cara membuat website ecommerce terbaik

Pelajari Cara Membuat Website eCommerce Terbaik Disini!

Website eCommerce terbaik akan memperlancar proses bisnis Anda. Inilah cara membuat website e-commece berkualitas!

Pada era digital saat ini, para pedagang konvensional tidak bisa hanya mengandalkan toko di pasar saja. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena eCommerce sudah menguasai perdagangan Indonesia.

Untuk itu, para pedagang harus bisa membuat website eCommerce terbaik.

Bagi Anda yang ingin menekuni dunia pasar internet, tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah ada jasa pembuatan website.

website ecommerce terbaik

Mengenal Website eCommerce Terbaik

Istilah populer dari perdagangan elektronik atau perdagangan internet, disebut dengan website eCommerce terbaik. Pertemuan pembeli dan penjual di internet, dikenal dengan pasar.

Tempat ini akan  melibatkan transaksi barang dan jasa, transfer dana dan pertukaran data, dan yang lainnya sama seperti kegiatan di pasar umumnya.

E-niaga atau eCommerce mengacu pada transaksi yang dilakukan melalui internet dengan adanya perdagangan elektronik. Anda bisa saja terlibat dalam e-niaga, baik itu secara individu maupun perusahaan dengan adanya proses pembelian atau penjualan produk secara online.

Istilah eCommerce mencakup aktivitas lain termasuk perbankan internet, lelang online, gateway pembayaran, dan tiket online.

Website eCommerce terbaik bisa memiliki pasar yang luas dan di marketingkan untuk memperkuat traffic website. Namun, sebelum Anda membuat website tersebut harus memiliki produk yang dijual.

1

Langkah-langkah Membuat Website eCommerce

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat website eCommerce terbaik, yaitu :

Membuat Website Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat akun website terlebih dahulu Namun, sebelum Anda membuat website tersebut harus mengkomparasikan volume penjualan secara offline.

Anda bisa menggunakan jasa kami, Social Media Marketer sebagai jasa penyedia hosting, apabila ingin mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Apabila website eCommerce Anda menggunakan share hosting uang murahan, maka Anda bisa mengalami kerugian.   

Login ke Member Area Terlebih Dahulu

Sesudah domain dan hosting dibuat berarti website Anda sudah jadi. Namun, Anda harus login terlebih dahulu ke member area dan memilih domain yang sudah dibuat, agar bisa mengolah website biasa menjadi website eCommerce terbaik.

Kemudian, Anda dapat memilih domain yang ingin digunakan sebagai website eCommerce terbaik dan mengaturnya di setting service.

Sebelum Anda membeli hosting, alangkah lebih baiknya Anda mencari penyedia hosting yang memiliki tools cukup banyak. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Apalagi dalam mengelola website, walaupun Anda sedang tidak membuat website eCommerce terbaik. Jika penyedia hosting memiliki pilihan tools yang banyak, berarti website yang Anda buat akan semakin mudah dan memberikan banyak keuntungan.

Seperti yang sudah disediakan oleh pihak Social Media Marketer, yang akan memberikan tools untuk Anda karena produk yang disediakan sudah terjamin kualitasnya. 

Langsung Masuk Ke CPanel

Setelah Anda masuk ke dalam menu member area dari penyedia hosting, Anda bisa langsung masuk ke CPanel yang berasal dari pengelola website.

Anda bisa mengklik menu login CPanel dengan memasukkan password dan kebutuhan lainnya  yang akan dikirim ke email Anda oleh penyedia hosting.

CPanel sendiri menjadi salah satu pilihan alat yang digunakan untuk mengelola website Anda. Ada banyak sekali aplikasi yang akan membantu Anda mengelola website dari Cpanel. 

Menginstall WordPress

Sesudah masuk ke menu Cpanel, Anda bisa mencari menu softaculous agar bisa memilih CMS dan platform yang digunakan untuk menata layout dan membuat website eCommerce terbaik.

Jika Anda sudah terlanjur berlangganan dengan penyedia hosting yang tidak memiliki menu softaculous, Anda bisa kecewa. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu layanan tersebut sebelum Anda berlangganan hosting.

