cara daftar gofood persyaratan dan langkanya, lengkap

Cara Daftar GoFood: Persyaratan dan Langkahnya, Lengkap!

Cara daftar GoFood tidak sulit dan juga tidak dipungut biaya. Ingin bisnis Anda berkembang? Yuk pelajari caranya di sini!

Cara daftar GoFood perlu Anda ketahui, terutama jika Anda adalah pemilik usaha kuliner makanan atau minuman. GoFood akan mempermudah Anda dalam mengurus bisnis secara online.

Bagi Anda yang memiliki usaha kuliner dan ingin membuatnya lebih dikenal oleh konsumen, Anda bisa mencoba memasarkannya melalui fitur GoFood yang disediakan oleh perusahaan Gojek.

Tidak hanya dapat menjangkau calon konsumen secara lebih luas, Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda ke GoFood secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

Jangkauan konsumen yang luas tentu akan berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang melakukan transaksi pada bisnis Anda. Dengan begitu, potensi bisnis Anda berkembang akan menjadi lebih besar.

Lalu, bagaimana cara daftar GoFood? Apa saja persyaratan dan bagaimana langkah-langkahnya? Berikut ini kami sajikan pembahasan lengkapnya.

Table of Contents show

Apa Itu GoFood?

Sebelum membahas tentang cara daftar GoFood, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu GoFood. Dikutip dari laman resmi GoBiz, GoFood merupakan layanan pesan antar online di aplikasi Gojek.

Mitra Usaha yang sudah terdaftar layananr GoFood akan menerima pesanan GoFood di aplikasi GoBiz dan berkesempatan untuk meningkatkan penjualan dengan memperluas jangkauan usaha ke pengguna aplikasi Gojek. 

Melalui layanan GoFood, Anda juga dapat meningkatkan jumlah pesanan dengan cara menampilkan foto banner yang menarik, selalu update foto menu makanan, dan mengatur ketersediaan menu.

Selain itu, Anda juga bisa mengelola usaha di GoFood dengan optimal, seperti mengatur jam operasional dan status buka/tutup restoran. Mitra Usaha dapat menyiapkan pesanan sebelum Mitra Driver datang sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama.

Selain itu, Anda dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman dengan adanya PIN Validasi. GoFood layanan pesan antar makanan yang cukup besar dan banyak digunakan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, terdapat setidaknya 400.000 merchant yang menjadi mitra usaha GoFood yang tersebar di beberapa kota di seluruh Indonesia. Itu artinya, ada sekitar 400.000 restoran yang telah resmi menjadi mitra GoFood di Indonesia.

cara daftar gofood

Manfaat GoFood

Setelah mengetahui tentang apa itu GoFood, lalu manfaat apa saja yang akan diperoleh Mitra Usaha ketika bergabung menjadi partner GoFood?

Biaya Antar yang Lebih Murah bagi Pelanggan

Pastinya, dengan mendaftarkan restoran Anda ke GoFood, Anda dapat memperoleh biaya antar yang lebih murah dengan pembayaran menggunakan GoPay.

Dengan begitu, pelanggan Anda akan lebih senang dengan biaya antar yang lebih sedikit.

Memaksimalkan Potensi Bisnis Kuliner Anda

Saat ini, sudah ada sekitar empat 4 juta pengguna aplikasi GoJek, lho! Apa artinya bagi bisnis Anda? Dengan terdaftar pada aplikasi GoFood, Anda dapat meningkatkan popularitas restoran atau brand Anda dengan peluang ini.

Para pengguna yang tadinya tidak mengenal restoran atau brand Anda dapat mengetahui, mengenal, dan mulai memesan produk Anda.

Mempermudah Pelanggan untuk Menemukan Bisnis Anda

Berbagai fitur serta kategori khusus dari GoFood akan memudahkan restoran Anda untuk ditemukan oleh jutaan pengguna Gojek tersebut.

