5 5 8

Tutorial Tokopedia Ads Mudah dan Cepat

Punya toko di market place dan ingin produk anda semakin dilihat? Mempromosikan melalui iklan berbayar bisa menjadi kunci salah satunya adalah dengan menggunakan Tokopedia Ads

Berbelanja di market place saat ini menjadi kebiasaan banyak orang tanpa memandang umur dan gender. Kemudahan dalam berbelanja dan juga memilih barang dengan harga murah dan gratis biaya kirim menjadikan aktivitas ini selalu dilakukan setiap harinya.

Tak heran apabila saat ini muncul berbagai market place di Indonesia, mulai dari milik luar negeri seperti Shopee dan Lazada serta platform jual beli online asal Indonesia yakni Bukalapak dan Tokopedia.

Tokopedia sendiri menjadi salah satu market place asal Indonesia yang terus berkembang dan memiliki banyak konsumen.

Hal ini dikarenakan berbagai bonus yang diberikan mulai dari potongan harga dan gratis biaya pengiriman hingga jaminan keamanan barang apabila barang rusak atau penjual mengirimkan barang palsu.

Berbagai keuntungan yang diberikan inilah menjadikan Tokopedia diminati oleh banyak konsumen dengan traffic jual beli yang terus naik setiap harinya.

Banyaknya konsumen ini juga di dukung dengan berbagai toko yang melakukan proses jual beli dengan beragam produk yang diberikan dan saling bersaing satu sama lain.

Persaingan inilah yang menjadikan banyak pedagang putar otak agar barang jualannya dilirik oleh banyak konsumen dan rating toko menempati peringkat teratas pencarian.

Mengatasi hal itu, Tokopedia menyediakan layanan iklan berbayar dimana penjual bisa mempromosikan produknya dengan durasi waktu tertentu dan juga biaya yang dipatok oleh Tokopedia.

Karenanya agar toko anda semakin laris di pasaran, berikut tutorial membuat iklan berbayar di Tokopedia Ads.

keuntungan menggunakan tokopedia ads

Keuntungan Menggunakan Tokopedia Ads

Sebagai salah satu market place terbesar asal Indonesia tentunya Tokopedia memiliki banyak konsumen yang bisa ditarik untuk berbelanja di toko anda.

Sayangnya banyak toko yang menjual produk yang sama lama-kelamaan bisa menjadi pesaing bagi toko anda.

Hal ini tentu saja tidak anda inginkan bukan? Karenanya penjual di Tokopedia bisa memulai promosikan toko dan barangnya melalui fitur Tokopedia Ads.

Menaikkan Barang Jualan ke Pencarian Teratas

Saat mencari produk tertentu di market place tentunya anda akan memilih produk atau toko yang berada di pencarian teratas bukan?

Hal ini karena banyak toko yang menjual produk yang sama dan juga toko yang memiliki ranting tinggi biasanya berada di pencarian utama sehngga bisa lebih di percaya.

Meskipun begitu, bagi penjual baru yang memulai berjualan di Tokopedia tidak perlu berkecil hari karena anda bisa menggunakan fitur Tokopedia Ads.

Dengan layanan ini, toko dan produk anda bisa menempati peringkat teratas halaman pencarian, beranda utama, kategori khuss, serta halaman strategis lainnya tergantung dari kategori yang anda pilih.

Berbagai pilihan kategori ini tentunya menguntungkan bagi penjual untuk memilih kategori yang sesuai dengan konsumen yang diincar.

Jangkau Lebih Banyak Konsumen

Salah satu kekhawatiran bagi penjual yang baru membuka toko di Tokopedia adalah konsumen yang tidak kunjung datang dan membeli dagangannya.

Bagi penjual yang sudah memiliki konsumen yang besar dengan pengikut social media yang banyak tentunya hal ini tidak menjadi kekhawatiran karena bisa mempromosikan tokonya melalui berbagai konten promosi agar konsumen bisa lebih aman dan mudah dalam berbelanja.

Disisi lain, bagi penjual yang baru saja memulai bisnisnya tentunya menyusun target konsumen dan pasar terlebih dahulu agar toko dan produknya bisa cepat naik.

Karenanya untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa menggunakan jasa Tokopedia Ads untuk menjangkau lebih banyak konsumen sesuai dengan range umur dan pasarnya sehingga target konsumen lebih terarah.

Lebih Mudah dan Cepat

Bagi penjual yang baru memulai beriklan di berbagai market place seperti Tokopedia Ads, biasanya berfikir bahwa membuat iklan berbayar sangatlah susah sehingga mengurungkan niatnya untuk promosi melalui Tokopedia Ads.

Nyatanya melakukan promosi melalui Tokopedia Ads sangatlah mudah, pengguna cukup mengisi saldo iklan kemudian pilih kategori iklan yang diinginkan maka pihak Tokopedia pun akan meluncurkan iklan anda sampai saldo yang ditetapkan habis.

Proses dalam pembuatan iklan pun tidak memakan waktu lama sehingga anda tetap bisa melanjutkan berjualan dan promosi melalui social media yang dimiliki.

fitur di tokopedia ads

Fitur di Tokopedia Ads

Guna memudahkan pengguna menggunakan layanan Tokopedia Ads, platform ini menyediakan berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat iklan lebih mudah.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Tokopedia Ads :

Impression

Setelah memasang iklan di Tokopedia Ads tentunya anda ingin mengetahui jangkauan iklan agar uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Karenanya penjual bisa menggunakan fitur Impression di Tokopedia Ads untuk melihat sejauh mana iklan dilihat oleh konsumen.

Dengan adanya fitur ini pengguna juga bisa mengevaluasi apakah biaya yang dikeluarkan di Tokopedia Ads sudah cukup atau perlu ditambah lagi agar hasilnya makin maksimal.

Klik (CTR)

Sama seperti market place lainnya yang menggunakan CTR sebagai patokan pembayaran, Tokopedia Ads juga menggunakan metode ini di iklan berbayar miliknya.

CTR sendiri dinilai lebih murah karena penjual akan ditarik biaya ketika ada konsumen yang melakukan click pada tokonya.

Fitur klik ini juga berguna untuk merekam kegiatan pembeli, menghitung jumlah klik, dan menampilkan hasilnya di halaman penjual.

Pengeluaran (Spent)

Saat memasang iklan di Tokopedia Ads pengguna juga sebaiknya mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan setiap harinya untuk menghitung budget serta mengukur keberhasilan iklan dari setiap klik.

Karenanya Tokopedia menyediakan fitur Pengeluaran sebagai patokan total anggaran yang dikeluarkan setiap harinya.

Pendapatan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, guna mempermudah pekerjaan penjual untuk mengetahui kefektifan iklan dari setiap biaya yang dikeluarkan. Tokopedia juga menyediakan fitur pendapatan di layanan Tokopedia Ads.

Fitur ini digunakan untuk mengetahui berapa pendapatan yang di peroleh dari produk yang terjual melalui promosi di Tokopedia Ads.

Biaya Iklan (Cost per klik)

Tokopedia Ads sendiri menggunakan sistem CTR dimana penjual akan dikenakan biaya dari setiap iklan yang di klik oleh konsumen.

Penjual juga dapat menentukan besar biaya yang dikeluarkan dari setiap klik, variasinya pun bermacam-macam tergantung dari budget yang terlah ditentukan sebelumnya.

Biaya per 1000 kali tampil

Keuntungan lain dari menggunakan Tokopedia Ads adalah pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya iklan yang terlalu banyak karena hasil biayanya akan dihitung setiap 1000 kali penayangan.

Sehingga apabila toko anda belum mencapai angka tersebut hasil dari iklan tidak akan dikenakan terlebih dahulu.

Rata-rata (Actual Cost)

Saat memasang iklan berbayar, pihak Tokopedia akan memberikan jumlah sebenarnya dari kredit Tokopedia Ads untuk iklan tertentu.

Besarnya biaya yang diberikan pun berbeda-beda tergantung dari pesaing namun tidak boleh lebih besar dari tawaran iklan.

Kredit Top Ads

Disaat penayangan iklan sudah memasuki 100 kali, pihak Tokopedia akan memberikan pemberitahuan mengenai jumlah uang yang harus dibayarkan oleh penjual untuk membayar iklan yang sudah tayang di Tokopedia Ads.

Anggaran Harian

Iklan berbayar yang tayang setiap harinya tentunya memiliki jumlah anggaran yang bisa ditetapkan sendiri oleh penjual agar budget iklan tidak keluar dari perencanaan sebelumnya.

Penganggaran ini juga dilakukan agar iklan yang ditayangkan tidak cepat berhenti. Selain itu, pengguna juga bisa menghitung tanggal top up sehingga memudahkan penganggaran Tokopedia Ads.

Biaya Rekomendasi

Pengguna yang baru pertama kali menggunakan Tokopedia Ads biasanya akan mengalami kebingungan dalam menentukan biaya pemasangan iklan.

Untung saja Tokopedia menyediakan fitur Biaya rekomendasi dimana penjual bisa memilih rekomendasi biaya per klik yang di berikan oleh Tokopedia.

Semakin tinggi biaya iklan yang dipasang maka semakin besar potensi toko anda menempati peringkat pertama di halaman rekomendasi Tokopedia.

Hal ini juga akan membantu menaikkan brand awareness toko dan produk anda serta menaikkan penjualan barang yang di promosikan melalui Tokopedia Ads.

Jadwal Tampil

Tidak hanya menentukan biaya yang dikeluarkan, penjual juga sebaiknya mengatur jam tayang yang tepat agar potensi iklan terlihat oleh konsumen lebih besar serta biaya yang dihabiskan pun tidak terlalu banyak.

Karenanya Tokopedia menyediakan fitur jadwal tampil dimana penjual bisa memilih waktu yang tepat untuk penayangan iklan, terdapat dua jenis penayangan yang disediakan yaitu Selalu Tampil dan Atur Jadwal.

Sehingga penjual bisa mengatur secara manual waktu mulai dan selesainya iklan.

Status Iklan

Saat iklan sudah ditayangkan atau direncanakan untuk mengganti dengan produk lain, penjual sebaiknya mengganti status iklan di Tokopedia agar mempermudah pengecekan iklan yang ditayangkan.

Tokopedia sendiri memiliki tiga jenis status iklan yaitu Status Tidak Aktif, Status Iklan Tampil, dan Status Iklan Tidak Tampil.

Pada Status Tidak Aktif, pengguna dapat menghentikan penayangan iklan sementara sehingga saldo dari Tokopedia Ads tidak terpotong serta iklan akan berhenti tayang sampai waktu yang tidak ditentukan.

Kedua adalah Status Iklan Tampil, dimana penjual bisa melihat iklan mana saja yang tengah aktif tayang. Pengguna juga sebaiknya memastikan status iklan dalam posisi tampil agar iklan yang terpasang bisa tayang dan muncul pada berbagai halaman di Tokopedia.

Ketiga di Status Iklan Tidak Tampil, pengguna bisa mengetahui iklan yang sedang aktif namun tidak tampil, hal ini bisa diakibatkan berbagai faktor, diantaranya : kredit Tokopedia Ads yang tidak mencukupi, anggaran harian mencapai batas maksimal penggunaan, atau stok produk kosong.

Karenanya apabila iklan anda mendadak berhenti maka anda bisa mengecek anggaran yang dipasang serta total biaya yang telah dikeluarkan.

Efektivitas Iklan

Banyaknya biaya iklan yang telah dikeluarkan membuat penjual juga sebaiknya memeriksa kefektivan iklan agar anggaran yang dihabiskan tidak terbuang sia-sia.

Melalui fitur efektivitas iklan, penjual bisa mengukur pendapatan toko yang diperoleh dari penjualan produk yang telah diiklankan di Tokopedia Ads.

Penjual juga bisa membandingkan pendapatan serta biaya yang dikeluarkan untuk mengetahui apakah sudah sesuai atau malah rugi sehingga perlu mengubah produk yang dipasarkan.

Guna mengukur keefektivan iklan, penjual bisa menggunakan rumus

Efektivitas Iklan = Pendapatan + pengeluaran

Dikutip dari website Seller Tokopedia, contoh penghitungannya adalah jika pendapatan dari iklan sebesar 3,000,000 dengan biaya iklan sebesar 600.000 maka efektivitas iklan adalah 5.

Jadi setelah mengetahui berbagai fitur tersebut, sudahkah anda berminat untuk mulai beriklan di Tokopedia Ads?

jenis jenis tokopedia ads

Jenis-jenis Tokopedia Ads

Tidak hanya diberikan pilihan untuk menentukan biaya yang dikeluarkan serta jadwal tayang iklan, penjual juga dapat memilih jenis-jenis Tokopedia Ads untuk memasarkan produk.

Berikut dua jenis Tokopedia Ads yang digunakan:

Iklan Otomatis

Anda sibuk dengan proses promosi dan penjualan sehingga tidak bisa terus menerus memantau Tokopedia Ads? Tenang saja anda bisa menggunakan fasilitas dari Tokopedia Ads berupa iklan otomatis.

Dengan fasilitas ini pengguna bisa mengiklankan produk hanya dengan satu kali klik sehingga tidak perlu pusing dengan berbagai pengaturan dan juga pengecekan untuk memantau biaya iklan yang dikeluarkan setiap harinya.

