Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding, Termudah!

Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding, Termudah!

Tutorial cara membuat bot telegram secara lengkap tanpa coding. Pelajari secara tuntas cara mudahnya di artikel ini!

Cara membuat bot Telegram mungkin terlihat sedikit rumit, terutama jika orang tersebut belum familiar dengan bot Telegram. Padahal sebenarnya, ada cara membuat bot Telegram yang mudah loh.

Telegram adalah salah satu aplikasi chatting terenkripsi yang dikenal sangat aman dan canggih. Fitur keamanan yang mumpuni serta didukung dengan berbagai tools dan fitur canggih membuat Telegram menjadi semakin digemari.

Kemampuan Telegram yang dapat mengirim file hingga berukuran 1.5 GB, fitur secret chat yang canggih dan adanya fitur Channel yang dapat menghubungkan penggunanya dalam suatu forum dengan hobi atau bidang yang sama.

Aplikasi Telegram ini juga telah tersedia di perangkat sebuah telepon seluler, dan aplikasi ini ternyata juga telah mempunyai sebuah perangkat sistem komputer.

Aplikasi Telegram ini juga bisa Anda gunakan sebagai aplikasi chatting, yang dapat memungkinkan Anda untuk mengirimkan sebuah Vidio, audio , foto, pesan maupun sebuah dokumen sekaligus.

Telegram juga sudah bisa digunakan di berbagai sistem operasi misalnya di Windows OS, iOS, Android, Linux OS dan macOS. Telegram juga telah mendukung dua lapisan enkripsi untuk sistem keamanannya.

1

Apa Itu Bot Telegram?

Telegram adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda mengirim teks, video, dan jenis file lainnya. Telegram telah menjadi salah satu nama terbesar dalam olahpesan cepat, dengan enkripsi ujung-ke-ujung, banyak penyesuaian, dan rumah bagi ribuan bot!

Dengan penggunaan bot, Telegram dapat menjadi asisten pribadi Anda dan membuat hidup Anda lebih mudah. 

Bila berbicara tentang Telegram bot, fitur andalan Telegram ini memang luar biasa canggih. Para pengguna Telegram dimanjakan dengan adanya fitur ini.

Namun sayang, tak semua pengguna Telegram mengetahui fitur ini. Banyak dari mereka tidak tau apa itu Telegram bot, apa fungsinya, bagaimana cara kerja bot tersebut, dan bagaimana keamanan bot tersebut bila digunakan.

Sederhananya, bot adalah aplikasi perangkat lunak yang mampu menjalankan tugas otomatis dan seringkali bertujuan untuk bertindak sebagai orang sungguhan.

Jika Anda pernah memesan pizza atau meminta bantuan di situs web, Anda mungkin pernah berinteraksi dengan bot. Bentuk bot yang paling umum adalah chatbot.

Chatbots mengenali teks atau ucapan dari pengguna, menafsirkan informasi, dan kemudian merespons dengan tepat. Beberapa chatbot sangat canggih sehingga mereka merasa ingin berinteraksi dengan orang lain. 

Bot Telegram dapat melakukan hampir semua hal! Kirim informasi tentang tim sepak bola favorit Anda, mainkan musik, buat daftar, atau jadilah lawan Anda dalam permainan catur. Bot mudah diakses di Telegram melalui fungsi pencarian.

Telusuri ‘Gamee’ dan Anda akan menemukan bot yang memungkinkan Anda bermain game dan menantang teman Anda. Anda juga dapat membagikan lagu dan lirik dengan ‘Spotybot’ sedangkan ‘Yandex.Translate’ akan menerjemahkan pesan dari bahasa lain.

Untuk pecinta film, ‘bot MoviesTracker’ akan menyampaikan informasi film untuk film apa pun yang Anda minta. Ikuti ‘Storebot’ dan ‘botostore’ untuk menemukan bot baru dan menjelajahi bagan bot.

Bot Telegram dapat bertindak sebagai orang lain yang menyelesaikan tugas yang diberikan oleh seseorang. Singkatnya, Bot atau Robot Telegram merupakan aplikasi tambahan yang berjalan di dalam telegram itu sendiri.

Pada dasarnya bot sama seperti user biasa hanya saja bot ini tidak mempunyai nomer telefon dan digunakan oleh komputer, bot hanya bisa merespon perintah/request sesuai dengan parameter yang telah diset oleh admin bot tersebut.

Pengguna dapat berinteraksi dengan user dengan cara mengirim pesan ke bot dalam format tertentu.

kegunaan

Kegunaan Bot Telegram

Pihak Telegram memberikan kebebasan dan keterbukaan kepada pihak ketiga untuk dapat mengembangkan Telegram bot baru.

Telegram bot dinilai mampu memberikan sederet kemudahan dalam automatisasi aktivitas penggunanya serta dapat digunakan sebagai wadah yang cocok untuk para programming yang ingin mengasah kreativitasnya disini.

Jika Anda memiliki sebuah bot telegram (admin telegram bot) maka Anda bisa mengeset/setting bot mu untuk menghandle beberapa pekerjaan secara otomatis berdasar interaksi dari user.

Jadi Anda tidak perlu secara manual menghandle user, cukup bot yang melakukan nya untuk meringankan pekerjaan Anda. Beberapa perintah yang bisa dijalankan seperti:

  • Memberikan Notifikasi Khusus dan Berita. Bot bisa beritindak sebagai koran pintar dengan memilihkan topik berita/artikel yang sesuai dengan mu.
  • Mengintegrasikan Layanan Lain. Bot dapat Menyajikan konten dari layanan lain sekaligus sehingga memudahkan pemirsa dan content creator dalam mencari dan mengantarkan berita.
  • Gmail BotImage BotGIF botIMDB botWiki botMusic botYoutube botGitHub bot
  • Menangani Pembayaran. Bot bisa bertindak sebagai kasir virtual untuk menangani proses/metode pembayaran.
  • Demo Shop Bot
  • Markdown botSticker botVote botLike bot, Membuat Tool Berguna . Beberapa bot berfungsi sebagai penyapa “selamat datang”, penerjemah, counter, atau layanan lainnya sesuai kebutuhan.
  • GameBotGamee, Membuat Games. Bot bisa menawarkan HTML5 experiences yang menakjubkan untuk takaran sebuah game di platform chatting, dari arcades sederhana dan puzzles hingga 3D-shooters dan game real-time strategy
  • Melakukan pekerjaan apapun secara virtual, kecuali memasak /nyuci/bersih2 — bot tidak bisa melakukan pekerjaan dengan objek di real world.

Cara Membuat Bot Telegram dengan BotFather

Bagi sebagian orang—khususnya yang bukan programmer—mungkin akan merasa kesulitan mempelajari cara membuat Bot Telegram, karena tidak memiliki kemampuan pemrograman/coding.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa membuat Bot tanpa harus menulis satu baris kode pun. Caranya? Caranya menggunakan bot yang sudah dirancang khusus untuk pembuatan membuat bot.

Membuat Bot Telegram

Sebuah bot Telegram bernama @manybot memiliki kemampuan untuk menciptakan mesin bot. Kita akan menggunakan bot ini untuk membuat mesin kendali.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat bot melalui ManyBot.

Buka Bot manybot: https://t.me/Manybot kemudian klik Create a New Bot.

1

Kemudian Anda akan mendapatkan pesan seperti di bawah ini:

2

Silahkan Klik Saja @BotFather untuk membuat nama Bot dan mendapatkan token API. Bot Father adalah bot resmi dari telegram yang tugasnya melahirkan/menciptakan bot baru.

Mengambil Token API dari BotFather

Token API adalah kunci untuk mengakses Bot. Token ini biasanya digunakan pada kode program. Tapi karena kita tidak menulis kode, jadi nanti kita berikan token ini ke @Manybot.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk menciptakan bot baru dari BotFather:

Buka Bot Father: https://t.me/botfather kemudian klik pada ikon command bot [/] kemudian pilih new bot. Setelah itu tulis nama bot yang Anda inginkan.

3

Kemudian tuliskan username untuk bot. Username akan menjadi nama unik dari bot yang akan kita buat. Username harus diakhiri dengan kata “bot” dibelakangnya.

4

Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode API berupa token. Silahkan salin token kode API tersebut untuk nantinya ditempel pada @ManyBot.

5

Tempel Token API ke @ManyBot

Langkah cara membuat bot Telegram selanjutnya adalah Anda dapat mengirimkan token API yang didapat dari BotFather ke ManyBot. Sekarang mesin Bot-nya sudah jadi.

6

Anda dapat langsung mengetesnya dengan klik link username atau klik /skip untuk melewati. Selanjutnya, Anda dapat melakukan konfigurasi pada bot yang sudah dibuat sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Anda juga dapat melakukan uji coba terhadap bot yang sudah Anda buat dan tambahkan fungsi-fungsi di dalamnya.

Integrasi Bot dengan Channel

Channel dapat diikuti oleh banyak orang, sedangkan bot tidak. Bot hanya dapat digunakan saja dan kita juga tidak tahu, siapa penggunanya kalau tidak dibuatkan database.

Bila Anda punya sebuah channel dan ingin setiap artikel baru dari Blog diunggah juga ke channel, maka Anda harus menambahkan Bot-nya sebagai Administrator Channel.

