pexels miguel a padrinan 1591056

7 Cara Dapat Uang dari Blog & Tips Memulainya

Ubah blog pribadi anda menjadi lebih menguntungkan dengan tutorial cara dapat uang dari blog.

Kegiatan menulis telah menjadi kegiatan banyak orang untuk mencurahkan perasaan atau mengeluarkan opininya mengenai suatu masalah.

Hal ini bisa kita lakukan dulu saat menulis berbagai kegiatan dan perasaan di buku harian yang akhirnya disimpan erat-erat.

Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan ini tidak hanya membantu mencurahkan emosi yang tersimpan, namun juga berguna untuk memberikan penghasilan tambahan.

Contohnya adalah dengan membuat konten social media yang akhirnya membuka peluang bagi seseorang untuk menjadi pembicara suatu topik dari postingan yang telah dibahas.

Tidak hanya itu, anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan dari tulisan artikel yang telah anda unggah di halaman website sendiri dan kemudian menghasilkan uang dari blog.

Namu, sebelum menghasilkan uang dari blog maka ketahui dulu strategi yang tepat serta cara mengolah website untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tulisan yang anda miliki.

mengetahui konsumen yang diinginkan

Mengetahui Konsumen yang Diinginkan

Banyaknya blog yang dikembangkan oleh penulis yang telah memiliki penggemar yang lebih banyak, tentunya membuat penulis pemula harus bersaing dengan kreator lainnya.

Karenanya agar website atau blog anda menjadi lebih menarik di mata orang lain, maka anda perlu memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Pertama, anda perlu memiliki tampilan website yang dapat mencerminkan halaman website yang akan anda kembangkan.

Misalnya, apabila anda memiliki website yang membahas mengenai perawatan tubuh dan wajah, maka anda bisa menggunakan ciri khas warna pink, biru, atau kuning untuk memberikan kesan yang lebih ceria,

Kedua, ketahui dulu target konsumen yang akan anda tuju, misalnya anda ingin audience wanita yang ingin mengembangkan kepercayaan diri dengan tips self improvement yang berkualitas, maka selanjutnya anda bisa membuat konten video atau artikel yang memiliki tema yang sama.

Ketiga, tentukan gaya bahasa dan tulisan yang ingin anda tampilkan di artikel, gaya bahasa yang sesuai dengan target usia tentunya akan lebih mudah dipahami, sehingga anda bisa mengkombinasikannya dengan istilah yang sedang trend di kalangan komunitas anda.

Keempat, jangan lupa juga memberikan topik-topik yang berbeda di setiap artikel anda, agar konsumen memiliki variasi bacaan yang bisa dibaca berulang kali.

meningkatkan kemampuan yang dimiliki

Meningkatkan Kemampuan yang Dimiliki 

Bagian paling penting sebelum mendapatkan uang dari blog adalah mengetahui passion yang dimiliki serta meningkatkan kemampuan dalam menulis blog atau konten lainnya.

Hal ini dikarenakan perkembangan trend yang berubah dengan cepat sehingga apabila tidak diimbangi dengan kemampuan yang tepat maka akan membuat blog anda kurang dilirik oleh orang lain.

Di sisi lain, pengguna internet juga penggemar anda juga haus akan informasi dan tips terbaru sehingga anda sebaiknya terus menerus memberikan wawasan baru yang dibutuhkan oleh konsumen anda.

Karenanya penting bagi anda untuk terus menggali kemampuan yang dimiliki serta menggali pengetahuan mengenai topik yang akan anda angkat di dalam artikel.

Anda bisa memulai dengan menyediakan waktu membaca artikel dari sumber yang terpercaya yang membahas topik yang menjadi tokoh utama di blog anda.

Sehingga anda bisa mengolahnya menjadi konten artikel yang menarik dengan bumbu-bumbu pemikiran yang anda miliki.

Tidak hanya itu, membaca berbagai jenis karya seni lainnya juga membantu menemukan gaya bahasa yang sesuai dengan artikel anda.