Selanjutnya, Anda bisa memilih WordPress pada menu untuk melakukan install. WordPress termasuk salah satu platform yang sering digunakan orang, karena memiliki banyak plugin yang akan mendukung Anda dalam mengembangkan website.

Website eCommerce terbaik akan menjadi maksimal karena pemasukannya mudah didapat. Setelah itu, Anda bisa langsung ke menu settingan agar melihat tools yang akan mengelola website Anda.

Menginstall Plugin WordPress

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa WordPress ini berguna sebagai salah satu platform yang dapat mengelola website karena banyaknya plugin dan lebih mudah. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke panel kiri pada tampilan WordPress Anda.

Pilihlah perintah Plugin dari beberapa menu yang tersedia. Nantinya, Anda akan dimudahkan dengan adanya tools untuk membuat eCommerce terbaik. Ketika Anda sudah masuk ke menu plugin, maka bisa langsung memilih perintah  Add New.

Selanjutnya akan muncul banyak sekali pilihan plugin yang sudah tersedia di WordPress dan bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan website Anda.

Setelah itu, search plugin “WooCommerce” dan instal plugins. Ikutilah semua perintah yang ada untuk menginstalnya. WooCommerce termasuk salah satu plugin yang sangat powerfull untuk membangun website eCommerce terbaik Anda sendiri.

Hanya dengan menggunakan hosting dari Social Media Marketer, maka platform WordPress dan WooCommerce bisa dijadikan sebagai plugin. Anda pun bisa mempunyai komposisi yang mantap untuk membuat website jual beli sendiri.

Registrasi Keuangan WooCommerce

Setelah menginstal Woocommerce akan banyak sekali langkah yang perlu dilengkapi. Mulai dari data dan alamat Anda, akun bank Anda, jenis produk yang akan Anda jual, dan juga sistem pengiriman.

Anda harus mengisi data yang lengkap demi kelangsungan bisnis Anda dalam menjalankan eCommerce. Lakukan dengan lengkap jangan sampai terdapat data yang salah, karena bisa mengganggu bisnis Anda kedepannya.

Setelah menginstal dan mengisi data yang lengkap, akan terdapat panel baru dalam layar kiri wordpress Anda. Plugin dari WooCommerce akan menambah panel baru yaitu WooCommerce dan juga Products.

Dimana Woocommerce berisi tentang setting mengenai toko online Anda, dan fitur Products yang berguna untuk setting penambahan produk Anda dan beberapa menu pembeli yang sudah melakukan transfer pembayaran.

Dapat Memasang Tampilan Website

Selanjutnya, tempelan tema dari WooCommerce akan secara otomatis menjadikan website Anda mempunyai design toko online yang lengkap karena ada perintah jual beli.

Sebaiknya Anda ubah terlebih dahulu, dengan menyertakan nama toko pada website, dan beberapa pilihan menu produk.

Selain itu, keperluan lain pada design website Anda juga perlu disetting sehingga semakin mantap saat Anda mulai mengunggah produk.

Dapat Memasang Produk

Selanjutnya, apabila Anda sudah merasa puas dengan design website ecommerce terbaik Anda, maka Anda bisa memulai mengunggah produk melalui menu products yang tertera di panel kiri WordPress.

Jika Anda merasa semakin dekat dengan keberhasilan Anda, Anda bisa memulai mengunggah produk Anda dengan klik perintah ‘Add New’.

Adanya Proses Jual Beli

Contoh, Anda berhasil mengunggah barang misalnya barang yang dijual adalah berupa ‘item’, yang mempunyai stok 15 buah dan harga sebesar Rp 150.000,00. 

Apabila Anda memperoleh pembeli untuk produk Anda, nantinya akan mendapat info pembeli di panel WooCommerce lalu Orders klik.

Jika Anda sudah memperoleh pembeli ini menjadi status pertama yang dinamakan “On Hold”, Anda bisa mengubah status menjadi “Pending Payment” bila menunggu pembayaran, “Processing” bila sedang pengiriman atau pembuatan barang, dan “Completed” bila transaksi telah selesai.