GoFood memiliki berbagai kategori pada halaman utamanya. Bagi pelanggan untuk dapat menemukan restoran Anda, mereka tidak perlu harus mencari restoran Anda dengan susah payah.

Biasanya, dengan menjadi Mitra Usaha Gojek, restoran Anda akan secara otomatis masuk ke kategori “Near Me”. Artinya, para pengguna aplikasi yang berada di sekitar outlet Anda, akan dapat melihat restoran Anda pada daftar kategori tersebut.

Masih banyak lagi kategori-kategori yang ada di GoFood, mulai dari sesuai tipe makanan sampai promo-promo tertentu yang sedang berlangsung. Jika Anda mengikuti promo tersebut, Anda juga dapat di-feature pada kategori-kategori itu.

Memberikan Jangkauan yang Lebih Luas

Tentunya, dengan semakin banyaknya jumlah pengguna aplikasi, GoFood juga telah melengkapinya dengan menyediakan ratusan ribu driver yang siap melayani pesanan kapan saja.

Jangan takut akan adanya hambatan untuk memproses pesanan online karena tidak mendapatkan driver! Driver Gojek akan siap melayani pesan-antar setiap saat.

Promosikan Menu Anda dengan Aplikasi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, dengan banyaknya fitur dari aplikasi GoFood, Anda dapat menampilkan menu-menu terbaik restoran Anda.

Terutama ketika konsumen baru pertama kali mengetahui restoran Anda. Maka, mereka akan cenderung memilih menu dengan rekomendasi terbaik.

Persyaratan Cara Daftar GoFood

Sebelum membahas tentang cara daftar GoFood, tentu ada beberapa persyaratan yang harus Anda miliki sebelum melakukan pendaftaran. Persyaratan ini berupa dokumen-dokumen yang harus Anda lengkapi untuk mendaftar.

Berikut syarat yang harus Anda lengkapi sebelum mendaftar GoFood.

  1. KTP pemilik outlet
  2. NPWP pemilik outlet (opsional, jika memiliki tarif PB1)
  3. Nomor rekening pemilik untuk pencairan dana usaha
  4. Alamat email outlet aktif
  5. Nomor ponsel outlet untuk login GoBiz
  6. Foto selfie dengan KTP jika terdapat kerusakan pada kartu identitas
  7. Foto buku rekening bank jika data pemilik (seperti: data pemilik rekening) tidak sama dengan identitas nama pemilik.

Salah satu persyaratan yang disebutkan di atas adalah NPWP. Bagaimana jika pemilik bisnis tidak memiliki NPWP? Apakah tetap bisa mendaftar di GoFood?

Anda tetap bisa mendaftarkan bisnis meskipun belum mempunyai NPWP. Akan tetapi, calon mitra GoFood kemungkinan akan dimintai persaratan tersebut untuk melanjutkan prosedur menjadi mitra GoJek.

Maka dari itu, walaupun Anda bisa melakukan pendaftaran GoFood tanpa NPWP, tetap disarankan untuk mengurus dokumen tersebut di kantor perpajakan.

Sedangkan untuk ketentuan yang harus Anda ketahui dalam cara daftar GoFood adalah sebagai berikut.

  1. Wajib melengkapi persyaratan pendaftaran bagi usaha perorangan maupun badan usaha
  2. Alamat email belum pernah digunakan pada outlet lain yang sebelumnya sudah terdaftar di GoBiz
  3. Nomor ponsel terdaftar, tidak dalam masa tenggang /hangus dan bisa digunakan untuk menerima SMS, serta belum pernah terdaftar untuk outlet GoBiz lainnya
  4. Data KTP tidak rusak. Apabila data KTP rusak, silakan melampirkan data tambahan (foto selfie dengan KTP)
  5. Isi formulir selengkap mungkin, baik data restoran maupun daftar menu dan harga
  6. Jika Anda memiliki tarif PB1, mohon lampirkan NPWP Anda. Jika tidak, Anda tidak perlu melampirkan NPWP
  7. Pastikan identitas yang dilampirkan masih berlaku, tidak boleh terpotong di sisi mana pun, serta harus terbaca dengan jelas dan tidak buram (khususnya untuk KTP, Buku Tabungan dan foto selfie dengan KTP)
  8. Pastikan semua persyaratan sudah terpenuhi, jika persyaratan tidak lengkap maka tidak akan diproses lebih lanjut.