Misalnya membaca buku cerita anak-anak, novel fiksi, atau buku pengembangan diri dari orang-orang yang berpengaruh.

Berbagai buku bacaaan ini akan membantu dalam membentuk gaya bahasa bercerita yang lebih mudah dipahami oleh pembaca sehingga mengundnag minat mereka untuk membagikannya ke orang lain yang memiliki masalah serupa.

Mengikuti seminar atau workshop tertentu juga membantu membuka wawasan anda sembari berkenalan dengan orang baru yang memiliki minat yang sama.

cara dapat uang dari blog

Membuat Workshop atau Kelas Online 

Google telah menjadi perpustakaan digital baru dimana anda bisa menemukan berbagai pengetahuan yang relevan dengan masalah yang anda alami.

Tidak jarang anda menemukan artikel mengenai suatu masalah tertentu di bidang yang anda geluti dan pada akhirnya membuka wawasan anda terkait topik tersebut.

Biasanya artikel dan website ini dikembangkan oleh seorang profesional yang ahli di bidangnya dan ingin membagikan pengalaman dan pengetahuannya ke orang lain yang membutuhkan.

Salah satunya yang dilakukan oleh Neil Patel yang terkenal membantu perusahaan terkenal Amazon untuk menaikkan pendapatan melalui optimasi website yang dimiliki.

Kemampuannya dalam mengembangkan halaman website biasa menjadi tempat yang menguntungkan akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Neil Patel.

Sehingga untuk membantu blogger lain untuk dapat uang dari blog, maka Neil Patel menawarakan dua cara ampuh.

artikel Neilpatel

Pertama, kreator bisa membaca berbagai artikel yang telah dirilis dan bisa diterapakan pada pengembangan halaman website yang dimiliki

Ubersuggest

Kedua, menggunakan tools berbayar yang bisa anda gunakan untuk optimasi website dengan penggunaan keyword serta backlink yang tepat.

Sehingga jika anda memiliki keahlian di bidang tertentu dan sudah memiliki portofolio yang baik dengan melakukan kerjasama bersama brand lain, maka anda bisa memanfaatkan blog yang anda miliki dengan membuka course khusus berdasarkan keahlian yang telah diakui.

Hal akan membantu orang lain yang ingin mempelajari topik di bidang tertentu agar bisa belajar secara profesional dari ahlinya.

Selain itu, anda juga bisa menghasilkan uang dari blog berkat kelas online yang anda tawarkan ke orang lain, sehingga memberikan keuntungan satu sama lain.

 Anda juga bisa menawarkan workshop khusus yang bisa diikuti oleh pengguna internet yang berminat dengan berbagai keuntungan yang tidak bisa di dapatkan dari hanya mengikuti kelas berbayar.

merilis buku atau ebook berbayar

Merilis Buku atau Ebook Berbayar 

Bagi penggemar hobi membaca atau sering menonton acara Stand Up Comedy, tentunya pernah mendengar nama Raditya Dika.

Pria yang kini aktif sebagai podcaster dan juga stand up comedian ini awalnya membangun karir dari membagikan kesehariannya melalui blog.

Cara penyampaian yang unik dan kreatif akhirnya menarik perhatian banyak orang untuk membaca setiap postingan yang diunggahnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya nama Raditya Dika semakin terkenal dan akhirnya berhasil merilis buku dari postingan blog yang dimiliki.

Tidak hanya itu, apabila anda memiliki hobi travelling, tentunya pernah mendengar juga nama Trinity Traveler dimana wanita ini membagikan kisah perjalanan jalan-jalannya baik ke dalam dan luar negeri ke blog yang dikembangkan.

Hingga akhirnya cerita perjalanannya yang menyenangkan berhasil dirilis dalam bentuk buku dan kemudian digubah menjadi film.