Caranya? Silahkan buka Channel-nya, kemudian pada bagian Member klik Administrator.

Selanjutnya, klik Add Administrator.

7

Cari nama bot dengan menuliskan username bot yang Anda buat sebelumnya. Jika sudah ketemu, klik bot tersebut kemudian akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

cara membuat bot telegram

Klik saja Ok, maka bot sudah terintegrasi dengan channel Anda. Penambahan administrator sudah dilakukan. Kini, apa pun kiriman terbaru dari bot akan dikirim juga ke channel.

Nah pada tahap ini, Anda sudah mempelajari cara membuat bot Telegram tanpa coding. Mudah bukan? Anda tidak perlu berurusan dengan penulisan kode yang rumit.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam cara membuat bot Telegram. Token bot digunakan untuk mengakses Bot, dengan memberikan Token API ke @ManyBot, artinya Anda telah menyerahkan sepenuhnya kendali kepada server @ManyBot.

Apabila Anda ingin bot-nya berfungsi lebih canggih lagi, maka Anda harus melakukan coding.

Cara Menggunakan Bot Telegram

Setelah belajar tentang cara membuat bot Telegram, bagaimana cara menggunakannya? Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan sebuah bot ini.

Di artikel ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan sebuah telegram bot. Berikut beberapa cara yang sangat mudah, yang bisa kalian gunakan untuk Telegram Bot.

Cara Pertama

Anda bisa mengirimkan sebuah pesan, berupa perintah ke fitur Bot dengan cara membuka sebuah obrolan dengan salah satu bot yang ingin kalian tuju.

Lanjutkanlah dengan mencari sebuah Bot di kotak pencarian yang ada di aplikasi Telegram, jika sudah ketemu Anda hanya tinggal memasukkan tulisan sebuah bot yang ingin dicari.

Jika sudah melakukan hal diatas, Anda hanya tinggal melakukan sebuah chat dengan mengetikkan sebuah perintah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sebuah perintah yang telah Anda kirimkan tadi, akan dilanjutkan dengan diteruskan ke sebuah perangkat lunak yang berjalan dalam suatu server.

Langkah terakhir yaitu, Anda hanya perlu menunggu selama beberapa detik, perintah yang telah Anda kirimkan akan dienkripsi sekaligus dengan melakukan sebuah komunitas dengan aplikasi Telegram.

Cara Kedua

Anda dapat berinteraksi dengan bot yang Anda inginkan. Untuk berinteraksi menggunakan bot, Anda harus mengirimkan sebuah permintaan atau perintah dengan cara mengetikkan langsung nama pengguna bot dan perintahnya didalam sebuah bidang input.

Hal tersebut biasa disebut dengan bot online.

Apakah Bot Telegram Aman?

Bot Telegram bisa dianggap saja sebagai lawan chat Anda dalam sebuah percakapan namun bukan manusia. Bot Telegram sama seperti pengguna manusia.

Bot juga dapat melihat nama publik Anda, nama pengguna Anda, serta foto profil Anda di Telegram. Namun mereka tidak akan melihat nomor telepon milik Anda jika bukan Anda sendiri yang memberikannya kepada mereka.

Layaknya melindungi keamanan data pribadi Anda terhadap pengguna lain, terhadap bot pun Anda harus bisa menjaga keamanan data milik Anda sendiri.

Jangan berikan kata sandi, kode – kode Telegram, nomor rekening, nomor telepon, dan lainnya jika bot tersebut memintanya. Anda juga perlu berhati hati dalam membuka suatu file yang dikirimkan oleh bot.

Bisa saja file tersebut adalah jebakan untuk Anda yang memiliki kemungkinan besar untuk menyedot data pribadi atau menyebarkan virus.

Telegram bot adalah fitur canggih dari Telegram yang tidak dimiliki di banyak aplikasi chatting lain. Para pengguna Telegram dapat dengan bebas menggunakan fitur tersebut untuk meng-automatisasi segala aktivitasnya di Telegram.

Bagi para pengembang, Telegram bot menjadi salah satu cara mereka untuk melatih skill programming dan ide kreatif mereka untuk menciptakan bot – bot baru yang memiliki manfaat dan memberikan kemudahan bagi pengguna lain.

Namun meskipun Telegram bot terlihat baik dan positif, tentu yang namanya robot tentu harus tetap diwaspadai. Anda juga perlu menjaga data pribadi dengan tidak menyerahkannya kepada bot jika mereka memintanya.

Kunjungi website kami untuk mengetahui beragam tips dalam strategi pemasaran melalui media sosial lainnya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.