3 1 1

6 Aplikasi Edit Logo Untuk Naikkan Penjualan

Saat membeli sebuah produk di supermarket, apa yang menjadi perhatian pertama kali? Kegunaan produk, harga, atau malah logo yang menarik perhatian?

Meskipun sering dianggap sepele namun nyatanya banyak orang yang membeli produk berdasarkan logo kemasan yang menarik atau branding perusahaan tertentu. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk membuat logo yang unik dan menarik.

Dengan adanya logo maka sebuah produk lebih mudah dikenali dan diingat konsumen sehingga mampu meningkatkan penjualan dan terlihat profesional di mata pembeli.

Mengingat pentingnya sebuah logo yang baik di mata pelanggan, berbagai perusahaan besar pun melakukan riset yang mendalam untuk menentukan sebuah logo.

Hal ini membuat sebuah logo perusahaan besar di bayar dengan sangat mahal mengingat makna dari sebuah logo bisa meningkatkan brand awareness konsumen terhadap produk.

Karenanya sebelum membangun sebuah logo yang dapat dikenang oleh konsumen, ketahui dulu beberapa kegunaan logo dan juga cara mudah membuatnya.

kegunaan logo untuk bisnis

Kegunaan Logo Untuk Bisnis

Banyaknya kompetitor yang menjual barang yang sama di luar sana akhirnya membuat pengusaha putar otak untuk mengambil celah agar bisa menang dalam persaingan pasar yang ada.

Salah satu strategi marketing yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan logo perusahaan. Hal ini dilakukan agar menjadi pembeda produk anda dengan perusahaan lainnya.

Tidak hanya itu, adanya sebuah logo yang apik dan sesuai dengan produk yang dipasarkan akan lebih menarik minat dan meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga barang akan lebih laris di pasaran.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Saat memilih dua produk yang sama manakah yang anda pilih terlebih dahulu? Produk dengan harga murah namun tanpa branding atau produk dengan logo namun harganya lebih mahal?

Nyatanya, banyak orang yang akan memilih produk kedua yang memiliki logo meskipun harganya mahal. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya kaos polos dari brand ternama yang laris meskipun memiliki bahan yang sama dengan produk tanpa label.

Fenomena ini terjadi karena sebuah logo dapat membangun kepercayaan lebih di mata konsumen Selain itu, menggunakan produk dari brand tertentu juga akan meningkatkan nilai diri di pandangan orang lain.

Tidak hanya itu, sebuah logo yag berkualitas akan membangun kepercayaan di mata konsumen sehingga pembeli mampu untuk membayar produk dengan harga yang mahal sekalipun hanya dengan melihat logo yang terlihat meyakinkan.

Karenanya sebuah brand yang baik tentunya memiliki sebuah logo untuk membangun kepercayaan konsumen dan juga dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Menunjukkan Kelebihan Perusahaan

Penggunaan logo yang baik tidak hanya mampu menarik konsumen namun juga dapat menunjukkan kelebihan perusahaan.

Berbagai perusahaan besar yang sudah memiliki jutaan konsumen biasanya akan mengevaluasi logonya setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk menyerap pesan yang ingin disampaikan ke konsumen sehingga menjadi koneksi yang terhubung diantara pembeli dan konsumen.

Pemberian logo pada sebuah brand juga akan menunjukkan kelebihan perusahaan tersebut. Hal ini dapat di representasikan dengan adanya pemilhan warna dan tulisan sehingga memberikan ciri khas yang ditampilkan ke konsumen.

Sebuah logo yang unik dan susah ditiru juga akan membuat pedagang-pedagang nakal yang ingin menjiplak produk anda menjadi kesulitan sehingga barang tidak akan mudah dijiplak oleh perusahaan lain.

Meningkatkan Brand Awareness

Sebuah produk yang memiliki logo tentu akan meningkatkan brand awareness di mata konsumen sehingga produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenali dibandingkan kompetitor lainnya.

Karenanya sebuah perusahaan hendaknya membuat logo yang sederhana dan bisa diingat dalam waktu yang lama oleh konsumen. Logo sendiri juga dikombinasikan dengan pemberian font dan warna yang serasi sehingga saling melengkapi satu sama lain.

Hal ini dikarenakan manusia sendiri memiliki kelebihan dalam mengingat gambar namun tidak dengan tulisan.

