webinar adalah

Apa Itu Webinar? Inilah Fungsi, Manfaat, dan Langkah Mengikuti Webinar yang Perlu Anda Tahu!

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, saat ini berbagai macam masalah dapat diatasi dengan mudah. Apalagi dalam bidang pemasaran dan informasi. Anda dapat menggunakan webinar sebagai salah satu pilihan baru untuk menyebarkan informasi. Apa itu webinar? Banyak sekali orang yang belum mengetahuinya.

Webinar adalah sebuah singkatan kata yang berasal dari web dan seminar. Hal ini dapat diartikan sebagai sebuah seminar yang dilakukan melalui situs aplikasi atau web tertentu yang berbasis internet.

Mengenal Apa Itu Webinar ? 

Format acara yang berlangsung online dan dihadiri secara online disebut dengan webinar. Format yang sama dengan webinar yaitu: seminar, talkshow, diskusi, dan workshop yang hanya menggunakan kamera dan koneksi internet.

Webinar juga merupakan strategi marketing yang efektif dan sangat fresh. Karena, Anda harus membuat audiens merasa lebih dekat melalui komunikasi yang personal dan interaktif. 

Namun di saat yang sama, Anda harus melakukannya dengan semua orang. Jadi, untuk strategi marketing sendiri bisa mencakup kualitas dan kuantitas sekaligus.

ini webinar

Karena hal inilah yang menyebabkan bagian sosial media marketing perusahaan sering menyelenggarakan webinar. Salah satunya webinar talkshow dengan tema yang beragam.

Baik itu, dari kemananan clean code, WordPress, strategi content marketing, community marketing, desain website, costumer service, dokumentasi untuk developer, dan masih banyak lagi topik yang bisa dijadikan bahasan dalam webinar.

4 Fungsi Webinar untuk Pemateri 

Webinar dikenal sebagai salah satu cara mendapatkan ilmu baru secara praktis namun tidak instan. Anda tetap perlu menelaah informasinya secara lengkap jika ingin mendapatkan ilmu yang sangat banyak dari proses tersebut. 

Berikut ini akan dijelaskan beberapa fungsi dari webinar yang wajib Anda ketahui.

Sebagai Tempat Untuk Mengumpulkan Leads

Pada webinar, Anda harus mengumpulkan orang-orang yang ingin melihat webinar. Karena penontonlah yang akan menjadi orang yang mengetahui segala informasi yang sedang ditawarkan. Itulah mengapa perusahaan yang sedang gencar-gencarnya melakukan marketing, pasti berpikiran untuk menyelenggarakan webinar. 

Dapat Membantu Mengumpulkan Feedback

Anda bisa membuat sebuah kuesioner melalui webinar, agar mengetahui hasil dari campaign atau promo yang dilakukan. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan pertanyaan yang relevan sehingga penonton akan memberikan jawaban secara cepat, jika Anda memang memerlukan sebuah inovasi terbaru.

Media Promosi Produk ataupun Jasa yang Sangat Efektif

Jika Anda memilih webinar yang akan memberikan informasi tentang campaign terbaru atau peluncuran produk, maka jangan lupa memberikan kualitas materi yang terbaik. Sebuah webinar yang bisa bermanfaat untuk banyak orang adalah webinar yang berkualitas.

Efektif Dalam Membagikan Keunggulan Bisnis

Anda juga dapat memberikan informasi mengenai keunggulan produk yang dimiliki, selain membagikan materi yang bermanfaat. Selain itu, Anda juga bisa menyelipkan sebatas iklan di tengah materi, ini tidak akan menjadi masalah. 

Dalam rangka melakukan soft-selling produk di akhir webinar, Anda bisa langsung menyakinkan perserta webinar agar banyak yang tertarik membeli barang atau jasa yang ditawarkan. 

Nah, itulah berbagai fungsi dari webinar yang selama ini banyak diselenggarakan melalui internet. Memang masih ada beberapa fungsi webinar yang bisa Anda peroleh, namun kali ini kami akan membahas terkait manfaat webinar.

langkah webinar

2 Manfaat dari Webinar untuk Pemateri dan Peserta 

Anda bisa memperoleh berbagai macam manfaat dari adanya webinar, melalui media internet maupun media elektronik. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah mengetahui pengertian dari webinar. 

