendownload aplikasi JD.id ini melalui PlayStore.

Elevenia

Elevenia memiliki lebih dari 30.000 penjual aktif yang menawarkan lebih dari 4 juta produk dari berbagai kategori seperti keluarga, kesehatan, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menyediakan beragam produk saja, marketplace ini juga menyiapkan promosi dan elektronik kupon untuk para pengguna setianya.

online shop

Perbedaan Marketplace dan Online Shop

Melihat dari definisi apa itu marketplace, apakah Anda masih sering berpikir bahwa marketplace sama dengan online shop? Faktanya, dua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Marketplace dan online shop adalah dua platform berbeda yang memiliki fungsinya masing-masing. Perbedaan utama dari dua istilah ini adalah perantaranya.

Marketplace adalah perantara yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli. Sedangkan, online shop adalah toko online yang tidak membutuhkan perantara tambahan untuk bisa terhubung dengan pembeli.

Penjual bisa langsung menawarkan produknya kepada para pembeli tanpa ada perantara sama sekali.

Berjualan online bisa dilakukan dengan berbagai cara dan melibatkan lebih dari satu platform atau media.

Untuk memperlancar usaha yang Anda jalankan, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti membuat website, memasarkan produk menggunakan media sosial, dan memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.

Memiliki website khusus online shop dapat membantu mempermudah Anda mendapatkan untung dan memasarkan dagangan. Kelebihan ini akan semakin bertambah jika Anda memiliki merek sendiri.

Beberapa contoh merek  lokal yang sukses mengudara dengan online shopnya adalah Erigo, Bukupedia, Rabbani, dan masih banyak lagi.

Setelah memahami apa itu marketplace, Anda perlu mengenal manfaat dari memiliki website toko online pribadi. Berikut deretan manfaat website pribadi untuk online shop yang wajib Anda tahu.

  • Keberadaan website akan membuat toko online Anda menjadi lebih dipercaya. Dalam sebuah penelitian, 84 persen pelanggan terbukti lebih percaya pada toko online yang memiliki website resmi dibanding toko online yang hanya menggunakan teknik pemasaran media sosial.
  • Website memudahkan pelanggan untuk mencari toko online Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa 81 persen pelanggan akan melakukan riset melalui mesin pencari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.
  • Dengan adanya website, Anda tidak harus terlalu bergantung pada platform lain. Website bisa Anda kustomisasi sesuai dengan keinginan. Anda bisa belajar bagaimana mengelola website ini dan tidak mengandalkan orang lain untuk melakukannya. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran.
  • Dapat membantu mempermudah proses branding produk.
  • Kendali website sepenuhnya berada di tangan Anda sebagai penjual.

Demikianlah ulasan lengkap seputar apa itu marketplace yang perlu Anda ketahui. Marketplace akan sangat membantu Anda dalam mengelola toko online yang Anda dirikan.

Pilih marketplace terbaik menurut Anda untuk memasarkan produk yang Anda jual.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.