5 langkah mudah membuat website untuk pemula

4 Langkah Mudah Membuat Website Untuk Pemula

Sebagian besar pelaku bisnis saat ini kebanyakan memasarkan produk bisnis ke berbagai social media seperti Instagram dan Facebook ataupun market place seperti Shopee ataupun Tokopedia.

Akan tetapi, bukan berarti situs website dan juga blog tidak bisa dijadikan tempat berjualan yang bagus. Melainkan malah menjadi nilai tambah untuk bisnis dan juga memasarkan produk.

Dengan memiliki situs website yang bagus dan juga aktif. Pembeli akan lebih yakin pada produk yang akan dibeli, apalagi jika jumlah barang yang dijual terdiri lebih dari satu produk.

Berbagai perusahaan besar seperti Unilever juga menggunakan website untuk meningkatkan nilai jual produk. Penjual juga bisa mengisi dengan berbagai konten yang menambah pengetahuan dan berkaitan pada produk yang dijual.

Sebuah website yang dikelola dengan strategi yang tepat akan membuat nama produk lebih mudah dicari di Internet. Sehingga konsumen pun bisa mencari produk yang terkait hanya dengan satu kata kunci saja.

Mulai tertarik untuk membuat website yang interaktif dan menjaring lebih banyak orang? Yuk ketahui dulu apa itu Website dan cara membuat isi website lebih menarik.

apa itu website

Apa Itu Website

Website sendiri merupakan kumpulan web yang saling terkait dan berbagi dengan satu domain. Pengelolaannya pun bisa dilakukan secara individu, kelompok, organisasi, ataupun bisnis dengan berbagai tujuan.

Variasi dari website sendiri tentu saja berbeda-beda ada yang berbentuk situs forum, media social, market place, dan lain sebagainya. Akses website yang hanya menggunakan kata kunci tertentu membuat website menjadi salah satu halaman yang sering dibuka oleh banyak orang di internet.

Pengguna website juga sebaiknya mengetahui dulu tujuan dari membuat website, apakah untuk jual beli barang atau tempat berbagai informasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui isi konten dan fitur pendukung di dalamnya.

Beberapa jenis website yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan bisnis dan berbagai keperluan pribadi, diantaranya blog, situs web bisnis dan perusahaan, dan situs jual beli.

Website jual beli sendiri biasanya berisi tentang informasi mengenai merk atau profil perusahaan sehingga memiliki identitas yang dapat ditampilkan kepada pengguna. Isi dari webiste ini sebaiknya berisi artikel yang SEO Friendly sehingga lebih mudah naik di internet dan menaikkan ranking website.

Tidak hanya untuk mengenalkan produk dan branding perusahaan. Website juga bisa naik level ke ke layanan jual beli barang ataupun layanan online.

Hal ini bisa dilakukan bagi perusahaan besar yang menjual lebih dari satu kategori produk sehingga pembeli bisa memilih variasi produk yang berbeda. Pemberian potongan harga khusus atau gratis ongkos kirim di website juga dapat menaikkan traffic pengguna di website jual beli.

Website bisa dioptimalkan dengan membuat kata kunci yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan sehingga calon pembeli akan langsung menemukan produk yang dituju dengan mudah dan cepat.

Pengguna bisa mempromosikan website dengan mencantumkan link website yang biasanya tertera di bio social media ataupun menyelipkan di postingan dengan promo pembelian di website. Hal ini bisa membantu untuk mengenalkan dan juga menaikkan tingkat pengunjung.

kegunaan website untuk bisnis

Kegunaan Website untuk Bisnis

Meskipun memerlukan waktu yang cukup lama untuk mulai membangun serta megembangkan sebuah website yang apik. Namun pengguna akan mendapatkan hasil yang lebih banyak ketika nama website sudah berada di halaman pertama Google.