Jika sudah melengkapi dan memahami persyaratan dan ketentuan tersebut, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu cara daftar GoFood.

Cara Daftar GoFood

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas, GoFood merupakan salah satu cabang produk perusahaan Gojek, sehingga sudah tentu Anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi GoJek di ponsel atau di laptop terlebih dahulu. Cara daftar gofood sangat mudah.

Setelah mendaftar layanan GoJek, baru selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara daftar GoFood. Untuk mendaftarkan toko yang dimiliki ke GoFood, caranya sangatlah mudah untuk dipahami dan dilakukan.

Cara daftar GoFood bisa dilakukan dengan dua metode pendaftaran yakni melalui website dan aplikasi yang dapat didownload di Google Play.

Pendaftaran layanan GoFood dapat dilakukan secara langsung melalui aplikasi GoBiz untuk tipe usaha personal, dan melalui website untuk tipe usaha Perusahaan atau Badan Usaha. Pastikan Anda mendaftarkan bisnis Anda sesuai dengan tipe usahanya. 

Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkapnya sesuai dengan tipe usaha:

Personal

Pendaftaran

Jika tipe usaha Anda adalah personal (perorangan), cara daftar GoFood adalah Anda bisa langsung daftarkan usaha Anda dengan install aplikasi GoBiz versi terbaru dari Google Play Store dan  lengkapi dokumen data usaha serta setujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika sudah, klik Daftar GoBiz kemudian pilih opsi Usaha milik pribadi. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data agar dapat masuk dan terdaftar di dalam aplikasi GoBiz.

1

Pada halaman Isi data pemilik, lengkapi data nama, email dan nomor ponsel pastikan data (aktif) dan pendaftaran dilakukan oleh pemilik usaha sendiri (melainkan bukan: kasir, karyawan dan lain-lain).

Isi data dengan benar, jika sudah sesuai klik tombol Kirim data pemilik.

2

Kemudian, nomor OTP akan dikirimkan ke nomor ponsel yang Anda input sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memverifikasi bahwa yang melakukan pendaftaran adalah benar Anda. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS, lalu klik Konfirmasi.

Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi dan mengirimkan kelengkapan data usaha berikut:

3
Identitas Pemilik

Pada bagian ini Anda akan mengisi data yang sesuai dengan KTP asli Anda. Masukkan nama, nomor KTP, tempat lahir dan tanggal lahir. Kemudian Anda harus mengunggah foto KTP dengan jelas. Usahakan teks dan gambar pada KTP bisa terbaca. 

Langkah selanjutnya adalah foto diri dengan KTP persis di bawah dagu seperti contohnya berikut ini:

4
Informasi Rekening Bank

Untuk dapat melakukan proses pencairan dana usaha. Anda perlu memasukkan informasi rekening bank yang Anda miliki. Usahakan nama rekening bank sesuai dengan nama pemilik usaha ya! Karena jika tidak sesuai, maka Anda wajib mengunggah dokumen pendukung berupa buku tabungan dan rekening koran. 

Apabila data sudah terisi dengan benar selanjutnya klik tombol Verifikasi.

5
Informasi Usaha

Isi kolom nama usaha sesuai dengan brand atau merek yang Anda miliki. Nama usaha juga wajib mencantumkan detail lokasi. Bisa berupa gedung, jalan, foodcourt, mall, daerah maupun kota agar mudah dikenali customer.

Ketentuan lainnya yang perlu Anda perhatikan saat melakukan penulisan nama usaha adalah menghindari emoji, karakter, simbol seperti ( , ) > . ! @ ^ * dsb.

Selain itu, hindari juga penulisan nama brand dengan menggunakan huruf kapital semuanya. Kecuali jika nama brand Anda memang demikian.

6
Informasi Outlet

Ada 4 jenis format untuk menulis alamat outlet yang perlu Anda ketahui

Outlet Bangunan Sendiri

Masukkan format penulisan alamat dengan urutan nama jalan, nomor jalan, area kota. Contohnya seperti Jl. Mayjend Sungkono No. 20, Surabaya.

Outlet dalam Food Court

Masukkan nama grup, lantai, nama food court, nama jalan, nomor jalan, nama area dan kota. Tulis dengan food court jika food court tidak memiliki nama yang spesifik.

Contoh penulisan: Tunjungan Plaza 1, Lantai 5, Food Court, Jalan Embong Malang, Surabaya, Jawa Timur.

Outlet dalam Hotel

Masukkan nama hotel, nama jalan, nomor jalan, nama area dan nama kota. Contoh: JW MArriott Hotel, Jalan Embong Malang No. 85-89, Surabaya.

Outlet dalam Sebuah Grup

Format penulisan ini dikhususkan untuk outlet yang berlokasi di kawasan mall, ruko, cluster, gedung, apartemen, kompleks perkantoran, SPBU dan kawasan komersial lainnya.

Masukkan nama grup, lantai, nama jalan, nomor jalan, nama area dan kota. Contoh: PT. Graha Pena Jawa Pos, Jalan Ahmad Yani No. 16-18, Surabaya.

Setelah alamat selesai ditulis. Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto outlet dari luar. Unggah foto outlet Anda dengan gambar yang cukup jelas.

Usahakan memfoto di siang hari agar memiliki pencahayaan yang cukup terang. Pastikan juga nama outlet tercantum dengan jelas.  Bila usaha Anda terletak di rumah. Anda bisa memfoto area depan rumah tempat usaha Anda berada.

7

Selanjutnya, pilih fitur yang ingin Anda aktifkan dengan mencentang checkbox di bagian kanan. Pastikan Anda mengeti mengenai keuntungan dan ketentuan dari setiap layanan tersebut sebelum memilihnya.

Pada GoBiz versi terbaru, untuk cara daftar GoFood pilihan layanan GoFood dan GoKasir akan otomatis tercentang saat di halaman pilihan layanan saat proses pendaftaran mandiri. Anda masih bisa menghapus centang untuk layanan GoFood dan GoKasir. 

Jika Anda mencoba untuk tidak mencentang layanan GoPay, maka akan muncul penjelasan bahwa layanan GoPay wajib diaktifkan.

8

Setelah semua data usaha dilengkapi, pelajari Syarat & Ketentuan layanan yang dipilih, lalu centang dan klik tombol Verifikasi data usaha saya.

8

Kemudian muncul pop-up konfirmasi. Pastikan data sudah sesuai, lalu klik Kirim.

9

Verifikasi

Cara daftar GoFood selanjutnya adalah tunggu proses verifikasi oleh tim GoFood yang akan diproses dalam 2 hari. Bila data usaha Anda sudah disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi dari GoBiz untuk melanjutkan layanan aktivasi produk.

10

Apabila muncul pemberitahuan untuk perbaikan beberapa data, maka Anda harus mengunggah ulang beberapa data yang diminta dengan durasi tidak lebih dari 14 hari.

Jika melebihi durasi waktu yang telah ditentukan maka pendaftaran Anda akan gagal dan terhapus di dalam sistem. Akan muncul notifikasi apabila akun Anda telah diverifikasi.

11

Aktivasi Layanan di GoBiz

Aktivasi GoPay & GoKasir

Aktivasi GoPay dan GoKasir adalah tahapan setelah data usaha Anda telah lolos diverifikasi oleh tim Gojek. Proses aktivasi GoPay akan memakan waktu selama 7 (tujuh) hari kerja sedangkan, untuk GoKasir otomatis sudah aktif.

Aktivasi GoFood

Tunggu proses aktivasi akun GoFood Anda dengan rentang waktu maksimal 14 hari kerja. Anda perlu melengkapi beberapa data usaha untuk memulai proses aktivasi. 

12
Profil Restoran 

Anda harus mengisi foto profil restoran dan memilih kategori makanan yang sesuai dengan usaha Anda. Batas maksimal pemilihan kategori makanan ini adalah 3 kategori.

Jam Operasional

Atur jadwal buka dan tutup outlet Anda tiap harinya dengan menekan tombol Ubah. Anda diwajibkan membuka outlet minimal 3 hari dalam seminggu dengan jam minimum buka 3 jam per hari.

Daftar Menu

Masukkan daftar menu dengan mengunggah foto dan menulis deskripsi lengkap mengenai produk dan harga jual.

Pengecekan Outlet

Tambahkan foto nama outlet Anda yang Anda foto sendiri melalui kamera handphone. Anda bisa memfoto logo nama outlet dari papan nama, kertas menu atau bungkus makanan.

Setelah data aktivasi sudah terisi lengkap, tunggu verifikasi dan pengecekan data dengan maksimal pengerjaan 2 hari kerja. Jika semua data sudah dilengkapi, status layanan GoFood akan berubah menjadi Masih diproses

Mitra driver akan berkunjung ke outlet Anda untuk memastikan data yang telah diinput guna menghindari penipuan. Jika disetujui maka status layanan masih diproses akan berubah menjadi aktif.

Jika layanannya sudah aktif, status aktivasi layanan akan berubah menjadi Sudah aktif. Selanjutnya Mitra Usaha bisa mulai menggunakan aplikasi GoBiz untuk menjalankan usaha.

12

Sebagai informasi tambahan, pada GoBiz 3.36 ke atas, Anda juga dapat memberikan masukkan terkait proses pendaftaran mandiri langsung di aplikasi GoBiz setelah status layanan menjadi ‘Sudah aktif’.

Survey hanya akan muncul satu kali pada proses pendaftaran di aplikasi GoBiz.

Perusahaan atau Badan Usaha

Jika usaha yang ingin Anda daftarkan di GoFood tidak dimiliki secara perorangan dan sudah berbadan hukum terpisah (seperti, tapi tidak terbatas pada, PT, CV atau Yayasan), maka outlet restoran Anda termasuk dalam kategori Mitra Usaha GoFood Perusahaan.

Anda wajib mengisi formulir untuk mendaftarkan diri. Formulir dapat diakses melalui 2 (dua) cara, yaitu download aplikasi GoBiz dari Google Play Store. Klik Daftar GoBiz kemudian pilih opsi Usaha milik perusahaan, atau

13

Kunjungi website pada link berikut: https://www.gojek.com/go-food/bisnis#!/registration. Jika sudah, pilih Daftar akun GoFood baru – perusahaan untuk badan perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoFood

Pilih Daftar akun GoFood baru – perusahaan untuk badan perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoFood.

14

Selanjutnya, Anda harus mengisi kelengkapan data usaha Anda, seperti:

Nama Usaha

Masukkan nama usaha sesuai dengan brand atau merek yang Anda miliki.

Data Perusahaan

Meliputi SIUP/TDUP/Tanda Daftar Yayasan, Akta Pendirian, Akta Perubahan (jika ada), dan NPWP.

Sebelum Anda upload data usaha, pastikan terlebih dahulu dokumen yang dilampirkan masih berlaku saat ini dan dapat dibaca dengan jelas, dokumen yang di upload dalam format PDF, dan ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MB.

Data Direktur

Lampirkan data usaha KTP/identitas direktur. Sebelum Anda upload data usaha, pastikan terlebih dahulu dokumen masih berlaku saat ini, dapat dibaca dengan jelas, tidak blur, rusak, tertutup jari, atau terdapat pantulan cahaya.

Mengambil foto dari identitas asli (bukan scan/ fotocopy), dokumen di-upload dalam format JPG/PNG/PDF, dan ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MB.

Data Penanggung Jawab Usaha (Operasional Dan Keuangan)

Masukkan data penanggung jawab usaha bagian operasional dan keuangan yang mengelola outlet atau toko Anda secara langsung.

Data Pembayaran

Lampirkan data usaha informasi rekening. Sebelum Anda upload data usaha, pastikan terlebih dahulu informasi Rekening mencakup Nama Bank, Nama Pemilik Rekening, dan Nomor Rekening yang dapat diambil dari Buku Tabungan, Rekening Koran, halaman eBanking atau sumber lainnya.

Jika Nama Pemilik Rekening berbeda dengan Nama Perusahaan, mohon lampirkan Surat Pernyataan Rekening yang diisi dengan lengkap dan ditandatangani oleh pemilik usaha/direksi sesuai akta di atas materai.

Usahakan foto tidak blur, pastikan dokumen di-upload dalam format JPG/PNG/PDF, dan ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MB.

Lampirkan Surat Pernyataan Penggunaan Rekening. Surat Pernyataan Penggunaan Rekening dibutuhkan jika Nama Pemilik Rekening berbeda dengan Nama Perusahaan.

Template Surat Pernyataan Penggunaan Rekening dapat didownload DI SINI, untuk di-print, diisi, ditandatangani dan di-upload kembali. Pastikan dokumen di-upload dalam format JPG/PNG/PDF dan ukuran maksimal masing-masing file/data adalah 3MB.

Data Outlet

Masukkan data outlet berupa informasi mengenai alamat lokasi dan jenisnya untuk cara daftar GoFood. Anda dapat melihat pembahasan poin ini secara lengkap pada penjelasan di atas.

Syarat & Ketentuan

Centang syarat dan ketentuan GoFood/GoBiz, kemudian klik Submit. Setelah semua data lengkap, tim GoBiz akan melakukan proses verifikasi dan mengirimkan Perjanjian Kerja Sama secara online.

Perjanjian Kerja Sama ini harus Anda tanda tangani dan kirimkan kembali. Sedangkan untuk proses verifikasi dan pembuatan outlet restoran Anda di aplikasi akan membutuhkan waktu 7 – 14 hari kerja.

Mitra Usaha yang mendaftarkan banyak outlet atau perusahaan, perlu diketahui setelah Anda mendaftarkan restoran, tim GoBiz akan menghubungi Anda melalui email yang didaftarkan untuk meminta kelengkapan data lanjutan.

Seperti jenis dan harga makanan serta minuman yang akan ditampilkan di aplikasi, dan jam operasional restoran Anda.

Mendaftarkan Cabang Baru

Bagaimana cara daftar GoFood untuk cabang baru di GoBiz? Anda harus mendaftarkan 1 (satu) usaha Anda dahulu di GoBiz dengan cara di atas sesuai dengan tipe usaha Anda.

Jika usaha Anda berhasil terdaftar di GoBiz dan Anda sudah memiliki fitur penambahan cabang di aplikasi GoBiz, Anda bisa melakukan penambahan secara mandiri dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi GoBiz dengan nomor pemilik yang terdaftar
  • Buka menu ‘Lainnya’ > ‘Outlet Saya’ > ‘Tambah Cabang
15

Keuntungan Memakai GoBiz untuk Bisnis Kuliner Online

GoBiz merupakan sebuah aplikasi yang khusus diperuntukkan bagi Mitra Usaha Gojek dan untuk cara daftar GoFood. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang dapat Anda pergunakan untuk mempermudah proses bisnis kuliner online Anda.

Apa saja fitur-fitur GoBiz yang sangat bermanfaat? Berikut adalah daftarnya.

Atur Jadwal Operasional Sesuai Kebutuhan Anda

Untuk pengaturan jadwal operasional restoran, GoBiz bahkan menawarkan dua fitur untuk membantu Anda!