Berbagai cerita sukses mengenai blogger yang berhasil mendapatkan uang dari blog tentunya menjadi inspirasi bagi anda yang memiliki hobi menulis topik tertentu dan ingin menghasilkan uang dari blog.

Namun, untuk meniti karir menjadi blogger profesional tentunya dibutuhkan waktu yang panjang serta jalan yang berliku.

Misalnya, anda perlu membuat tulisan anda terlihat autentik dan nyaman dibaca oleh orang lain dengan ciri khas yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Selain itu, anda juga perlu konsisten untuk menyediakan waktu menulis setiap harinya agar kemampuan menulis semakin terasah.

Tidak hanya itu, mendengarkan kritikan orang lain yang membangun juga perlu anda miliki agar bisa memperbaiki kekurangan yang dimiliki dan menjadikan artikel atau postingan blog anda menjadi lebih menarik untuk dibaca penggemar.

affiliate marketing

Affiliate Marketing

Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan  seseorang kini memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari berbagai saluran.

Salah satunya adalah melakukan jual beli melalui social media atau akun market place yang kini digandrungi banyak orang.

Akan tetapi, apabila anda memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak atau kemampuan menulis ulasa yang baik, maka anda bisa memanfaatkanya untuk membuka affiliate marketing.

Melalui strategi pemasaran satu ini, seseorang akan mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu apabila terdapat seseorang yang mengunjungi atau melakukan pembayaran melalui link yang anda miliki.

Sehingga semakin banyak orang yang melakukan transaksi melalui link yang anda bagikan, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Strategi ini biasanya dilakukan oleh influencer social media yang memiliki pengikut yang lumayan banyak serta kepercayaan yang tinggi dengan memberikan link affiliate marketing dari produk yang telah digunakan dan dipajang di social media.

Tidak hanya itu, seorang blogger yang telah memiliki jumlah pembaca yang lumayan juga bisa mengedarkan link affiliate marketing dengan memberikan ulasan yang jujur sehingga membuat pembaca tertarik untuk membelinya.

Penggunaan affiliate marekting sebagai startegi untuk mendapatkan uang dari blog juga dinilai menguntungkan, karena banyak juga calon konsumen yang ragu pada suatu produk dan akhirnya mencari ulasan jujur di website tertentu.

Sehingga apabila calon konsumen tersebut tergiur pada ulasan yang anda berikan, maka mereka tertarik untuk melakukan pembelian melalui link affiliate marketing yang anda sebarkan.

Strategi lainnya dalam mendapatkan uang dari blog dari affiliate marketing adalah memberikan ulasan berupa foto dan video sebelum dan setelah memakai produk tersebut, sehingga membuat pembaca lebih tertarik.

Anda juga bisa menjelaskan kondisi atau masalah yang anda hadapi sebelum menggunakan produk tertentu.

Hal ini akan membantu konsumen yang memiliki masalah yang sama memiliki pandangan baru mengenai produk yang anda promosikan, sehingga mereka tertarik untuk membeli melalui link affiliate marketing.

Penggunaan affiliate marketing sendiri juga telah dilakukan oleh berbagai social commerce, seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia sehingga memudahkan anda untuk memilih toko resmi produk tertentu dengan harga murah sehingga menguntungkan bagi calon pembeli.

memasang iklan berbayar di Blog

Memasang Iklan Berbayar di Blog 

Saat mengunjungi sebuah website atau blog berita, biasanya anda akan menemukan berbagai iklan yang terpasang di kanan kiri halaman tersebut atau pop up iklan yang susah dihilangkan.

Meskipun terkesan mengganggu bagi pembacanya, namun kreator dari blog tersebut mendapatkan keuntungan dari berbagai iklan yang dipasang di website mereka.

Hal ini dikarenakan pengiklan akan membayar biaya pemasangan iklan tertentu sesuai dengan durasi penayangan serta peletakan gambar iklan.

Biaya pemasangan iklan pun bermacam-macam, tergantung dari jumlah pengunjung yang datang setiap hari, jenis topik yang diunggah, serta durasi penayangan iklan.

