aplikasi crm teknologi pemasaran

Aplikasi CRM: Platform Pemasaran Media Sosial Terpercaya

Aplikasi CRM merupakan salah satu platform pemasaran melalui media sosial yang banyak sekali digunakan. Inilah informasi selengkapnya!

Tentunya pemasaran media sosial bukan sesuatu yang asing bagi sebagian anda. Pemasaran melalui media sosial adalah aktivitas mempromosikan produk atau layanan melalui platform media sosial. Salah satunya yaitu melalui aplikasi CRM.

Namun bekerja dengan pemasaran online berarti anda bekerja dengan algoritma. Maka dibutuhkan strategi untuk menembus algoritma dan membuat pemasaran media sosial yang anda lakukan dapat dengan mudah menggapai audience.

Sehingga brand awareness terbangun, penjualan meningkat, dan anda mendapatkan website traffic yang tinggi pada media sosial brand atau bisnis anda.

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

penggunaan aplikasi crm

Penggunaan Aplikasi CRM yang Dimaksimalkan dengan Data Pengguna Sosial

WeAreSocial merilis data bahwa 160 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial. Pengguna dengan umur 24-25 tahun adalah usia yang paling banyak menggunakan media sosial.

Saat ini, facebook masih menjadi platform media sosial yang paling populer, dan aplikasi pesan yang paling banyak/umum digunakan adalah aplikasi WhatsApp.

Informasi ini tentu penting bagi anda untuk menentukan platform komunikasi, promosi dan transaksi yang paling efektif dan efisien untuk bisnis anda. Selain itu, 99% pengguna sosial media mengakses sosial media melalui perangkat mobile.

Jadi, buatlah konten promosi anda sesuai untuk ditampilkan pada perangkat mobile. Dan kini banyak sekali aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

fb

Facebook

2,7 miliar pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 25-34 tahun

44% pengguna perempuan, 56% pengguna laki-laki

Facebook adalah platform yang memiliki banyak fitur, mulai dari status beranda, stories, halaman, grup, pesan pribadi dan lain-lain. Fitur tersebut menimbulkan kesan fleksibel dan memungkinkan kita memiliki banyak pilihan cara menyampaikan informasi.

Tak heran jika facebook menjadi media sosial terbesar di dunia. Tak hanya individu, namun tercatat pula 65 juta bisnis mempromosikan bisnisnya melalui facebook page.

YouTube

2 miliar pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 15-25 tahun

72% pengguna perempuan, 72% pengguna laki-laki

Youtube adalah platform terbaik untuk melakukan promosi dalam bentuk video. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena data menunjukkan bahwa satu ada kurang lebih miliar video yang ditonton pada platform Youtube setiap harinya.

Sangat banyak channel Youtube yang telah dibuat oleh akun bisnis dan rutin mengupload video yang relevan dengan bisnis yang mereka jalankan.

ig

Instagram

1 miliar pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 25-34 tahun

57% pengguna perempuan, 43% pengguna laki-laki

Instagram memiliki fitur yang cukup fleksibel, mulai dari feed, stories, reels, IGTV, Instagram Live, dan juga pengirim pesan yang mudah.

Instagram juga memiliki fitur akun bisnis yang dapat menganalisa secara lengkap performa akun bisnis anda. Tak mengherankan jika Instagram juga banyak digunakan oleh pegiat pemasaran sosial media.

Twitter

330 juta pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 30-49 tahun

32% pengguna perempuan, 68% pengguna laki-laki

Twitter adalah platform yang dapat menyajikan data secara real time. Dengan pergerakan yang cepat, berita dan hiburan terbaru dari seluruh dunia dapat ditemukan dengan mudah melalui platform ini. 

Hal ini memungkinkan anda memanfaatkan informasi up to date yang anda dapatkan dari Twitter. Dan bagi anda yang rutin memproduksi konten, platform ini juga cocok untuk anda.

tiktok

TikTok

689 juta pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 18-24 tahun

59% pengguna perempuan, 41% pengguna laki-laki

Media sosial tempat berbagi video pendek ini meningkat drastis penggunaannya dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Fitur yang dimiliki dapat mempermudah pembuatan konten promosi anda, terutama dengan sasaran anak – anak muda gen Z.

LinkedIn

738 pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 46-55 tahun

49% pengguna perempuan, 51% pengguna laki-laki

Pengguna terbesar LinkedIn adalah pengguna dengan umur 46-55 tahun. Karena LinkedIn adalah media sosial yang memungkinkan para pekerja dan profesional di bidangnya terhubung.

Maka platform ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjalin koneksi. Selain itu jika bisnis merupakan jenis bisnis yang bergerak di bidang Business to Business, maka platform media sosial LinkedIn ini adalah yang cocok bagi anda.

pinterest

Pinterest

400 juta pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 30-49 tahun

78% pengguna perempuan, 22% pengguna laki-laki

Fitur yang ada pada platform ini memungkinkan anda mempromosikan produk-produk anda dengan foto yang mencolok. Karena pada platform ini anda dapat dengan mudah menempel berbagai gambar, video, hingga gif sekalipun di akun Anda.

Snapchat

287 miliar pengguna aktif bulanan

Didominasi oleh usia 13-34 tahun

58% pengguna perempuan, 40% pengguna laki-laki

Snapchat menjadi media sosial yang unik karena alih-alih menggunakan teks seperti platform media sosial lainnya, snapchat menggunakan video pendek sebagai cara interaksi.

Maka dari itu Snapchat biasanya digunakan untuk melakukan promosi brand awareness pada anak muda.

Data pengguna dan berbagai fitur diatas dapat menjadi pertimbangan kamu dalam menggunakan fitur berbagai platform, sehingga kamu dapat memilih jalur komunikasi yang efisien untuk bisnismu.

Dan kini banyak sekali aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Strategi Jitu Pemasaran Media Sosial Melalui Aplikasi CRM

Menggunakan Instagram Marketing

Data menunjukkan, 80% pengguna Instagram mengatakan bahwa post pada Instagram berpengaruh kepada keputusan pembelian mereka. Maka potensi Instagram untuk promosi produk tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ada beberapa tips untuk membuat promosi Instagram Anda maksimal:

  • Beralih ke Instagram bisnis
  • Buat profil bisnis anda semenarik mungkin
  • Pahami berbagai macam jenis post di Instagram
  • Memaksimalkan penggunaan feed Instagram
  • Gunakan fitur stories pada Instagram
  • Fitur Instagram live juga dapat anda manfaatkan
  • Gunakan IGTV
  • Repost foto atau stories dari follower bisnismu
  • Buat caption yang menarik dan menyenangkan untuk dibaca
  • Gunakan tagar yang kreatif
  • Jeli melihat waktu posting yang tepat
  • Manfaatkan fitur pengiklanan yang dimiliki Instagram (Instagram Ads)
  • Mengendorse influencer

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Instagram Tools Terbaik yang Akan Memaksimalkan Promosi Bisnis

Dengan berbagai Instagram tools yang mendukung bisnis, anda akan lebih dipermudah dalam pembuatan konten, pelaksanaan promosi hingga analisa data.

Instagram Tools untuk Desain

  • VSCO (Android, IOS)
  • Snapseed (Android, iOS, Windows, macOS)
  • Afterlight (iOS)
  • Canva (web, Android, iOS)
  • Photoshop Express (Android, iOS, Windows

Instagram Tools untuk Video

  • Boomerang from Instagram (Android, iOS)
  • Life lapse (Android, iOS)
  • Hype Type (iOS)

Instagram Tools untuk Marketing

  • Repost for Instagram (android)
  • Ato Hash (android)
  • Display purpose (web)

Instagram Tools untuk Penjadwalan

  • Sked (android, iOS, web)
  • Later (android, iOS, web)
  • Hootsuite (android, iOS, web)
  • Buffer (android, iOS, web)

Instagram Tools untuk Analisis dan Monitor Data

  • Instagram Insights (Android, iOS)
  • Awario
  • Sprout Social (android, iOS, web)
  • Social Insider (web)
  • Iconosquare (android, iOS, web)

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Memanfaatkan Instagram Ads dan Fitur Iklan Media Sosial Lainnya

Memasang iklan di Instagram merupakan hal yang patut dipertimbangkan untuk bisnis anda.

Pastikan aktivitas anda menjangkau pelanggan dengan efektif. Dengan iklan yang efektif anda akan mendapatkan Return of Investment (ROI) yang baik, sehingga anggaran yang anda keluarkan membuahkan hasil. Berikut beberapa cara menggunakan Instagram Ads.

  • Buka facebook Ads manager
  • Klik pembuatan iklan terpadu
  • Perjelas tujuan iklan anda lalu klik
  • Pilih jenis iklan
  • Tentukan nama iklan dan tujuan trafik
  • Luncurkan konten promo
  • Tentukan audience target bisnis Anda
  • Pilih penempatan
  • Pilih jadwal
  • Sinkronkan dengan akun Instagram
  • Tentukan format iklan
  • Buat caption/teks
  • Tentukan gambar, judul dan masukkan tautan
  • Lakukan pembayaran

Tips Memaksimalkan Iklan

Setelah mengetahui cara beriklan dengan Instagram, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan iklan anda.

Maksimalkan Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur  Instagram untuk menampilkan postingan foto atau video yang hanya berlaku selama 24 jam. Postingan akan otomatis terhapus setelah 24 jam.

Satu fakta yang menarik, sebanyak 52 persen pengguna Instagram mengatakan mereka lebih tertarik dengan brand yang mereka lihat di Instagram Stories.

Bahkan jika Cerita Instagram  relatif lebih pendek, mereka dapat menjadi sumber lalu lintas. Selain itu, pengguna cenderung lebih mudah melihat Instagram Stories karena cara kerja Instagram Stories, yang secara otomatis menampilkan cerita secara berurutan. Dan iklan Anda dapat muncul di antara cerita-cerita itu.

Visual Adalah Kuncinya

Instagram adalah media sosial yang berfokus pada konten visual. Karena konten utama Instagram adalah foto dan video. Tidak seperti jejaring sosial lain di mana Anda hanya dapat memposting.

Instagram mengharuskan Anda untuk mengunggah foto atau video ke setiap postingan. Ini mengharuskan Anda  menampilkan iklan dengan grafik yang menarik.

 Membuat Iklan Tidak Berlebihan (Natural)

Membuat konten  yang menarik secara visual adalah satu hal. Hal  penting lainnya adalah Anda harus bisa membuat iklan terlihat natural di mata audiens target  Anda.

Lakukan riset pada target  Anda, cari tahu jenis konten  apa yang biasanya di suka dan mereka lihat di Instagram dan sesuaikan jenis konten sesuai dengan kebutuhan promosi anda

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, sepertiaplikasi CRM.

Maksimalkan User Generated Content

Seperti namanya, konten buatan pengguna adalah semua konten buatan pengguna  dari produk Anda. Mulai dari gambar, video, testimonial dan lain sebagainya. Jadi alih-alih pemasaran, pengguna  akan secara sukarela memasarkan produk  bisnis Anda.

Sangat mudah untuk membuat konten buatan pengguna untuk konten pemasaran, Anda hanya perlu mengumpulkannya  dari  pengguna.

Suka? Anda dapat menggunakan tagar tertentu di media sosial, meminta pengguna untuk menandai akun merek resmi, mendorong pengguna untuk meninggalkan ulasan produk, dan bertanya langsung kepada pembuat konten. Tidak sulit, bukan?

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut ini contoh penerapan UGC oleh berbagai merek:

Gambar di Media Sosial

Akun Instagram Starbucks sering me-regram (repost) postingan  para penikmat kopi. Starbucks tahu pelanggan menyukai produknya, dan Starbucks tidak ragu untuk menunjukkannya di media sosial.

Video YouTube

GoPro tidak segan-segan mengunggah video buatan pengguna ke akun YouTube resminya. GoPro UGC  ini menunjukkan bahwa siapapun bisa membuat film mini yang seru, unik, dan seru.

Kontes

Pada tahun 2014, Starbucks mengadakan kontes yang disebut #WhiteCupContest di media sosial. Seperti namanya,  pembeli kopi Starbucks perlu menggambar di atas minuman putih, lalu mengirimkan foto mereka menggunakan tagar #WhiteCupContest. Dalam  tiga minggu,  konsumen mengirim 4.000 proyek ke Starbucks.

Konten Sosial

Beberapa tahun  lalu, Coca-Cola meluncurkan paket khusus dengan berbagai nama populer. Maka memanfaatkan hal tersebut, Coca-Cola mengajak pengguna untuk berbagi foto kemasan Coca-Cola dengan nama mereka di media sosial.

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Retargeting

Penargetan ulang adalah  cara untuk terhubung kembali dengan audiens yang sudah terlibat dengan situs Anda, tetapi belum mengambil tindakan untuk membeli. Pada dasarnya, proses  retargeting tidak jauh berbeda  ketika Anda membuat iklan untuk pertama kalinya. Hanya saja dalam penargetan ulang anda lebih fokus membidik audiens tertentu yang  berpotensi  menjadi pembeli.