Untuk memulainya, pengguna tinggal Log In dengan akun Tokopedia yang dimiliki kemudian pilih Iklan Otomatis.

Iklan Manual

Jika anda sudah memiliki tim sendiri untuk mengurus promosi di social media dan iklan berbayar maka anda bisa menggunakan metode iklan manual.

Selain lebih murah karena bisa mengatur pengeluaran iklan, anda juga bisa melakukan penghitungan apakah iklan anda sudah efektif atau perlu perubahan lagi.

Penjual juga bisa mengatur biaya yang tepat untuk bersaing dengan produk lain yang dinamakan dengan bidding.

Jadi tipe iklan mana yang akan anda pilih?

tutorial tokopedia ads

Tutorial Tokopedia Ads

Tak perlu berlama-lama lagi, kini saatnya anda mulai untuk mengaktifkan Tokopedia Ads agar toko dan produk anda lebih dilirik banyak konsumen.

Berikut tutorial mengaktifkan iklan toko melalui Dekstop:

  • Pertama, masuk ke browser Google Chrome kemudian ketikkan Tokopedia Seller lalu klik pada halaman paling atas
  • Kedua, pilih item Iklan & Promosi, pilih Tingkatkan Kunjungan Pembeli dan pilih Top Ads
  • Ketiga, isi nama iklan toko
  • Keempat, Isi konten iklan berupa produk yang dipromosikan kemudian isi pesan promosi
  • Kelima, tambah dan pilih kata kunci yang sesuai dan spesifik agar lebih mudah dicar konsumen.
  • Keenam, atur biaya iklan yang di rekomendasikan serta atur jadwal dan anggaran iklan. Jika sudah selesai klik Iklankan.
  • Ketujuh, Iklan produk sudah tersebar. Jangan lupa cek secara rutin untuk mengetahui keefektifan iklan dan biaya yang dikeluarkan.

Sayangnya pemasangan iklan di Tokopedia Ads saat ini masih menggunakan layanan untuk dekstop dan belum bisa dipakai di Handphone.

Hal ini dilakukan agar penjual bisa memasang iklan lebih mudah terlebih lagi jika produk yang diiklankan lebih dari satu barang.

4 4

Tips Agar Rating Toko Meningkat

Tidak hanya menggunakan Tokopedia Ads untuk meningkatkan rating toko namun penjual juga perlu menyiapkan berbagai strategi khusus agar konsumen betah datang ke toko anda.

Nama Toko Singkat Agar Mudah Dicari

Testimoni atau rekomendasi dari orang lain biasanya menjadi senjata ampuh untuk mempromosikan produk dengan mudah karena orang tersebut sudah mendapatkan ulasan yang jujur secara langsung.

Sayangnya, beberapa orang bisa saja tidak jadi membeli produk yang direkomendasikan karena kesulitan dalam mencari nama toko di market place.

Karenanya sebelum membuat akun toko di Tokopedia sebaiknya penjual memilih nama toko yang singkat dan mudah diingat namun tetap sesuai dengan produk yang dijual.

Hal ini dilakukan agar konsumen bisa mengingat nama anda dengan mudah dan juga menjadi branding yang di market place.

Penjual juga bisa menggunakan nama yang sama dengan akun social media produk atau nama akun di market place lain untuk memudahkan pembeli mencari toko anda di Tokopedia.

Gunakan Foto Asli dan Jelas

Salah satu faktor penarik konsumen untuk datang ke toko anda adalah foto produk yang bagus. Hal ini dilakukan agar barang anda terlihat asli sehingga membuat konsumen lebih percaya.

Apabila anda menjual produk dari brand anda sendiri maka pastikan memotret produk dengan jelas dan tidak blur.

Anda juga bisa menggunakan jasa fotografer profesional yang berpengalaman dalam bidang foto produk sehingga hasil barang anda menjadi lebih bagus dan terlihat profesional.

Meskipun begitu, anda juga bisa memotret sendiri produk anda dengan bantuan handphone yang dimiliki.

Penjual juga bisa menambahkan watermark dan logo produk agar foto barang anda tidka diambil oleh orang lain.

Saat memoto produk, ambil foto dari berbagai sisi dan juga perlihatkan kandungan produknya agar pembeli semakin yakin dengan barang anda sebelum membelinya.

Tulis Deskripsi Produk

Tidak hanya foto produk yang mendukung pembeli untuk membeli barang jualan anda, namun pemberikan deskripsi produk yang lengkap juga akan membantu konsumen untuk membeli produk anda.