Setelah membaca semua informasi yang ada di atas, maka dipastikan Anda siap menjadi pedagang eCommerce. Selamat mencoba dengan tuntunan di atas dan jangan ragu untuk bertanya pada kami bila ingin bertanya atau memberi masukan tentang website dan hosting.

2

Jenis-Jenis Website eCommerce Terbaik

Dibawah ini ada berbagai jenis eCommerce yang perlu Anda ketahui, yakni :

Business-to-Business (B2B)

Bisnis eCommerce ini termasuk transaksi elektronik jasa atau barang yang dilakukan antar perusahaan.

Bisnis ini dikelola oleh pihak yang saling berhubungan dalam menjalankan bisnis, dimana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang dilakukan.

Jenis business to business ini biasanya hanya menggunakan Electronic Data Interchange (EDI) dan email. Dimana proses transfer datanya harus terstruktur dalam format yang sudah disetujui dalam bentuk elektronik.

Business-to-Consumer (B2C)

Jenis bisnis eCommerce ini menjadi salah satu perdagangan elektronik yang melibatkan antara pelaku bisnis dan konsumen.

Bisnis ini dikenal sangat mudah dan lebih dinamis, namun akan menyebar secara tidak merata dan bisa saja terhenti.

Bisnis eCommerce ini jauh lebih jauh berkembang pesat karena adanya dukungan dari website dan banyaknya toko virtual bahkan mall di internet yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat.

Bisnis ini akan memungkinkan produsen untuk memasarkan produknya ke konsumen secara online. Para produsen harus menjalankan usahanya dengan cara memasarkan produk ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali.

Hal tersebut menunjukkan bahwa produsen hanya memasarkan produk atau jasanya saja, sementara konsumen hanya sebagai pihak pengguna atau pembeli.

Consumer-to-Consumer (C2C)

Jenis eCommerce ini biasanya melakukan transaksi antar konsumen dengan konsumen lainnya, yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa.

Pada umumnya, transaksi bisnis ini bisa dilakukan oleh pihak ketiga yang biasanya menyediakan platform secara online untuk bertransaksi.

Misalnya saja, ada konsumen dari suatu produsen ingin memasarkan kembali produk ke konsumen lain.

Consumer-to-Business (C2B)

Salah jenis perdagangan elektronik di mana konsumen (end-use) menyediakan produk atau layanan ke suatu perusahaan, dikenal dengan Consumer-to-Business (C2B). Jenis eCommerce ini berbeda dengan B2C, karena bisnis ini akan menghasilkan produk dan layanan konsumsi konsumen.

Business-to-Administration (B2A)

Salah satu jenis perdagangan elektronik yang mencakup transaksi secara online antar perusahaan dan administrasi publik dikenal dengan Business-to-Administration (B2A).

Jenis bisnis eCommerce ini menjadi meningkat hanya dalam beberapa waktu, karena investasi yang dibuat melalui pihak pemerintah atau e-government.

Online-to-Offline (O2O)

Jenis perdagangan elektronik yang bisa menarik pelanggan dari toko online menjadi toko fisik dikenal dengan Online-to-Offline (O2O).O2O nantinya bisa mengidentifikasi konsumen di online, dengan adanya iklan internet dan email. Selanjutnya, akan ada pendekatan untuk menarik pelanggan agar meninggalkan kebiasaan belanja secara online.

3

Manfaat Adanya eCommerce Terbaik

Dalam beberapa tahun belakang ini, eCommerce memang menunjukkan pertumbuhannya yang semakin hari semakin meningkat. Memang, sebuah bisnis harus memanfaatkan eCommerce.

Dibawah ini ada beberapa manfaat dari website eCommerce terbaik, yaitu :

Adanya Pasar Skala Global

Toko fisik atau offline memang biasanya tidak banyak diketahui oleh orang-orang, berbeda halnya dengan toko online yang bisa diketahui seluruh dunia.

Dengan adanya, website eCommerce terbaik para pedagang bisa beralih dari basis pelanggan lokal menjadi pasar global tanpa harus menggunakan biaya tambahan.

