cara daftar kartu prakerja secara online

Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Online dan Persyaratannya

Bagaimana cara daftar kartu prakerja? Pertanyaan tersebut kerap muncul dalam setahun belakangan ini.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada Maret 2020 membawa dampak yang cukup signifikan, terutama bagi para pekerja.

Penyesuaian besar-besaran dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi penyebaran virus ini. Salah satunya adalah peraturan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Hal tersebut tentu ikut mempengaruhi laju perekonomian di Indonesia. Bagaimana tidak? Masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan kontak dengan orang lain.

Kondisi tersebut menyebabkan banyak para pelaku bisnis yang mengalami penuruan penjualan karena berkurangnya jumlah pengunjung.

Akibatnya, banyak usaha yang harus mengurangi pekerjanya atau bahkan terpaksa gulung tikar. Efek perpanjangan dari hal tersebut adalah berkurangnya lapangan pekerjaan.

Karena terjadi krisis, mencari pekerjaan adalah tantangan baru dengan persaingan yang semakin ketat. Melihat permasalahan ini, pemerintah berinisiatif mengambil tindakan.

Untuk mengatasi krisis tersebut, pemerintah memberikan solusi dengan merilis program Kartu Prakerja. Apa itu Kartu Prakerja? Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja?

Kami telah merangkum informasinya untuk Anda.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Sebelum beranjak ke pembahasan mengenai cara daftar Kartu Prakerja, akan lebih baik bila mempelajari terlebih dahulu mengenai apa itu program Kartu Prakerja itu sendiri.

Kartu Prakerja adalah salah satu porgram pemerintah untuk membantu tumbuh kembang perekonomian Indonesia yang sempat menurun akibat pandemi.

Program ini diadakan dalam rangka pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Kartu Prakerja sebenarnya sudah dipromosikan sejak masa kampanye pemilihan umum Presiden Indonesia pada tahun 2019.

Namun, karena krisis dan pandemi Covid-19 yang melumpuhkan banyak kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang terkena imbas lebih parah, program ini direalisasikan lebih cepat.

Presiden memutuskan untuk mengadakan proses realisasi program Kartu Prakerja lebih cepat dari rencana awal.

Alasan program ini dipercepat adalah untuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi di mana-mana akibat pandemi.

Program Kartu Prakerja dirilis pada April 2020 dengan total anggaran sebesar 20 triliun. Jumlah anggaran ini sudah meningkat dari perencanaan awal yang berjumlah 10 triliun.

Harapannya dengan anggaran tersebut bisa memberdayakan pekerja di Indonesia. Tidak hanya itu, Kartu Prakerja juga diharapkan dapat menanggulangi kemiskinan.

Saat ini, program Kartu Prakerja telah berjalan setidaknya sebanyak 21 gelombang. Peserta yang telah mendaftar dan lolos seleksi, akan mendapatkan insentif sejumlah Rp 3.550.000 selama program berlangsung.

Perincian insentif tersebut yaitu meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tidak dapat dicairkan, kemudian insentif setelah berhasil menuntaskan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan masa pelatihan.

Sisanya yaitu sebesar Rp 150.000 adalah dana insentif survei. Setiap peserta yang telah lolos seleksi dan mendapatkan Kartu Prakerja dapat mengikuti berbagai kursus yang tersedia secara online.

Tujuan kursus tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja para peserta. Sehingga peserta bisa lebih siap dalam persaingan dunia kerja.

Syarat Mendaftar

Tidak semua orang bisa mendaftar program Kartu Prakerja ini. Ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi sebelum bisa mengetahui cara daftar Kartu Prakerja.

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui sebelum masuk ke pembahasan cara daftar Kartu Prakerja.

Merupakan Pencari Kerja

Secara umum, Anda bisa melakukan cara daftar Kartu Prakerja apabila Anda adalah seorang pencari kerja atau pekerja atau buruh yang terkena PHK.

Tidak hanya itu saja, jika Anda adalah seorang pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro kecil Anda dapat mendaftar Kartu Prakerja.

Untuk sementara waktu, program Kartu Prakerja diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro kecil yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Berumur 18 Tahun atau Lebih

Persyaratan yang kedua untuk mendaftar program Kartu Prakerja adalah berusia sekurang-kurangnya 18 tahun.

Persyaratan ini menyesuaikan dengan usia minimal kerja di Indonesia yaitu 18 tahun. Hal ini merujuk pada pasal 1 nomor 26 Undang-Undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Selain itu, peserta haruslah merupakan warga negara Indonesia atau WNI dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, baik sekolah maupun perguruan tinggi.

Tidak Berprofesi Seperti yang Ditentukan

Meskipun telah memiliki pekerjaan, seseorang tetap dapat mendaftar program Kartu Prakerja, asalkan bukan salah satu dari daftar pekerjaan yang telah ditentukan yaitu:

  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan Perangkat Desa
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah

Maksimal 2 NIK dalam 1 KK

Untuk cara daftar Kartu Prakerja, Anda akan diminta memasukkan nomor NIK dan KK. Hal tersebut berkaitan dengan ketentuan jumlah maksimal penerima program Kartu Prakerja dalam 1 KK.

Dalam 1 Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK yang menjadi penerima program Kartu Prakerja. Jadi, pastikan hanya ada maksimal 2 anggota keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah mengetahui persyaratan untuk mendapatkan Kartu Prakerja, kini pembahasan selanjutnya adalah mengenai cara daftar Kartu Prakerja.

Untuk mengikuti program Kartu Prakerja, ada beberapa tahap yang harus dilewati seperti pendaftaran, mengikuti seleksi, hingga memilih pelatihan.

Anda bisa mengikuti cara daftar Kartu Prakerja berikut ini.

Pendaftaran

Tahap pertama untuk mengikuti program Kartu Prakerja adalah mendaftarkan akun di website Prakerja. Prosesnya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

Silahkan kunjungi laman https://www.prakerja.go.id/ kemudian klik tombol “Daftar Sekarang” yang berada di pojok kanan atas.

cara daftar kartu prakerja

Kemudian muncul beberapa kolom yang harus Anda isi untuk membuat akun. Masukkan data alamat email dan buatlah password. Keduanya akan digunakan untuk login akun nantinya.

Jangan lupa untuk mencentang kotak syarat dan ketentuan, kemudian klik “Buat Akun“.

2

Jika sudah, akan muncul kotak notifikasi berisi informasi bahwa link verifikasi telah dikirim ke email Anda. Untuk melanjutkan proses registrasi, Anda harus melakukan verifikasi email terlebih dahulu.

3

Silahkan buka alamat email Anda kemudian masuk ke inbox. Anda akan mendapat email dari pihak Prakerja. Tekan tombol verifikasi seperti gambar di bawah ini.

4

Anda akan diarahkan ke halaman login secara otomatis untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Masukkan alamat email dan password yang telah dibuat sebelumnya pada kolom yang tersedia, kemudian klik “Masuk“.

5

Setelah berhasil daftar akun dan login akun, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard akun. Anda bisa melanjutkan pendaftaran dengan menggunakan web browser di handphone. Login akun Prakerja Anda melalui handphone.

Terdapat 3 tahap pendaftaran yang harus Anda lengkapi. Pertama yaitu verifikasi KTP. Pada bagian ini, masukkan nomor KTP, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir Anda. Kemudian klik “Lanjutkan“.

6

Selanjutnya Anda diminta melengkapi data diri yang diminta. Isi kolom yang tersedia sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai dengan identitas Anda.

7

Pada bagian paling bawah, Anda diminta untuk memverifikasi foto e-KTP Anda. Pada bagian ini, Anda harus mengambil foto KTP secara real time. Anda tidak bisa mengunggahnya melalui galeri.

Pastikan saat mengambil foto KTP sudah sesuai dengan ketentuan yang tertulis agar proses verifikasi KTP berjalan lancar. Jika semua data telah terisi, klik “Lanjutkan

8

Nah, langkah terakhir adalah verifikasi nomor handphone. Masukkan nomor handphone Anda, kemudian klik “Kirim“. Dalam beberapa detik, kode verifikasi OTP akan dikirimkan ke nomor handphone Anda melalui SMS.

Masukkan kode verifikasi OTP tersebut kemudian klik “Verifikasi“.

9

Setelah itu, Anda akan diminta mengisi Pernyataan Pendaftar. Isi pernyataan tersebut sesuai dengan kondisi Anda. Jika sudah selesai, klik “Oke

10

Selesai! Anda telah berhasil membuat akun Prakerja. Namun, untuk bisa mengikuti program Kartu Prakerja, Anda harus melakukan beberapa langkah lagi.

Seleksi

Setelah berhasil membuat akun Prakerja, selanjutnya adalah mengikuti seleksi. Tidak semua pemilik akun Prakerja akan mendapatkan Kartu Prakerja.

Untuk menentukan hal tersebut, dipilih dengan cara seleksi berupa Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Anda bisa menemukan halaman ini setelah selesai melakukan pendaftaran akun.

Untuk melakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan tempat yang kondusif. Anda juga dapat menyiapkan kertas dan pensil atau pulpen untuk membantu menyelesaikan soal.

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar memiliki batas waktu pengerjaan 25 menit. Pastikan Anda dalam keadaan benar-benar siap saat mengerjakan tes karena tes inilah yang akan menentukan apakah Anda bisa mengikuti program Kartu Prakerja atau tidak.

Jika Anda sudah merasa siap, klik “Mulai Tes Sekarang“. Setelah selesai, hasil tes Anda akan dievaluasi. Sedikit lagi pendaftaran Anda akan selesai. Anda tinggal mengikuti seleksi Gelombang.

11

Pilihlah Gelombang yang sesuai dengan domisili Anda, kemudian klik “Gabung“.

Kemudian akan muncul notifikasi konfirmasi pilihan Gelombang Anda. Bila sudah sesuai, klik “Ya, Gabung“.

12

Selanjutnya akan muncul halaman Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Untuk dapat lanjut ke tahap selanjutnya, klik “Saya Menyetujui“.

13

Tahap pendaftaran seleksi Anda sudah selesai. Anda hanya perlu menunggu pendaftaran Anda dievaluasi. Anda akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah penutupan pendaftaran Gelombang.

Jika Anda belum lolos tes, Anda dapat ikut Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di halaman dashboard Anda.

Per Oktober 2021, program Kartu Prakerja telah memasuki Gelombang 21. Anda dapat mengetahui informasi mengenai pendaftaran Gelombang di halaman dashboard Prakerja.

Itulah cara daftar Kartu Prakerja untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan Anda agar bisa bersaing di dunia kerja. Untuk mengikuti program ini, pastikan Anda sudah sesuai dengan syarat yang ditentukan.

Selain itu, gunakanlah fasilitas Kartu Prakerja ini dengan bijak dan optimal, karena banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui program ini.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengikuti program Kartu Prakerja ini?

Kunjungi halaman kami untuk membaca artikel mengenai strategi pemasaran menggunakan media sosial.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.