Sehingga semakin banyak iklan yang terpasang juga akan menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan uang dari blog secara pasif dan terus mengalir setiap harinya.

Meskipun begitu, sebuah halaman yang memiliki banyak iklan maka memiliki kemungkinan untuk kurang disukai oleh pembaca yang hanya berniat untuk membaca hasil tulisan anda.

Sehingga kreator juga perlu mencari akal agar pemasangan iklan tidak mengganggu aktivitas pengunjung untuk membaca artikel yang disajikan serta saat mengunjungi halaman website tersebut.

Tidak hanya itu, anda memiliki peluang untuk membuat artikel mengenai topik tertentu yang pada akhirnya membahas keunggulan pada brand tertentu yang mengajak anda melakukan kolaborasi promosi produk.

Hal ini nantinya akan menjadi promosi secara soft selling yang membuat pembaca terarik untuk membeli produk tertentu setelah membaca artikel yang anda unggah.

menjadi pembicara di workshop dan seminar

Menjadi Pembicara di Seminar atau Workshop 

Seseorang yang sudah diakui keahliannya oleh orang lain serta menjadi bahan perbincangan di social media, biasanya memiliki peluang untuk menjadi pembicara di seminar atau workshop tertentu.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang terinspirasi pada kisah hidup yang dimilliki oleh blogger tersebut atau ingin mengetahui kesuksesan dari mendapatkan uang dari blog secara konsisten.

Sehingga semakin terkenal nama anda di media lain, maka anda juga memiliki peluang untuk menjadi pembicara di berbagai seminar dan workshop.

Guna membuka peluang untuk mendapatkan undangan menjadi pembicara di workshop tertentu, maka langkah-langkah berikut bisa anda lakukan :

Pertama, mencantumkan kontak pribadi di kolom khusus website atau blog anda, sehingga pihak pengundang bisa menghubungi anda melalui alamat yang tertera.

Kedua, pastikan juga anda memiliki ahli di bidang khusus yang dikenal oleh orang lain, sehingga pihak pengundang bisa menyesuaikan tema workshop dengan keahlian yang anda miliki, misalnya anda memiliki kemampuan di bidang digital marketing yang sudah diakui hasil kerjanya dan didukung dengan keilmuan yang memadai.

Ketiga, pastikan memiliki pembaca dan penggemar setia yang tertarik pada website yang anda kembangkan, sehingga menjadi jaminan bahwa anda miliki massa yang cukup besar dan setia.

Keempat, jangan lupa untuk membagikan flyer acara anda ke social media anda agar semakin banyak orang mengikuti acara yang anda ikuti.

Kelima, jangan lupa menyiapkan materi yang matang dan cara pembawaan yang menyenangkan sehingga setelah acara tersebut usai maka anda akan mendapatkan pandangan yang baik di hadapan penonton dan pihak penyelenggara, sehingga mereka akan mulai menjadi penggemar anda selanjutnya atau mendapatkan rekomendasi dari orang lain untuk menjadi pembicara di acara yang berbeda. 

Menjadi pembicara di suatu workshop atau seminar sendiri dianggap mengunguntunkan bagi blogger atau penulis, karena anda bisa mendapatkan uang secara instan hanya dengan berbicara selama 60-90 menit.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan calon pembaca baru dari peserta seminar yang datang, sehingga memiliki peluang untuk menaikkan jumlah traffic blog atau penggemar baru.

aS5IWliSF6SJeOlv7FIC

Menjadi Konsultan atau Pengajar 

Ketenaran website atau kelas khusus yang anda adakan ke target konsumen, tentunya membuat anda dilirik oleh brand lain yang ingin mengembangkan website yang dimiliki.

Sehingga tidak jarang apabila seorang kreator atau blogger yang sudah terkenal diminta untuk mengembangkan sebuah website atau menjadi konsultan untuk brand tertentu dengan biaya jasa yang tidak main-main.

