twitter verified

Tutorial Mendapatkan Twitter Verified

Pastikan originalitas akun twitter anda dengan mendapatkan twitter verified melalui beberapa cara berikut.

Bagi pengguna twitter tentunya pernah membayangkan bagaimana rasanya mendapatkan twitter verified yang dapat membuktikan originalitas akun twitter yang anda miliki.

Mendapatkan twitter verified sendiri tentulah tidak mudah karena hanya twitter yang dapat memberikan logo centang biru pada beberapa akun twitter aktif sehinga tidak ada peluang bagi pengguna twitter untuk membeli twitter verified.

Untuk mendapatkan twitter verified tentunya kreator harus membuat akun anda spesial dan berfokus pada bidang khusus seperti akun twitter untuk brand, politikus, selebritis, musisi, artis, jurnalis, influencers, dan masih banyak lagi.

Setelah diluncurkan di tahun 2017 lalu, twitter terus memberlakukan pembaruan persyaratan mendapatkan twitter verified yang lebih ketat sehingga tidak ada celah bagi akun twitter provokator untuk mendapatkan twitter verified.

Namun sebelum mendapatkan twitter verified, sebaiknya ketahui dulu siapa saja yang bisa mendapatkan twitter verified dan cara mendapatkan badge biru tersebut.

twitter

Apa Itu Twitter Verified

Bagi sebuah akun twitter yang mendapatkan twitter verified maka akun tersebut memperoleh keuntungan dikenali oleh pengguna twitter lain berkat keaslian akun serta minat publik pada akun twitter tersebut.

Pemberian twitter verified pada sebuah akun yang autentik berarti akun tersebut bukan merupakan akun tiruan, bot, dan manipulasi serta akun twitter tersebut tidak pernah melanggar peraturan twitter selama jangka waktu tertentu.

Hal ini dikarenakan hanya twitter sediri yang dapat memberikan badge twitter verified ke akun twitter tertentu sehingga tidak ada peluang bagi pengguna twitter untuk membeli logo verified dari pihak ketiga.

Disisi lain, memiliki banyak twitter followers bukan berarti anda akan bebas mendapatkan atau mengajukan twitter verified karena twitter sendiri akan mengecek apakah twitter followers anda di dapatkan secara organik atau membeli twitter followers dalam jumlah tertentu.

Meskipun terkesan rumit dan panjang untuk mendapatkan twitter verified namun pengguna twitter akan merasakan berbagai manfaat setelah mendapatkan logo centang biru tersebut.

apa itu twitter verified

Keuntungan Memiliki Twitter Verified

Meskipun perjalanan untuk mendapatkan twitter verified terasa berliku dan rumit namun tetap saja banyak pengguna twitter yang ingin memiliki akun centang biru.

Hal ini dikarenakan prestige serta membuktikan kredibilitas dan autentik akun twitter yang dimiliki sehingga disukai oleh banyak pengguna twitter.

Tidak hanya itu, bagi kreator yang mengembangkan akun twitter untuk promosi tentunya mendapatkan badge baru ini dapat memudahkan promosi yang dimiliki. Berikut beberapa keuntungan lainnya dari memiliki akun twitter verified :

Twitter Verified Membangun Kredibilitas Akun Twitter

Bagi seorang kreator yang membuat akun twitter sebagai bagian dari promosi produk dan meningkatkan brand awareness dari brand yang dimiliki tentunya menginginkan akun twitter anda dikenal oleh pengguna twitter.

Sayangnya semakin banyak twitter followers yang dimiliki serta tingginya engagement yang dimiliki tidak menutup kemungkinan bahwa akun twitter anda akan ditiru oleh orang lain.

Penjiplakan ini tentunya merugikan kreator karena bisa saja akun troll tersebut menyebarkan informasi palsu yang tentunya membuat kredibilitas akun twitter anda menurun.

Karenanya untuk membuktikan keaslian akun twitter anda maka kreator bisa memulai untuk mendapatkan twitter verified sehingga menghindari adanya peniru yang mencoba membuat akun yang sama mengenai brand anda.

Mempelihatkan Akun Twitter Anda Autentik

Banyaknya pengguna twitter yang aktif mengirimkan tweet setiap harinya menjadikan pengguna twitter menemukan berbagai macam tweet yang unik, mulai dari sambatan hidup atau bahkan tweet lucu mengenai kehidupan sehari-hari.