Website juga bisa menjadi media branding yang terbaik karena masih banyak orang yang mempercayai isi dari website dibandingkan social media. Beberapa kegunaan website untuk bisnis antara lain, sebagai berikut :

Alternatif Lain Untuk Promosi

Sebagian besar orang mencari dahulu ulasan dari produk yang akan dibeli melalui berbagai macam cara. Bisa berupa saran teman, ulasan di social media, atau mencari nama dari barang yang akan dicari di internet.

Penggunaan website dapat menyakinkan pelanggan bahwa produk yang dibeli benar-benar asli dan memiliki reputasi yang baik. Hal ini dapat membantu pembeli yang ingin memberli produk dalam jumlah banyak dan harga lumayan sehingga lebih yakin dalam melakukan transaksi jual beli.

Berbagai fitur untuk menyelipkan gambar dan juga video juga akan membantu testimoni produk. Website juga menyediakan fitur yang dapat membawa pelanggan ke social media perusahaan ataupun market place dimana produk dijual sehingga memudahkan proses jual beli setelah tertarik pada barang yang diinginkan.

Website yang berhasil masuk ke dalam halaman pertama di Google Search akan membantu untuk dikenal lebih banyak orang sehingga menjaring pelanggan yang lebih besar dan luas.

Penyedia Informasi Produk Terpercaya

Konsumen baru biasanya akan lebih skeptis apabila hanya melihat produk dari social media. Hal ini bisa terjadi karena banyak penipuan jual beli yang terjadi di Instagram, Facebook, atau berbagai market place lainnya.

Dengan memiliki website yang aktif dengan konten yang menarik, pelanggan akan lebih mudah percaya pada barang tersebut. Selain itu, tersedianya deskripsi produk yang lengkap dan juga konten tips yang menarik akan membantu menaikkan awareness pelanggan.

Komunikasi Dua Arah Dengan Pelanggan

Komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli juga bisa menaikkan angka pembelian produk. Hal ini terjadi karena pelanggan akan lebih senang jika diperhatikan dan diajak mengobrol

Dengan menggunakan website ataupun social media yang lain, pengguna bisa mengajak komunikasi pelanggan dengan cara membalas komentar di artikel, membuat fitur interaktif, atau memberikan fitur keluhan pelanggan di situs website.

Hal ini dapat membuat pelanggan merasa lebih diperhatikan keinginan dan keluhannya sehingga ke depannya akan terus membeli produk yang sama bahkan mempromosikannya secara tidak langsung kepada teman atau saudara.

Jangan lupa gunakan bahasa yang baik, sopan, dan tidak terbelit-belit sehingga pelanggan akan lebih mudah memahami pesan yang disampaikan. Melakukan survei terhadap pelanggan yang dituju juga akan memudahkan untuk memilih gaya bahasa dan konten yang cocok

Kemudahan Akses Melalui Internet

Sebagian besar orang saat ini sudah terhubung dengan internet dengan mudah dan cepat. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan dengan baik dengan mempromosikan produk melalui website atau social media lainnya.

Pemilihan konten yang sesuai dengan pelanggan yang dituju diikuti dengan strategi digital marketing yang tepat akan membantu dalam menaikkan nama produk dengan cepat di internet.

Memiliki website juga akan membantu pelanggan mengetahui informasi terbaru mengenai produk yang dituju, seperti diskon potongan harga atau produk yang baru dirilis. Hal ini juga memberikan keuntungan bagi kita dengan adanya kenaikan penjualan melalui internet.

Hemat Biaya dan Waktu

Beberapa tahun ini, promosi melalui internet menjadi alternatif terbaru bagi sebagian besar perusahaan atau usaha kecil dan menengah. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya orang yang mengakses internet dalam sehari serta mudahnya promosi melalui internet.

Promosi dari internet juga terbukti lebih hemat waktu karena tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membagikan brosur di jalan raya atau melakukan presentasi produk di depan banyak orang sehingga lebih hemat biaya.

Apabila pengguna bisa mengetahui celah yang tepat dalam membuat konten yang tepat untuk produk yang akan dipromosikan maka akan membantu untuk menaikkan jualan dengan gratis dan secara organik tanpa perlu membayar biaya iklan.

Beberapa jenis fitur website yang berguna untuk menaikkan nama produk adalah, Artikel dengan SEO Friendly, Foto produk yang menarik dan unik, dan video promosi atau testimoni dari pelanggan yang dapat menaikkan kredibilitas.

Banyak usaha kecil saat ini menjadi lebih terkenal berkat kemampuan dalam menjual di internet di dukung dengan website yang menarik. Penghematan biaya produksi juga menguntungkan pengguna sehingga bisa menekan biaya pengelaran.

tools untuk membuat website

Tools Untuk Membuat Website

Dalam pengembangan sebuah website tentunya dibutuhkan berbagai macam tools yang membantu isi website menjadi lebih menarik. Beberapa tools tersebut diantaranya aplikasi untuk membuat isi artikel, edit foto dan video untuk produk, serta pengaturan untuk layout website.

Beberapa tools tersebut juga bisa di dapatkan secara gratis dan diakses dengan mudah di berbagai gadget sehingga tidak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya dan bisa diisi kapan saja dan dimana saja.

Beberapa tools penting yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah website antara lain :

Canva dan Photoshop

Aplikasi edit gambar ini sangatlah terkenal di kalangan pemula. Kemudahannya dalam membuat berbagai desain dan berbagai template yang bisa diunduh secara gratis menjadikan canva pilihan bagi banyak orang.

Selain canva, pengguna juga bisa memilih aplikasi edit gambar lain sehingga hasil dari website lebih profesional. Salah satu aplikasi edit gambar yang bisa digunakan adalah adobephotoshop.

Sayangnya, adobephotoshop termasuk berbayar dengan harga yang lumayan. Meskipun begitu, hasil edit fotonya tentu saja lebih menarik dan nyata sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah website.

Pemilihan gambar dan warna yang sesuai dengan branding produk yang ditampilkan akan membuat website memiliki nilai tersendiri di mata pengunjung website. Tidak perlu mencolok namun tetap memperhatikan keserasian warna menjadi kunci desain layout website yang baik.

Microsoft Word

Salah satu aplikasi penting dalam pembuatan website adalah Microsoft Word. Berbagai fitur di aplikasi ini berguna untuk membuat berbagai amcam artikel ataupun merancang isi dari perencanaan website.

Pembuatan artikel di website yang baik sebaiknya juga memperhatikan copywriting yang sesuai dengan sasaran pelanggan yang dituju dan fokus produk yang akan dipromosikan di Website.

Pastikan artikel berisi berbagai tips yang berguna namun tetap menyinggung produk yang akan dijual sehingga pembaca secara tidak langsung akan masuk ke dalam promosi ketika membaca sebuah artikel yang menarik.

Perhatikan juga kata kunci yang ada di selipkan di setiap artikel agar bisa menaikkan ranking dari website secara organik tanpa perlu biaya tambahan.

Melakukan riset juga penting agar pengguna mengetahui apa saja pembahasan yang dibicarakan oleh pembeli sehingga bisa diangkat ke dalam sebuah artikel.

Adobe Premier

Salah satu daya tarik dari sebuah website adalah adanya testimoni pelanggan. Video pendek yang berisi ulasan pelanggan saat menggunakan produk juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dipromosikan.

Salah satu aplikasi yang dapat membantu dalam edit video adalah Adobe Premier. Aplikasi berbayar yang sering digunakan di dunia media ini memiliki berbagai macam fitur yang akan membuat editan dari sebuah video lebih cantik sehingga menarik perhatian pelanggan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan mudah bahkan dikolaborasikan dengan berbagai aplikasi lain, seperti Adobe After Effects untuk menambahkan fitur efek di video.

Dalam mengedit video testimoni atau produk, pastikan durasi tidak terlalu penjang agar penonton tidak bosan. Pemilihan efek yang baik dan serasi akan membuat video lebih menarik.

Fontello

Memilih sebuah ikon tentulah sangat penting guna membuat website lebih apik. Pemilihan ikon website dengan ukuran yang cocok akan membuat pengunjung bisa menyusuri website lebih mudah dan cepat.

Sayangnya, banyak pengguna yang bingung untuk mencari inspirasi atau mencari pilihan ikon yang tepat untuk Website. Berbagai website edit ikon tersedia secara gratis dengan berbagai variasi.

Salah satu aplikasi yang juga sangat penting dalam pembuatan konten di website adalah Fontello. Melalui website ini, pengguna dapat memilih berbagai ikon pendukung untuk menunjukkan berbagai ftur di Website.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menggunakan berbagai pilihan editing berdasarkan simbol dan nama. Pemilihan ikon ini juga bisa disesuaikan dengan ukuran piksel, warna, dan juga font pilihan.

Fontello bisa digunakan secara gratis untuk mengakses semua fiturnya sehingga pengguna tidak perlu memikirkan biaya tambahan untuk membeli ikon. Tersedia juga video tutorial dalam membuat ikon dan memilih ikon sehingga pekerjaan memilih ikon ini menjadi lebih mudah.

fitur yang ada di website

Fitur yang ada di Website

Website memiliki banyak fitur yang sangat membantu untuk mengoptimalkan bisnis. Sebagai pengguna sebaiknya memanfaatkannya untuk menambah penjualan.

Berbagai fitur ini juga bergantung pada tujuan dan jenis website yang dibuat oleh pengguna. Pengunjung website juga akan merasa terbantu apabila fitur yang disediakan lengkap dan juga informatif.

Mengembangkan fitur di website menjadi lebih kreatif dan responsif juga akan meningkatkan kualitas di website yang dikembangkan. Berikut beberapa fitur yang sebaiknya ada di webiste bisnis sehingga membantu dalam jual beli :

Mobile Responsive

Saat ini lebih banyak orang yang membuka website melalui handphone. Hal ini karena membuka website di Handphone lebih mudah dan juga bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan.

Karena ada baiknya membuat ukuran website dalam bentuk Mobile Responsive. Membedakan ukuran website untuk laptop, tablet, dan HP juga membantu lebih banyak orang mengakses konten website melalui berbagai jenis gadget.

Analytical Tool

Sebagai seorang pengguna website tentunya harus selalu mengetahui berapa saja pengunjung dalam sehari, apa saja artikel yang paling banyak disukai dan mendapat banyak impresi, dan waktu yang dihabiskan saat mengunjungi website.

Karenanya dibutuhkan sebuah analytical tools yang dapat membantu untuk menganalisa kegiatan pengunjung secara mudah dan juga akurat. Tidak hanya itu, dengan memiliki analytical tools pengguna juga dapat mengatur strategi agar website terus berkembang dan menjangkau lebih banyak orang.

Salah satu analytical tools yang dapat digunakan oleh pengguna secara gratis adalah Google Analytics.

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang dapat menganalisa demografi pengunjung baik secara organik ataupun berbayar, lokasi pembaca, konten yang sering dikunjungi, pencarian organik, serta berapa banyak pengunjung yang masuk dalam bentuk angka dan grafik.

SEO

Salah satu strategi yang dapat membantu mengoptimalkan konten di website adalah penggunaan SEO yang sesuai dengan kata kunci yang terkait dengan produk.

Seach engine optimization sendiri adalah teknik yang dapat membantu mengoptimalkan sebuah website agar mendapatkan rangking teratas di mesin pencari Google.

Alasan banyak pengguna website mengoptimalkan penggunaan SEO adalah tidak perlu mengeluarkan uang dan bisa dilakukan secara organik dengan riset keyword.

Pengoptimalan ini juga bisa digunkan dalam jangka waktu yang panjang dan tentu saja menguntungkan pengguna website.

Beberapa manfaat lain dari penggunaan SEO untuk website antara lain mempermudah pembeli dalam menemukan website, mendapatkan target pembaca yang tepat, serta membangun brand awareness produk di mesin pencari.

Cara penggunaan SEO yang tepat adalah dengan cara memasukkan keyword produk yang tepat ke dalam setiap konten yang dibuat serta terus melakukan riset SEO secara rutin.

Social Sharing

Sebagian besar pengguna internet memiliki kebiasaan untuk menyebarkan konten ataupun artikel yang menarik untuk dibahas ke social media ataupun WhatsApp. Kebiasaan ini bisa menjadi celah yang baik bagi pengguna website untuk menjalankan fitur social sharing.

Melalui fitur ini pengguna dapat menyebarkan artikel melalui link ke berbagai social media. Hal ini tentu saja dapat menaikkan traffic website karena banyak orang yang membaca.

Karenanya dalam membuat konten di website isi dengan artikel yang bermanfaat dan juga mudah dibaca sehingga akan lebih banyak orang yang mengunjungi melalui fitur social sharing.

Security

Sebuah website bisa saja di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika hal ini terjadi tentu saja dapat merugikan bisnis anda karena salah satu sumber pemasukan tertutup.

Pengguna dapat membuat fitur security untuk mengamankan website sehingga lebih aman dan susah untuk dimasuki selain admin sendiri.

Fitur security di website bisa diaktifkan dengan cara memastikan hosting domain yang digunakan aman, memasang plugin keamanan, menggunakan username dan password yang kuat, menginstal Plugin Backup, dan mengamankan filw website dengan anti virus terbaik.

Anti Spam

Penggunan spam dalam fitur komentar tentu akan mengganggu pengunjung lain yang membaca website dan juga dapat menurunkan kekuatan website. Parahnya hal ini juga bisa membuat website di blokir oleh internet.

Guna mengatasi hal ini, penggunaan fitur anti spam bisa diaktifkan sehingga website tetap aman dan terbebas dari gangguan komentar yang terus menerus di Website.

Deskripsi Singkat

Sebuah website perusahaan juga sebaiknya dilengkapi oleh deskripsi singkat berupa latar belakang perusahaan, pendiri serta produk yang dipasarkan. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk.

Tak hanya itu, isi dari deskripsi dapat berupa tagline atau ucapan singkat berupa pengenalan terhadap perusahaan. Pemilihan kata yang baik dan juga penulisan yang tepat dapat membuat deskripsi singkat lebih menarik.

Kontak

Di dalam sebuah website haruslah disedikan kontak perusahaan atau layanan pelanggan sehingga pembeli pun bisa menyampaikan keluhan terhadap sebuah barang apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi.

Selain berisi tentang kontak nomor telepon, pengguna juga dapat memasukkan social media yang bisa dihubungi atau dikunjungi. Hal ini akan membantu pengunjung untuk mengenal lebih jauh tentang produk yang di pasarkan.

Peta Lokasi

Pemberian peta lokasi tentu sangat penting untuk dicantumkan di website perusahaan. Hal ini juga membuat pembeli yakin akan perusahaan dan juga bisa mencari sendiri stand penjualan produk melalui peta lokasi.

Pastikan juga peta lokasi sudah sesuai dengan patokan serta Google Map sehingga tidak membingungkan pengunjung.

Search Bar

Banyaknya konten yang dimasukkan ke dalam website terkadang membuat pengunjung bingung untuk memilih pembahasan yang akan dibaca.

Pemberian seach bar akan membantu pengunjung menemukan konten secara cepat dan spesifik. Pembaca juga dapat mencari produk yang diinginkan secara cepat dan mudah sehingga tidak memakan banyak waktu.

FAQ

Konsumen terkadang menanyakan berbagai pertanyaan yang sama. Guna memudahkan pekerjaan pengguna dan pengunjung maka bisa menggunakan fitur Frequently Asked Question.

Pada fitur ini, pengguna dapat memasukkan pertanyaan yang sering ditanyakan beserta jawabannya sehingga pengunjung hanya perlu membacanya. Hal ini banyak dipraktekkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi seperti Microsoft ataupun Facebook.

Informasi Jam Kerja

Bagi perusahaan tertentu yang bergerak di bidang jasa ataupun perdagangan tentu ada jam-jam tertentu dimana pengguna tidak bisa melayani keluhan atau pemesanan barang  secara langsung.

Pemberitahuan informasi jam kerja yang dimasukkan ke dalam website akan membantu pengunjung untuk mengetahui kapan saja waktu yang tepat untuk menyampaikan keluhan atau pemesanan barang sehingga bisa direspon lebih cepat.

langkah mudah membuat website

Langkah Mudah dalam Membuat Website

Berbagai fungsi dan manfaat yang diberikan website untuk bisnis tentu saja menarik untuk dijadikan salah satu sumber promosi. Sayangnya banyak orang yang menyerah dalam membuat website karena banyaknya langkah-langkah yang harus diikuti.

Hal ini bisa diatasi dengan mengikuti langkah-langkah mudah dalam membuat website yang cocok untuk media promisi bisnis.

Tentukan Jenis website

Sebelum membuat website ada baiknya mengetahui dulu isi dari website yang akan dikembangkan.

Bagi website perusahaan tentunya harus disediakan fitur artikel untuk meningkatkan pengetahuan mengenai produk yang di pasarkan, foto produk untuk promosi serta video testimoni untuk meningkatkan awareness.

Pemilihan fitur yang dapat langsung menuju ke akun marketplace perusahaan juga akan membantu pembeli dalam belanja dengan mudah tanpa perlu keluar dari website. Jangan lupa cantumkan juga info kontak dan alamat perusahaan agar pengunjung lebih percaya pada produk yang ditawarkan.

Pilih Hosting Website

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah menentukan fitur yang akan ditampilkan di website adalah membeli hosting. Pembelian hosting ini dilakukan sebagai tempat penyimpanan online yang akan menyimpan data situs website.

Dalam memilih web hosting pastikan menggunakan layanan hosting terbaik sehingga performa website akan terus optimal dan tidak terjadi gangguan.

Beberapa jenis hosting populer yang bisa digunakan adalah Shared hosting yang menaungi banyak user dan cocok untuk pemula, cloud hosting untuk website toko online dan proyek berskala besar dan tentu saja lebih baik dibandingkan shared hosting.

Terakhir adalah VPS hosting yang memiliki optimasi penuh sehingga pengguna dapat memiliki kontrol menyeluruh terhadap website yang dimiliki.

Penentuan hosting juga sebaiknya ditentukan dengan biaya yang dimiliki serta jenis website yang akan digunakan dan dijalankan.

Gunakan WordPress

Setelah memilih dan membeli hosting yang diperlukan maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih platform untuk membuat isi dari website.

Bagi pemula yang baru memulai menjalankan website maka bisa menggunakan WordPress yang lebih mudah digunakan dan dipelajari serta biaya yang lebih murah. Kemudahan inilah yang membuat banyak orang mengandalkan WordPress dalam pengoperasian website.

Beri Nama Domain yang Menarik

Setelah membeli hosting dan juga WordPress maka saatnya membangun domain sebagai kata kunci pencarian website di internet.

Dalam memilih domain pastikan menggunakan kata yang unik, mudah diingat, dan sesuai dengan nama produk yang akan dipromosikan melalui website. Jangan lupa cek kesediaan nama domain di dengan tool cek domain sehingga tidak bertabrakan dengan produk lain yang serupa.

Setelah menentukan nama domain yang sesuai maka waktunya untuk membeli dan mendaftarkan domain agar bisa digunakan untuk nama website.

Jadi sudah siap mempromosikan produk dan memiliki website sendiri?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.