cara membuat iklan shopee

Tutorial dan Manfaat Iklan Shopee untuk Bisnis

Siapa disini yang hobi menghabiskan waktu dengan berbelanja atau stalking akun market place? Berbelanja kini menjadi hobi banyak orang, baik muda dan tua atau laki-laki dan perempuan kini bisa membeli barang dengan mudah.

Ditambah lagi dengan hadirnya berbagai market place seperti Tokopedia atau Shopee yang ada di internet membuat kegiatan belanja menjadi mudah. Tidak perlu keluar rumah dan tinggal menunggu barang keinginan dikirim.

Melihat peluang ini, banyak penjual mulai beralih dari berjualan di toko secara offline kini mulai merambah pasarnya di bidang berjualan online di market place salah satunya adalah dengan berbisnis di Shopee.

Sayangnya di market place sendiri, penjual pun juga harus bersaing agar mendapatkan konsumen dan meraih ranking tinggi agar tokonya menempati bagian atas pencarian produk.

Bagi penjual yang baru memulai karir di Shopee tentunya hal ini membuat pedagang memikirkan trik cepat dan mudah untuk menaikkan nama toko.

Salah satu tips mudah yang bisa digunakan adalah dengan mempromosikan iklan di Shopee. Meskipun berbayar namun strategi ini terbukti bisa mengangkat nama produk sesuai dengan kategori iklan yang dipilih.

Karenanya untuk mengetahui keuntungan, fitur, dan cara mudah membuat iklan Shopee, berikut tips yang telah dirangkum dan bisa diparaktikan oleh penjual

keuntungan promosi dengan iklan shopee

Keuntungan Promosi dengan Iklan Shopee

Sebagai salah satu market place terbesar yang menguasai Asia Tenggara dan Taiwan khususnya Indonesia, tidak heran apabila Shopee memiliki banyak penjual yang menjual beragam barang yang memudahkan kebutuhan hidup.

Akan tetapi, dengan persaingan yang ketat ini membuat penjual mau tak mau harus membuat tokonya menjadi nomor satu di pencarian. Tidak hanya melakukan promosi melalui social media, pengguna juga bisa melakukan iklan berbayar di Shopee.

Layanan iklan berbayar ini tentu saja menguntungkan untuk mengerek toko yang dimiliki sehingga mudah dikenal konsumen sehingga meningkatkan penjualan.

Tak hanya itu, iklan berbayar di Shopee ini termasuk murah dan bisa dipilih anggarannya agar sesuai budget yang disiapkan dan menjangkau konsumen yang tepat.

Karenanya sebelum memulai beriklan di Shopee, berikut beberapa keuntungan dari menggunakan iklan berbayar.

Harga yang Terjangkau

Beriklan di berbagai market place atau social media yang dimiliki menjadi cara termudah untuk mempromosikan produk dengan cepat agar diketahui konsumen.

Strategi ini juga bisa dilakukan oleh penjual yang baru memulai karir jualan di Shopee atau pedagang yang sudah lama berkelana di market place namun masih ingin meningkatkan nama tokonya.

Tak mau kalah dengan platform yang sudah menghadirkan iklan berbayar. Market place kesukaan jutaan umat ini juga menghadirkan iklan Shopee.

Berbeda dengan market place yang lain, Shopee sendiri menggunakan layanan iklan per click sehingga penjual hanya perlu membayar apabila iklan yang dipromosikan di klik oleh orang lain.

Dikutip dari halaman resmi milik Shopee, cara pembayaran iklan ini sangatlah mudah dan pengguna pun bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan Biaya per klik, dimana pengguna diberikan pilihan harga tertinggi yang dapat dipilih untuk setiap klik.

Apabila penjual masih baru memulai iklan Shopee ini, pengguna bisa memilih biaya terendah untuk memastikan kinerja iklan ke depannya.

Setelah melihat hasilnya dalam jangka waktu tertentu seperti seminggu atau sebulan setelahnya maka pengguna bisa melakukan evaluasi apakah biayanya iklan harus ditambah atau tetap pada budget awal.

Shopee sendiri juga menyediakan rekomendasi harga iklan berbayar jika melihat kinerja iklan yang semakin baik dan pengguna sendiri sudah merasakan naiknya konsumen dan penjualan.

Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan metode atur modal iklan. Pada metode ini pengguna bisa memilih opsi tanpa batas apabila kinerja iklan meningkat.

Dengan opsi ini pengguna akan membayar hasilnya di akhir dengan keuntungan jangkauan konsumen yang makin luas.

Akan tetapi apabila pengguna masih ragu dan ingin mengetesnya terlebih dahulu maka pengguna bisa menggunakan metode modal harian atau pembatasan total modal.

Salah satu contoh dari metode modal harian adalah apabila pengguna memasang modal di kisaran biaya Rp.20.000 maka iklan akan berhenti apabila sudah mencapai limitnya dalam satu hari.

Dengan menggunakan metode ini pengguna bisa melihat apakah iklan Shopee yang digunakan sudah efektif dan bisa melakukan top up dengan biaya iklan yang lebih besar lagi.

Sedangkan dengan metode pembatasan total modal, pengguna bisa menentukan anggaran iklan yang dibutuhkan. Setelahnya apabila budget tersebut maka iklan akan berhenti.

Penggunaan metode yang kedua ini bisa digunakan apabila pengguna sudah mengetahui sistem beriklan di Shopee serta memiliki produk potensial yang bisa dipilih untuk menaikkan penjualan.

Keuntungan dari metode ini adalah pengguna tidak perlu mengecek anggaran setiap harinya dan hanya perlu melakukan penganggaran di awal bulan sehingga memudahkan pekerjaan penjual saat berjualan di Shopee.

Bagi pengguna yang baru pertama kali memulai iklan shopee maka bisa membuat modal minimal 50.000 untuk setiap produk yang akan dipromosikan.

Potensi yang Besar

Setiap harinya, setiap konsumen Shopee melakukan pembayaran atau hanya melihat-lihat produk di akun market place.

Pasar yang besar dan luas dengan berbagai transaksi yang besar tentunya harus dimanfaatkan dengan baik oleh penjual untuk meningkatkan omzetnya.

Melalui iklan berbayar ini, Shopee membantu pengguna agar dapat bersaing dengan penjual lain yang memiliki produk yang sama untuk menjadikan barang jualannya menjadi nomor satu di kolom pencarian.

Dikutip dari halaman Shopee, dengan menggunakan iklan berbayar maka penjual dapat meningkatkan potensi tokonya lebih mudah dan cepat.

Hal ini dikarenakan penjual dapat menghasilkan penjualan sebesar Rp 1.000.000 hanya dengan modal iklan 100 ribu.

Disamping itu, penjual yang sudah memakai iklan shopee juga terlihat memiliki peningkatan omzet penjualan sebesar 20% dari biasanya dan jumlah produk yang dipromosikan pun meningkat 28% dari biasanya.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi penjual karena dengan modal iklan yang sedikit pun sidah bisa mendapatkan hasil yang maksimal serta mengenalkan produk dan toko anda dengan mudah.

Naikkan Produk di Pencarian Shopee

Salah stau fitur yang dimiliki oleh Shopee adalah tab pencarian dimana konsumen bisa mencari produk yang diinginkan atau sekedar melihat-lihat harga yang ditawarkan di Shopee.

Namun, banyaknya penjual yang juga menjual produk yang sama membuat barang yang dijual oleh pedagang memiliki ranking yang rendah.

Padahal barang tersebut merupakan produk utama yang dijual oleh pedagang. Karenanya agar produk anda memiliki ranking yang tinggi dan mudah ditemukan oleh konsumen, anda bisa menggunakan fitur iklan dengan kategori iklan pencarian produk.

Dengan menggunakan iklan ini maka akan membuat produk anda memiliki ranking teratas dan mudah ditemukan oleh konsumen saat mengetikkan nama produk anda di kolom pencarian.

tipe tipe iklan shopee

Tipe-tipe Iklan Shopee

Guna memaksimalkan layanan iklan berbayar yang dimiliki, Shopee memberikan 4 kategori iklan yang bisa pengguna gunakan dengan mudah dan tentu dengan biaya yang murah sesuai dengan gadget yang dimiliki.

Beberapa macam iklan tersebut juga bisa membantu untuk menaikkan nama toko atau produk sehingga bisa lebih dikenal oleh konsumen.

Berikut berbagai jenis iklan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna:

Iklan Gratis

Jenis iklan pertama yang bisa digunakan oleh pengguna adalah iklan gratis. Melalui iklan ini, pengguna dapat mempromosikan produknya tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Caranya pun mudah, pengguna bisa menggunakan produk yang telah dipajang di toko kemudian pilih tombol iklankan, pada item ini pengguna diberikan 3 pilih fitur yaitu : iklankan, arsipkan, dan naikkan.

Pilihlah item naikkan untuk menyundul produk anda di kategori tertentu yang ada di Shopee.

Sayangnya futur ini hanya bisa digunakan empat jam sekali sehingga bisa memilih produk apa saja yang dinaikkan selama jangka waktu tersebut.

Sebaiknya pengguna juga memilih produk yang memiliki daya jual tinggi saat menyudul karena terbukti dibutuhkan oleh banyak konsumen di Shopee.

Namun, pengguna juga bisa menyundul produk yang memiliki penjualan terendah agar barangnya bisa naik dan menghabiskan stok yang dimiliki.

Pastikan juga deskripsi barang dan harga sudah lengkap sehingga konsumen bisa lebih percaya untuk membeli produk anda.

Iklan Pencarian Produk

Jenis iklan kedua yang bisa digunakan pengguana dalam iklan shopee berbayar adalah iklan pencarian produk.

Dengan menggunakan jenis iklan ini, pengguna bisa menaikkan produk ke ranking atas sehingga konsumen dapat memilih produk anda saat mencari barang keinginan di Shopee.

Tak hanya itu dengan menggunakan fitue pencarian produk, pengguna bisa mendapatkan keuntungan dengan meningkatnya potensi penjualan setelah pembeli mencari produk dengan kata kunci yang sesuai.

Berikut beberapa tips untuk mulai membuat iklan pencarian produk :

  • Pertama adalah dengan masuk atau membuat akun akun Seller Center setelahnya pengguna bisa klik iklan Shopee untuk memulai memasang iklan.
  • Kedua pengguna bisa klik buat iklan baru dan memilih jenis iklan pencarian untuk memulai iklan pencarian produk.
  • Ketiga penjual bisa memilih tipe promosi produk untuk membuat iklan pencarian produk. Jangan lupa untuk menentukan modal dan juga periode tayang iklan shopee yang akan digunakan untuk masing-masing iklan.

Modal ini digunakan sebagai biaya maksimun yang harus dibayarkan untuk iklan pencarian produk dan akan berhenti ketika anggaran yang ditetapkan sudah habis.

Seperti yang teah disinggung sebelumnya, pengguna bisa memilih jenis biaya yang akan dikeluarkan, mau modal harian yang akan habis dalam sehari atau tanpa batas yang bisa mengatur modal anda sepanjang menyiarkan iklan tersebut.

Karenanya pastikan budget dan juga modal cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena jika modal habis maka iklan Shopee pun akan berhenti.

Dalam iklan pencarian produk sendiri, pengguna juga bisa memilih kategori yang cocok dengan keinginan anda, bisa dengan menggunakan pilih otomatis atau pilih manual. Berikut 2 jenis pilihan kategori di Iklan Pencarian Produk :

  • Pada futur pilih otomatis, pihak Shopee akan mengatur kata pencarian yang seusai dengan produk anda. Penggunaan layanan ini bisa digunakan apabila pengguna masih belum yakin saat memilih kata pencarian.
  • Akan tetapi apabila pengguna belum puas dengan iklan pencarian produk sendiri,  fitur pencarian manual bisa digunakan untuk mengatur kata pencarian sendiri sesuai kriteria yang tepat.

Setelah memilih kategori ikla, pengguna pun bisa  mengaktifkannya pun mudah, berikut beberapa cara mengaktifkan iklan pencarian produk :

  • Cara pertama adalah pengguna hanya perlu klik Tambah Rekomendasi Kata Pencarian maka sistem akan menyediakan kata kunci yang relevan dengan produk anda dan paling dicari selama sebulan terakhir.

Rekomendasi ini tentu saja menguntungkan untuk mengetahui kata kunci apa yang sering dipakai oleh penjual lain yang bisa diaplikasikan ke dalam produk anda.

  • Cara Kedua apabila pengguna merasa berbagai kata kunci tersebut tidak sesuai dengan keinginan amka penjual bisa menghapus rekomendasinya.
  • Cara Ketiga adalah pada fitur kata pencarian, atur biaya iklan serta tipe yang sesuai dengan produk anda. Apabila anda ingin menambah kata pencarian maka bisa klik Tambah Kata Pencarian.
  • Cara Keempat yaitu ketika sudah memilih kata kunci yang tepat namun masih ragu dengan keefektifannya, Pengguna bisa menggunakan kolom pencarian untuk mencari kata kunci yang diinginkan.

Setelahnya klik Tambah untuk menambah kata pencarian baru dan tentukan kata pencarian dan ubah tipe kecocokan. Setelah selesai pengguna bisa menyetujui kata kunci tersebut dengan Konfirmasi dan tambah pencarian.

Iklan Pencarian Toko

Saat memilih toko dari produk yang akan diberli, pengguna juga biasanya memperhatikan voucher berupa potongan harga dan juga gratis biaya pengiriman untuk meringankan budget pembelian yang dimiliki.

Kebiasaan ini tentu akan menguntungkan penjudal yang menggunakan iklan pencarian toko karena Shopee akan menampilkan toko yang memiliki beberapa voucher yang relevan dengan pembeli.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan iklan Shopee maka akan meningkatkan popularita stoko dengan menaikkan toko anda di posisi paling atas halaaman sehingga mendorong pembeli untuk mengunjungi produk anda.

Tak hanya itu, iklan pencarian toko juga bisa meningkatkan engagement dengan pembeli sehingga mengarah langsung ke halaman atau kategori foto.

Akun Shopee anda baru saja dibuat dan membutuhkan ranking yang bagus? Pengguna bisa menggunakan fitur iklan Shopee ini untuk meningkatkan popularitas toko sehingga pembeli akan berkunjung ke toko anda.

Dengan naiknya jumlah orang yang berkunjung tentu akan membantu dalam meningkatkan penjualan sehingga dapat menyumbang penjualan dari akun Shopee.

Saat mengaktifkan fitur iklan pencarian toko, pengguna bisa menggunakan langkah-langkah berikut :

  • Langkah pertama adalah denagn mengatur modal dan periode iklan, promosi berbayar ini akan habis apabila modal dan saldo telah habis atau periode iklan Shopee sudah berakhir.
  • Langkah kedua adalah menambahkan foto dan slogan toko produk yang dipakai di iklan Shopee, pastikan memilih yan relevan untuk mendorong konsumen mengunjungi produk anda.
  • Langkah ketiga adalah pilih halaman iklan, pada bagian ini pengguna bisa menentukan apakah pembeli langsung masuk ke kateogri toko atau halaman iklan.
  • Langkah keempat adalah memilih kata kunci, pengguna bisa memilih kata kunci yang sesuai dengan produk yang dijual sehingga akan memudahkan konsumen dalam mencari produk anda.
  • Langkah kelima adalah atur biaya per klik, jangan lupa juga untuk mengatur biaya yang akan dikeluarkan pada setiap tombol klik iklan.

Semakin sesuai kata kunci yang dipilih maka presentasi konsumen yang melakukan klik pada toko anda akan semakin tinggi sehingga meningkatkan engagement anda dengan pembeli.

Iklan Produk Serupa

Banyaknya produk serupa yang dijual di Shopee akhirnya membuat konsumen memiliki banyak pilihan saat membeli produk yang diinginkan.

Pada halaman utama pun, Shopee biasanya merekomendasikan produk yang memiliki penjualan terbanyak dan juga pilihan harga yang beragam.

Karenanya agar toko anda bisa bersaing dengan produk yang serupa maka pengguna bisa menggunakan fasilitas iklan produk serupa.

Berikut tutorial mengaktifkan iklan produk serupa :

Pertama adalah pilih produk yang akan diiklankan, pengguna bisa memilih produk yang memiliki penjualan tertinggi atau menaikkan produk terbaru yang baru saja diunggah di toko.

Kedua adalah menentukan model iklan dan juga biayanya yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk mengingat periode iklan dan mengecek biaya yang dikeluarkan agar hasilnya tidak merugikan anda.

Disisi lain, hasil dari iklan Shopee yang menggiurkan akhirnya membuat banyak penjual yang mulai untuk mempromosikan produknya. Hal ini juga akan membuat anda bersaing dengan pedagang yang memiliki kinerja yang lebih baik.

Performa dari iklan Shopee sendiri ditentukan oleh dua kriteria, pertama adalah biaya yang dikeluarkan saat pembeli melakukan klik pada produk anda. Semakin mahal biayanya maka semakin tinggi kesempatan iklan untuk dilihat pembeli.

Kedua adalah kualitas iklan yang dipengaruhi oleh presentase klik dan rasio konversi. Semakin tinggi kualitas iklan yang ditayangkan maka akan meningkatkan visibilitas iklan anda.

rate iklan shopee

Biaya dari iklan per klik sendiri pun beragam, mulai dari Rp.200-5.000 yang bisa dipilih oleh pengguna dan disesuaikan dengan anggaran biaya iklan yang dimiliki.

Jadi fitur iklan mana yang akan kamu gunakan?

tutorial buat iklan shopee

Tutorial Buat Iklan Shopee

Setelah mengetahui berbagai fitur iklan yang dimiliki Shopee kini saatnya untuk membuat sendiri iklan anda untuk mempromosikan produk anda.

Meskipun langkah awal akan terasa mudah namun lama kelamaan pengguna bisa secara mudah membuat iklan dan menentukan sendiri anggaran yang seusai.

Tak perlu menunggu lama, berikut beebrapa langkah mudah dalam membuat iklan berbayar di Shopee :

Masuk ke Akun Seller Centre

browser iklan shopee

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah dengan masuk ke browser Google Chrome atau situs pencarian yang dimiliki.

Setelahnya penjual bisa menuliskan Iklan Shopee di kolom pencairan dan akan langsung masuk ke situs iklan shopee.

log in seller center

Selanjutnya pengguna bisa klik pada fitur Buat Iklan Sekarang. Pada saat inilah pengguna akan masuk ke dalam akun Shopee Seller. Pastikan untuk masuk dengan mengetikkan username/ alamat email dan kata sanda akun anda.

Apabila pengguna belum memiliki akun Shopee Seller, maka penjual bisa membuatnya dengan menyiapkan berbagai dokumen yang ada.

kolom iklan shopee

Setelah berhasil masuk ke dalam akun anda, pengguna akan menemukan berbagai kolom iklan yang bisa anda gunakan setelah iklan berhasil ditayangkan di halaman Shopee.

syarat dan layanan

Selanjutnya, pengguna bisa klik pada iklan Shopee yang akan diteruskan pada syarat layanan yang bisa dibaca oleh pengguna untuk mengteahui hak dan kewajiban apa saya yang di dapatkan oleh pengguna, atau bisa langsung melanjutkan dengan klik setuju untuk melanjutkan.

Pilih Iklan Shopee

saldo iklan shopee

Pada tahap selanjutnya, pengguna akan dibawa untuk mengisi saldo iklan Shopee sesuai kebutuhan. Pengguna yang baru memulai bisa memilih dengan harga terkecil terlebih dahulu kemudian jika kinerja meningkat maka bisa dinaikkan hasilnya.

buat iklan shopee

Setelah mengisi saldo, pengguna bisa membuat iklan baru yang sesuai dengan keinginan dan target yang harus dipenuhi. Anda bisa memilih tiga jenis promosi dengan keuntungan yang berbeda.

Jenis-jenis iklan tersebut adalah iklan pencarian produk dan toko serta iklan produk serupa.

Tentukan Modal dan Durasi Iklan Shopee

modal iklan shopee

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan menentukan modal dan durasi iklan Shopee.

Pemilihan modal ini juga akan menentukan kinerja iklan Shopee ke depannya, semakin besar biaya per klik yang dikeluarkan maka kinerjanya pun semakin baik.

Shopee sendiri juga memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih durasi iklan Shopee yang sesuai, bisa dalam bentuk harian atau tanpa batas.

Asalkan modal yang dimiliki masih ada maka iklan Shopee pun akan terus berjalan.

Pilih Produk yang Diinginkan

pilih produk

Apabila pengguna memilih iklan pencarian dan produk maka pengguna akan diarahkan untuk memilih produk yang akan di promosikan.

Beberapa barang yang dipilih yaitu yang memiliki tingkat penjualan tinggi sehingga dapat meyakinkan pembeli atau produk yang baru saja diluncurkan untuk mempromosikan produk tersebut.

Pengguna juga bisa memulai dengan menggunakan iklan pencarian produk agar hasilnya maksimal dan bisa dilihat oleh lebih banyak konsumen sehingga penjualan akan semakin meningkat.

Apabila penjual memiliki banyak produk yang harus diurus maka pengguna bisa menggunakan opsi iklan pilih otomatis untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengelola berbagai iklan.

Tak hanya itu, apabila pengguna ingin produknya semakin naik di pasaran maka bisa menggunakan Iklan Produk Serupa untuk meningkatkan popularitas dan penjualan.

Atur Kata Kunci yang Diinginkan

Ribuan pengguna yang bersaing di market place ini membuat pengguna sebaiknya memilih kata kunci yang mudah ditemukan oleh konsumen sehingga barang yang dijual cepat laku.

Gunakan kata kunci yang relevan dan sering digunakan oleh pembeli atau menggunakan rekomendasi yang diberikan oleh pihak Shopee.

Jangan Lupa Analis Kinerja Iklan Anda

Melakukan investasi dengan membayar iklan Shopee tentunya harus membuat pengguna sadar untuk rutin melakukan analisa kinerja iklan.

Dengan melakukan analisa ini pengguna dapat mengetahui apakah produk yang dipromosikan sudah efektif atau perlu mengganti dengan produk lain yang sedang naik daun.

Pengguna juga bisa menantukan untuk menambah biaya iklan atau menguranginya sehingga penjual tidak akan rugi ke depannya.

Analisa ini bisa dilakukan setiap dua kali dalam sebulan agar hasil kinerjanya maksimal. Selain itu, pengguna bisa menyebarkan hasil analiasa iklan Shopee dengan mengunduhnya dan mengirimkan ke tim anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.