Manfaat Untuk Pemateri

Sebagai seorang pemasar yang mempromosikan atau menjaring sebuah produk, Anda bisa melakukan webinar. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memperoleh banyak keuntungan. Ada juga bisa menyebarkan segala informasi dengan lebih cepat dan mudah. 

Manfaat Untuk Peserta

Untuk menambah berbagai ilmu dari beberapa sumber, Anda bisa memanfaatkan webinar. Bahkan, Anda bisa menghadirinya secara online dimanapun Anda berada. 

Cara yang tepat untuk menggali berbagai macam informasi yang dibutuhkan adalah webinar. Anda tentunya bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dan mudah dengan adanya topik yang disediakan oleh penyelenggaraan webinar. 

Selain itu, Anda tidak perlu ragu karena webinar memiliki banyak sekali manfaat. Karena, Anda dapat memilih berbagai macam jenis web yang sudah tersedia sesuai dengan keperluan.

Langkah-langkah Mengikuti Webinar Online

Anda bisa mengadakan suatu seminar yang bisa dihadiri lebih dari jumlah target seminar yang telah diperkirakan, tanpa harus bertatap muka. Dengan cara menyusun suatu webinar dan menarik target sasaran. Selain itu, Anda dapat membuat alur kerja dari webinar tersebut.

Selanjutnya, Anda harus mencari lokasi gedung untuk mengadakan seminar tersebut. Terkadang memang harus menghabiskan biaya ongkos ke tempat seminar.

Namun, untuk memangkas semua biaya untuk datang ke tempat seminar. Anda bisa menyediakan koneksi internet yang cepat, apabila ingin melaksanakan seminar online.

Beberapa hal dibawah ini harus Anda sediakan untuk menghadiri webinar, yaitu :

  • Sebuah Perangkat elektronik misalnya, laptop atau komputer.
  • Email yang aktif untuk mendaftarkan dan menerima link video webinar.
  • Koneksi internet yang stabil dan cepat 
  • Memiliki aplikasi browser (Chrome, Safari, Mozilla Firefox) dan headset.

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini :

  • Melakukan pendaftaran terlebih dahulu di website tersebut.
  • Pada saat webinar berlangsung, Anda bisa langsung menyalin link yang akan mengarahkan ke video tersebut.
  • Anda harus membuat pengingat di ponsel ataupun laptop, kemudian catatlah jadwal penyelenggaraan webinar. 
  • Selanjutnya, Anda  harus mengklik “hadir” pada saat webinar berlangsung. Jika perlu persiapkan catatan terlebih dahulu.
  • Anda juga bisa memilih sendiri bagaimana ingin menghadiri webinar, hal ini akan menghemat waktu dan biaya. Jangan lupa Anda juga harus menyediakan koneksi internet yang stabil dan cepat. 

Berbagai langkah di atas bisa Anda ikuti agar bisa menjalani proses webinar dengan lancar. Namun pada dasarnya, berbeda aplikasi yang digunakan untuk mengikuti webinar, maka cara untuk mengikuti proses webinar tersebut juga akan berbeda. Anda hanya harus mengoordinasikan masalah ini dengan pemateri webinar nantinya. 

apa itu webinar

Inilah Jenis-Jenis Webinar yang Perlu Anda Tahu!

Terdapat beberapa jenis webinar yang bisa harus Anda ketahui, yaitu :

Webinar untuk Mengumpulkan Leads (The Lead-Generation)

Webinar ini lebih fokus terhadap pengumpulan leads. Jadi nantinya, konten yang disediakan akan dibuat secara gratis. Para audiens yang ingin mengaksesnya hanya membutuhkan email dan namanya saja.

Contohnya, Anda bergerak dibidang penjualan produk finansial. Baik itu, reksadana, saham, pinjaman online, asuransi ataupun yang lainnya. Anda bisa membuka pasar baru sekalian mengenalkan beberapa produk ke pelanggan.

Bagi Anda yang ingin membuat konten berisi tips mengenai keuangan bisa dilakuan dengan cara yang mudah. Anda juga bisa membuat konten berupa cara dan manfaat investasi di pasar modal, memanajemen uang pinjaman online untuk modal usaha dan memilih asuransi yang tepat. 

Apapun isi konten yang ingin Anda buat, harus menarik, bermanfaat. Sehingga bisa memunculkan keinginan audiens untuk membeli produk. Selain itu, Anda harus bisa mengenalkan produk dan memberi potongan harga kepada seluruh audiens yang menonton webinar.

Dengan adanya strategi ini, Anda tidak perlu bingung untuk memaksimalkan upaya promosinya. Karena, orang-orang yang nantinya menonton webinar adalah calon pelanggan yang sangat potensial. Bisa diibaratkan, Anda tinggal menyentil mereka agar bisa menjadi pelanggan Anda.

Webinar Berbayar atau Kursus Singkat

Webinar jenis ini tidak dijadikan sebagai ajang mempromosikan produk. Namun, webinar ini bisa menjadi produk yang dijual. Hal ini dikarenakan, webinar ini jauh lebih menghasilkan banyak uang. 

Karena siapapun yang menontonnya harus membayar uang terlebih dahulu. Walaupun tipe webinar ini menghasilkan uang yang cepat, bukan berarti tidak memiliki sebuah tantangan. Anda harus benar-benar menyiapkan konten yang berkualitas, bermanfaat dan lengkap, agar bisa menjual webinar tersebut.

Karena kalau tidak, Anda bisa mengalami kekalahan dengan content creator yang banyak menyediakan konten gratis. Jika semua sudah dilakukan, Anda wajib melakukan langkah yang ekstra. 

Seperti melengkapi sesi webinar dengan berbagai macam materi tambahan, baik itu dalam bentuk worksheet, checklist, ataupun modul. Lebih bagus lagi jika Anda membuat sesi tanya jawab. Jadi prinsipnya, semakin banyak orang yang membayar webinar maka akan semakin lengkap pula materi dan konten yang disediakan.

Serial Webinar atau Webinar Series

Webinar serial yaitu acara yang dibuat dengan beberapa episode dari topik-topik yang saling berhubungan. Webinar ini bisa dilakukan dengan dua jenis webinar yang dibuat dalam bentuk serial. Dengan begitu, potensi terhadap uang dan leads bisa didapatkan lebih banyak.

Jika Anda berjualan Layanan atau Produk, Anda bisa langsung membuat serial webinar untuk mendapatkan leads dari calon pelanggan. Selain itu, webinar ini berisi tentang tips dalam menggunakan produk yang efektif. Jadi nantinya, Anda bisa membuat webinar khusus sertifikasi dan pelatihan yang berhubungan dengan produk.

Sama halnya, dengan yang dilakukan sosial media marketer. Secara rutin, sosial media marketer sering menyelenggarakan webinar dengan berbagai macam topik tentang bisnis online. Baik itu, SEO, branding, affiliate marketing, dan lain sebagainya. 

Selain itu, social media marketer juga memiliki spesial webinar yang berbentuk kursus. Kursus inilah yang cocok untuk Anda yang baru membuat bisnis online atau ingin belajar teknis seputar website.

Melalui kursus yang diadakan social media marketer bisa membantu Anda untuk meraih kesuksesan. Apalagi bagi Anda yang ingin membuat website, keamanan web, digital marketing, hingga hal-hal teknis lainnya.

Namun, apabila Anda memang ingin fokus menjual webinar, bisa melihat contoh dari The Advanced Selfie University dari Sorelle Amore. Bukan hanya isi konten yang ditunjukkan, melainkan bagaimana ia menampilkan webinar itu sendiri. 

Pada program kursus dari sosial media marketer, akan menyediakan beberapa modul materi. Baik dalam bentuk video maupun download content. Seluruh modul, sosial media marketer akan membahas hal-hal detail seputar mengambil foto diri. 

Mulai dari persiapan, belajar penggunaan kamera, berpose, mengenal personal branding, dan yang lainnya.

Sebelum menjual webinar, Anda harus pastikan terlebih dahulu apakah sudah menyediakan bahan promosi yang cukup atau tidak. Hal ini berkaitan dengan view iklan ataupun postingan sosial media. Cerita yang mendukung webinar Anda juga menjadi hal yang sangat penting. 

Dibawah ini format cerita yang bisa ditampilkan pada halaman webinar, yakni :

  • Berikan alasan webinar atau topik yang diadakan memberikan manfaat untuk semua penonton.
  • Perkenalkan diri dan ahli di bidang apa.
  • Penjelasan tentang topik yang diajarkan dan bisa mengubah hidup para penontonnya. 
  • Penjelasan siapa saja yang memerlukan kursus webinar. 
  • Fasilitas apa saja yang akan didapatkan jika ikut kursus webinar
  • Kurikulum kursus dan testimoni pelatihan.
  • Pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan ketika webinar.

Beberapa hal diatas akan membantu Anda melakukan premis dan membuat konten webinar yang berkualitas. 

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Webinar

Persiapan seharusnya tidak boleh sia-sia begitu saja. Bagi Anda yang ingin sukses maka harus bisa melakukan promosi via webinar. 

Jangan sampai nantinya sesi webinar Anda berakhir berantakan. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu langkah-langkah dibawah ini sudah dilakukan atau belum.

Menentukan Topik Dan Tujuan Webinar

Anda harus bisa memastikan topik dan tujuan membuat webinar, sebelum membahas hal yang terlalu teknis. Karena nantinya, Anda akan terbantu untuk mendesain sesi webinar yang tepat dan menentukan kedua hal ini diawal.

Jika sudah menemukan topik dan tujuan webinar, maka bisa melanjutkannya dengan menjawab 2 pertanyaan. Pertama, siapa yang akan menjadi audiens Anda? Kedua, berapa lama sesi webinar yang nantinya akan dilangsungkan?

Mungkin Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu atau menonton webinar lain. Selain itu, bisa mencari webinar yang mempunyai topik yang sama pada webinar yang sudah pernah berlangsung. Namun, Anda harus memiliki keunggulan sendiri untuk mengeksekusi webinar tersebut.

Membuat Tim Untuk Mempersiapkan Webinar

Hal yang paling berisiko ketika webinar adalah membuat webinar tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, Anda harus membuat tim untuk proyek webinar tersebut. Tidak perlu tim yang besar, namun dengan beberapa orang saja sudah bisa mengerjakan tugas dibawah ini:

  1. Koordinator, bertugas mengurus semua hal yang ada di belakang layar proyek webinar. Baik itu, dalam memilih pembicara, membuka form registrasi, merencanakan topik, mendesain strategi promosi hingga membuka acara webinar. Selain itu,  koordinator juga bisa menjadi pewawancara ketika sesi webinar berlangsung.
  2. Pembicara, merupakan orang yang akan bertanggung jawab untuk seluruh kualitas konten webinar. Pembicara harus menguasai seluruh rangkaian konten dan menyampaikannya dengan baik. Ketika pembicara menguasai penggunaan software webinar, ini bisa menjadi keunggulannya sendiri. Hal ini juga yang akan membuat sesi acara menjadi lancar.
  3. Asisten, terdapat 3 peran yang dapat dilakukan asisten. Pertama, asisten harus dapat memastikan seluruh rangkaian acara berjalan lancar selama webinar berlangsung. Asisten harus dapat memberi informasi jika suara tidak terdengar atau video mati. 

Kedua, bisa memberikan pancingan pertanyaan pada setiap sesi tanya jawab. Ketiga, dapat melakukan riset dan mencari jawaban agar mempermudah pembicara menjawab seluruh pertanyaan.  

Dengan adanya pembagian tugas yang rinci, maka kemungkinan Anda menemui masalah ketika webinar berlangsung sangatlah kecil.

Menentukan Format Acara di Webinar

Saat ini memilih format acara webinar, dilakukan setelah job description-nya sudah lengkap. Ada beberapa format yang paling umum digunakan, yaitu :

Pembicara tunggal, yaitu acara yang dihadiri hanya satu pembicara dalam sebuah sesi. Nantinya, pembicara akan bertanggung jawab untuk menangani seluruh acara. Salah satunya menjawab seluruh pertanyaan dari audiens. 

Format ini jauh lebih praktis dan tidak perlu berkoordinasi dengan orang lain. Namun, format ini hanya menawarkan satu pembahasan saja jika melihat dari sudut pandangnya. 

Talk Show atau wawancara, yaitu acara yang dihadiri hanya satu pewawancara dan satu pembicara. 

Penutup

Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan webinar tapi masih bingung caranya bagaimana. Anda bisa meminta bantuan Social Media Marketer untuk mengatasi seluruh masalah Anda. Kami akan siap membantu perencanaan webinar Anda hingga selesai.

Social Media Marketer merupakan salah satu platform yang menyediakan konsultan pemasaran digital untuk bisnis Anda. Kami juga menyediakan training khusus untuk Anda yang ingin berlatih mengenai apa itu webinar.

Jadi, tunggu apalagi? Langsung kunjungi website kami, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.