Adanya Ketersediaan Stok Sepanjang Waktu

Manfaat besar lainnya, ketika menjalankan bisnis online ialah adanya stok sepanjang waktu. Sehingga ada peningkatan yang signifikan untuk pedagang. Hal ini bisa menjadi pilihan yang tersedia dan mudah untuk para pelanggan. 

Bisnis eCommerce bisa dilakukan selama 24 jam, karena memang tidak ada batasan jam kerja.

Dapat Mengurangi Biaya

Dengan adanya biaya operasional yang jauh lebih rendah, bisnis eCommerce akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Biasanya untuk biaya utama dari eCommerce yaitu biaya pergudangan dan penyimpanan produk.

Apabila tidak mempekerjakan staf penjualan atau pengelola etalase fisik. Anda bisa menikmati keuntungan awal yang lebih rendah, jika menjalankan bisnis dropshipping.

Namun, Anda bisa memberikan penawaran dan diskon yang lebih baik kepada pelanggan Anda, agar bisa menghemat biaya operasional dan menambah peminat pelanggan.

Adanya Manajemen Persediaan

Untuk mempercepat prosedur pemesanan, pengiriman dan pembayaran, maka secara otomatis website eCommerce terbaik bisa melakukan manajemen inventaris dengan menggunakan alat elektronik.

Sehingga biaya operasional dan inventaris, jauh lebih mudah dan dapat menghemat uang.

Adanya Target Pemasaran

Dalam mengawasi kebiasaan pelanggan dan tren industri yang sedang berkembang, Anda perlu mengakses begitu banyak data pelanggan dan peluang bisnis.

Dengan adanya data, akan menambah pengalaman Anda supaya menemukan lebih banyak pelanggan baru. Melalui website eCommerce terbaik Anda bisa terlihat lebih gesit dalam membentuk pemasaran.

Melayani Pasar Khusus

Dengan mempersiapkan produk khusus menjadi populer sebenarnya mudah, apalagi dalam menjalankan bisnis tertentu yang umumnya bisa saja menyulitkan.

Pebisnis eCommerce dapat membangun bisnis sesuai niche agar mendapatkan keuntungan, tanpa harus investasi meskipun sudah memasuki pasar global.

Pelanggan dari seluruh dunia bisa menemukan dan membeli produk Anda, hanya dengan menggunakan website eCommerce terbaik.

Anda bisa membuat desain yang menarik, hal ini menjadi salah satu aspek yang tidak boleh Anda lewatkan, apalagi dalam membuat website eCommerce terbaik.

Tampilan toko online yang menarik akan membuat calon customer menjadi senang. Karena, sebenarnya membuat desain toko online yang menarik tidak terlihat sulit.

Dari beberapa manfaat yang dijelaskan diatas, masih ada manfaat lainnya yang bisa Anda ketahui. Untuk itu, segera bergabung dengan Social Media Marketer agar mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.

5

Belajar Lebih Lanjut dengan Tim SMM!

Karena ada banyaknya bisnis yang tertarik dengan potensi dari eCommerce, tidak heran jika dari waktu ke waktu, pasar eCommerce Indonesia menjadi pasar yang memiliki potensi besar selama bertahun-tahun.

Baik itu, perusahaan lokal dan asing, bahkan investor juga ikut meluncurkan situs web, aplikasi, dan pasar eCommerce mereka di Indonesia. Hal ini dilakukan, karena menyadari populasi negara di Indonesia sangat besar dan untuk mengantisipasi terjadinya ledakan digitalnya.

Bahkan, saat ini sudah ada jutaan pengunjung yang semakin hari semakin meningkat setiap bulannya, hal inilah yang membuat para perusahaan dan investor itu menjadi sangat sukses.

Dengan adanya eCommerce tersebut,  Anda bisa membuat pasaran kecil menjadi lebih tertarik. Potensi website eCommerce terbaik Indonesia semakin hari akan semakin melejit, hal ini yang akan membuat pasar terbuka luas.

Dan memberikan pebisnis kesempatan. Untuk Anda yang ingin belajar lebih lanjut, segera menghubungi tim kami ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.