aplikasi manajemen keuangan

9 Aplikasi Manajemen Keuangan Terbaik dan Fungsinya dalam Perusahaan

Aplikasi manajemen keuangan terbaik memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda. Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda!

Dalam sebuah perusahaan, tentu penting dilakukan manajemen yang baik untuk semua jenis penataan di dalamnya. Salah satu manajemen yang sangat krusial fungsinya adalah manajemen keuangan.

Selain dibutuhkan pengetahuan khusus untuk melakukan manajemen jenis ini, diperlukan juga sebuah aplikasi manajemen keuangan untuk mendukung pengadaannya.

Manajemen keuangan ini mencakup segala bentuk keuangan milik perusahaan baik uang yang keluar maupun masuk kas perusahaan. Manajemen ini juga mengatur segala bentuk hak milik dan juga tanggungan yang harus diselesaikan.

Dengan begitu jika dikerjakan hanya secara manual, dikhawatirkan masih ada komponen lain yang belum dimasukkan. Inilah inti dari penggunaan aplikasi untuk manajemen keuangan yang belum banyak diketahui.

aplikasi manajemen keuangan

Apa Itu Aplikasi Manajemen Keuangan?

Sebelum lanjut ke pengertian aplikasinya, Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan.

Adapun manajemen keuangan ini adalah segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan keuangan baik dari manusia yang bertanggung jawab atau uang yang mengalir di dalamnya.

Perlu dipahami bahwa keuangan adalah hal penting dalam sebuah perusahaan agar jumlahnya selalu seimbang dan tidak terlalu jauh antara debit dan kreditnya.

Setelah mengenal pengertian dari manajemen keuangan, Anda bisa lanjut untuk mengenal apa itu aplikasi untuk manajemen keuangan. Aplikasi ini adalah sebuah alat yang gunanya untuk mempermudah proses audit data terkait keuangan.

Sehingga segala bentuk kesalahan yang mungkin terjadi bisa teratasi dengan baik. Apalagi perhitungan dengan selisih yang berbeda sedikit saja sudah akan mengubah keseluruhan data yang diberikan.

Aplikasi atau software manajemen keuangan hadir dengan banyak pilihan dan juga versi yang bisa disesuaikan dengan fungsi yang diinginkan.

Selain itu, aplikasi manajemen keuangan juga hadir dalam bentuk penggunaan smartphone maupun yang bisa diakses melalui PC maupun website tertentu. Tidak jarang juga sebuah perusahaan memiliki atau membuat aplikasinya sendiri agar lebih menyesuaikan dengan kebutuhan keuangan mereka.

Dalam pelaksanaannya, aplikasi untuk manajemen keuangan berfungsi untuk memperlancar kinerja setiap divisi dalam perusahaan. Ruang lingkup pertama yang perlu dipahami yakni tentang dividen.

Ruang lingkung ini erat hubungannya dengan penggunaan dan pendapatan laba bersih dalam sebuah perusahaan. Ruang lingkup kedua adalah berkaitan dengan keputusan keuangan.

Untuk kegiatan ini nantinya ruang lingkup yang masuk di dalamnya berupa pengembalian, biaya pembiayaan, periode pembiayaan, sumber dan juga jenis yang termasuk di dalamnya.

Ruang lingkup terakhir yang dibantu manajemennya adalah terkait keputusan kerja dengan keputusan investasi, kelancaran aset dan juga beberapa modal yang tergabung di dalamnya.

Semua kegiatan ini akan lebih mudah dilakukan dengan adanya aplikasi manajemen keuangan yang lebih membantu di dalamnya. Anda bisa mengatur sendiri ruang lingkup mana yang nantinya membutuhkan penggunaan atau bantuan dari aplikasi manajemen yang satu ini.

Sehingga kinerja orang yang ada di dalamnya menjadi lebih terbantu.

2

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Keuangan

Setelah mengenal pengertian aplikasi untuk manajemen keuangan, tentunya Anda juga harus tahu rekomendasi aplikasi jenis ini. Bagi perusahaan yang baru berjalan atau dalam skala kecil, tentu cukup sulit dan memerlukan banyak biaya jika harus mengembangkan aplikasinya sendiri.

Sehingga Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi seperti di bawah ini:

Wally

Rekomendasi aplikasi pertama yang bisa digunakan adalah Wally. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang membutuhkan bentuk aplikasi dengan model yang lebih runtut dan jelas setiap sistem di dalamnya.

Aplikasi ini membantu penggunanya dalam mencatat segala bentuk pemasukan dan pengeluaran dengan skala mingguan sampai bulanan. Bukan hanya itu saja, di dalam aplikasinya juga memungkinkan pengguna untuk memasukkan bukti pembelanjaan.

Jadi, Anda hanya perlu meng-capture struk pembelanjaan kemudian otomatis sistem akan memasukkannya ke dalam belanja bulanannya. Cara ini juga lebih mengurangi adanya resiko kesalahan dalam input harga dan juga jenis barang yang dibeli.

Mint

Rekomendasi aplikasi manajemen keuangan kedua adalah Mint. Aplikasi yang satu ini cocok untuk kegiatan yang berkaitan dengan jatuh tempo pembayaran penting seperti hutang jangka waktu dan juga gaji karyawan.

Aplikasi ini cukup memudahkan para penggunanya dalam hal yang lebih krusial untuk dibayarkan terlebih dahulu. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memberikan sebuah reminder atau pengingat terkait tanggal pembayaran yang sudah dekat.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pertimbangan saran mengenai sistem perbelanjaan yang lebih krusial untuk dilakukan terlebih dahulu. Hal ini tentu saja membuat anggaran dananya menjadi terkontrol dengan baik.

Fungsi lainnya dari aplikasi ini adalah membantu dalam proses penggolongan yang berkaitan dengan dana penting dalam kehidupan. Seperti halnya kebutuhan kartu kredit, biaya pensiun dan juga biaya untuk investasi lain yang masuk ke dalam anggaran aplikasi ini.

Quickbooks

Jenis aplikasi ketiga yang cocok untuk digunakan adalah Quickbooks. Aplikasi ini berguna untuk mengerjakan semua jenis yang berkaitan dengan manajemen keuangan. Bisa dibilang aplikasi ini bisa melakukan semua jenis pengaturan keuangan hanya dengan satu aplikasi saja.

Cocok digunakan untuk mengatur dan mengontrol pengeluaran keuangan dalam perusahaan. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa disambungkan langsung dengan rekening bank terkait sarana pembayaran agar lebih efisien.

Jadi pencatatannya nanti langsung bisa ditentukan keluar masuknya. Hal ini sangat membantu proses pencatatan keuangan tentunya.

Google Sheets

Rekomendasi aplikasi manajemen keuangan berikutnya yang membantu proses pengaturan keuangan ini adalah Google Sheets. Tentunya Anda sudah pernah atau sering mendengar terkait aplikasi milik Google yang satu ini.

Selain memberikan kemudahan pembuatan jadwal fungsinya juga bisa untuk mengatur akuntansi keuangan. Aplikasi ini cocok digunakan untuk memasukkan segala bentuk transaksi yang dilakukan di dalamnya baik pengeluaran atau pemasukan.

Aplikasi ini juga bisa diakses dengan mudah baik menggunakan smartphone dan juga PC untuk pengalaman yang lebih baik. Aplikasi ini cocok untuk tipe pengelolaan dengan skala yang tidak terlalu besar sehingga masih bisa diakses secara manual.

Money Manager

Jenis kelima dari aplikasi yang cocok untuk digunakan adalah Money Manager. Aplikasi yang satu ini bagus digunakan untuk mengatur segala bentuk kebutuhan baik untuk kebutuhan penting sampai dengan hiburan.

Bukan hanya itu saja aplikasi ini juga bisa langsung disambungkan dengan metode pembayaran yang diinginkan. Aplikasi yang satu ini sesuai untuk Anda yang menyukai tampilan aplikasi manajemen keuangan yang lebih simple dan fun.

Tentunya pengguna sering merasa bosan jika melihat tumpukan angka dengan lembaran kosong dan saatnya beralih untuk menggunakan jenis aplikasi yang satu ini. Money Manager ini juga tidak menggunakan ukuran aplikasi yang terlalu besar.

1 Money

Rekomendasi aplikasi manajemen keuangan keenam adalah 1 Money. Aplikasi ini adalah satu jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses semua kebutuhan keuangan dalam perusahaan.

Hanya saja untuk pengguna skala besar memang tidak disarankan karena membuatnya lebih rumit. Jadi, untuk perusahaan yang masih berkembang atau kecil, penggunaannya sangat memudahkan.

Biasanya dikarenakan akuntan di dalamnya juga begitu terbatas. 1 Money cukup kompleks dengan fitur cukup lengkap di dalamnya. Sementara, 1 Money sendiri tersedia dalam Play Store sehingga aman untuk digunakan.

Hanya saja perlu dipahami untuk pengalaman yang lebih baik pengguna memang harus melakukan pembayaran untuk akses dalam aplikasinya.

Fast Budget

Rekomendasi berikutnya, adalah Fast Budget. Tidak hanya bisa membantu mengelola pengeluaran dan pendapatan aplikasi ini juga mempermudah proses accounting. Hal ini dikarenakan di dalam aplikasinya terdapat banyak petunjuk yang membantu penggunaannya.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang cukup menarik untuk digunakan. Tidak hanya tampilan yang berwarna namun aplikasi ini juga memiliki animasi untuk memperlihatkan kondisi keuangan.

Aplikasi tidak hanya cocok untuk membantu proses accounting saja, namun juga berguna untuk latihan keuangan yang lebih baik. Anda bisa mengatur segala jenis kebutuhan keuangan dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Wallet, Money and Budget

Rekomendasi aplikasi manajemen keuangan berikutnya adalah Wallet, Money and Budget. Dalam aplikasi ini, pengguna bisa memakainya untuk merekam segala bentuk transaksi yang ada di dalamnya lebih mudah dan anti salah.

Hal ini dikarenakan sinkronisasi segala bentuk rekening dan juga pengeluaran yang dibutuhkan. Pencatatan yang dilakukan juga cukup otomatis menggunakan beberapa tabel yang ada di dalamnya.

Aplikasi ini sangat mendukung Anda yang ingin lebih mudah dalam mencatat semua kebutuhan yang akan dibeli. Aplikasi ini juga memberikan rekomendasi terkait bahan belanjaan yang harus dibeli terlebih dahulu.

AndroMoney

Sesuai dengan namanya aplikasi ini memang digunakan dalam Android. Jadi meskipun hanya menggunakan ponsel ternyata Anda masih bisa melakukan pencatatan keuangan dengan cukup baik.

Ada banyak fitur hitungan keuangan di dalam aplikasi ini yang mendukung keseimbangan hutang dan saldo yang dimiliki. Tampilan dibuat cukup minimalis agar aplikasinya tidak terlalu berat untuk diakses.

AndroMoney juga mudah digunakan karena ada beberapa instruksi yang memudahkan penggunanya dalam mengakses setiap fitur di dalamnya.

3

Fungsi Aplikasi untuk Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Dapat dipastikan bahwa setiap aplikasi manajemen keuangan sudah pasti berguna dan tentunya menguntungkan bagi setiap perusahaan yang menggunakannya. Adapun fungsi dari aplikasi ini untuk perusahaan bisa dilihat sebagai berikut:

Pengontrol Keuangan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika aplikasi yang satu ini memang memiliki fungsi utama untuk pengontrol keuangan. Pengaturan keuangan ini juga diimbangi dengan analisa yang lebih kuat dan terstruktur.

Sehingga naik turunnya keuangan dalam perusahaan terjaga dengan baik. Tentunya disesuaikan dengan jangka pendek maupun panjang yang diinginkan.

Sebagai pengontrol uang dalam perusahaan, aplikasi jenis ini juga bisa digunakan untuk membuat rencana bisnis yang melibatkan dana di dalamnya. Sehingga bisa dianalisa lebih baik keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi jika tetap melakukannya.

Pengelolaan Surplus

Fungsi berikutnya ketika menggunakan aplikasi manajemen keuangan adalah untuk pengelolaan surplus. Jika perusahaan yang dijalankan memang melakukan penanaman saham atau investasi dengan perusahaan lainnya tentu membutuhkan fungsi yang satu ini.

Mengingat pemantauan secara manual juga cukup sulit untuk dilakukan. Fungsi dari aplikasi Pengelolaan Surplus sendiri yakni untuk melihat profit yang menarik dan memantau investasi dengan lebih maksimal.

Dengan demikian, keuntungan yang didapat pun bisa lebih optimal. Hal ini biasa disebut juga dengan peningkatan ROC dalam sebuah investasi.

Likuiditas Terjaga dengan Baik

Fungsi ketiga dalam menggunakan aplikasi ini adalah untuk mempertahankan kondisi likuiditas dalam perusahaan. Perlu dipahami, kunci penting untuk mempertahankan likuiditas dalam sebuah perusahaan adalah uang kas.

Jadi nantinya uang kas ini harus tetap mengalir dengan baik. Apalagi dalam sebuah perusahaan juga terdapat beberapa kebutuhan pembayaran yang krusial untuk dilakukan.

Seperti halnya untuk membeli bahan baku produksi perusahaan, service alat produksi sampai dengan pembayaran gaji karyawan yang tidak boleh dikesampingkan. Anda harus berpikir dengan baik bagaimana cara kas ini tetap ada yakni menggunakan manajemen keuangan yang baik.

Investasi

Fungsi selanjutnya dalam aplikasi manajemen keuangan ini adalah untuk kebutuhan investasi. Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa dalam pelaksanaannya manajemen keuangan ini membutuhkan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Syukur jika ada selisih yang nantinya bisa dimasukkan untuk keperluan investasi. Banyak orang yang tidak memperkirakan hal ini padahal fungsi investasi dalam sebuah perusahaan itu sangat krusial untuk digunakan.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mendapatkan pengembalian lebih banyak dibandingkan modal awal saat melakukan investasi terkait.

Penentuan Komposisi dari Modal

Kegunaan berikutnya dalam menggunakan aplikasi ini adalah untuk menentukan komposisi modal yang digunakan. Anda harus tahu untuk mengetahui modal bersih yang digunakan ini juga bukanlah hal yang mudah.

Mengingat harta kekayaan ini bercampur dengan kepemilikan dan juga hutang piutang yang menjadi tanggungan. Jadi perlu dilakukan perhitungan yang lebih seimbang untuk menemukan jawaban yang lebih sesuai.

5

Tujuan Penggunaan Aplikasi untuk Manajemen Keuangan

Selain memiliki fungsi seperti di atas, ternyata aplikasi ini dibuat dengan beberapa tujuan penting. Adapun tujuan yang dimaksud bisa dilihat sebagai berikut:

Koordinasi Lebih Sesuai

Perlu dipahami dalam sebuah perusahaan untuk membuat laporan keuangan dibutuhkan kontribusi dari masing-masing orang yang bertanggung jawab di dalamnya.

Apalagi jika perusahaan yang dijalankan memiliki skala yang besar. Nah, ketepatan koordinasi inilah yang menjadi salah satu tujuan dari penggunaan aplikasi untuk manajemen keuangan.

Kelangsungan Keuangan Perusahaan

Perusahaan tanpa manajemen keuangan yang baik tentu akan membuat kelangsungan keuangan menjadi kurang maksimal. Namun, dengan memanfaatkan aplikasi untuk manajemen keuangan maka pengelolaan keuangan suatu perusahaan akan terkontrol dengan baik.

Tidak heran jika keberhasilan pengurusan keuangan menjadi salah satu tujuan digunakannya suatu aplikasi manajemen keuangan.

Keuangan yang Lebih Terstruktur dengan Baik

Tujuan dibuatnya aplikasi ini selanjutnya adalah untuk mewujudkan sistem keuangan yang lebih terstruktur dengan baik. Anda tentunya merasa lebih mudah jika semua bagian pengeluaran dan pemasukan didata dengan baik.

Jadi sewaktu-waktu ketika dibutuhkan bisa lebih mudah tanpa perlu membuat laporannya lagi.

Keuntungan Meningkat

Dibuatnya aplikasi ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan terkait. Hal ini dikarenakan aplikasi terkait mudah digunakan untuk melihat jumlah kas dan juga hutang yang perlu dilunasi.

Anda juga tidak akan kalap dalam membeli kebutuhan perusahaan karena ada skala prioritas di dalamnya. Dengan adanya aplikasi manajemen keuangan, ada dampak yang cukup baik dalam dunia keuangan perusahaan.

Aplikasi ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaiannya dengan fungsi yang diinginkan. Anda bisa lebih memantau perkembangan keuangan hanya dengan menggunakan bantuan aplikasi ini.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga meminimalisir adanya kesalahan input nominal di dalamnya. Menarik bukan? Untuk mendapatkan informasi unik dan bermanfaat lainnya disamping aplikasi manajemen keuangan, Anda bisa terus kunjungi website kami, Social Media Marketer.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.