Sebagai Identitas Perusahaan

Sebuah logo perusahaan saat ini tidak hanya dipasang di berbagai produk yang ada namun juga dapat digunakan dalam promosi baik secara online atau offline.

Apalagi saat ini banyak perusahaan yang mempromosikan produknya melalui social media sehingga dibutuhkan ikon berupa logo perusahaan sebagai foto profile dan akan menjadi penanda keaslian akun social media tersebut.

Beberapa konten yang diunggah seperti foto dan juga video juga biasanya menggunakan logo sebagai watermark agar foto tidak diambil oleh orang lain dan apabila disebarkan oleh akun lain menajdi sebuah promosi Cuma-Cuma dan menguntungkan

Tidak hanya itu, berbagai media pemasaran lainnya seperti penggunaan flyer, brosur, dan juga banner juga biasanya menggunakan logo perusahaan sebagai penanda bahwa produk yang dipasarkan merupakan produk asli dari perusahan tersebut.

Di sisi lain, penggunaan logo juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan formal seperti untuk kop surat dan juga flyer lowongan kerja sehingga calon pekerja bisa mengetahui bahwa perusahaan tersebut benar-benar sedang membuka lapangan pekerjaan

Akan tetapi, sebuah perusahaan yang menggunakan jasa pembuatan logo juga sebaiknya mengecek keasliannya agar tidak muncul kasus penjiplakan karena logo yang digunakan mirip dengan logo lain.

Sudah banyak juga perusahaan yang harus membayar mahal kompensasi kepada kreator karena tanpa sengaja menggunakan logo yang dibuat dan menjadikan branding perusahaan.

Tentunya, anda tidak ingin membuang uang untuk hal yang sia-sia bukan?

keuntungan menggunakan logo untuk bisnis

Keuntungan Menggunakan Logo Untuk Bisnis

Bagi banyak perusahaan yang memiliki usaha dengan produk pasaran seperti minuman mineral, memiliki logo tentunya menjadi keuntungan sendiri. Hal ini dikarenakan sebuah logo dapat membedakan produk anda dengan yang lainnya.

Selain itu, menggunakan logo yang unik dan menarik juga akan memberikan kesan pertama yang baik di mata konsumen meskipun barang yang diluncurkan adalah produk baru namun akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tersebut

Berikut beberapa keuntungan lainnya dari penggunaan logo untuk bisnis:

Produk Lebih Dikenal

Keuntungan pertama dari menggunakan sebuah logo adalah produk yang dipasarkan bisa lebih dikenali konsumen.

Hal ini bisa ditemui ketika konsumen menemukan produk baru yang belum familiar namun akan tertarik membeli karena logo perusahaannya yang sudah terkenal.

Tak hanya itu, pemberian logo juga dapat membedakan produk anda dengan kompetitor lainnya sehingga barang akan lebih mudah dikenali walau hanya sekali lihat.

Karenanya selain membuat logo yang unik dan menarik, pengguna juga sebaiknya membuat logo agar terlihat mencolok sehingga bisa dipadupadankan dengan kemasa produk yang dirilis.

Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Dalam kehidupan sehari-hari saat bertemu orang baru tentunya anda ingin memberikan kesan pertama yang baik dengan menggunakan pakaian yang rapih dan sopan agar dipandang baik oleh orang lain.

Begitu pula dengan sebuah perusahaan yang ingin menunjukkan kesan pertama yang menarik dengan pemberian logo di setiap produknya. Hal ini akan menunjukkan profesionalitas dan kualitas produk yang dipasarkan ke konsumen.

Logo yang baik akan membuat konsumen seakan-akan diundang untuk membeli produk tersebut namun menjadi tertarik karena melihat logo perusahaan yang menarik.

Mencerminkan Brand yang Dikembangkan

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang tertentu seperti makanan biasanya memiliki ciri khas tersendiri, contohnya adalah MCD dan juga KFC yang menggunakan background warna merah sebagai logo produknya.

Hal ini merupakan hasil dari psikologi warna dimana merah sering direpresentasikan sebagai gairah yang dapat mengundang seseorang dan juga menaikkan selera makan. Tak hanya itu, warna biru sering digunakan di berbagai produk minuman.

Penggunaan warna dipasangkan dengan font yang tepat akan menghasilkan logo yang dapat mencerminkan brand perusahaan. Karenanya, pastikan untuk memilih warna yang sesuai dengan citra perusahaan  agar menjadi ciri khas tersendiri.

Aplikasi yang Digunakan Untuk Membuat Logo

Sebelum mengembangkan dan memasarkan sebuah produk tentunya pembuatan logo juga harus dipikirkan mengingat pentingnya logo untuk kemajuan usaha.

Selain menggunakan jasa pembuatan logo yang saat ini beredar, penjual juga bisa membuat sendiri logonya secara mudah melalui berbagai aplikasi edit foto yang ada.

Keuntungan dari membuat logo sendiri adalah pengguna dapat menumpahkan tujuan dari brand tersebut ke dalam sebuah pencitraan yang nantinya akan dilihat oleh banyak orang. Pengguna juga dapat menambahkan berbagai elemen pada logo yang dikembangkan.

Dalam membuat sebuah logo perusahaan, penjual juga harus memperhatikan beberapa elemen yang biasanya ada di sebuah foto seperti format foto apakah akan menggunakan JPEG atau PNG yang tentunya hasilnya akan berbeda.

Selain iti, pengguna juga sebaiknya mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya berlangganan beberapa aplikasi edit foto agar tidak menimbulkan watermark di logo yang digunakan.

Pilihan biaya yang beragam ini juga bisa digunakan untuk jangka panjang seperti membuat konten foto untuk social media dan juga konten promosi.

Berikut beberapa aplikasi edit foto yang dapat dipelajari dan digunakan untuk membuat logo.

Canva

Canva menjadi aplikasi pertama yang sering digunakan untuk mengedit berbagai foto. Kemudahannya dalam digunakan di berbagai gadget dan juga mempelajarinya membuat orang awam sekalipun bisa berkreasi dengan aplikasi ini.

Platform ini sendiri juga menyediakan berbagai template gratis dengan berbagai tema yang berbeda sehingga berbagai inspirasi pun bisa di dapatkan.

Selain menggunakan template, penjual juga bisa membuat template sendiri dengan berbagai fitur shape dan pilihan warna beragam yang disediakan oleh Canva.

Berbagai fitur editing pun juga mendukung sehingga memudahkan penjual yang ingin membuat logo secara mudah.

Pengguna pun tidak perlu khawatir dengan biaya yang dikeluarkan karena aplikasi ini bisa digunakan secara gratis namun apabila penjual ingin mendapatkan fasilitas lebih yang berguna bagi pengembangan social media marketing ke depannya maka opsi berbayar bisa dilakukan.

Logo Maker

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk membuat logo secara mudah adalah Logo Maker. Platform ini memiliki layanan khusus untuk membuat berbagai bentuk logo yang diinginkan dengan berbagai fitur yang ada.

Logo Maker sendiri merupakan produk dari Iris Studio yang memiliki banyak pengguna karena kemudahnnya dan juga tersedianya berbagai template yang bisa dipilih mulai dari warna hingga latar belakang.

Berbagai fitur seperti stiker dan graphic elements juga dapat membantu dalam membuat logo secara cepat. Pengguna pun bisa mengubah logo yang dirasa tidak sesuai dengan menggunakan fitur resize, font, serta color.

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membuat logo dengan mudah adalah platform Pembuat Logo yang telah mendapatkan banyak respon bagus dari penggunanya.

Platform pembuat logo sendiri memiliki kurang lebih 7000 template yang akan terus bertambah dan didukung dengan berbagai kategori logo dan ikon yang dipakai dalam membuat logo yang apik.

Pengguna bisa memilih untuk menggunakan aplikasi secara gratis dengan pilihan template yang terbatas dan juga dalam format JPEG. Sayangnya, pengguna akan mendapatkan hasil logo disertai dengan watermark sehingga akan menggangu estetika logo.

Dalam penggunaannya, pengguna bisa memulai dengan mengunduh aplikasinya di Google Playstore sehingga pastikan dulu bahwa memori handphone yang dimiliki masih cukup untuk menampung aplikasi dan juga hasil dari edit logo ini.

Design Evo

Salah satu aplikasi edit logo yang banyak digunakan dan memperoleh respon yang positif adalah Design Evo. Platform buatan PearlMountain Technology ini memiliki kelebihan berupa tersedianya 3.500 template logo yang terdiri dari berbagai kategori yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, tersedia juga berbagai pilhan font yaang bisa dipilih sehingga dapat mempercantik logo yang akan digunakan nantinya. Apabila pengguna masih merasa kurang dengan berbagai pilhan yang ada maka opsi berbayar bisa digunakan untuk mendapatkan pilihan template lainnya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengguna dapat mengunduh hasil edit logo ke berbagai format foto seperti JPEG, PNG, dan PNG transparan sehingga hasilnya dapat digunakan ke kebutuhan promosi yang diinginkan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga tersedia di Google Play Store dan Apple Store sehingga bisa digunakan oleh pengguna Apple dan juga Android.

LogoLab

Apabila penjual ingin logonya memiliki variasi warna yang beragam maka aplikasi edit logo dari Xi’an Button Software ini bisa menjadi solusi yang tepat.

Aplikasi ini menyediakan berbagai palet warna yang bisa dikombinasikan dengan mudah dan juga berbagai pilihan font dan ikon yang menarik.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa mengunduh logo yang dibuat dengan format backgorund transparan, hitam, dan putih serta resolusi yang tinggi sehingga hasilnya pun tentu akan lebih bagus.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan di gadget berbasis IOS sehingga pengguna andoid tidak bisa menggunakan platform ini.

Logo Creator

Platfrom edit foto lainnya yang bisa digunakan di gadget IOS adalah Logo Creator. Aplikasi ini cocok bagi anda yang suka berkreasi dengan berbagai pilhan tulisan karena memiliki 270+ fonts yang bisa dipilih secara gratis.

Selain itu, pengguna juga bisa mengubah desain logo yang diinginkan sesuai selera dengan menggunakan fitur lasso tool, penghapus, serta undo & redo.

Sayangnya apabila pengguna ingin mengunduh hasil edit foto ke format PNG dan PDF tanpa watermark maka harus membayar biaya langganan.

Photoshop

Bagi konten kreator atau desainer profesional tentunya sudah sangat familiar dengan aplikasi ini. Platform ini digunakan untuk membuat desain dengan berbagai format yang bisa dipilih dan hasil dari desain yang lebih baik.

Tak hanya itu, Photoshop juga biasanya digunakan untuk membuat logo bagi brand-brand besar di dunia karena hasil dari edit foto yang apik dan bisa ditambahkan berbagai elemen lain agar hasilnya lebih realistis.

Pinterest

Banyaknya template logo yang diberikan oleh aplikasi edit foto terkadang masih membuat penjual bingung untuk menentukan logo yang tepat untuk brandnya.

Apabila hal ini terjadi, penjual dapat mencari inspirasi di Pinterest. Platform ini menyediakan berbagai inspirasi dengan melihat hasi dari para kretor.

Akan tetapi, anda dilarang keras untuk meniru langsung desain yang ada di Pinterest karena bisa saja dikenakan hak cipta dan berujung harus membayar berbagai kerugian kepada kreator asli.

Tips Agar Logo Semakin Keren

Tips Agar Logo Semakin Keren

Kegunaan dari logo yang dapat mendukung bisnis yang ada menjadikan penjual harus sekreatif mungkin untuk membuat desain yang menarik dan sesuai dengan pasar yang ada.

Apabila template yang disediakan oleh aplikasi edit logo belum memenuhi standar yang diinginkan maka membuat logo sendiri pun bsa menjadi sebuah solusi agar hasil logo dapat merepresentasikan produk yang akan dijual.

Beberapa tips ini akan membantu agar logo yang dibuat semakin keren dan memiliki daya tarik di mata konsumen.

Cari Ide di Berbagai Social Media

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah logo yang keren adalah mencari ide yang tepat di social media. Penjual bisa mencari inspirasi dengan melihat logo berbagai brand yang tersebar di Instagram, Facebook, Twitter, atau Pinterest.

Kumpulkan juga logo dari perusahaan yang memiliki produk yang sama untuk memperoleh inspirasi yang bisa digunakan untuk pembuatan logo.

Jangan lupa juga melakukan analisa untuk mengetahui warna apa yang sering dipakai dan juga logo yang digunakan untuk menggambarkan produk yang diperjualbelikan.

Dengan menggunakan pilihan warna yang sama makan konsumen akan dengan mudah mengklasifikasikan produk anda, contohnya warna merah untuk makanan dan merah muda untuk produk wanita.

Pilih Warna dan Ikon yang Sesuai

Tak hanya itu, pemilihan warna dan ikon yang serasi akan membuat logo yang dibuat menjadi lebih enak dipandang. Pilihlah warna yang dapat memicu emosi konsumen untuk membeli dan menunjukkan kepribadian produk kepada pembeli yang datang.

Contohnya adalah bisnis ayam goreng, biasnaya menggunakan warna kuning untuk mendeskripsikan ayam dan juga merah untuk menarik pelanggan agar bisa melihat produk kita dengan jelas meskipun dari jarak jauh sekalipun. Warna merah juga diyakini dapat memancing selera makan.

Tidak hanya pemilihan warna yang sesuai, penggunaan ikon yang tepat juga dapat sebagai penghubung komunikasi antara anda dan juga konsumen. Berbeda bidang produk juga akan memberdakan font yang digunakan.

Salah satunya adalah font dengan sudut dan tipis cocok digunakan bagi industri yang bergerak di bidang teknologi sedangkan font yang terlihat lembut cocok bagi brand yang dikhususkan bagi kaum wanita.

Penjual bisa mengamati hal ini dnegan mengumpulkan berbagai logo produk yang ditemui dan membandingkannya sehingga akan mempermudah dalam memilih font yang tepat.

Sesuaikan dengan Bisnis yang Dijalani

Pembuatan logo yang asal-asalan tentu akan berdampak pada menurunnya minat konsumen pada produk yang ditawarkan. Karenanya pastikan membuat logo yang sesuai dengan target pasar yang dituju.

Sebuah logo yang baik sebaiknya berbentuk simpel, mencerminkan produk yang akan dijual, serta mudah diingat oleh konsumen. Hal ini dikarenakan otak manusia lebih mudah dalam mengingat gambar dan warna yang mencolok dibandingkan hanya tulisan saja.

Apabila logo sudah diingat maka pembeli akan mempresentasikan elemen tertentu ke produk anda. Misalnya warna merah dengan tulisan warna putih biasanya digunakan oleh produk ayam goreng dan juga warna hitam dengan font elegan untuk produk yang menyasar konsumen laki-laki.

Akan tetapi, pengguna dapat melakukan inovasi dengan membuat logo yang unik dan berbeda dari kompetitor lainnya agar terlihat menonjol dan bisa menjadi nomor satu di pasarnya.

Lakukan Trial and Error

Sebuah logo yang dirasa bagus terkadang juga tidak diminati oleh pembeli, hal ini bisa jadi karena pemilihan warna yang kurang tepat atau ikon yang tidak mempresentasikan produk sehingga pembeli tidak mengetahui produk yang dijual.

Karenanya penjual bisa melakukan teknik trial dan error dengan cara membuat banyak desain untuk satu produk kemudian dipilih yang sesuai dengan brang yang akan dikembangkan. Pengguna juga bisa menanyakan hal ini kepada teman atau seseorang yang memiliki basic di bidang desain.

Apabila anda sudah memiliki banyak konsumen dan ingin mengganti produk maka anda bisa melakukan sesi voting untuk menentukan logo yang tepat dan sesuai dnegan minat konsumen.

kesimpulan

Kesimpulan

Ketatnya persaingan di industri saat ini menjadikan banyak pengusaha menggunakan berbagai strategi marketing yang tepat agar produk bisa semakin di kenal di pasaran.

Penggunaan logo bisa menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mengenalkan brand anda kepada banyak orang dengan cara mudah dan murah. Penjual pun bisa membuat logonya sendiri di berbagai aplikasi edit foto atau dengan menyewa jasa orang lain.

Sebelum menggunakan logo yang telah di desain, pastikann juga logonya sesuai dengan minat konsumen dan bisa diingat oleh banyak orang agar bisa mengankat produk yang ditawarkan. Karenanya proses seleksi dan analisa sangatlah penting untuk menentukan logo yang tepat.

Semoga dengan tips ini bisa membantu meningkatkan penjualan produk anda ya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.