Dalam kolom deskripsi, pengguna bisa menuliskan stok produk yang sedang tersedia, masa penyimpanan, tanggal kadaluarsa jika produk yang dijual berbentuk makanan, dan juga domisili pengiriman untuk mengetahui biaya ongkos kirim yang sekiranya akan dibutuhkan.

Penulisan deskripsi yang lengkap juga akan membantu kerja penjual ke depannya sehingga pembeli tidak perlu bertanya lagi di kolom pesan.

Penjual juga bisa menuliskan secara singkat deskripsi produk beserta varian dan juga kegunaannya agar konsumen yang baru pertama kali mengetahui barang jualan anda bisa lebih yakin lagi sebelum membeli.

Gunakan Copywriting yang Tepat

Salah satu daya penarik agar konsumen membeli produk kita adakah menggunakan copywriting yang tepat dan tidak berbelit-belit.

Tokopedia sendiri memberikan beberapa saran copywriting yang bisa digunakan saat berjualan atau memasang Tokopedia Ads, diantaranya adalah:

  • Gunakan kata-kata yang menarik perhatian seperti : Eksklusif, Gratis, Baru, dan Hemat 50rb.
  • Gunakan kata-kata urgensi seperti Hanya Hari Ini atau Penawaran terbatas sehingga pembeli langsung membeli produk anda saat itu juga.
  • Tekankan keunggulan produk atau barang jualan anda dibandingkan toko lain. Hal ini dilakukan agar anda tidak kalah bersaing dengan produk lainnya.
  • Gunakan kalimat inspiratif, seseorang yang mencari produk anda tentu saja mengalami masalah yang ingin diselesaikan. Karenanya dibandingkan fokus pada kalimat promosi maka anda bisa menggunakan kalimat penyemangat dan inspiratif agar konsumen merasa lebih dihargai saat memberli produk anda.
  • Gunakan kata kunci yang relevan, agar produk anda lebih mudah dicari oleh konsumen lain maka anda bisa menggunakan kata kunci yang biasnaya digunakan oleh konsumen sehingga produk anda bisa lebih mudah ditemukan. Tak hanya itu, semakin relevan kata kunci dengan rekomendasi dari Tokopedia maka akan memungkinkan iklan yang disiarkan menarik calon pembeli.
  • Gunakan Fitur Kata Populer, jika anda masih bingung pada kata kunci yang tepat untuk produk anda maka anda bisa mencarinya di wawasan pasar untuk mencari persamaan kata kunci yang sesuai dengan barang jualan anda.

Fast Response

Seorang konsumen yang sangat membutuhkan produk anda biasanya bertanya beberapa detail produk yang tidak ada di kolom deskripsi.

Sayangnya beberapa konsumen akhirnya mengurungkan niat untuk membeli karena respon chat yang lambat meskipun di jam kerja sehingga pembeli memutuskan untuk membeli di tempat lain.

Hal ini tentu saja sangat disayangkan mengingat bila konsumen cocok dengan produk anda maka selanjutny akan menjadi pelanggan di toko anda.

Guna mengatasi hal itu, penjual disarankan untuk siap siaga di jam-jam kerja agar bisa membalas pesan konsumen lebih cepat.

Penjual juga bisa menuliskan pada jam berapa saja pesan akan dibalas sehingga konsumen yang ingin membeli produk anda bisa bertanya di jam-jam tersebut agar lebih cepat direspon.

Selain menanggapi pesan konsumen dengan cepat, penjual juga sebaiknya bersifat ramah dengan pembeli agar betah dan membeli produk anda.

Pelayanan yang ramah juga bisa dijadikan alasan bagi konsumen untuk terus berlanja di toko anda meskipin banyak kompetitor yang bermunculan.

Promosi di Social Media

Tidak hanya menggunakan Tokopedia Ads sebagai promosi toko dan produk namun penjual juga bisa memanfaatkan promosi di social media agar barang jualan yang dipasarkan bisa mendapatkan lebih banyak konsumen tidak hanya di Tokopedia.

Menggunakan social media sebagai sarana promosi juga sangatlah tepat karena pemasaran bisa dilakukan secara gratis serta tersebar lebih luas dengan target konsumen yang tepat.

Penjual juga bisa membuat berbagai konten promosi dan edukasi yang dikemas dalam bentuk foto dan video agar konsumen lebih tertarik dengan produk anda.

Penggunaan fitur-fitur di social media seperti siaran langsung juga bisa digunakan secara maksimal untuk meningkatkan kedekatan anda dengan pembeli.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.