6 strategi memulai bisnis di Shoope

5 Strategi Memulai Bisnis di Shopee Bagi Pemula

Berbelanja di market place atau biasa disebut dengan online shopping kini telah menjadi kebiasaan banyak orang. Selain kemudahan dalam pemesanan, berbagai potongan harga dan juga gratis ongkir juga menjadi daya tarik dalam berbelanja.

Salah satu market place yang menjadi primadona di kalangan banyak orang adalah Shopee. Perusahaan yang berpusat di Singapore ini telah memiliki 26.92 Juta pengguna harian yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini menjadikan Shopee sebagai satu dari sekian banyak market place yang menguasai pasar di Indonesia disusul dengan Tokopedia, Blibli, dan juga Bukalapak. Hal ini juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan dalam berbelanja online.

Berubahnya kebiasaan dalam berbelanja ini juga membuat banyak penjual memilih untuk melakukan jual beli melalui Shopee. Selain bisa dilakukan dari rumah, pedagang juga bisa mendapatkan konsumen dari berbagai tempat dan tidak berfokus di satu daerah.

Selain itu dalam proses pengiriman, penjual juga bisa menggunakan jasa antar barang yang kini telah membuka banyak cabang di berbagai tempat sehingga pedagang tidak perlu keluar rumah untuk mengirim barang bahkan ada pilihan pick up barang.

Akan tetapi banyaknya penjual yang menjual berbagai produk yang sama dengan harga yang bersaing menjadikan pedagang baru di Shopee harus memutar otak agar tokonya menjadi nomor satu di Shopee.

Berikut cara mendaftar sebagai penjual di Shopee serta strategi yang tepat agar menguasai pasar dan konsumennya.

keuntungan berjualan di Shoope

Keuntungan Berjualan di Shopee

Sebagai market place terbesar di Indonesia dengan puluhan juta pembeli harian tidak heran banyak penjual yang mendapatkan keuntungan besar dengan berjualan di Shopee. Selain itu berbagai fitur menarik juga membantu dalam proses promosi sehingga toko baru pun menjadi lebih terkenal.

Berikut beberapa keuntungan lain dari memulai berbisnis di Shopee :

Konsumen yang Banyak dan Luas

Aplikasi shopee saat ini menjadi salah satu fitur yang harus ada di Handphone banyak orang. Hal ini bisa anda cek dengan melihat kumpulan aplikasi yang ada di gadget teman atau saudara anda.

Kemudahan dalam mengunduh aplikasi serta mendaftar akun menjadikan Shopee pilihan pertama dalam memulai pengalaman dalam berbelanja online. Karena kemudahan inilah banyak konsumen dari berbagai usia bisa berbelanja secara online.

Selain itu, Shopee juga menyediakan jasa antar barang yang bekerja sama dengan berbagai ekspedisi terpecaya. Hal ini menjadikan banyak orang yang tinggal di pelosok sekalipun dapat berbelanja dan juga menerima paket pembelian.

Meskipun begitu, penjual juga sebaiknya menentukan target konsumen yang tepat sebelum memulai membuka toko di Shopee. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar pembeli yang datang dan juga menjadi langganan di lapak jualan yang dimiliki.

Tidak hanya itu, dengan mengetahui target konsumen yang tepat penjual juga dapat membuat strategi promosi yang harus dilakukan agar menyenangkan hati pelanggan.

Berbagai Program Menarik Bagi Penjual dan Konsumen

Tanggal kembar yang dulu dianggap sebagai hal biasa kini menjadi waktu yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Pada tanggal inilah pembeli bisa mendapatkan berbagai potongan harga dan juga gratis ongkos kirim di toko incaran.

Shopee sendiri juga menyediakan berbagai program menarik yang memanjakan konsumen. Beberapa diantaranya adalah voucher potongan harga dan gratis ongkir, pembayaran melalui Shopeepay, fitur cash on delivery (COD), serta shopee pay later.

Berbagai fitur ini bisa memudahkan pembeli dalam membeli barang impian dengan mudah dan cepat serta harga yang lebih murah dibandingkang dengan toko aslinya. Beberapa fitur ini juga di bisa di pasang penjual di toko yang dimiliki dan bisa diaktifkan langsung oleh pembeli.

Penjual juga sebaiknya memperhatikan syarat dan keterntuan dalam menggunakan berbagai fitur tersebut. Hal ini dilakukan agar penjual mendapatkan keuntungan yang maksimal dari berbagai potongan yang ada.

Pedagang juga bisa bertanya lebih banyak mengenai ketentuan pemasangan voucher ke bagian customer service atau mengirim pesan ke email Shopee agar bisa bertanya lebih jelas.

Fitur Penghargaan Untuk Penjual

Seorang penjual tentunya ingin mendapatkan apresiasi lebih apalagi ketika melihat toko yang dimiliki sudah berkembang pesat dengan memiliki banyak pelanggan serta pembelian ke berbagai daerah.

Shopee pun mengerti keinginan pelanggan dan meluncurkan salah satu fitur yang membuat nama toko naik dan mampu menambah lebih banyak pembeli. Salah satu fitur penghargaan tersebut adalah pembelian star seller pada toko yang telah terpilih.

Star seller adalah sebuah fitur penghargaan yang diberikan kepada penjual yang telah aktif dalam melakukan penjualan serta memberikan pelayanan terbaik ke pembeli. Fitur ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pembeli pada toko yang akan dikunjungi.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak karena pembeli pastinya akan memilih toko yang memiliki status star seller dibandingkan toko biasa yang belum mendapatkan label apapun.

Beberapa persyaratan untuk menjadi star seller adalah toko yang dimiliki milik pribadi dan tidak bekerja sama atau terikat dengan perusahaan lain. Penjual juga harus memiliki kartu tanda penduduk yang telah terdaftar dan diverifikasi oleh pihak Shope.

Selain itu, penjual juga harus aktif dalam melayani pembeli dengan cepat membalas pesan. Shopee pun menetapkan presentasi pelayanan sebesar 75% dari chat yang masuk. Penilaian dan rating toko juga harus tinggi dengan presentasi 4.5/5.

Pendapatan yang harus dimiliki oleh sebuah toko pun minimal 20 Juta selama 30 hari dalam masa penghitungan. Toko pun juga harus memiliki penilaian yang baik dengan tidak adanya poin penalti serta riwayat pemesanan yang tidak wajar.

Apabila penjual sudah memenuhi semua kriteria berikut maka Shopee akan mengirimkan undangan untuk menjadi Star Seller dan penjual pun akan diminta untuk mengirimkan verifikasi data melalui kartu tanda penduduk.

Setelahnya penjual dapat menunggu persetujuan dari pihak Shopee. Pedagang juga dapat mengecek kelanjutan dari verifikasi tersebut dengan mengunjungi seller center atau melakukan pengecekan mandiri secara berkala.

Penjual yang telah mendapatkan verfikasi star seller juga harus mempertahankan performasnya agar status penghargaan tersebut tidak dicopot oleh Shopee.

Proses untuk menjadi star seller di Shopee mungkin akan memakan waktu lama karena harus mengumpulkan banyak konsumen. Karenanya melakukan promosi secara rutin baik melalui social media atau di Shopee sendiri akan membantu dalam menaikkan penjualan.

Pilihan Jasa Pengiriman

Salah satu alasan terbesar banyaknya pengguna Shopee di Indonesia adalah adanya kerjasama dengan berbagai jasa antar barang yang bisa mengirim ke berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga pembeli pun bisa mendapatkan barang yang diinginkan dari daerah yang berbeda.

Selain itu, pada tanggal tertentu Shopee juga mengadakan promo gratis pengiriman barang ke berbagai wilayah sehingga pembeli tidak perlu menambah biaya untuk jasa kirim dari penjual ke pembeli.

Penjual juga dapat menggunakan fitur ini dengan memilih jasa pengiriman barang yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu pada keuntungan dan kerugian dalam menggunakan jasa tertentu.

Pastikan juga jasa antar yang dikirim memiliki cabang di dekat lingkungan penjual sehingga barang bisa dikirim lebih cepat. Beberapa jasa juga menawarkan fitur pick up sehingga pedagang hanya perlu menunggu barang diangkut tanpa perlu pergi ke cabang terdekat.

Berbagai jasa pengiriman tersebut juga memberikan harga yang berbeda di setiap pelayanannya juga kecepatan dalam mengirimkan barang. Karenanya pilihlah jasa antar yang sesuai dengan budget yang dimiliki oleh pembeli sehingga menjadi nilai tambah di mata konsumen.

cara memulai jualan di Shoope

Cara Memulai Jualan di Shopee

Berbagai keuntungan serta fitur yang ditawarkan Shopee tentunya menarik perhatian penjual pemula yang ingin memulai jalan baru sebagai penjual online. Berikut beberapa cara memulai jualan di Shopee yang bisa diikuti untuk mulai membuka akun jualan.

Pilihlah Produk yang akan Dijual

Hal penting yang sebaiknya dipikirkan dengan matang oleh penjual sebelum memulai bisnis di Shopee adalah menentukan terlebih dahulu produk yang akan dijual. Hal ini akan menentukan dalam target konsumen serta proses pemasaran ke depannya.

Ada beberapa pilihan proses penjualan yang bisa dipilih oleh para pedagang, yaitu menjual produk sendiri, menjadi reseller, atau memulai jalan sebagai dropshipper. Ketiganya tentu memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri.

Penjual yang mulai menjual produk sendiri tentu saja harus menyiapkan proses produksinya dari awal hingga packing serta memantau produk yang dikirim aman di tangan pembeli. Kerugiannya adalah pedagang juga harus siap apabila barangnya belum laku dalam jangka waktu lama.

Pilihan kedua yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menjadi reseller barang. Pedagang bisa membeli produk tertentu dari agen atau supplier yang telah berpengalaman di bidanganya.

Saat ini banyak beredar peluang menjadi reseller di internet yang bisa dicari dengan mudah dengan biaya yang murah. Akan tetapi, penjual juga harus memperhatikan kualitas barang yang akan dijual sehingga akan membuat konsumen senang.

Bacalah terlebih dahulu testimoni dari reseller lainnya untuk menentukan langkah selanjutnya dalam memilih distributor yang akan dituju. Jangan sampai tergiur pada keuntungan yang ada namun tidak memperhatikan resiko di baliknya.   

Ketahui juga syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebagai reseller sehingga tidak mengurangi resiko kerugian ke depannya. Pilihlah barang yang tahan lama serta dicari banyak orang sehingga barang jualan lebih mudah terjual dan tidak perlu menumpuk terlalu lama.

Akan tetapi apabila penjual belum memiliki modal yang cukup untuk menjadi produsen atau reseller di Shopee, pilihan untuk menjadi dropshipper juga bisa menjadi solusi. Menjadi dropshipper berarti penjual hanya perlu mempromosikan barang tanpa perlu memikirkan proses packing.

Akan tetapi, penjual juga harus memperhatikan track record produsen yang akan dituju sehingga anda tidak akan disalahkan apabila barang yang dikirim tidak sesuai kriteria. Perhatikan juga pembagian keuntungan yang dibagikan sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang sesuai.

Mengunduh Aplikasi Shopee

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis di Shopee adalah mengunduh aplikasi Shopee yang tersedia di Google Play Store atau Apple Store.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan hanya memerlukan memori yang sedikit. Akan tetapi, penjual juga harus memperhatikan gadget yang dimiliki karena semakin lama kebutuhan memori untuk Shopee juga biss terus bertambah seiring dengan banyaknya transaksi yang dilakukan/

Shopee sendiri juga bisa dibuka secara langsung di website sehingga memudahkan dalam proses tracking ataupun membalas pesan pelanggan yang membutuhkan foto bukti barang.

Tunggulah beberapa saat dalam proses mengunduh lalu aplikasi Shopee akan tersedia di gadget anda.

Mendaftarkan Akun Jualan di Shopee

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah aplikasi Shopee terpasang adalah mendaftarkan akun jualan.

Beberapa data yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran akun adalah data pribadi seperti nama akun, alamat penjual, serta nomor telepon. Hal ini dibutuhkan agar penjual bisa terhubung dengan pembeli dan memudahkan dalam proses penjualan.

Data kedua yang dibutuhkan adalah foto selfie dengan kartu tanda penduduk guna proses verifikasi lanjutan. Pengguna juga sudah harus menyiapakan foto profil akun dan juga nama toko sebagai identitas toko.

Penjual dapat memilih logo toko yang sesuai dengan produk yang dijual. Pembuatan logo ini sangatlah mudah cukup dengan memilih gambar yang sesuai dan juga pemberian nama toko di foto profil.

Penjual juga bisa menggunakan aplikasi Canva guna memudahkan dalam proses pengeditan. Pemilihan nama juga harus diperhatikan guna memudahkan pembeli dalam proses pencarian nama di Shopee.

Pilihlah nama yang sederhana dan mudah diingat sehingga gampang dicari di kolom pencarian. Gunakan juga nama yang unik namun sopan untuk menguatkan branding toko yang akan dijalankan di Shopee.

Pemilihan nama juga harus sesuai dengan produk yang akan diperdagangkan dan menjadi ciri khas.

Tambahkan Rekening dan Jasa Kirim

Setelah akun selesai dibuat maka jangan lupa untuk menambahkan rekening yang berguna untuk memasukkan hasil penjualan dan juga pemilihan jasa kirim guna melancarkan pengiriman barang ke konsumen.

Penjual bisa memilih memasukkan nomor rekening khusus jual beli ke dalam akun Shopee. Hal ini dilakukan agar keuntungan tidak tercampur dengan uang pribadi serta memudahkan dalam menghitung keuntungan beserta modal yang dimiliki.

Dalam pemilihan jasa kirim barang, pilihlah jasa yang mendapatkan banyak ulasan baik dari para pelanggan sehingga penjual tidak akan ikut disalahkan apabila barang yang dikirim mengalami kerusakan padahal sudah diberikan keamanan ekstra untuk barang yang akan dikirimkan.

Biasakan untuk memindah hasil keuntungan Shopee ke dalam rekening secara rutin agar tidak bertumpuk sehingga modal bisa berputar dan penjual bisa menikmati keuntungan yang di dapatkan dari penjualan di Shopee.

Masukkan Produk ke dalam Toko

Memasukkan produk ke dalam toko juga menjadi hal wajib yang dilakukan sehingga barang akan terjual di akun jualan.

Penjual bisa membuat kategori barang berdasarkan produk yang akan dijual. Hal ini akan membuat barang terlihat lebih rapih serta memudahkan pembeli dalam melihat barang yang ingin dibeli pada kategori tertentu.

Fitur Feed di Shopee juga bisa dimanfaatkan agar toko terlihat lebih menarik sehingga memanjakan mata pembeli untuk betah berlama-lama di toko anda.

Packing yang Dipilih

Beberapa keluhan yang sering dialami oleh pembeli adalah pengemasan yang tidak aman sehingga produk yang dikirimkan mengalami kerusakan. Hal ini akan membuat konsumen kecewa sehingga memberikan rating yang rendah kepada toko anda.

Kejadian ini tentu saja tidak ingin dialami oleh penjual karena begitu rating yang diberikan rendah dengan ulasan yang buruk maka penjual akan mengalami kesulitan untuk mencapai status reseller.

Karenanya penjual juga harus memperhatikan packing yang aman untk pengiriman barang ke tempat yang jauh. Beberapa rekomendari produk yang bisa digunakan untuk membuat produk aman adalah bubble wrap, kardus, dan juga caution sign.

Penjual bisa melapisi produk dengan bubble wrap sehingga produk aman dari guncangan selama perjalanan. Penggunaaan caution sign juga akan membuat kurir berhati-hati pada barang yang akan dikirim ke konsumen.

Pedangan juga bisa melakukan strategi penjualan dengan membuat kemasan packing secantik mungkin namun tetap aman saat pengiriman berlangsung. Pemberian kartu ucapan terima kasih juga akan membuat produk anda terlihat lebih eksklusif di mata pembeli.

strategi memulai bisnis di shoope

Strategi Memulai Bisnis di Shopee

Banyaknya kompetitor yang bersaing untuk memperebutkan konsumen di Shopee menjadikan penjual baru harus mempersiapkan strategi yang tepat agar produknya laris di pasaran.

Pedagang tidak perlu melakukan berbagai cara curang karena hal ini malah akan menurunkan rating di Shopee sehingga akun mendapatkan peringatan pelanggaran bahkan bisa di banned selamanya.

Beberapa strategi ini bisa diterapkan penjual untuk memanfaatkan berbagai fitur di Shopee dan menarik lebih banyak konsumen yang melakukan transaksi di toko anda.

Berikan Harga yang Bersaing

Salah satu alasan banyak orang yang beralih untuk berbelanja di Shopee adalah tersedianya berbagai kebutuhan dengan harga murah diikuti dengan potongan harga serta gratis biaya jasa pengiriman.

Hal ini menjadikan banyak penjual bersaing untuk memberikan harga terendah di bawah pasar sehingga konsumen tertarik untuk membeli dan mengikuti berbagai promo yang ada.

Karenanya penjual juga sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu pada beberapa harga barang yang akan dijual di pasaran Shopee. Hal ini akan menentuka berapa harga jual produk ke depannya.

Penjual juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan Shopee sehingga harga jual akan terlihat murah karena berbagai potongan meskipun sebenarnya penjual menggunakan harga asali.

Sertai Dengan Pelayanan Terbaik

Salah satu daya tarik yang membuat konsumen bertahan pada satu toko meskipun banyak sekali kompetitor di Shopee adalah pelayanan terbaik yang diberikan oleh penjual.

Hal ini berupa keramahan dan kecepatan dalam membalas pesan, pemberian penjelasan yang rinci terhadap barang yang dijual, serta respon penjual terhadap segala keluhan yang diberikan.

Banyaknya konsumen dengan berbagai perilakku terkadang membuat penjual merasa kelelahan dalam merespon. Berikan waktu khusus untuk menjawab pertanyaan konsumen pada jam kerja dan cantumkan juga pada deskripsi toko.

Sehingga pembeli hanya akan bertanya pada jam tersebut dan memahami apabila ada keterlambatan dalam menjawab karena adanya batasan dalam menjawab chat.

Manfaatkan Berbagai Fitur di Shopee

Shopee sendiri memiliki berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan baik oleh pembeli ataupun penjual. Beberapa fitur yang bisa digunakan oleh pedagang adalah menaikkan produk, gratis ongkir, deskripsi barang, voucher toko, gambar dan video produk, shopee live, dan juga Feed Toko.

Beberapa toko baru terkadang tidak bisa menaikkan barang dagangan yang dimiliki karena banyaknya pesaing di produk yang sama. Melalui fitur menaikkan produk, penjual bisa mengerek ranking barang jualan setiap 4-5 jam sekali sehingga barang dagangan bisa dilihat oleh pembeli.

Salah satu fitur yang menjadi kesukaan setiap pembeli adalah fasilitas gratis ongkir. Melalui penawaran ini, pembeli bisa membeli barang-barang kesukaan tanpa perlu memikirkan biaya pengiriman yang terkadang bisa lebih mahal dari produk yang dibeli.

Hanya saja tidak semua jasa pengiriman memiliki keistimewaan tersebut sehingga penjual sebaiknya memakai berbagai jasa pengiriman yang menguntungkan pedagang serta pembeli. Selain itu, pemberian voucher potongan harga juga dapat membantu dalam menaikkan jualan.

Penjual biasanya memberikan potongan harga setelah barang yang dibeli mencapai pembelian pada limit tertentu. Hal ini dilakukan agar konsumen membeli beberapa barang sekaligus atau memilih produk yang lebih mahal untuk memenuhi limit voucher tersebut.

Pembeli juga akan lebih tertarik pada produk yang memberikan deskripsi lengkap. Pada kolom deskripsi, penjual bisa menuliskan harga barang, warna barang yang tersedia, serta bahan dasar produk.

Hal ini sebaiknya ditulis secara detail sebagai bahan pertimbangan konsumen untuk membeli. Pemberian foto gambar yang detail disertai dengan video yang memperlihatkan kualitas barang. Juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada barang yang akan dibeli.

Karenanya seorang penjual sebaiknya memiliki gadget yang mendukung dalam pengambilan gambar dan video sehingga hasilnya terlihat jelas saat di upload. Selain itu, resolusi kamera yang tinggi juga akan membantu saat penjual melakukan Shopee Live.

Fitur shopee live ini berguna sebagai jembatan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. Sehingga konsumen dapat menanyakan detail produk yang ditawarkan saat siaran langsung sedang tayang.

Penjual juga bisa memberikan promo potongan harga di setiap siaran yang berlangsung untuk menarik minat pelanggan untuk mengikuti setiap live yang berlangsung. Penjual juga bisa menggunakan properti seperti manekin untuk memajang produk yang ditawarkan.

Salah satu hal kecil yang juga dapat membantu pembeli untuk betah berkunjung ke toko yang kita miliki di Shopee adalah dengan merapihkan feed toko dengan cara meletakkan produk ke kategori tertentu sehingga lebih mudah untuk dilihat oleh pembeli.

Penjual juga bisa memberikan warna tema dan banner di toko jualan sebagai branding toko sehingga terkesan lebih berkelas dibandingkan yang laiinnya. Pilihlah warna yang mencolok namun sesuai dengan tema produk yang ditawarkan.

Perbanyak Variasi Produk

Sebagian besar penjual di Shopee biasanya tidak hanya menjual satu jenis produk melainkan berbagai macam barang yang masih berkaitan dengan branding toko yang ditawarkan di Shopee.

Selain itu, Shopee sendiri juga memperbolehkan penjual untuk menjual berbagai macam produk di tokonya. Dengan adanya variasi ini akan membuat pembeli memiliki banyak pilihan serta tidak perlu mencari produk yang lain di toko sebelah. Hal ini juga akan meningkatkan keuntungan bagi penjual.

Promosi Melalui Social Media

Berbagai fitur yang dimiliki Shopee tidak lantas membuat penjual berhenti melakukan inovasi dalam promosi produk. Pedagang bisa memanfaatkan berbagai social media yang ada untuk mengenalkan barang yang bisa dibeli di toko penjual yang tersedia di Shopee.

Beberapa konten social media yang cocok dan bisa dikembangkan oleh penjual adalah konten review produk dimana penjual mempraktekkan penggunaan produk yang dijual dan juga konten carousel yang berisi berbagai jenis produk pada satu postingan.

Penjual juga bisa mengupload konten testimoni pelanggan di Instagram Story kemudian dijadikan highlight agar bisa dilihat terus menerus oleh penjual. Pastikan juga feed yang ditampilkan memiliki tema yang sama sehingga social media yang dimiliki menjadi lebih rapih.

Beberapa social media yang bisa dikembangkan oleh penjual adalah Instagram dengan memanfaatkan konten highlight story, carousel, video reels, serta direct message.

Social media Facebook juga bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan serta membuat katalog berisi produk terbaru yang bisa dibeli di lapak Shopee milik penjual.

Penjual juga bisa menyisipkan link shopee di bio social media agar pembeli bisa langsung membeli barang melalui link tanpa harus masuk ke aplikasi Shopee terlebih dahulu.

Selalu aktif dalam update konten terbaru juga akan meningkatkan engagement social media sehingga produk bisa dipromosikan dengan baik sehingga keuntungan pun terus bertambah.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.