website seo checker

6 Website SEO Checker: Raih Posisi Teratas di Google!

Mau situs web Anda naik di posisi teratas mesin pencari? Gampang! Pahami strategi SEO dengan benar dan gunakan website SEO Checker berikut ini!

Website SEO Checker adalah tool yang digunakan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas trafik situs web.

Singkatnya, jika SEO website Anda bagus dari segi kualitas dan kuantitas, maka situs Anda akan berkesempatan untuk muncul di halaman utama mesin pencarian.

Peristiwa ini tentu saja menjadi harapan besar bagi setiap pemilik web terutama untuk para pebisnis online. Apabila situs webnya masuk ke halaman utama pencarian, besar kemungkinannya bisnis tersebut akan banjir orderan.

Namun sebelum bergerak ke pembahasan Website SEO Checker, alangkah baiknya Anda perlu tahu dulu tentang apa itu SEO agar tidak bingung. Mari kita baca informasi lengkapnya pada artikel ini!

website seo checker

Website SEO Checker dan Alasan Penggunaanya

Sebagai pemilik atau pengelola situs web, Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah SEO.

Namun, bagi Anda yang masih awam dengan istilah asing tersebut, artikel kali ini akan mengulas sedikit seputar makna dari SEO dan website SEO Checker.

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau secara harfiah berarti optimasi mesin pencari.

Kegiatan optimasi mesin pencari merupakan cara meningkatkan kualitas serta kuantitas trafik situs web agar dapat muncul di posisi teratas dalam hasil pencarian browser.

Jika Anda tengah mencari tahu sesuatu di mesin pencari, kira-kira website mana yang paling sering Anda klik untuk menemukan jawabannya?

Hampir semua orang tentu akan memilih situs-situs web yang menduduki posisi teratas. Mengapa?

Karena faktanya, situs-situs teratas punya kualitas web atau konten paling baik menurut mesin pencari. Situs-situs teratas pun biasanya juga memiliki ‘jawaban’ yang paling pas dengan apa yang ingin Anda ketahui.

Setidaknya begitulah cara kerja SEO dalam mempengaruhi pertimbangan mesin pencari saat hendak menentukan konten mana yang paling cocok berada di posisi teratas.

Sebenarnya ada banyak sekali teknik dan strategi SEO yang perlu praktisi web lakukan untuk bisa mencapai goal tersebut.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan performa SEO situs web adalah dengan bantuan tool khusus yakni Website SEO Checker.

2

Komponen Website yang Perlu Dioptimasi

Aspek yang bisa Anda optimasi agar situs web bisa menduduki peringkat tinggi di halaman utama hasil pencarian adalah SEO on page, off page, dan technical.

Artinya, Anda perlu melakukan optimasi bagian depan web, bagian luar web, dan bagian dalam web. Bagian-bagian yang bisa dioptimasi dari ketiga aspek tersebut sangat berbeda.

Namun, tujuannya adalah sama yakni untuk memperoleh ranking yang baik di mesin pencari. Berdasarkan tiga aspek tersebut, berikut ini penjelasan terkait jenis-jenis optimasi SEO yang meliputi :

SEO On Page

SEO on page adalah kegiatan optimasi bagian depan website.

Fokus yang dilakukan dalam SEO on page ini adalah mengoptimasi konten dalam situs web agar mudah dicari dan ditemukan oleh pengguna internet. Adapun elemen on page yang dioptimalkan dalam SEO on page antara lain :

  • Slug atau permalink
  • Judul konten (title tag)
  • Struktur konten
  • Gambar konten
  • Kualitas konten
  • Sebaran kata kunci dalam konten
  • Internal link
  • Dan elemen SEO lainnya (meta description, tag, dan lain sebagainya)

Apabila SEO on page situs web Anda bagus, konten Anda pun akan mudah ditemukan oleh target audiens. Sehingga berpotensi menduduki ranking tinggi di mesin pencari seperti Google, Bing, dan jenis search engine  lainnya.

Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis website SEO Checker untuk mengoptimasi on page situs web Anda.

SEO Off Page

Untuk SEO off page sendiri, hakikatnya yakni kegiatan mengoptimasi elemen SEO yang ada di luar website.

Tujuannya yakni untuk membantu mesin pencari (Google) memahami seberapa bagus, relevan, dan bermanfaatkah konten website Anda untuk para pengguna internet.

Adapun aspek-aspek off page yang perlu dioptimasi antara lain :

Link Building

Aktivitas yang dilakukan oleh pengelola web untuk mendapatkan link dari situs web lain. Atau dengan kata lain, untuk membangun backlink. Backlink adalah link yang ada dalam website lain yang mengarah ke website milik sendiri.

DA (Domain Authority)

Nilai dari sebuah website bagi mesin pencari. Semakin tinggi skor DA Anda maka semakin bagus tingkat kepercayaan (authority) website Anda bagi mesin pencari

PA (Page Authority)

Nilai dari sebuah halaman website bagi mesin pencari. Semakin bagus authority halaman tersebut maka semakin besar peluangnya untuk mendapat ranking baik di Google.

Guest Blog

Kegiatan ini biasa dilakukan oleh pemilik situs web tertentu untuk memasang konten berkualitas milik webnya ke dalam website lain dalam bentuk backlink.

Promosi

Mempromosikan website atau artikel tertentu dari website Anda ke berbagai kanal potensial seperti media sosial, YouTube, dan kanal marketing lainnya. Tujuannya adalah mengajak audiens agar mau mampir dan berkunjung ke situs web Anda

Jika kualitas off page Anda bagus, mesin pencari akan percaya bahwa situs web Anda dinilai kredibel dan mampu membawa manfaat bagi pengguna internet.

Ibaratnya jika kredibilitas seorang pekerja dinilai baik oleh atasannya, maka atasan tersebut akan menaikkan gaji atau jabatan pekerja tersebut dengan senang hati.

Website SEO Checker juga bisa membantu usaha optimasi off page Anda dengan cara memperbaiki aspek-aspek SEO lain yang agar kualitas website Anda semakin baik.

Technical SEO

Technical SEO adalah kegiatan optimasi bagian dalam website. Secara teknis, upaya optimasi ini memang yang paling sulit diantara jenis SEO lainnya.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan struktur situs web agar performanya bisa lebih maksimal dan mudah disukai oleh bot mesin pencari.

Adapun aspek-aspek technical SEO sendiri antara lain :

  • Struktur situs web
  • Kecepatan website
  • Keamanan situs (SSL)
  • XML Sitemap
  • Layout website
  • Tema website
  • Navigasi

Semakin bagus struktur technical website Anda maka semakin mudah bagi mesin pencari untuk mengenal situs web tersebut. Hasilnya, mesin pencari akan bersedia untuk mengindeks situs Anda agar lebih mudah ditemukan oleh audiens.

3

Website SEO Checker Terbaik

Demi membantu praktisi web mengoptimasi situsnya, saat ini sudah banyak SEO Tools andalan yang bisa Anda gunakan untuk membangun performa SEO website agar lebih optimal.

Bagaimana caranya mendapat peringkat atas di halaman pencarian Google?

Selain dengan teknik dan strategi yang tepat, Anda juga bisa menggunakan website checker yang tepat sesuai dengan aspek dan kriteria optimasi SEO yang diperlukan.

Untuk itu, pilihlah layanan website SEO Checker yang paling sesuai dengan kebutuhan website dan yang mampu menyediakan :

  • Layanan optimasi on page dan off page
  • Tampilan antarmuka dan navigasi yang mudah dipahami (user friendly)
  • Fitur analisisnya lengkap
  • Layanan optimasi gratis
  • Tawaran percobaan gratis (free trial) untuk SEO Tool premium

Adapun rekomendasi website checker yang bisa dipertimbangkan untuk keperluan optimasi situs web Anda antara lain:

SEMrush

Tool atau website SEO Checker ini merupakan salah satu yang paling banyak dipakai oleh para pengelola website untuk mengoptimasi situs web.

SEMrush mampu memberikan panduan atau arahan terkait tindakan optimasi yang tepat melalui dasbor SEMrush. Disini, Anda akan diberitahu tentang bagian website apa yang masih perlu dioptimalkan beserta cara optimasinya.

Beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh SEMrush adalah tampilan interface (antarmuka) sangat mudah dipahami. Selain itu, fitur analisis web yang tersedia juga cukup lengkap antara lain :

Competitive Research, berisi ringkasan tentang performa domain, pencarian organik, analisis trafik, keyword dan backlink milik website kompetitor untuk keperluan komparasi

Keyword Research, mampu merangkum kata kunci yang relevan, melacak posisi SERP (Search Engine Result Page), saran trafik organik, dan lain-lain

On Page & Technical SEO, dapat digunakan untuk audit website dan mengecek performa SEO on page

Link Building, dapat membantu Anda membangun backlink

Rank Tracking, menyediakan informasi terkait domain yang menduduki peringkat teratas di halaman pencarian atau SERP

Website SEO Checker ini mampu menyediakan layanannya secara gratis meski fitur yang dapat Anda gunakan cukup terbatas.

Untuk mendapat layanan fitur SEMrush secara lengkap, Anda perlu membayar biaya berlangganan setiap bulannya.

Namun, jika Anda tertarik mencoba SEMrush lengkap versi gratis, silakan kunjungi website SEMrush.com dan dapatkan layanan trial selama 7 hari.

Google PageSpeed Insight

Sebagaimana sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa kecepatan website merupakan salah satu indikator kualitas SEO situs web.

Menurut riset dari Google, terdapat sekitar 53 persen pengguna internet yang memilih keluar meninggalkan website apabila kecepatan loadingnya lebih dari 3 detik. Jika dibiarkan, maka nilai bounce rate situs web Anda akan semakin tinggi.

Nilai bounce rate yang tinggi dapat membuat performa website jadi menurun dan mesin pencari pun jadi enggan menaikkan peringkat website Anda. Kecepatan website menjadi aspek technical SEO yang sangat penting.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal di atas, Anda bisa mengecek kecepatan loading situs Anda dengan salah satu website SEO Checker yakni Google PageSpeed Insight.

Tool ini mampu melayani analisis terkait kecepatan situs web dalam tampilan desktop maupun mobile.

Apabila ditemukan indikator yang mampu menghambat kecepatan website, maka Google PageSpeed Insight akan memberikan saran perbaikan yang tepat agar performa loading page jadi lebih optimal.

Dengan begitu, Anda dapat menciptakan website yang SEO friendly dari segi kecepatan.

4

Yoast SEO

Jika Anda membangun website dengan CMS WordPress, website checker kali ini akan menjadi tool yang berguna untuk mengecek performa SEO situs web Anda.

Yoast SEO merupakan jenis tool SEO berbasis plugin yang dapat dipasang langsung di WordPress Anda.

Tool ini berguna untuk menganalisis konten web secara otomatis dengan menunjukkan beberapa indikator SEO on page yang bisa dioptimasi.

Beberapa fitur Yoast SEO terkait aspek on page terdiri dari meta title, meta description, slug, focus keyword, readability, dan lain sebagainya.

Fitur tersebut dapat menunjukkan apakah konten web yang Anda buat sudah memenuhi kaidah SEO atau belum. Selain aspek on page, website checker ini juga bisa melakukan analisis SEO dari sisi technical.

Contoh layanan yang bisa Anda dapatkan adalah rekomendasi interlink artikel terkait, canonical link otomatis, notifikasi error page, sampai How To Schema.

Tujuannya adalah untuk membangun struktur tampilan konten agar lebih rapi dan terstruktur.

Jika Anda ingin melakukan optimasi SEO on page dan technical di WordPress, Yoast SEO adalah salah satu opsi website checker terbaik yang bisa Anda pilih.

Check My Links

Website SEO Checker kali ini dapat membantu upaya optimasi situs web Anda dari sisi internal link dan external link.

Indikator link tersebut merupakan salah satu aspek SEO on page yang dapat menunjukkan kualitas konten yang ada di website Anda.

Check My Links merupakan tool SEO yang bisa membantu Anda memastikan status keaktifan dari semua jenis link yang disematkan dalam artikel web Anda.

Jika status link tersebut aktif, maka indikator warnanya akan terlihat hijau. Sedangkan untuk status link  tidak aktif (link yang sudah bisa dikunjungi) akan ditandai dengan warna merah.

Jika Anda tertarik menggunakan website checker ini, Anda dapat mengunduh extension Check My Links di browser Google Chrome.

Moz

Website checker lain yang bisa jadi pilihan terbaik Anda adalah Moz. Selain sebagai tool SEO, Moz juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan inbound marketing.

Salah satu fitur Moz andalan yang bisa membantu menaikkan performa website Anda adalah Mozbar.

Di dalam fitur ini, Anda bisa mengukur nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) website Anda, termasuk situs web kompetitor lainnya.

Keunggulan Moz yang lain adalah mempunyai tampilan antarmuka yang sangat user friendly alias mudah dipahami.

Jika Anda berlangganan Moz dalam versi Pro (Premium), Anda akan mendapat informasi penting secara rutin seperti rekomendasi software untuk meningkatkan performa website terkini.

Selain itu, Moz Pro juga menyediakan pilihan source yang bisa pengguna pakai dalam menunjang optimasi SEO website, meningkatkan trafik, hingga kegiatan analisis konten.

6

Google Search Console

Apakah Anda ingin menduduki peringkat atas di mesin pencari Google? Jika iya, maka website checker kali ini dapat menjadi pertimbangan ideal untuk mewujudkan goal tersebut.

Google Search Console merupakan tool gratis yang mampu mengidentifikasi performa web di ranah organik. Tool ini dapat menunjukkan bagaimana cara Google menampilkan hasil pencarian secara garis besar.

Meski gratis, tingkat keakuratan data yang dianalisis oleh Google Search Console juga sangat tepat. Hal ini karena hasil riset yang diberikan bersumber langsung dari database milik Google.

Awalnya, website SEO Checker ini dikenal dengan nama Google Webmaster sebelum akhirnya berubah nama menjadi Google Search Console.

Adapun kemampuan yang dihadirkan oleh tool SEO ini antara lain :

  • Memeriksa performa dan kompatibilitas website di perangkat mobile
  • Mengetahui reffering domain
  • Mencari keyword
  • Menganalisis trafik situs web
  • Mengidentifikasi halaman terpopuler dalam situs web Anda
  • Memeriksa broken link (tautan yang sudah rusak)
  • Mengetahui backlink
  • Mengelola sitemap situs web
  • Mengetahui masalah keamanan situs web
  • Mengetes dan menganalisis kualitas konten menggunakan URL

Adapun informasi lain yang bisa Anda peroleh jika melakukan pengecekan website dengan Google Search Console yakni :

  • Statistik perkembangan jumlah total klik
  • Rata-rata CTR
  • Total impression
  • Rata-rata posisi situs web

Data yang bisa Anda temukan dalam website SEO Checker ini terbilang lengkap. Cocok digunakan untuk optimasi SEO on page dan off page website secara gratis.

Website SEO Checker mana yang paling ingin Anda gunakan?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.