Jika Anda sedang ada alasan mendesak yang mengharuskan Anda untuk menutup restoran Anda di GoFood, Anda dapat menggunakan fitur force-close yang sangat mudah dan instan.

Anda tinggal mencari fiturnya pada halaman menu dan temukan pilihan Status di GoFood dan tinggal menggeser button yang terdapat di situ.

Sementara itu, untuk mengatur jadwal operasional yang lebih pasti juga sangat mudah untuk dilakukan. Dengan fitur Jam Operasional Anda tinggal menentukan jam buka dan tutup restoran Anda untuk setiap harinya.

Atur dan Tambahkan Menu dengan Cepat dan Mudah

Jika Anda ingin menambahkan menu-menu baru serta melakukan perubahan pada menu Anda yang sudah ada pada GoFood, Anda dapat juga dengan sangat mudah dan cepat melakukannya menggunakan GoBiz.

Anda dapat dengan mudah menambahkan menu ataupun kategori menu Anda dengan fitur Pengaturan Menu. Selain itu, jika Anda ingin mengubah detail menu, dengan fitur ini Anda juga dapat secara instan mengubah nama, deskripsi, harga, serta foto menu Anda.

Semua perubahan yang Anda lakukan pada GoBiz, akan secara instan ter-update pada aplikasi GoFood yang digunakan oleh para pelanggan.

Tandai Ketersediaan Stok Menu untuk Mengurangi Jumlah Pembatalan Pesanan

Seringkali pesanan online terpaksa harus dibatalkan karena ternyata restoran sudah kehabisan persediaan bahan untuk menu tertentu sementara pelanggan sudah terlanjur memesan.

Pastinya, pelanggan akan merasa kecewa akan hal ini. Dengan GoBiz, Anda tidak perlu lagi khawatir akan hal ini. Hanya dengan beberapa kali klik, Anda sudah dapat menandai menu Anda jika sudah atau sedang tidak tersedia.

Pelanggan yang sedang melihat-lihat daftar menu Anda akan langsung mengetahui jika menu tertentu sedang out-of-stock.

Kelola Pesanan yang Masuk dengan Lebih Efisien dengan Daftar Pesanan

Aplikasi GoBiz memiliki fitur Daftar Pesanan. Sesuai namanya, daftar ini akan memuat semua pesanan yang masuk secara instan.

Pada daftar ini, Anda bisa melihat semua pesanan yang baru masuk, sedang dalam proses, hingga pesanan yang sudah selesai. Dengan daftar ini, Anda tidak perlu lagi mendata secara manual atau pribadi.

Cek Jumlah Pendapatan dengan Lebih Mudah Menggunakan Fitur Riwayat Transaksi

Sama halnya dengan Daftar Pesanan, Riwayat Transaksi akan memudahkan Anda untuk melihat semua transaksi yang masuk dengan baik. Sehingga untuk mengetahui keuntungan dari penjualan Anda akan menjadi lebih mudah.

Keuangan Lebih Aman dengan Transaksi via GoPay

Jika Anda menggunakan GoBiz, semua pembayaran akan Anda terima menggunakan GoPay. Mengapa demikian? Dengan GoBiz, driver akan mengambil dan membayarkan pesanan menggunakan GoPay miliknya.

Setelah itu, baru driver akan menerima pembayaran dari pelanggan. Apa artinya bagi Anda jika menerima transaksi berupa kredit GoPay? Artinya, Anda tidak lagi harus khawatir akan adanya kemungkinan fraud atau penipuan maupun pencurian.

Semua pembayaran menggunakan GoPay akan langsung masuk ke akun GoPay Anda dengan mudah. Anda juga tidak perlu lagi harus selalu siap dengan uang tunai atau kembalian!

Nah itu dia cara daftar GoFood untuk berbagai jenis usaha. Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara daftar GoFood di atas apabila Anda ingin mendaftarkan usaha Anda.

Untuk mengetahui tips berbisnis melalui media sosial, Anda dapat mengunjungi website kami dan membaca beragam artikel menarik lainnya yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.