cara cek backlink website kompetitor

Cara Cek Backlink Website Kompetitor: Praktis dan Cepat!

Pernah berpikir bagaimana cara cek backlink website kompetitor Anda?

Ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimasi website Anda. Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satunya.

Salah satu penerapan dari Search Engine Optimization adalah penggunaan backlink pada sebuah website. Cara ini dinilai efektif untuk meningkatkan performa website.

Secara singkat, backlink adalah tautan pada website lain yang mengarah ke website Anda. Tautan ini dapat diibaratkan sebagai referensi atau rujukan yang mengarah ke website tertentu.

Mesin pencari seperti Google, akan mengindeks backlink tersebut dan menjadikannya parameter penilaian sebuah website. Tautan tersebut menjadi penguat metrik di mata Google.

Kuantitas dan kualitas backlink yang dimiliki sebuah website akan menentukan performa dan reputasi website itu sendiri. Sehingga, diperlukan backlink yang berkualitas dalam jumlah tertentu apabila Anda menginginkan optimasi website yang maksimal.

Kami telah membahas mengenai cara mencari backlink di artikel lain. Anda bisa membacanya di sini apabila tertarik.

Selain dengan mencari backlink, seorang web developer juga perlu melakukan cek backlink milik website kompetitor. Dengan melakukan cara cek backlink website kompetitor tersebut, akan ada beberapa manfaat yang didapat.

Nah, sebelum beranjak ke cara cek backlink website kompetitor, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai manfaat cek backlink kompetitor.

Mengapa kita perlu melakukan cek backlink website kompetitor? Ini jawabannya.

manfaat cek backlink

Manfaat Cek Backlink Kompetitor

Tidak dipungkiri lagi bahwa setiap web developer pasti menginginkan performa atau trafik yang bagus terhadap websitenya. Tidak cukup hanya dengan menerapkan Search Engine Optimization atau SEO saja.

Memanfaatkan backlink tentu akan membawa pengaruh yang cukup signifikan pada suatu website. Oleh sebab itu, dengan cara cek backlink website kompetitor, beberapa manfaat yang didapat adalah sebagai berikut.

Untuk Melakukan Strategi ATM

Salah satu cara yang lumrah dilakukan dalam dunia bisnis adalah strategi ATM. Apa itu strategi ATM?

ATM adalah singkatan dari Amati, Tiru, Modifikasi. Strategi ini sudah biasa digunakan dalam dunia bisnis online maupun offline. Tidak hanya bisnis saja, strategi ini bahkan banyak digunakan dalam berbagai bidang.

Strategi Amati, Tiru, Modifikasi juga bisa diterapkan dalam hal optimasi website. Dengan cara cek backlink website kompetitor, Anda dapat mengetahui berbagai jenis backlink yang dimiliki website lain.

Informasi tersebut berguna sebagai referensi bagi website dengan niche yang sama untuk mencari backlink yang sejenis. Dengan begitu, proses mencari backlink akan menjadi lebih mudah.

Mengantisipasi Penurunan Keyword

Salah satu cara kerja Search Engine Optimization adalah dengan menggunakan keyword atau kata kunci pada sebuah konten. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kata kunci bukanlah hal statis.

Posisi sebuah kata kunci dapat berubah dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tren, perkembangan teknologi, dan lain sebagainya. Sehingga, posisi atau kepopuleran sebuah kata kunci tidaklah abadi.

Sebagus apapun strategi SEO dan metrik website yang sudah dilakukan, suatu saat akan tergantikan posisinya di mesin pencari jika ada kompetitor lain yang melakukan strategi optimasi lebih baik.

Nah, dengan cara cek backlink website kompetitor inilah Anda dapat mengetahui status dari sebuah website. Anda dapat menggunakannya sebagai petunjuk apakah website tersebut sedang giat melakukan optimasi atau tidak.

Dengan begitu, Anda dapat mengantisipasi peluang persaingan dari website lain.

Melakukan Outranking Website Lain

Berkebalikan dengan manfaat yang disebutkan pada poin sebelumnya, selain bisa digunakan sebagai langkah antisipasi dari persaingan website lain, cara ini juga ampuh untuk merencanakan strategi Anda selanjutnya.

Anda dapat menyusun strategi untuk menggeser posisi pertama pada halaman hasil penelusuran mesin pencari. Caranya yaitu dengan melakukan analisis terhadap website tersebut.

Analisislah kekuatan backlink, konten yang dibuat, dan struktur website yang digunakan. Misalkan setelah melakukan cek backlink, website kompetitor dapat menempati peringkat pertama dengan dukungan 10 backlink.

Maka idealnya adalah website Anda memiliki dukungan backlink lebih atau paling tidak sama dengan jumlah tersebut untuk menggeser posisi pertama di halaman hasil penelusuran mesin pencari.

Tools Cek Backlink Website

Setelah mengetahui manfaat dari cek backlink website kompetitor, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara cek backlink website kompetitor?

Anda tidak perlu mengeceknya secara manual satu persatu. Saat ini telah tersedia berbagai macam tools atau alat untuk mempermudah cek backlink.

Tersedia tools dari yang berbayar hingga gratis, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kami telah merangkum beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk cek backlink website.

cara cek backlink website kompetitor

Ahrefs

Tools yang pertama yaitu Ahrefs. Alat yang satu ini merupakan salah satu tools untuk cek backlink website yang paling banyak digunakan. Ahrefs dapat dikatakan sebagai alat untuk mengaudit situs website bagi expert.

Hal tersebut karena beragam fitur yang disediakan Ahrefs sangat lengkap dan powerful untuk menganalisis kompetitor. Data analisis yang disajikan pun lengkap, mulai dari analisis kata kunci hingga jumlah backlink sebuah website.

Sebanding dengan fitur yang ditawarkan, untuk menggunakan layanan Ahrefs, Anda harus berlangganan terlebih dahulu. Biaya berlangganan ini memang agak mahal bagi beberapa orang.

Cara cek backlink website kompetitor melalui Ahrefs cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan URL website yang ingin Anda analisis backlink-nya ke dalam menu “Site Explorer”.

Cukup dengan itu saja, Ahrefs akan menampilkan data dan rincian informasi mulai dari jumlah backlink, jumlah referring domain, dan berbagai metrik lainnya secara lengkap.

Majestic

Majestic adalah tools yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara cek backlink website kompetitor yang bagus. Majestic memiliki reputasi yang bagus sebagai backlink checker.

Anda dapat memanfaatkan alat ini untuk mengecek atau mengetahui dengan mudah backlink yang dimiliki sebuah website. Tidak hanya itu saja, Majestic menyediakan metrik bernama Trust Flow dan citation Flow.

Fitur Trust Flow dan Citation Flow akan memberikan Anda data analisis kualitas website berdasarkan strategi link building yang pernah dilakukan oleh website tersebut.

Untuk menggunakan fitur pada Majestic secara leluasa, Anda dapat berlangganan dengan biaya $49 per bulannya.

semrush

SEMrush

ALternatif tools lainnya yang bisa Anda pertimbangkan sebagai salah satu cara cek backlink website kompetitor adalah SEMrush. Tools ini cukup lengkap untuk mendukung kebutuhan optimasi website Anda.

SEMrush adalah alat yang cukup akurat untuk mengecek backlink sebuah website. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan riset kata kunci lengkap dengan saran jumlah kata dan backlink yang harus ada untuk berada di posisi teratas.

SEMrush juga menerima beberapa penghargaan sebagai Best SEO Software. Menarik bukan?

Untuk menggunakan tools ini Anda terlebih dahulu harus berlangganan. Namun, saat ini SEMrush sedang mengadakan promo sehingga Anda bisa menggunakannya secara gratis hingga tahun 2022, lho!

mozzzz

Moz

Lalu bagaimana jika memiliki budget yang terbatas? Anda tidak perlu khawatir. Tools backlink checker satu ini bisa Anda gunakan secara gratis!

Moz adalah salah satu cara cek backlink website kompetitor yang bisa Anda gunakan tanpa harus membayar biaya berlangganan. Alat ini dapat mengetahui jumlah backlink yang ada pada suatu website secara akurat.

Selain itu, Anda dapat mengetahui kualitas backlink melalui metrik Domain Authority atau DA dan Page Authority atau PA. Dua metrik ini merupakan patokan yang populer digunakan setelah Google menghapus Page Rank atau PR beberapa tahun yang lalu.

Moz memiliki dua versi yaitu versi yang bisa Anda gunakan secara gratis dan versi berbayar. Pada versi gratisnya, Anda bisa melakukan pengecekan hingga 5 kali dalam sehari.

Untuk melakukan pengecekan lebih dari itu atau eksplor fitur lebih jauh, Anda dapat menggunakan versi berbayarnya.

ubersuggest

Ubersuggest

Jika Anda sudah terbiasa berkecimpung di dunia Search Engine Optimization atau SEO ini, Anda pasti sudah mengenal tools yang satu ini. Ubersuggest adalah tools SEO sejuta umat yang diprakarsai oleh Neil Patel.

Alat ini populer digunakan karena powerful dan Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan untuk memakai beragam fiturnya. Cara kerjanya pun tidak terlalu berbeda dengan tools yang lain seperti SEMrush atau Ahrefs.

Cara cek backlink website kompetitor menggunakan Ubersuggest adalah dengan mengunjungi https://neilpatel.com kemudian isi kolom yang tersedia dengan URL dari domain yang ingin Anda cek backlinknya.

Setelah itu, akan muncul overview dari domain tersebut. Anda akan melihat berbagai informasi seperti organic keyword, organic monthly traffic, domain score, backlink, top SEO pages, top keywords, dan lain sebagainya.

Cognitiveseo Explore

Selanjutnya ada Cognitiveseo Explore. Tools ini dapat Anda gunakan secara gratis dan tidak kalah menarik untuk mengecek backlink sebuah website.

Cognitiveseo Explore dapat digunakan dengan mudah bahkan oleh seorang pemula. Namun, ada batasan penggunaan untuk versi gratis dari alat backlink checker satu ini.

Anda bisa melakukan pengecekan backlink website sebanyak 5 kali dalam satu hari.

Pi Datametrics

Selanjutnya, ada Pi Datametrics yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara cek backlink website kompetitor. Tools Pi Datametrics ini menyediakan beragam fitur menarik meskipun tersedia secara gratis.

Anda dapat mengukur strategi Search Engine Optimization atau SEO menggunakan Pi Datametrics. Melalui tools ini, Anda bisa mendapatkan ringkasan performa trafik, posisi peringkat halaman website di mesin pencari, hingga efektifitas campaign.

Alexa Tools Backlink

Alexa Tools Backlink adalah alat untuk mengecek backlink yang menarik. Seperti namanya, Anda dapat menggunakan Alexa Tools Backlink untuk mengecek backlink sebuah website.

Tidak hanya itu, alat satu ini juga akan menampilkan peringkat situs sebuah website, serta mengecek sumber backlink yang terindeks oleh mesin pencari seperti Google.

Cara cek backlink website kompetitor menggunakan Alexa Tools Backlink juga cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan alamat http://alexa.com/siteinfo/namawebsite di browser Anda.

Setelah hasil analisisnya keluar, jika Anda ingin mengetahui jumlah backlink, cukup scroll ke bawah hingga menemukan total Site Link In dan jumlah banyaknya backlink yang ada pada website tersebut.

Nah itulah beberapa tools backlink checker yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui backlink website kompetitor. Beragam alat tersebut memiliki keunggulan fiturnya masing-masing.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan gunakanlah alat yang tersedia secara maksimal. Beberapa alat bahkan tersedia secara gratis, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan.

Beragam alat tersebut akan sangat mempermudah Anda dalam mengecek backlink sebuah website.

Jika Anda tertarik dengan artikel tentang pemasaran media sosial lainnya, Anda dapat mengunjungi Social Media Marketer untuk tips berbisnis di era digital yang lain.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *