mengenal apa itu backlink

Mengenal Apa Itu Backlink: Tools Optimasi Website Anda!

Bagi Anda yang baru mulai merintis website, istilah apa itu backlink mungkin masih kurang familiar. Istilah ini sering muncul dalam pembahasan mengenai Search Engine Optimization atau SEO.

SEO sendiri adalah sebuah strategi untuk mengoptimasi website pada halaman mesin pencarian. Nah, backlink merupakan salah satu contoh dari penerapan SEO.

Backlink ikut berperan dalam menentukan posisi website Anda dalam hasil pencarian mesin pencari. Aspek ini sangat penting dalam optimasi website Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi para blogger atau pemilik website untuk mempelajari mengenai apa itu backlink secara mendalam. Konsep backlink memang agak sedikit tidak mudah dipelajari.

Hal itu karena terdapat beberapa aturan dari Google yang akan membatasi gerak-gerik atau aktivitas yang mencurigakan dan bisa merugikan banyak orang.

Untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu backlink, kami telah merangkumkan segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai backlink secara lengkap mulai dari pengertian, jenis, manfaat, hingga cara mendapatkan backlink berkualitas.

Simak pembahasan berikut ini!

apa itu backlink

Apa Itu Backlink?

Sebelum melangkah jauh, hal pertama yang perlu diketahui dalam mengenal tools ini adalah pengertian atau definisinya. Apa itu backlink?

Backlink adalah sebuah tautan pada website yang mengarah ke website lain. Baik dari website Anda ke website lain, atau dari website lain ke website Anda.

Backlink adalah salah satu bentuk optimasi off-page SEO atau optimasi yang berasal dari luar website. Mesin pencari seperti Google, akan menganggap tautan tersebut sebagai salah satu cara untuk memverifikasi otoritas dan relevansi website.

Tautan ini dapat dikatakan sebagai tanda kepercayaan dari website lain terhadap website Anda. Selain itu, backlink juga bisa digunakan untuk memberikan informasi yang tidak disediakan website asli ke pengunjung.

Dalam prakteknya, backlink memiliki nama lain seperti inlink, link masuk, inbound link, dan incoming link. Kegiatan membangun backlink disebut link building.

Jadi, backlink dapat digunakan sebagai rujukan untuk memudahkan pengunjung atau optimasi agar sebuah website meraih peringkat tinggi pada halaman pencarian.

Keberadaan jenis backlink seperti dofollow sangat berarti bagi optimasi website. karena merupakan bentuk vote of confidence terhadap situs yang dituju.

Jumlah backlink berkualitas yang didapat dari website atau situs lain berpengaruh terhadap posisi website pada Seach Engine Result Pages atau SERP.

Semakin bagus SEO sebuah website, maka semakin tinggi pula peringkat website tersebut pada halaman hasil penelusuran mesin pencari.

jenis backlink

Jenis Backlink

Pada pembahasan sebelumnya mengenai apa itu backlink, telah disebutkan salah satu jenis backlink yaitu dofollow. Selain itu, terdapat pula beberapa jenis backlink lainnya.

Berikut beberapa jenis backlink yang telah kami rangkum.

Dofollow

Jenis backlink yang pertama adalah dofollow. Backlink jenis ini memperbolehkan robot crawler untuk mengikuti tautan tersebut dan menghitungnya sebagai sebuah vote terkait kualitas dari halaman tersebut.

Jenis backlink dofollow adalah yang paling penting dalam penerapan SEO. Backlink ini akan berpengaruh terhadap hasil SERP sebuah website karena terhitung score SEO.

Nofollow

Nofollow adalah jenis backlink selanjutnya. Seperti namanya, backlink ini akan memberi perintah terhadap mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan tersebut.

Backlink jenis ini juga tidak akan terhitung sebagai vote atas website atau konten yang ditunjuk. Efek yang ditimbulkan oleh backlink nofollow memang tidak sesignifikan dofollow.

Namun dalam prakteknya, backlink jenis ini tetap akan diindex oleh mesin pencari

Backlink jenis ketiga yaitu backlink sponsored. Backlink dengan tag htm sponsored digunakan untuk memberi tahu mesin pencari bahwa tautan tersebut adalah hasil dari kerja sama.

Hampir serupa dengan nofollow, backlink sponsored akan tetap diindex oleh mesin pencari, namun efek yang ditimbulkan akan tidak seberpengaruh backlink dofollow.

Backlink sponsored akan dihitung sebagai vote oleh mesin pencari, namun pihak Google sendiri belum merilis statement soal backlink jenis ini.

UGC

Backlink jenis yang terakhir adalah UGC. UGC merupakan kepanjangan dari User Generated Content, artinya tautan tersebut dibuat oleh pengguna itu sendiri.