Dengan menjadi konsultan untuk brand tertentu, biasanya anda akan diminta saran mengenai jenis konten yang sesuai dengan target konsumen, tampilan website yang dapat memikat pengunjung, serta pilihan tools yang bisa digunakan untuk optimasi website menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, apabila blogger sudah memiliki banyak tawaran brand secar terus menerus, maka akan membuka peluang untuk membuka agensi khusus yang membantu menyelesaikan proyek yang dimiliki dengan berbagai brand.

Tidak hanya itu, keahlian menulis artikel di blog serta konten social media juga kini semakin dilirik banyak orang untuk mempelajari keahlian tersebut agar bisa mengembangkan akun social media yang dimiliki atau bekerja di tempat lain.

Sehingga kreator mungkin saja diundang menjadi pengajar di layanan edukasi tertentu serta membuka kelas khusus untuk mengajarkan strategi menulis di social media atau blog.

Kedua peluang tersebut juga menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan uang dari blog berkat tulisan mengenai topik tertentu serta tips yang disajikan kepada pembacanya.

website maria killar

Salah satunya yang dilakukan oleh blogger Maria Killam yang menawarkan jasa di bidang desain interior dan menawarkan jasanya melalui website untuk memudahkan proses konsultasi serta mengetahui layanan yang ditawarkan.

oGgHprCtTiK9VOujaLQv

Menjual Jasa Freelance

Meskipun belum memiliki penggemar yang cukup banyak atau konten yang dilirik oleh banyak orang, namun anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari blog.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan website atau blog anda sebagai media promosi dari brand lain dengan mengunggah artikel yang membahas produk yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan semakin banyak artikel yang membahas mengenai produk tertentu maka akan meningkatkan brand awareness suatu merk yang sedang berkembang.

Kerjasama ini juga memungkinkan anda untuk mendapatkan uang dari blog sembari membahas topik yang relevan dengan artikel anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mencari jasa menulis artikel untuk blog lain dengan mencantumkan portofolio dari blog yang anda miliki.

Apabila brand tersebut cocok dengan gaya tulisan dan bahasa yang anda gunakan maka pihak tersebut bisa saja mengontrak anda untuk jangka waktu yang lama.

Hal ini tentunya akan menguntungkan penulis, mengingat jasa menulis artikel dengan jumlah kata tertentu akan memberikan hasil yang lumayan apabila ditekuni secara konsisten.

Tidak hanya itu, apabila anda memiliki keahlian di bidang desain tampilan website maka anda bisa menggunakannya sebagai media promosi untuk optimasi halaman websiter tertentu.

Apabila anda sudah sering melakukan kolaborasi dengan brand tertentu dan memiliki jam terbang yang cukup tinggi, maka anda bisa mendapatkan tawaran job desain dengan sendirinya berkat rekomendasi dari klien yang sebelumnya.

Meskipun begitu, untuk mendapatkan uang dari blog dengan menawarkan kemampuan yang anda miliki, maka diperlukan juga strategi promosi yang efektif.

Anda bisa memulai dengan membuat akun khusus di website pencari kerja untuk menemukan klien yang sekiranya tertarik pada jasa yang anda tawarkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memamerkan karya anda di akun website freelance dan aktif mempromosikan diri di depan calon klien agar mendapatkan lebih banyak proyek tertentu.

Biasanya kreator yang bergerak di bidang desain memiliki website freelance sendiri sehingga anda sebaiknya mencari rekomendasi dari kreator yang telah berpengalaman dan telah melanglang buana di berbagai website.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mempromosikan diri anda dengan membuat kolom khusus dimana konsumen bisa menghubungi anda apabila membutuhka jasa desain website atau menulis artikel dengan tema tertentu.

Meskipun begitu, anda juga perlu memastikan bahwa tampilan website anda memiliki tampilan yang apik sehingga memikat pengunjung untuk menggunakan jasa yang anda miliki.

Sumber :

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-get-paid-for-a-blog

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.