Keuntungan dari sistem ini adalah jaminan bahwa iklan Anda akan dilihat kembali oleh publik yang telah mengunjungi situs Anda. Jadi, Anda memiliki peluang lebih baik untuk melihat kembali konten promosi anda.

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

smm

Manfaat Social Media Marketing

Hemat Biaya

Pembuatan akun media sosial, proses posting gambar dan video, hingga pembuatan group adalah gratis pada berbagai platform dan dapat Anda manfaatkan sebagai ajang promosi gratis. Anda mengeluarkan biaya hanya  jika Anda membeli iklan berbayar di media sosial ini atau membeli alat pendukung.

Efektif dan Efisien

Pemasaran media sosial bisa lebih efektif dalam menjangkau konsumen dibandingkan dengan pemasaran offline. Mengapa? Karena Anda dapat menetapkan target iklan dengan sangat teliti.

Anda dapat mengatur usia, jenis kelamin, tempat tinggal, hobi, dan bahkan status hubungan Anda. Akibatnya, pemasaran Anda akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan sederhana.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Seperti disebutkan di atas, ada 160 juta pengguna media sosial di Indonesia. Jika anda dapat menerapkan pemasaran sosial media dengan baik, maka anda akan dapat menjangkau 160 juta orang.

Juga, jika Anda dapat membuat posting menarik yang viral di kalangan netizen. Anda dapat yakin bahwa merek Anda akan dikenali oleh banyak orang  lebih cepat.

Memperluas Pangsa Pasar Perusahaan

Media sosial dapat digunakan oleh siapa saja, di mana saja. Dengan kata lain, target konsumen tidak terbatas pada tempat tinggal Anda. Namun, dari Sabang sampai Merauke. Bahkan di luar negeri.

Selama Anda  menerapkan pemasaran media sosial dengan baik. Misalnya, menggunakan hashtag yang tepat, sehingga semua orang dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda.

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Komunikasi yang Lebih Mudah dengan Pelanggan

Komunikasi yang baik sangat penting dalam hubungan apa pun. Termasuk hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya. Kini, melalui pemasaran media sosial, Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dua arah dengan  konsumen.

Konsumen dapat mengirim pesan pribadi, meninggalkan komentar atau menyebutkan merek Anda. Anehnya, Anda akan segera diberitahu tentang hal itu dan dapat segera merespons.

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Berbagi Informasi Terbaru dengan Cepat

Manfaat lain dari pemasaran media sosial adalah memungkinkan Anda berbagi informasi tentang bisnis Anda dengan cepat. Alhasil, konsumen Anda bisa langsung mengetahui tentang diskon, flash sale, promosi atau informasi lainnya  karena akan langsung muncul di history mereka.

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

Mengarahkan Traffic ke Website Anda

Social media marketing juga bisa dijadikan jembatan untuk traffic baru ke website Anda, lho. Anda hanya perlu memasukkan URL situs web Anda di deskripsi. Sehingga orang yang mengkliknya  diarahkan ke website Anda.

Apalagi jika postingan Anda benar-benar menarik dan bermanfaat. Dijamin,  akan banyak orang yang membagikan postingan tersebut, sehingga lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Kini sangat banyak aplikasi yang akan membantu anda memaksimalkan pemasaran media sosial anda, seperti aplikasi CRM.

fin

Aplikasi CRM Dapat Membantu Strategi Pemasaran Media Sosial Pada Bisnis Anda

Ada beberapa strategi pemasaran media sosial yang dapat Anda gunakan. Sebagai langkah awal, pastikan Anda mengenal target audiens Anda dengan baik. 

Beberapa platform media sosial menawarkan inisiatif pemasaran  gratis atau berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran Anda.

Aplikasi CRM dapat membantu meringankan tugas anda dalam pemasaran media sosial anda. Jika anda ingin melakukan optimalisasi terhadap pemasaran media sosial anda, maka anda bisa menggunakan aplikasi CRM.

Aplikasi CRM akan dapat membantu meringankan tugas anda dalam pemasaran media sosial. aplikasi CRM juga telah memahami dengan baik bagaimana algoritma pemasaran media sosial, sehingga konten promosi akan lebih maksimal.

Anda juga bisa selalu berkonsultasi denganaplikasi CRM tentang apapun yang berkaitan dengan pemasaran media sosial anda.

Jika Anda sudah menentukan pilihan, segera optimalkan upaya pemasaran media sosial Anda. Semoga sukses selalu!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.