Backlink UGC akan memberi tahu mesin pencari bahwa tautan keluar tersebut dibuat sendiri oleh pengguna, dan memberi perintah untuk tidak menghitungnya sebagai vote.

Berdasarkan hal tersebut, maka backlink jenis UGC ini tidak akan menimbulkan pengaruh yang terlalu signifikan terhadap website Anda.

Manfaat Backlink

Selain memahami tentang apa itu backlink dan jenis-jenisnya, kita juga perlu mengetahui manfaat yang akan diperoleh jika menggunakan backlink.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan backlink secara optimal pada website Anda. Berikut adalah manfaat yang akan didapat dengan memasang backlink.

exposure web

Exposure Website

Backlink adalah cara mesin pencari seperti Google untuk menemukan halaman baru yang relevan untuk ditampilkan di hasil penelurusan mesin pencariannya berdasarkan kata kunci tertentu.

Mesin pencari seperti Google akan menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, kemudian melakukan crawling di halaman tersebut dan memasukkannya ke indeks Google.

Halaman website yang tidak mendapatkan backlink dari halaman website lain akan sulit ditemukan oleh Google. Maka, semakin banyak backlink yang website Anda dapat dari website lain, semakin tinggi pula peluang Google menemukan halaman Anda.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan backlink yang berkualitas. Jika tidak, maka backlink yang tidak berkualitas tersebut malah akan merugikan website Anda.

reputasi web

Menjaga Reputasi Website di Google

Cara kerja mesin pencari Google, adalah ketika seseorang mencari sebuah kata kunci, maka mesin akan mencari hasil terbaik dari kata kunci tersebut.

Google tentu akan mengarahkan hasil pencarian pada halaman website yang populer. Cara penilaian popularitas website adalah dengan melihat backlink-nya.

Backlink adalah indikator popularitas yang digunakan Google untuk menilai sebuah halaman website. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website Anda, maka halaman tersebut akan semakin mudah terindeks.

Dengan begitu, semakin baik pula reputasi halaman website Anda di penilaian Google.

meningkatkan kredibilitas

Meningkatkan Kredibilitas Website

Pada poin sebelumnya, telah dijelaskan bahwa Google menggunakan jumlah backlink yang berkualitas untuk menilai tingkat popularitas sebuah halaman website.

Selain berdasarkan jumlahnya, Google juga menilai relevansi backlink yang diterima dengan halaman website Anda. Artinya, backlink yang Anda terima dari website lain harus sesuai dengan niche Anda.

Contohnya, website Social Media Marketer adalah situs tempat belajar pemasaran media sosial, maka backlink yang diterima harus berasal dari bidang serupa, yaitu tentang social media marketing.

Dengan begitu, maka halaman website Social Media Marketer akan dinilai kredibel oleh Google. Namun, sebaliknya apabila mendapat backlink dari website yang tidak relevan, maka sebuah halaman website tidak dianggap kredibel.

Misalkan sebuah perusahaan smartphone menerima backlink dari website tentang kecantikan atau fashion. Tentu hal ini akan membingungkan dan dianggap tidak relevan. Maka perusahaan tersebut bisa dianggap tidak kredibel oleh Google.

trafik web

Mendatangkan Trafik ke Website

Salah satu hal yang telah disebutkan sebelumnya pada pembahasan mengenai apa itu backlink adalah tautan ini merupakan salah satu penerapan SEO.

Tujuan utama dari SEO adalah bagaimana cara agar sebuah website memperoleh peringkat tertingi pada halaman hasil penelusuran mesin pencari.

Sebuah website yang menerima backlink dalam jumlah besar dan berkualitas, akan mempercepat proses indeksnya oleh Google. Ketika proses indeks cepat, maka kemungkinan halaman tersebut muncul di hasil pencarian akan semakin besar.

Selain itu, popularitas website yang diperoleh berasal dari kualitas backlink yang diterima. Semakin populer dan kredibel sebuah website, maka meningkatkan pula peluang menempati peringkat tinggi pada halaman hasil pencarian.

Website yang muncul pada halaman pertama pencarian tentu memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi atau dijadikan referensi oleh pengunjung.

Dampak dari hal ini adalah meningkatnya jumlah pengunjung dan meningkat pula trafik website. Tidak hanya itu, trafik yang diperoleh tidak hanya berasal dari mesin pencari saja.

Trafik website akan datang juga dari tautan yang dimasukkan pada halaman website lain. Seseorang yang mengunjungi halaman tersebut akan melihat tautan tersebut, dan bila diklik maka akan diarahkan ke website Anda.

Bayangkan apabila website lain tersebut memiliki reputasi bagus dan trafik yang tinggi. Maka kemungkinan trafik yang akan diperoleh oleh website Anda juga tinggi.

tips backlink berkualitas

Tips Mencari Backlink Berkualitas

Kini Anda mengetahui apa itu backlink, dan salah satu hal yang berperan penting dalam memperoleh manfaat yang optimal adalah backlink yang berkualitas.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mencari backlink berkualitas.

Konten yang Menarik

Cara terbaik untuk mendapat backlink adalah dengan membuat konten yang bermanfaat dan menarik. Dengan begitu, orang lain akan menggunakan konten Anda sebagai referensi atau rujukan.

Fokuslah mencari ide untuk membuat konten yang berkualitas. Jika konten tersebut bermanfaat, maka pembaca akan merasa konten Anda berguna. Dengan begitu, backlink yang diperoleh juga meningkat.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat konten yang menarik. Yang pertama adalah pilihlah gaya bahasa yang mencerminkan brand dan situs website Anda.

Pastikan Anda konsisten dalam menggunakan gaya bahasa tersebut. Selain itu, pahami audiens Anda. Pelajari tentang referensi dan kebutuhan audiens Anda.

Dengan mengetahui referensi dan kebutuhan tersebut, Anda dapat menyediakan konten yang sesuai dengan audiens Anda. Dampaknya, audiens akan loyal pada website Anda.

Penyampaian dalam konten juga berpengaruh terhadap minat audiens. Buatlah konten yang padat dan jelas agar audiens mudah memahami konten Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membuat konten dengan topik pembahasan yang sedang ramai diperbincangkan dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Aktif Membangun Relasi

Selain konten yang berkualitas, Anda juga perlu membangun relasi terutama jika Anda adalah seorang blogger. Terdapat komunitas blogger yang bisa Anda temukan di beberapa daerah.

Dengan bergabung dengan komunitas tersebut, Anda akan banyak mengenal rekan dan berbagi informasi. Jika beruntung, Anda akan menemukan satu dua orang yang bisa diajak bertukar link.

Atau jika Anda tidak bergabung di komunitas, Anda dapat memanfaatkan influencer. Influencer adalah orang yang memiliki jumlah pengikut tertentu dan berpengaruh di media sosial tertentu.

Berkolaborasi dengan seorang influencer akan berpengaruh terhadap eksposur website Anda. Dengan bertukar link, potensi website Anda untuk dikenali oleh audiens baru akan semakin tinggi.

Gunakan Tools

Selain menggunakan cara natural seperti di atas, Anda dapat memanfaatkan tools atau alat untuk menemukan backlink berkualitas. Beberapa contoh tools backlink seperti Ahrefs, MOZ, Majestic, dan lain lain.

Alat tersebut akan menampilkan data backlink yang dimiliki oleh website kompetitor. Dari data tersebut, Anda dapat memilah untuk dijadikan target link building yang optimal.

Salah satu Ahrefs adalah tools terbaik untuk menemukan backlink. Anda dapat menemukan website berkualitas berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Anda juga dapat melihat kredibilitas sebuah website lengkap dengan jumlah trafiknya.

Strategi Broken Link

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan broken link. Tautan yang sudah rusak atau broken link adalah tautan yang mengarah ke halaman atau situs yang sudah tidak ada lagi.

Mungkin Anda mengenali hal ini dengan tulisan Error 404 pada suatu halaman. Pada dasarnya, broken link adalah sesuatu yang tidak menguntungkan bagi website Anda.

Namun, Anda dapat memanfaatkan broken link untuk menjadi backlink Anda. Caranya adalah dengan mencari backlink yang error dan menghubungi webmaster website tersebut.

Kemudian, Anda dapat menawarkan konten Anda yang serupa untuk digunakan oleh webmaster tersebut, dengan imbalan sebuah backlink. Atau Anda bisa menawarkan untuk menulis konten baru pada halaman tersebut.

Dengan begitu, Anda membantu webmaster mengoptimalkan halaman websitenya sekaligus Anda mendapatkan backlink.

Menulis Guest Post

Cara terakhir untuk mendapatkan backlink adalah dengan menulis guest post. Anda dapat menulis konten untuk dimuat di website lain, dan memasukkan backlink ke website Anda sendiri.

Guest post dapat dilakukan secara gratis, namun ada beberapa orang yang menetapkan tarif untuk setiap guest post dan link placement pada websitenya.

Backlink adalah salah satu bagian penting dalam penerapan off-page SEO untuk mengoptimasi website Anda.

Kini Anda telah mempelajari apa itu backlink, beragam jenis backlink, manfaat yang didapat dan tips untuk memperoleh backlink yang berkualitas.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam meletakkan backlink adalah pastikan website partner relevan dengan niche website Anda.

Setelah mengetahui tentang apa itu backlink, apakah Anda tertarik memanfaatkannya untuk mengembangkan website Anda?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.