Sebuah akun twitter yang rajin dalam mengunggah tweet mengenai topik tertentu di twitter tentunya berpeluang besar mendapatkan banyak twitter followers apalagi jika sering terlibat pada diskusi topik yang sesuai dengan bidang yang dijalani.

Karenanya guna membuktikan keautentikan akun twitter anda dibandingkan akun twitter yang lain maka kreator bisa saja mengajukan twitter verifed atau diberikan twitter verified dari twitter.

Akun Twitter Anda Disukai Banyak Orang

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebuah akun twitter yang memiliki konten autentik tentunya berpeluang besar disukai oleh banyak orang.

Hal ini bisa saja karena tweet dari akun tersebut sesuai dengan minat pengguna twitter atau interaksi yang unik menjadikan pengguna twitter betah untuk bercengkrama dengan akun twitter tersebut.

Semakin banyak akun twitter yang menyukai tweet anda maka semakin besar juga peluang anda untuk memiliki twitter followers yang organik sehingga kreator tidak perlu membeli pengikut berbayar yang malah merusak twitter insight di akun yang anda kembangkan.

Perpaduan antara konten yang autentik serta pengikut yang banyak tentunya akan menjadi daya tarik bagi twitter untuk memberikan twitter verified di akun twitter anda.

Mendapatkan Kepercayaan dari Pengguna Twitter

Pengguna twitter yang banyak dan aktif tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi kreator untuk membuat akun twitter guna mempromosikan produk atau brand yang dimiliki.

Strategi twitter marketing yang sukses tentunya akan membuat tweet anda menjangkau banyak pengguna twitter sehingga produk dan brand anda mudah dikenali oleh pengguna twitter.

Sayangnya, engagement twitter yang tinggi ini tidak cukup bagi kreator untuk mengajak pengguna twitter menjadi konsumen.

Hal ini bisa saja karena pengguna twitter masih belum percaya dengan keaslian akun twitter anda dan menganggap akun twitter anda menjual barang palsu.

Karenanya untuk meningkatkan kepercayaan pengguna twitter maka pengggunaan twitter verified dapat membantu membuat akun twitter anda menjadi lebih dipercaya.

Peluang Menjadi Twitter Influencer

Berawal dari tweet yang viral di twitter dan engagement yang tinggi dari pengguna twitter lain bisa membuat akun twitter anda menjadi lebih terkenal di kalangan pengguna twitter.

Apalagi twitter merupakan tempat yang cocok untuk mendapatkan popularitas apabila memiliki kreativitas dalam membuat tweet yang tidak terbatas.

Ditambah lagi jika akun twitter anda memiliki twitter verified tentunya akan berpeluang besar untuk menjadi twitter influencer dengan jutaan followers yang siap meramaikan tweet anda.

Meskipun begitu, cara menjadi twitter influencer adalah dengan memiliki keautentikan sendiri serta aktif dalam melakukan interaksi dengan pengguna twitter lain.

Perlindungan Akun Twitter yang Lebih Ketat

Bagi politikus atau orang penting yang berurusan dengan kepentingan negara tentu saja tidak asing dengan berbagai dukungan atau serangan dari orang lain yang tidak menyukai kebijakan yang anda buat.

Serangan ini tidak hanya berupa fisik namun juga penyerangan terhadap akun twitter yang dimiliki, padahal social media bisa menjadi sarana informasi yang cepat dan tepat terhadap berbagai permasalahan yang terjadi.

Karenanya untuk mengamankan akun twitter yang anda buat maka pengguna twitter sebaiknya memiliki twitter verified di akun twitter anda agar terhindar dari serangan hacker yang tentunya akan membuat akun twitter anda tidak bisa di akses.

twitter verified

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Twitter Verified

Sebelum mengajukan twitter verified atau menjadikan akun twitter anda layak mendapatkan centang biru maka akun anda harus berafiliasi dengan merek atau kepribadian yang berpengaruh dan menonjol.

Klasifikasi dan ketenaran ini sangat penting dalam proses verifikasi karena hal yang pertama dalam mengajukan twitter verified adalah pertanyaan mengenai siapa anda di twitter?

Karenanya berikut beberapa kategori yang diprioritas oleh twitter untuk mendapatkan twitter verifed.

2 8

Government Category

Saat ini pengguna twitter tidak hanya berasal dari orang-orang biasa yang mencari hiburan atau ketenaran dari twitter.

Namun lambat laun mulai banyak jajaran pemerintahan yang membuka akun twitter guna memudahkan menyelesaikan permasalahan masyarakat dan juga mendengar aspirasi warga daerah yang dikelola.

Twitter sendiri memberikan peluang bagi akun pemerintahan untuk meminta twitter verified guna pembuktian keaslian akun twitter sehingga warga masyarakat lebih mudah dalam mengajukan permasalahan yang dihadapi.

4 4

Companies, Brands, Organization

Bagi sebuah akun twitter brand tentunya menginginkan akun twitter yang anda miliki diperhatikan oleh pengguna twitter untuk meningkatkan brand awareness serta menjangkau konsumen yang lebih luas.

Akan tetapi sebuah akun twitter brand yang dibuat tanpa adanya twitter verified akan membuat akun twitter anda kurang dipercayai oleh pengguna twitter sehingga membuat akun anda dianggap palsu oleh pengguna twitter.

Karenanya untuk membuktikan keautentikan akun twitter anda maka kreator dapat meminta twitter verified guna meningkatkan kredibilitas serta memudahkan layanan keluhan pada konsumen yang dimiliki.

5 2

News Organizations and Journalists

Twitter sendiri sudah lama menjadi sarana informasi yang tepat dan aktual mengingat dengan beberapa paragaf tulisan maka pengguna twitter sudah bisa melaporkan berbagai kejadian yang sedang terjadi di depan mata lebih cepat dan mudah.

Sayangnya persebaran informasi yang diberikan oleh twitter terkadang dimanfaatkan oleh berbagai orang yang tidak bertanggung jawab guna menyebarkan berita palsu yang meresahkan yang tentunya dapat menimbulkan pro dan kontra.

Karenanya untuk mengatasi kasus berita palsu yang merebak maka twitter memberikan peluang bagi portal berita atau jurnalis yang aktif di twitter sebuah twitter verified sebagai jaminan bahwa informasi yang disampaikan benar adanya sehingga pengguna twitter dapat mendapatkan berita secara aktual dan terpercaya.

7 1

Entertainment

Social media tentunya menjadi sarana yang tepat bagi artis atau pekerja seni guna mempertahankan eksistensinya di dunia internet maupun dunia nyata.

Interaksi yang tinggi dengan fans yang dimiliki serta pengguna twitter tentunya akan membuat artis tersebut lebih terkenal meskipun tidak sibuk dalam kegiatan seni.

Banyaknya fans atau pengguna twitter yang mengenal artis tersebut tentunya membuka peluang bagi orang lain untuk membuat akun twitter berdasarkan nama artis tertentu.

Hal ini tentunya akan merugikan artis tersebut karena bisa saja akun twitter tersebut digunakan untuk menipu orang lain dengan mengatasnamakan orang lain.

Karenanya agar akun twitter artis tetap aman tanpa ditiru oleh orang lain maka bisa mengajukan twitter verified yang bisa diajukan sesuai dengan pilihan bidang seni yang digeluti.

6 1

Sports and Gaming

Tidak hanya artis saja yang memiliki banyak penggemar namun atlet olahraga tentunya memiliki banyak penggemar yang menyukai keahlian dan gaya bermain yang mampu membawa tim idamannya terus menang di setiap pertandingan.

Sama seperti dengan akun artis di twitter, banyaknya penggemar dan juga pengguna twitter yang menyukai atlet tersebut berpotensi besar untuk memiliki akun kloning yang mengatasnamakan akun atlet tersebut.

Karenanya bagi seorang atlet yang memiliki banyak penggemar dan akun twitter maka disarankan untuk meminta twitter verified agar akun anda tetap aman dan tidak ditiru oleh orang lain.

3 7

Activists, Organizers, and Other Individual Influencers

Twitter sendiri merupakan social media yang memudahkan penggunanya guna menyampaikan pendapatnya.

Tidak heran apabila pengguna twitter dapat dengan mudah menemukan akun twitter influencers yang menyampaikan pendapatnya terhadap berbagai topik yang sedang panas di twitter.

Pendapat yang tepat diserta dengan informasi yang sesuai tentunya akan membuat influencers mendapatkan banyak followers yang satu pemikiran dengan pendapatn yang disampaikan oleh influencers.

Karenanya untuk membuat influencers terus menyampaikan berita dan informasi yang benar maka twitter akan memberikan twitter verified bagi pengguna twitter yang yang aktif menyampaikan berbagai opininya di social media.

Namun, agar proses verifikasi akun twitter anda lebih mudah di dapatkan maka kreator harus memberikan bukti berupa link berisi tweet mengenai kegiatan anda di twitter dalam jangka waktu tertentu yang tentunya mendapatkan perhatian dari pengguna twitter.

twitter

Cara Mendapatkan Twitter Verified

Pengguna twitter saat ini bisa mengajukan twitter verified sendiri tanpa perlu menunggu twitter memberikan badge biru ke akun twitter anda.

word image 113

Cara pengajuan twitter verified sendiri adalah dengan masuk ke layanan account information di bagian settings kemudian masuk ke layanan Request Verification.

Permintaan verifikasi anda akan diproses oleh twitter dalam jangka waktu tertentu, namun agar pengajuan twitter verified anda disetujui maka kreator sebaiknya menyiapkan beberapa data berikut.

Keaslian Data Pribadi

Guna menciptakan kepercayaan antara platform twitter dan konsumen maka kreator wajib mengkonfirmasi beberapa identitas untuk kemudahan dalam mendapatkan twitter verified.

Berdasarkan kategori yang dipilih maka kreator akan diminta untuk memilih satu dari tiga kategori untuk mengkonfirmasi identitas tersebut.

Official Website

Kreator bisa mencantumkan website yang menyatakan keaslian identitas atau brand anda. Untuk individual yang ingin mengajukan twitter verified maka website tersebut haruslah sudah memiliki twitter verified terlebih dahulu.

ID Verification

Kreator bisa mengajukan foto identitas berupa kartu tanpa penduduk, paspor, atau surat izin mengemudi. Persyaratan ini hanya bisa diajukan oleh individu bukan perusahaan atau brand.

Official Email Address

Anda juga bisa memilih pengajuan identitas dnegan memberikan alamat email resmi dengan domain yang sesuai dengan kategori yang anda pilih. Untuk individual, maka alamat email tersebut sebaiknya tersambung dengan akun twitter yang anda miliki.

Notable

Guna mendapatkan twitter verified, Akun twitter anda harus merepresentasikan dengan seseorang atau brand yang terkenal.

Untuk mengkonfirmasi identitas tersebut maka twitter akan melakukan verifikasi jenis akun berdasarkan kategori yang tersedia.

Pada beberapa kategori tertentu, bisa saja twitter mengkonfirmasi kategori tersebut secara mandiri tanpa perlu dimasukkan ke kategori yang telah disediakan.

Berikut beberapa informasi yang sebaiknya dimasukkan oleh kreator guna mengkonfirmasi twitter verified.

Pemberitaan Media

Menyediakan berita mengenai kegiatan diri anda atau organisasi di berbagai artikel media massa bisa menjadi daya tarik bagi twitter untuk memberikan twitter verified.

Meskipun begitu, artikel tersebut tidak bisa berasal dari media massa yang abal-abal namun dari portal berita yang telah teruju originalitasnya dan terkenal di kalangan masyarakat luas.

Beberapa kategori twitter mungkin saja meminta anda untuk mencamtumkan portal berita yang memuat informasi mengenai diri anda untuk mengkonfirmasi keaslian akun anda.

Google Trends

Kreator juga bisa mencantumkan volume pencarian akun twitter anda oleh pengguna twitter melalui data yang tersedia dari google trends. Pastikan juga histori pencarian ini tersambung dengan kategori yang anda pilih untuk twitter verified.

Wikipedia

Website wikipedia yang menyajikan informasi singkat mengenai profil pribadi dan perjalanan karir anda juga bisa menjadi informasi pendukung untuk mendapatkan twitter verified.

Akan tetapi pastikan juga informasi wikipedia yang anda berikan memenuhi standar wikipedia yang diterapkan.

Industry Specific References

Berdasarkan kategori yang anda pilih maka anda bisa mencamtumkan kategori bisnis tertentu yang sesuai dengan jenis akun twitter anda seperti link berita mengenai pencapaian karir anda.

Followers or Mention

Apabila akun twitter anda memiliki banyak pengikut aktif dan organik di lokasi yang anda pilih maka hal ini akan memudahkan anda dalam twitter verified di kategori tertentu yang anda pilih.

Active

Tidak hanya memenuhi persyaratan identitas twitter untuk mengkonfirmasi ketenaran anda di internet namun anda juga memenuhi beberapa peraturan twitter sebagai berikut :

Complete

Pastikan semua bio profile anda sudah terisi berbagai informasi yang diminta oleh twitter baik dari username hingga photo profile.

Active Use

Saat pengajuan twitter verified pastikan akun twitter anda dalam posisi public minimal dalam jangka waktu 6 bulan sebelum pengajuran verifikasi.

Security

Akun anda juga harus terkonfirmasi baik berupa alamat email dan nomor telefon

Twitter Rules

Pastikan juga akun anda tidak melakukan pelanggaran peraturan twitter dalam jangka waktu 12 jam hingga 7 hari sebelum pengajuan verifikasi akun twitter.

Penolakan Pengajuan Twitter Verified untuk Akun Twitter

Meskipun semua akun twitter yang terkenal saat ini bisa mengajukan twitter verified namun twitter bisa saja menolak beberapa akun twitter yang dirasa tidak menemuhi persyaratan

Berikut beberapa jenis akun twitter yang akan ditolak saat mengajkukan twitter verified :

  • Akun parodi, spam, atau fan account
  • Akun binatang atau karakter fiksi kecuali yang berkaitan dengan brand atau organiasi tertentu
  • Akun yang melakukan engagment berbayar seperti membeli followers atau likes dari pihak ketiga
  • Akun yang berkaitan dengan kegiatan provokasi
  • Akun yang secara rutin menyebarkan kekerasan terhadap seseorang atau grup tertentu
  • Akun yang menjual twitter verified
twitter verified

Tips Mempertahankan Twitter Verified

Setelah menyelesaikan berbagai informasi pribadi serta menunggu twitter verified dikonfirmasi oleh twitter maka inilah saatnya anda mendapatkan badge biru yang anda inginkan.

Syarat yang lama dan panjang tidak menjamin bahwa twitter verified akan bertahan lama namun juga bisa hilang apabila kreator tidak memenuhi berbagai persayaratan yang diajukan oleh twitter.

Karenaya berikut beberapa cara untuk mempertahankan twitter verified di akun twitter yang anda miliki.

Pastikan Anda Terus Aktif di Twitter

Kreator bisa secara rutin untuk menuliskan tweet yang seru dan menarik untuk mempertahankan minat pengguna twitter terhadap akun anda.

Tidak hanya itu, kreator juga sebaiknya melakukan interaks dengan pengguna twitter agar akun anda terlihat aktif, interaksi yang tepat adalah dengan melakukan retweet pada komentar konsumen atau membalas mention dan pesan yang masuk.

Kreator juga bisa mengikuti akun twitter yang telah mendapatkan verifikasi dari twitter dan melakukan interaksi dengan akun tersebut.

Pastikan juga untuk terus memperbarui topik yang sedang terjadi atau twitter hastag yang sedang naik daun.

Optimasi Penggunaan Twitter Profile

Apabila anda ingin akun twitter terlihat bagus dan merepresentasikan brand yang anda kembangkan maka kreator bisa memaksimalkan penggunaan bio twitter.

Kreator bisa memasukkan berbagai informasi yang dibutuhkan seperti menulis twitter bio yang merepresentasikan bisnis anda, memasukkan lokasi usaha, dan juga website bisnis yang anda miliki.

Pastikan juga menggunakan foto profile dan header yang cantik dengan resolusi yang tinggi agar twitter profile anda terlihat indah di mata konsumen.

Kreator juga bisa melakukan pinned tweet pada tweet anda yang viral atau berisi informasi mengenai brand atau usaha anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *